Kisah Nabi Ayub yang Mempunyai Sifat Sabar

Kalimat.ID – Kisah Nabi Ayub – Nabi Ayub AS adalah putra Ish bin Nabi Ishaq As. bin Nabi Ibrahim As. dari garis keturunan Nabi Ishaq As. Sedangkan, ibu dari Nabi Ayub As. merupakan salah satu putri dari Nabi Luth AS. dan istri Nabi Ayub As. yang paling setia yaitu Rahmah adalah keturunan dari Nabi Yusuf As. Nabi Ayub As. hidup bersama kaum Bani Israil dan Aramin di Hauran Syam yang sekarang masuk di kawasan Suriah.

Nabi Ayub As. di anugerahi oleh Allah SWT. dengan kekayaan yang melimpah yaitu berupa segela macam dan jenis harta benda termasuk binatang ternak, hewan peliharaan, hamba sahaya, rumah – rumah, gedung, kebun – kebun dan tanah yang luas di wilayah Ba’sinnahhuran serta dikaruniai anak – anak sebanyak 26 orang.

Kisah Nabi Ayub Dengan Akhlaq Mulia

kisah nabi ayyub

Dalam kesehariannya Nabi Ayub As. selalu berpesan kepada anak – anaknya bahwa semua yang mereka miliki adalah titipan dari Allah SWT. yang sewaktu – waktu dapat diambil kembali. Selain berdakwah kepada masyarakat sekitar, Nabi Ayub As. juga gemar membantu orang – orang yang kekurangan serta menyayangi anak – anak.

Nabi Ayub As. juga selalu menghargai dan menjamu setiap tamu yang berkunjung ke rumahnya. Keikhlasan serta sikap yang selalu bersyukur kepada Allah SWT. ini membuat para malaikat memuji Nabi Ayub As. sebagai manusia paling baik di muka bumi. Hal inilah yang membuat iblis sangat membenci Nabi Ayub As.

Kisah Nabi Ayub yang Digoda Oleh Iblis

Iblis meminta izin kepada Allah SWT. untuk menggoda Nabi Ayub As. “ Wahai Tuhan, sesungguhnya Ayub yang senantiasa patuh dan berbakti menyembah-Mu, senantiasa, memuji-Mu, tak lain hanyalah karena takut kehilangan kenikmatan yang telah Engkau berikan kepadanya. Semua ibadah tidak ikhlas dan bukan keran cinta dan taat kepadaMu.

Andaikata ia terkena musibah dan kehilangan harta benda, anak – anak dan istrinya belum tentu ia akan taat dan tetap ikhlas menyembahMU. Kemudian mendekatkan diri kepadaKu adalah semata – mata didiorong iman yang teguh dan taat yang bulat kepadaKu. Iman dan taqwanya takkan tergoyah oleh perubahan keadaan duniawi.

Cintanya kepadaKu dan kebajikannya tidak akan menurun dan menjadi berkurang walau ditimpa musibah apapun yang melanda dirinya dan hartanya. Ia yakin bahwa apa yang ia miliki adalah pemberianKu yang sewaktu –waktu dapat Aku cabut dari padanya atau menjadikannya berlipat ganda.

Ia bersih dari segala tuduhan dan prasangkamu. Engkau tidak rela melihat hamba – hambaKu anak cucu Adam berada di atas jalan yang lurus. Untuk menguji keteguhan hati Ayub dan keyakinannya pada takdirKu. Kuizinkan kau menggoda dan memalingkannya dariKu. Kerahkanlah pembantu – pembantumu untuk menggoda Ayub melalui harta dan keluarganya.

Cerai beraikanlah keluarganya yang rukun damai sejahtera itu. Lihatlah sampai dimana kemampuanmu untuk menyesatkan hambaKu, Ayub itu. “

Allah berfirman kepada iblis “ Sesungguhnya Ayub adalah hambaKu yang sangat taat kepadaKu, ia seorang mu’min yang sejati. Apa yang ia lakukan unt
Tiba – tiba ratusan binatang ternak milik Nabi Ayub As. mendadak mati terkena wabah penyakit.

Selanjutnya ketika anak – anak Nabi Ayub As. sedang berkumpul di sebuah gedung, iblis dengan sengaja merobohkan bangunannya sehingga, seluruh orang – orang yang berada di dalam bangunan tersebut meninggal dunia termasuk anak – anak Nabi Ayub As. Cobaan ini diterima oleh Nabi Ayub As. dengan semakin bertawakal kepada Allah SWT.

Kemudian iblis memohon lagi kepada Allah SWT. agar di izinkan membuat Nabi Ayub As. sakit. Maka, setelah itu kondisi badan Nabi Ayub As. menjadi lemah. Kulitnya rusak dan berbau. Ia menderita sakit kulit yang tidak bisa disembuhkan oleh tabib manapun.

Hingga masyarakat sekitar merasa takut tertular dan meminta Nabi Ayub As. agar pergi ke tempat yang jauh dari pemukiman penduduk. Mereka menjadi lupa akan kebaikan Nabi Ayyub As. selama ini.

Selanjutnya, dua orang istri Nabi Ayyub As. juga meninggalkannya karena sudah tidak kuat lagi mengikuti dan merasakan penderitaannya. Hanya satu yang tinggal, istri yang masih setia merawat Nabi Ayyub As. ia adalah Rahmah.

Di tempat pengasingan, Nabi Ayyub As. tetap sabar dan tabah menerima ketentuan dari Allah SWT. Mereka berdua memanfaatkan pondok bekas persinggahan musafir. Untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari, Rahmah bekerja sebagai pemotong roti.

Tetapi, begitu majikannya mengetahui penyakit Nabi Ayyub As. ia segera memecat Rahmah. Hidup serba kekurangan ditambah penyakit yang parah membuat penderitaan suami istri ini sangat memprihatinkan. Hanya keimanan yang kokoh lah mereka bisa bertahan.

Rasullulloh SAW. bersabda “ manusia yang paling berat ujiannya adalah para Nabi kemudian, orang – orang Shaleh kemudian, yang semisal dengan mereka lalu yang lainnya. Seseorang akan di uji berdasarkan kualitas agamanya.

Jika ada kekuatan dalam agamanya maka, akan ditambah lagi ujian kepadanya “. Tindakan dan sikap Nabi Ayyub As. dan istrinya yang sabar menghadapi cobaan hidup telah membuktikan kepada Iblis bahwa ketakwaan mereka kepada Allah SWT. tidak tergoyahkan.

Hari demi hari dilalui dengan tidak pernah mengeluh atau berpikir bahwa Allah SWT. tidak menyayanginya. Yang ada hanyalah kecintaannya kepada Allah SWT. yang tidak pernah surut. Pada suatu hari, Rahmah pulang dengan membawa makanan. Nabi Ayyub As. kaget dan curiga istrinya mendapatkan makanan dengan cara yang tidak halal.

Oleh karena itu, Nabi Ayyub As. bersumpah akan memukul Rahmah sebanyak 100 kali dengan tongkatnya. Nabi Ayyub As. tidak mengetahui sebenarnya Rahmah menjual rambutnya untuk membeli makanan bagi mereka.

Quran surat Al Anbiyaa ayat 83 adalah doa Nabi Ayyub As. kepada Allah SWT. yang artinya “ (Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayangdari semua penyayang. “. Doa ini kemudian dikabulkan oleh Allah SWT.

Quran Shaaf ayat 41 Allah SWT. berfirman yang artinya “ dan ingatlah akan hambaku Ayyub As. ketika ia berseru kepada Tuhannya. Sesunggguhnya aku diganggu syaitan dengan penderitaan dan musibah “. Kemudian Allah SWT. memerintahkan Nabi Ayyub As. agar menghantamkan kakinya ke tanah hingga, mengalirlah air sejuk untuk diminum dan mandi.

Kisah Nabi Ayub Sembuh Dari Penyakit

Atas Rahmat Allah SWT. Nabi Ayyub As. sembuh dari penyakitnya dan kondisi tubuhnya menjadi segar bugar sampai – sampai pada saat Rahmah pulang, Rahmah tidak mengenali kondisi Nabi Ayyub As.

Ia terkejut atas perubahan Nabi Ayyub As. yang telah sehat dan bersih. Rahmah baru menjelaskan dari mana ia mendapatkan makanan. Nabi Ayyub As. menjadi bingung karena sudah terlanjur bersumpah akan memukul 100 kali menggunakan tongkatnya. Padahal, Rahmah tidak melakukan perbuatan yang tercela.

Walaupun begitu, Rahmah tetap dengan ikhlas menerima 100 kali pukulan dari Nabi Ayyub As. Allah SWT. mengganti tongkat Nabi Ayyub As. dengan seikat rumput. Quran surat Saad ayat 44 diawalnya berbunyi yang artinya

“ Dan ketika Kami memerintahkan kepadanya ambillah dengan tanganmu seikat (rumput), lalu pukullah dengan itu dan janganlah engkau melanggar sumpah ….“ . setelah nadzar dilaksanakan, keduanya mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT. dan memohon ampunan.

Allah SWT. menurunkan hujan mas dari langit dan berfirman “ Wahai Ayyub As. apakah kamu sudah puas? “ Nabi Ayyub As. menjawab “ siapa yang akan merasa puas dengan Rahmat Mu “. Setelah peristiwa ini, Nabi Ayyub As. beserta istrinya kembali ke kota untuk kembali membangun kehidupan mereka. Dan melanjutkan dakwah kepada masyarakat.

Allah SWT. menganugerahkan kekayaan yang berlimpah juga keturunan yang sehat dan cerdas. Makam Nabi Ayyub As. dipercaya berada di Salalah Oman. Quran surat Saad ayat 44 pada bagian akhir mengabadikan kesabarannya

“ …Sesungguhnya Kami dapati dia (Ayyub) seorang yang sabar. Dialah sebaik – baiknya hamba. Sungguh, dia amat taat (kepada Allah). “ Nabi Ayyub As. menjadi simbol kesabaran sepanjang zaman.

Demikian kisah Nabi Ayub As. yang mempunyai sifat kesabaran yang luar biasa. Maka dengan adanya kisah Nabi Ayub As ini kita bisa meneladaninya dan Semoga dapat meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Aamiin Ya Rabbal Aalamiin.

Komentar disini
Hosting Unlimited Indonesia