5 Rekomendasi HP Murah 4G Terbaik Tahun 2019

HP Murah 4G

Kalimat.ID – Hp murah 4G saat ini memang banyak sekali dicari user smartphone yang sama-sama ingin mencicipi koneksi 4G dengan harga terjangkau atau cocok dengan isi dompet. Hanya saja, kebanyakan smartphone berkoneksi 4G dengan spesifikasi yang bagus memiliki harga yang cukup tinggi.

Akan tetapi, kamu tidak perlu pusing. Karena pada artikel ini kita akan membahas 5 hp murah 4G yang bisa dijadikan sebagai acuan atau referensi ketika kamu hendak membeli hp murah 4G dengan spesifikasi mumpuni. Sebelum itu, baca juga 3 Rekomendasi HP ASUS Terbaru Tahun 2019 jika kamu tertarik membeli produk ASUS.

Berikut 5 Daftar HP Murah 4G Terbaik Tahun Ini

1. Lenovo A2010

Lenovo A2010
Image by: selular.id

Lenovo A2010 ini merupakan smartphone yang pernah saya pakai dulu, dan hasilnya bisa dikatakan memuaskan untuk harga dibawah 1 juta. Karena selain sudah support 4G, dari sektor dapur pacunya pun tidak kalah bagus.

Hp murah 4G besutan Lenovo ini hadir dengan layar sebesar 4.5 inch dan memiliki resolusi 854×480 pixel. Saat kita gunakan pun masih nyaman kok.

Selain daripada itu, varian satu ini merupakan smartphone pertama dari Lenovo yang dirakit di Tanah Air Indonesia bersamaan dengan smartphone Lenovo lainnya, yakni Lenovo A6010.

Setelah itu, hp murah 4G satu ini menggunakan Bodi material plastik dengan dimensi 131.5×66.5×9.9 mm yang kami rasa sudah sangat pas dengan ukuran rata-rata pengguna smartphone yang ada di Indonesia, bahkan saat digunakan satu tangan pun terasa lebih mudah dan nyaman.

Meskipun saya sendiri cukup menyayangkan terkait material bodi plastiknya, tapi mengingat harganya yang sangat murah, jadi tidak heran mereka menggunakan plastik untuk material bodinya, sehingga bobotnya pun sangat ringan, hanya 137 gram saja.

Sekarang kita beralih ke sektor dapur pacunya. Seperti halnya smartphone level menengah yang kebanyakan beredar, mereka menggunakan MediaTek MT6735M dan processor 4-core atau Quad-Core dengan clockspeed 1 GHz.

Selain itu, Lenovo A2010 ini juga menggunakan OS Android 5.1 dengan dukungan GPU Mali-T720 guna memperindah dari sisi grafis serta RAM 1 GB agar performa ketika melakukan multitasking lebih lancar.

Pada sisi fotografi, mereka menggunakan kamera yang saya rasa sangat besar untuk seukuran hp sekitar 1 jutaan kebawah. Mereka menggunakan kamera dengan resolusi 8 MP yang juga sudah dilengkapi LED Flash.

Sedangkan untuk kamera bagian depan, kamera yang dimiliki ternyata tidak terlalu besar, bahkan sangat kurang. Sehingga, kamera depannya akan memiliki hasil yang sangat kurang ketika digunakan selfie pada ruang minim cahaya, mengingat kamera depannya ini tidak memiliki fitur LED Flash-nya.

Sekarang untuk permasalahan memori, kamu tidak perlu khawatir, karena untuk harga hp 1 jutaan, internal storage yang dimiliki hp ini sudah dibilang cukup luas. Mereka menggunakan memori internal sebesar 8 GB yang juga bisa kamu perluas lagi dengan MicroSD hingga 32 GB.

Terakhir dari sektor daya tahan baterai. Lenovo A2010 ini menggunakan baterai berdaya 2000 mAh yang dapat bertahan hingga berjam-jam lamanya meskipun dalam keadaan aktif. Kemudian, untuk masalah harga, saat ini smartphone Lenovo A2010 dipatok sekitar Rp. 700 ribu – 800 ribuan, tergantung tempat.

2. Xiaomi Redmi 2

Xiaomi Redmi 2
Image by: fonearena.com

Lagi-lagi Xiaomi. Xiaomi ini memang selalu memberi harga murah dengan spesifikasi yang memuaskan ketika mengeluarkan smartphone terbarunya. Meskipun Xiaomi Redmi 2 ini sudah cukup lama beredar, tapi hingga saat ini masih layak digunakan.

Hp murah 4G satu ini hadir dengan layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors dengan ukuran 4.7 inches serta resolusi 720×1280 yang juga mendukung multitouch serta MIUI 6.0. Selain itu, smartphone ini juga menggunakan Dragontail Glass.

Untuk masalah performa, kamu tidak perlu ragu, karena smartphone ini menggunakan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dan processor Quad-Core 1.2 GHz Cortex-A53 dengan GPU Adreno 306 guna memperbagus masalah performa grafisnya.

Pada Xiaomi Redmi 2, kamu akan menemukan sebuah fitur Photo/Video Editor, sehingga nantinya kamu akan lebih mudah lagi saat hendak melakukan editing foto maupun video. Kemudian ada juga Java MIDP Emulator, Radio FM dan fitur keren lainnya.

Lalu untuk masalah memori, Xiaomi Redmi 2 tidak jauh beda dengan Lenovo A2010, dimana kamu akan disuguhkan memori internal sebesar 8 GB dengan RAM 1 GB. Kamu juga bisa menambah kapasitas memori kamu dengan menggunakan MicroSD yang besarnya bisa mencapai ukuran 32 GB.

Pada kameranya, mereka menggunakan resolusi 8 MP dengan fitur auto focus, LED Flash dan fitur lainnya agar dapat menghasilkan foto yang lebih maksimal. Sedangkan kamera depannya hanya memiliki resolusi 2 MP saja.

Sekarang, pada sektor baterai, mereka menanamkan baterai yang bisa dibilang ukuran normal lah, yakni Li-Po 2200 mAh agar smartphone tersebut dapat tetap menyala dalam jangka waktu yang lebih panjang lagi.

Harga pasaran yang berhasil saya temukan saat ini untuk smartphone Xiaomi Redmi 2 adalah Rp. 600 ribuan. Tertarik?

3. Samsung Z2

Samsung Z2

Samsung Z2 merupakan smartphone keren yang termasuk kedalam hp murah 4G yang layak untuk dibeli. Meskipun Samsung Z2 ini tergolong murah, tapi untuk masalah kualitas, kamu dapat membandingkannya dengan hp 4G lain yang ada di pasaran.

Smartphone besutan Samsung ini hadir sejak tahun 2016 lalu, yang mendukung fitur Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by). Samsung Z2 hadir dengan layar TFT capacitive touchscreen, 256K colors dan memiliki ukuran 4.0 inches dengan resolusi 480×800 pixels.

Pada masalah dapur pacu, kamu tidak perlu ragu karena meskipun sedikit outdated, tapi performanya sangat cukup untuk digunakan sehari-hari. Mereka menggunakan chipset Spreadtrum SC9830 dengan processor Quad-Core 1.5 GHz Cortex-A7 yang juga tidak lupa GPU Mali-400MP2 untuk meningkatkan performa grafis.

Akan tetapi, Samsung Z2 ini menggunakan OS Tizen 2.4 bukan OS Android seperti yang banyak digunakan.

Jika kamu belum tahu, Tizen ini merupakan OS yang bersifat open source yang menggunakan kernel (inti program) Linux. Tapi OS Tizen bukan hanya digunakan untuk smartphone saja, melainkan untuk perangkat multimedia, televisi dan sebagainya juga menggunakan Tizen.

Pada bagian penyimpanan, kamu akan disuguhkan memori internal sebesar 8 GB dan 1 GB ram yang bisa kamu perluas dengan memori eksternal berupa MicroSD hingga kapasitas 200 GB. Besar sekali bukan? Dengan kapasitas yang mampu mencapai 200 GB, kamu pasti bisa menyimpan segala berkas sepuasnya.

Untuk main camera, saya rasa tidak terlalu besar. Tapi, jika kamu tidak terlalu menyukai fotografi, saya rasa tidak terlalu masalah meskipun kualitas kameranya kurang. Samsung Z2 menggunakan kamera 5 MP yang hanya dibekali fitur LED flash. Sedangkan kamera depannya adalah kualitas VGA dengan aperture f/2.4.

Lalu pada bagian supply baterai. Hp murah 4G satu ini menggunakan baterai biasa atau bukan baterai tanam yakni removable Li-Ion 1500 mAh dan mampu bertahan hingga 8 jam lamanya.

Samsung Z2 memiliki 3 varian warna berbeda, mulai dari warna Gold, Black dan Red. Sedangkan untuk harganya mungkin sekitaran Rp. 600 ribuan. SIlahkan dibeli, harganya sangat terjangkau.

4. Samsung Galaxy J2

Samsung Galaxy J2
Image by: ndtv.com

Masih dengan brand Samsung, smartphone ini juga memiliki harga yang cukup terjangkau bagi kamu selaku pelajar atau mahasiswa yang memiliki budget minim.

Smartphone dengan jaringan support 4G LTE sehingga mampu mempermudah kamu dalam menjangkau jaringan atau koneksi lebih cepat lagi. Juga Samsung Galaxy J2 ini memiliki sistem operasi atau OS Android v.5.1.1.

Samsung Galaxy J2 hadir dengan menggunakan layar berukuran 4.7 inches Super AMOLED yang ternyata didukung juga dengan memori sebesar 8 GB yang dapat kamu perluas lagi hingga 128 GB.

Kemudian untuk bagian kamera, mereka menggunakan kamera belakang dengan resolusi 5 MP dan kamera depannya adalah 2 MP. Kamera depannya tidak akan terlalu memuaskan ketika digunakan selfie.

Selanjutnya, pada bagian daya tahan baterai, telah tertanam baterai berkapasitas Li-Ion 2000 mAh yang mampu membuat smartphone bertaham hingga berjam-jam meskipun saat digunakan.

Terakhir, Samsung Galaxy J2 ini menggunakan chipset Exynos 3745 Quad dan processor Quad-Core 1.3 GHz Cortex-A7 yang juga tidak lupa GPU Mali-T720 guna memaksimalkan grafis.

Harga untuk Samsung Galaxy J2 sekarang sekitar Rp. 1 jutaan lebih. Saya tidak bisa memastikannya karena tiap tempat berbeda harganya. Yang jelas kurang lebih 1 jutaan lah.

5. Xiaomi Redmi Note 2

Xiaomi Redmi Note 2
Image by: ndtv.com

Untuk HP Murah 4G terakhir pilihan Kalimat.ID adalah Xiaomi Redmi Note 2. Meskipun harganya murah, namun spesifikasi yang diberikan terbilang sangat powerful.

Hal tersebut terbukti dengan adanya processor Octa-Core yang tentu dapat membuat kinerjanya lebih cepat serta responsif dari biasanya. Apalagi dengan didukung chipset MediaTex MT6795, tentu akan semakin membuat performanya lebih maksimal lagi.

Untuk media penyimpanannya, mereka menggunakan memori internal sebesar 16 GB dan 32 GB sesuai selera kamu. Kemudian smartphone ini juga dilengkapi dengan GPU PwerVR G6200 sehingga dapat memaksimalkan kegiatan gaming kamu.

Sedangkan untuk RAM, kamu akan disuguhkan RAM dengan kapasitas cukup besar, yakni 2 GB yang tentu mampu membuat kamu memproses atau mengelola sesuatu dengan cepat tanpa harus menunggu lama.

Pada segi kamera, pada main camera-nya mereka menggunakan resolusi 13 MP yang dilenngkapi fitur phase detection sehingga dapat menangkap gambar lebih maksimal dari kebannyakan hp biasa. Smartphone Redmi Note 2 inni dilengkapi dengann baterai Li-Po 3060 mAh yanng mampu bertahan hingga 144 jam pada jaringan 3G.

Harga untuk smartphone murah Xiaomi Redmi Note 2 keren ini adalah Rp. 900 ribu sampai 1 jutaan.

Manakah smartphone pilihan kamu? Silahkan isi di kolom komentar, ya! Jangan lupa juga baca artikel sebelumnya, yakni 3 Rekomendasi HP Android Dibawah 1 Juta untuk referensi lainnya. Sampai jumpa!

Komentar disini