6 Rekomendasi Kamera DSLR Terbaik Tahun 2019

Kamera DSLR Terbaik

Kalimat.ID – Kamera DSLR Terbaik yang akan kami berikan pada artikel kali ini merupakan rekomendasi dari yang bisa kamu coba dan beli untuk kebutuhan fotografi kamu.

Meskipun saat ini DSLR cukup tergerus oleh kamera Mirrorless, namun siapa sangka, bahwa DSLR sendiri masih menjadi pilihan banyak orang untuk memenuhi hobi mereka sebagai seorang fotografer.

Sebelum kita memasuki topik pembahasan. Ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu DSLR. Karena kami yakin bahwa belum semua orang mengetahui DSLR itu sendiri.

Apa Itu DSLR?

Jadi, pada kali ini akan kami jelaskan terlebih dahulu apa itu DSLR. DSLR adalah sebuah Digital Single Lens Reflex, DSLR sendiri memanfaatkan cermin guna memantulkan cahaya dari lensa ke viewfinder.

Sedangkan untuk viewfinder, adalah suatu lobang mini atau kecil yang diletakkan pada bagian belakang kamera dimana tempat kita melihat obyek yang hendak diambil gambarnya.

Singkatnya sih seperti ini, jadi Digital Single Lens Reflex atau DSLR ini adalah sebuah kamera digital yang mana menggunakan sistem cermin otomatis dan juga pentaprisma guna meneruskan cahaya dari lensa ke viewfinder.

Selain DSLR, ada juga SLR. Yang mana keduanya memiliki perbedaan mencolok dan wajib kamu ketahui pula. Agar semakin menambah ilmu kamu terkait kamera, kami juga akan memberikan cara untuk membedakannya, agar kamu tidak salah beli kamera.

Perbedaan dari DSLR dengan SLR bisa kita lihat berdasarkan kepanjangannya. Kepanjangan SLR adalah Single Lens Reflex, sedangkan DSLR adalah Digital Lens Reflex.

Kepanjangan SLR ini menunjukan bahwasanya kamera tersebut memiliki teknik pengambilan gambar dengan sebuah sistem jajaran lensa berjalur tunggal.

Dengan adanya sistem tersebut, akhirnya para fotografer pun dapat melihat objek yang mereka ambil melalui kamera dengan hasil yang mirip dengan hasil fotonya.

Sedangkan DSLR, menunjukan bahwa kamera DSLR terbaik memiliki teknik pengambilan gambar pentaprisma serta mechanical mirror system guna meneruskan cahaya menuju optical viewfinder dari lensa kamera.

Ada juga perbedaan lain yang bisa kamu ketahui, yakni perbedaan dari media penyimpanannya. Dikarenakan memiliki cara kerja yang berbeda, dengan begitu media penyimpanannya yang terdapat pada sistem kamera SLR dan DSLR pun sangat berbeda.

Kamera SLR sendiri umumnya menggunakan analog atau film 35 MM, sedangkan untuk kamera DSLR terbaik menggunakan memori dengan kapasitas penyimpanannya tersendiri yang tentunya berbeda-beda.

Selanjutnya, kamera SLR serta DSLR juga dapat kamu lihat berdasarkan penampakan atau design physical-nya.

Kamera SLR ini pada umumnya menggunakan sedikit tombol, hal tersebut dikarenakan fitur-fitur yang kamera SLR sangatlah terbatas jadi tidak aneh apabila memiliki sedikit tombol.

Sementara untuk kamera DSLR adalah sebaliknya, kamu akan disuguhkann dengan jumlah tombol yang amat banyak, karena itu pun sesuai dengan fitur-fitur penangkapan gambar yang tersedia, seperti halnya pemilihan ISO, Preset Scenes, White Balance, dan masih banyak lagi yang bisa ditemukan.

Berikut 6 Daftar Kamera DSLR Terbaik Rekomendasi Untukmu

Setelah kamu mengetahui terkait DSLR itu sendiri, sekarang kita akan lanjut ke pembahasan kamera DSLR terbaik yang bisa kamu beli. Untuk masalah harga, kami pilihkan yang terjangkau namun berkualitas. Jadi, persiapkan uang kamu.

1. Nikon D5200

Nikon D5200

Pertama ada Nikon D5200. Kamera Nikon D5200 adalah salah satu kamera hasil perkembangan dari seri D5100.

Kamera Nikon satu ini memiliki layar sebesar 3 inches yang mana bisa kamu putar-putar ke berbagai arah. Selain itu, kamu juga mampu melakukan kegiatan swafoto dengan kamera ini atau mungkin melihat layar guna mengambil gambar pada sudut yang sulit untuk diambil.

Kemudian, mereka juga menyematkan sensor CMOS DX-Format yang mana hadir dengan resolusi 24 MP serta dapat merekam video Full HD 1080p. Keren bukan?

Kelebihan:

– Layar dapat diputar
– Interface layar yang jelas dan juga tajam
– Sensor CMOS agar memiliki hasil tanpa blackout

Kekurangan:

– Sangat rumit ketika digunakan, karena memiliki banyak tombol
– Memiliki bobot yang bisa dikatakan berat
– Gripnya kecil

Harga Nikon D5200 saat ini sekitar Rp. 5.8 jutaan. Kamu bisa beli di toko terdekat atau mungkin di toko online yang kamu percaya.

2. Canon EOS 1300D

Canon EOS 1300D
Image by: timeincuk.net

Kamera Canon EOS 1300D, sebuah kamera keren yanng memiliki fitur pemotretan otomatis serta sudah kompatibel dengan lebih dari 70 lensa EF/EF-S. Artinya, ini akan memungkinkan kamu untuk mengambil foto layaknya seseorang yang handal atau pro.

Satu hal yang sangat menarik dari kamera ini adalah karena sudah dibekali oleh fitur Wi-Fi yang mana pada seri sebelumnya masih tidak ada.

Adanya Wi-Fi ini dapat memudahkan aktivitas pemindahan data menjadi lebih mudah tanpa harus ribet menggunakan kabel USB.

Kemudian, Kamera Canon satu ini juga menggunakan sensor berukuran APS-C 18 MP dan prosesor gambar DIGIC 4+-.

Kelebihan:

– Mudah digunakan
– Proses transfer data lebih mudah
– Hasil gambar lebih jernih karena adanya sensor yang lebih modern

Kekurangan:

– Bukan layar sentuh atau touch screenn
– Tidak memiliki banyak mode potret
– Terbuat dari plastik

Harga untuk Canon EOS 1300D saat ini sekitar Rp. 5.5 jutaan.

3. Olympus PEN E-PL8

Olympus PEN E-PL8

Kamera Olympus PEN E-PL8 merupakan sebuah kamera yang menggunakan sistem pengurangan debu Super Sonic Wave Filter guna membantu kamu untuk mengurangi debu yang masuk ke sensor dikala kamu mengganti lensa.

Kamera Olympus satu ini hadir dengan 4/3 Sensor Live MOS beresolusi 16.1 MP serta digabungkan dengan prosesor gambar TruePic VII.

Dengan adanya fitur teknologi keren tersebut, maka hasil potretan kamu akan semakin baik dengan hasil warna yang lebih jernih dan tajam dari biasanya. Kemudian Layar LCDnya sendiri memiliki fitur layar sentuh dan bisa kamu putar ke atas maupun ke bawah.

Olympus PEN E-PL8 menggunakan baterai lithium-ion milik BLS-50, dengan begitu kamera dapat bertahan sampai 350 gambar atau mungkin rekaman video selama 90 menit. Dan untuk Kualitas zoom-nya sudah tidak perlu kita ragukan lagi karena kamera ini akan memungkinkan kamu untuk mengambil gambar dari jarak yang cukup jauh.

Kelebihan:

– Kualitas Zoom terbaik
– Daya tahan baterai sangat besar
– Memiliki sensor gambar dan warna yang baik serta akurat

Kekurangan:

– Resolusi kurang
– Bentuknya sangat sulit untuk kita genggam karena terkesan kaku
– Ukurannya kecil

Kamera ini memanng kecil, namun untuk masalah harga, ternyata lumayan mahal, yakni sekitar Rp. 7.2 jutaan.

4. Pentax K-3 Mark II

Pentax K-3 Mark II
Image by: pcmag.com

Pentax K-3 Mark II merupakan suatu pengembangann dari Pentax K-3 yang mana merupakan sebuah kamera DLSR yang menargetkan pasar profesional, sehingga harganya sangat mahal dan tidak ramah untuk dompet kita.

Kamera Pentax satu ini masih menggunakan lensa 24 MP yang dilengkapi oleh prosesor Prime III. Yang menarik dari kamera ini adalah karena adanya fitur Astrotracer, sehingga sangat cocok untuk dimiliki oleh kamu jika suka memotret bintang di angkasa.

Sensor yang dimiliki kamera ini akan menghitung gerakan serta masukan cahaya agar dapat melakukan sinkronisasi atau penyesuaian CMOS dengan objek bintang yang tengah diambil.

Kelebihan:

– Memiliki hasil yang tajam meskipun dalam tempat minim cahaya
– Sensor terbaik sehingga dapat menghasilkan hasil warna akurat serta detail
– Memiliki pilihan aksesoris yang banyak

Kekurangan:

– Cukup sulit untuk dioperasikan
– Bobotnya berat
– Bentuk kameranya terasa kaku

Kamera Pentax K-3 Mark II memiliki harga sekitar Rp. 21 jutaan.

5. Canon EOS 7D Mark II

Canon EOS 7D Mark II
Image by: timeincuk.net

Kamera Canon EOS 7D Mark II hadir dengan sebuah sensor CMOS 20.2 MP yang sangat apik, kemudian ISO sampai dengan 16000 dan prosesor pencitraan ganda DIGIC 6 guna memastikan kualitas gambar lebih sempurna meskipun dalam keadaan pemotretan dengan minim pencahayaan.

Lalu, memiliki Pixel Ganda CMOS AF agar nantinya dapat menghasilkan fokus yang lebih halus serta akurat dikala kamu merekam video.

Kelebihan:

– Memiliki teknologi yang lebih bagus, sehingga hasil akhir potretan lebih sempurna lagi
– Dapat menghasilkan gambar bokeh yang baik dan berkualitas
– Pemilihan aksesorisnya yang banyak

Kekurangan:

– Tidak memiliki axis stabilizer
– Gripnya kecil, jadi akan sedikit sulit kita genggam

Harga untuk Cannon EOS 7D Mark II adalah sekitar Rp. 28.9 jutaan.

6. Canon EOS 200D

Canon EOS 200D
Image by: timeincuk.net

Terakhir adalah kamera yanng sangat cocok bagi kamu yang tidak suka ribet dan sangat cocok untuk dibawa kemanapun. Kamera tersebut adalah Canon EOS 200D.

Canon EOS 200D merupakan salah satu seri dari kamera DSLR terbaik dengan lensa 24 MP yang mana kamera ini lebih menargetkan atau menyasar ke pasar menengah.

Kamera EOS 200D menggunakan teknologi apik yang mana merupakan layar LCD Vari-Angle sehingga kamu dapat memutarnya ke berbagai arah.

Dan yang paling utama adalah karena bentuknya yang kecil serta ringan, membuat kamera satu ini lebih cocok digunakan atau miliki oleh para traveler atau fotografi urban.

Kelebihan:

– Sangat mudah untuk dibawa kemanapun dan kapanpun
– Tampilannya sangat klasik dan menarik
– Berteknologi apik dari Canon

Kekurangan:

– Cukup sulit untuk digenggam, karena kecil
– Tidak memiliki fitur anti goncangan
– Tidak kokoh

Harga untuk kamera kecil Canon EOS 200D ini sekitar Rp. 6.8 jutaan. Masih terjangkau lah.

Itulah 6 Rekomendasi Kamera DSLR Terbaik yang bisa kamu beli. Hanya saja, sebelum kamu membeli, kamu juga harus mengetahui kelemahan yang umum dimiliki oleh kamera DSLR, diantaranya:

a. Memiliki Mekanisme Rumit

Untuk menghasilkan suatu tangkapan gambar yang menarik kamu perlu berlatih sangat keras karena pada dasarnya menggunakan kamera DSLR terbaik ini tidaklah mudah layaknya kamera digital biasa. Agar bisa menghasilkan karya yang bagus dan mulus seperti para profesional, kamu harus banyak belajar dengan waktu yang cukup lama.

b. Harga Relatif Mahal

Meskipun ada DSLR yang murah atau terjangkau. Tetap saja kamera DSLR ini terbilang memiliki harga yang relatif mahal. Lebih mahal kamera tersebut, fiturnya pun akan lebih banyak lagi. Tapi, tentu mekanisme penggunaannya pun akan menjadi lebih ribet lagi. Sehingga harus belajar lebih sering lagi untuk menguasainya.

Meskipun dengan berbagai kelemahan tersebut. Dengan DSLR, kamu nantinya akan memiliki fleksibilitas yang lebih lagi. Karena dengan DSLR kamu akan memiliki beragam pilihan lensa yang dapat ditukar sesuai kebutuhan kamu.

Seperti halnnya ketika menangkap objek gunung, kamu bisa menggunakan lensa Ultra Wide. Sedangkan untuk objek kecil, kamu bisa menggantinya dengan lensa macro. Itulah enaknya menggunakan kamera DSLR terbaik.

Semoga artikel ini dapat menjadi referensi dan bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa untuk membaca artikel kami sebelumnya, seperti 4 Rekomendasi HP RAM 3GB di Tahun 2019.

Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Komentar disini