Beranda Islam Inilah Sepenggal Kisah Nabi Ilyasa yang Diangkat Menjadi Raja

Inilah Sepenggal Kisah Nabi Ilyasa yang Diangkat Menjadi Raja

nabi ilyasa
image by 1.bp.blogspot.com

Kalimat.ID – Kisah Nabi Ilyasa, Nabi ilyasa merupakan anak dari ayahnya yang bernama Akhtub bin ‘Ajuz. Kisah Nabi Ilyasa Alaihissalam tidak banyak disebutkan di dalam Alqur’an. Kisah mengenai Nabi Ilyasa Alaihissalam sangat minim sekali. Tetapi, Nabi Ilyasa Alaihissalam termasuk salah seorang Nabi yang wajib diimani oleh kita.

Nabi Ilyasa Alaihissalam diangkat menjadi Nabi oleh Allah SWT. sekitar tahun 830SM. Nabi Ilyasa Alaihissalam ditugaskan kepada Bani Israil dan juga orang-orang Amoria dipa’nya Syam. Nabi Ilyasa Alaihissalam merupakan salah satu utusan Allah SWT. yang tertera di dalam Alqur’an. Nabi Ilyasa Alaihissalam adalah keturuan ke empat dari Nabi Yusuf Alaihissalam

Sepenggal Kisah Nabi Ilyasa Alaihissalam

kisah nabi ilyasa
image by 1.bp.blogspot.com

Masa kecil nabi Ilyasa Alaihissalam sangat menderita. Beliau hidup bersama ibunya. Sejak kecil Nabi Ilyasa Alaihissalam sudah taat kepada Allah SWT.

Atas izin Allah SWT. Nabi Ilyasa Alaihissalam dan ibunya dipertemukan dengan nabi Ilyas Alaihissalam yang saat itu sedang dikejar-kejar oleh kaumnya yang ingkar. Waktu itu, Nabi Ilyas Alaihissalam masuk ke dalam rumah nabi Ilyasa Alaihissalam yang saat itu masih kecil dan sedang terbaring sakit. Atas do’a nabi Ilyas Alaihissalam kepada Allah SWT. maka,

Nabi Ilyasa Alaihissalam dapat sembuh dan bangun dari tidurnya. Kemudian nabi Ilyasa Alaihissalam dijadikan anak angkat oleh Nabi Ilyas Alaihissalam atas ijin ibunya.

Nabi Ilyas Alaihissalam sering membawa serta Ilyasa Alaihissalam kecil saat berdakwah bahkan nabi Ilyasa Alaihissalam turut menemani nabi Ilyas Alaihissalam saat bersembunyi di dalam Gua saat menghindari kejaran sekelompok Bani Israil. Dikisahkan sejak saat itulah Nabi Ilyasa Alaihissalam muda mulai diangkat menjadi nabi.

Nabi Ilyasa Alaihissalam tidak membawa ajaran baru namun, nabi Ilyasa Alaihissalam melanjutkan ajaran tauhid dari nabi Ilyas Alaihissalam dan berdakwah kepada Bani Israil.

Nabi Ilyasa Diangkat Menjadi Raja

nabi ilyasa menjadi raja
image by 1.bp.blogspot.com

Suatu hari Nabi Ilyasa Alaihissalam bersama beberapa pengikutnya mendatangi suatu daerah. Penduduk daerah tersebut mengadu bahwa sumber air yang mereka miliki telah rusak, berbau dan tidak dapat diminum. Kemudian Nabi Ilyasa Alaihissalam berdo’a kepada Allah SWT. dan memohon kepadaNya petunjuk. Setelah itu, Nabi Ilyasa Alaihissalam menebar beberapa genggam garam ke dalam mata air yang telah rusak.

Alhamdullilah berkat mukjizat dari Allah SWT. mata air tersebut menjadi bersih dan tawar. Sehingga, mata air tersebut dapat diminum kembali. Hal ini merupakan salah satu hal yang menyebabkan Nabi Ilyasa Alaihissalam kelak diangkat menjadi Raja.

Saat Nabi Ilyasa Alaihissalam diangkat menjadi seorang Raja, ia dikenal sebagai seorang pemimpin yang arif dan bijaksana. Karena ia tidak di anugerahi oleh Allah SWT. keturunan maka, Nabi Ilyasa mengadakan sayembara untuk seluruh rakyat nya. Barangsiapa yang mampu berpuasa di siang hari kemudian beribadah di malam hari serta sabar dalam memimpin maka, ia akan dijadikan seorang Raja pengganti Nabi Ilyasa Alaihissalam

Namun, ternyata tidak ada yang sanggup memenuhi persyaratan ini kecuali seorang pemuda bernama Basyar. Kelak karena kesabaran dan keadilan Basyar saat menjabat menjadi Raja pengganti,ia mendapat gelar Dzulkifli atau kita mengenalnya sebagai Nabi Dzulkifli Alaihissalam

Surat Shaaf ayat 48 yang artinya “dan ingatlah akan Ismail, Ilyasa dan Dzulkifli semuanya termasuk orang-orang yang paling baik”.

Itulah Kisah nabi Ilyasa Alaihissalam yang bisa kami berikan untuk anda, mohon maaf bila anda kesalahan atas penyampaian diatas. Semoga dari kisah tersebut dapat meningkatkan keimanan kita kepada Allah SWT.

Jika anda sudah membaca kisah nabi ilyasa diatas, cobalah untuk mempraktekan hikmah yang bisa anda ambil. Atau apabila anda seorang orangtua dan guru, maka segera untuk menyempatkan menceritakan kisah nabi ilyasa tersebut untuk menumbuhkan rasa cinta kepada para nabi dan rasul yang wajib diimani.

Komentar disini
error: