14 Rekomendasi HP Kamera Terbaik di Tahun 2019

Kalimat.ID – HP Kamera Terbaik pada pembahasan kali ini akan menjadi salah satu referensi terbaik bagi kamu penyuka fotografi sekaligus penyuka gadgets. Sebelum itu, mungkin kamu tertarik untuk membaca 5 Rekomendasi HP Murah 4G untuk menghemat dompet kamu.

Di zaman yang semakin modern dan canggih ini, segala sesuatu yang tadinya tidak mungkin, bisa menjadi mungkin. Salah satunya adalah kualitas kamera smartphone yang makin-hari kian meningkat dengan pesat.

Saat ini banyak sekali smartphone yang beredar dengan dilengkapi kamera berkualitas tinggi yang hampir menyamai kamera DSLR.

Memiliki HP Kamera Terbaik memang mempunyai kesan tersendiri ketika memakainya, dan menambah kesan yang wow ketika memilikinya, namun bagi sebagian orang hal ini adalah penghematan dan sebuah ide yang bagus.

Dimana jika memiliki hobi memotret keindahan alam atau objek lainnya Anda dengan sangat mudah mengambil spot yang bagus dengan didukung HP Kamera Terbaik yang sedang Anda miliki, hal ini membuat aktivitas kita menjadi fleksibel.

Dalam ketatnya persaingan para vendor smartphone dunia membuat kita bingung untuk memilih dan memiliki smartphone mana yang cukup bagus dalam segi HP Kamera Terbaik, sebut saja vendor salah satu merk yang low budget Xiaomi juga memiliki spek yang bagus baik dari segi kamera dan lainnya.

Tak kalah juga vendor asal Korea yakni Samsung, juga memiliki keunggulan yang bisa dibilang merajai pangsa pasar Smartphone terbaik dan terlaris di dunia, dimana banyak fitur dan kemewahan serta kecanggihan yang diusung oleh Samsung itu sendiri.

13 Rekomendasi HP Kamera Terbaik Tahun Ini

Baru-baru ini di tahun 2019 Samsung banyak mengeluarkan Varian Smartphone kelas menengah bawah hingga atas, seperti Samsung Galaxy S10+, A30 dan A50 serta deretan smartphone lainnya, dimana varian itu memiliki spek dengan HP Kamera Terbaik loh untuk di tahun ini, selain itu juga Huawei yang tak kalah bersaing dalam segi spesifikasi hingga besutan kameranya.

1. Huawei P20 Pro

Huawei P20 Pro

Huawei P20 Pro ini merupakan smartphone dengan kualitas kamera yang baik dan canggih. Pada smartphone ini, kamu akan menemukan 3 kamera belakang yang bekerja untuk menghasilkan gambar dengan kualitas yang menakjubkan.

Huawei P20 Pro ini dibekali kamera dengan resolusi maksimal mencapai 40 MP yang memiliki sensor 1/1.7 inches dan lebar lensa 27mm f/1.7. Sedangkan untuk 2 modul lainnya yakni kamera monochrome 20 MP serta kamera telefoto ekuivalen dengan lensa 80mm atau mungkin bisa sekitar 3x Zoom lah.

Dibandingkan generasi sebelumnya, Huawei P20 Pro ini sudah diperkuat lagi dengan software AI atau artificial inteligence yang sangat cerdas ketika mengenali suatu obyek foto, pihak Huawei sendiri menamainya dengan Master AI. Ketika prakteknya, akurasinya sendiri bisa mencapai 90% dalam hal mengidentifikasi suatu obyek yang akan diambil gambarnya.

Kabar menyenangkan bagi kamu selaku fotografer pro maupun yang masih baru, karena Huawei P20 Pro ini memiliki kemampuan me-record file JPG/RAW dengan resolusi mencapai 40 MP dan detail-detailnya pun tidak kalah dengan kamera-kamera mahal yang ada di pasaran.

Selain daripada itu, smartphone keren ini juga memiliki fitur Night Shot, sehingga kamu dapat memotret suatu obyek dengan maksimal meskipun dalam keadaan low light atau kekurangan cahaya maupun saat malam hari. Hasilnya pun sangat detail.

Terdapat cukup banyak kelebihan dari kamera smartphone ini. Tapi tetap saja, semuanya tidak ada yang sempurna. Huawei P20 Pro ini juga memiliki kelemahan, salah satunya adalah terkadang Mater AI ini suka terlalu agresif ketika meningkatkan saturasi warna, sharpness sama contrast-nya.

Kemudian, untuk ukuran file RAW juga sangat besar, yakni sekitar 70 MBan yang tentu memori internal pun akan cepat terkuras juga. Karena pada dasarnya hp ini tidak bisa menggunakan memori eksternal, jadi kita hanya mengandalkan memori internalnya saja yang hanya berukuran 128 GB.

2. HTC U12 Plus

HTC U12 Plus

HP Kamera Terbaik selanjutnya adalah HTC U12 Plus. HTC U12 Plus ini merupakan smartphone dengan performa dapur pacu yang tangguh dan handal dikala mengeksekusi setiap kontennya. Bukan itu saja, dengan layar berukuran 6 inches, kamu juga akan merasa lebih nyaman saat menonton film maupun bermain game.

Selain daripada itu, pada sisi fotografi pun Huawei U12 Plus ini dapat menghasilkan gambar yang maksimal. Smartphone keren ini hadir dengan menggunakan dual kamera belakang yang memiliki resolusi 12 MP + 16 MP. Serta, dilengkapi dengan fitur-fitur lain seperti halnya LED Dual-Tone Flash, Phase Detection Autofocus dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, tentu saja hasil foto yang kamu ambil akan menjadi lebih keren dan menarik lagi.

Juga, dengan menggunakan kamera belakangnya, kamu juga bisa menghasilkan rekaman video dengan hasil gambar 4K 2160p@30FPS serta full HD 1080p@30/60/120FPS.

Untuk bagian depannya juga smartphone HTC U12 Plus ini sudah menggunakan dual kamera yang mana masing-masing lensanya memiliki resolusi 8 MP.

Kemudian, kameranya juga sudah dilengkapi fitur Panorama serrta HDR. Dengan begitu kamu bisa menikmati hasil terbaik ketika berselfie ria dengan berbagai macam pose.

3. Xiaomi Mi Mix 3

Xiaomi Mi Mix 3

Dibandingkan dengan Xiaomi lain. Xiaomi Mi MIX 3 ini terbilang menjadi seri yang memiliki penampilan yang sangat segar. Xiaomi Mi MIX 3 ini termasuk kedalam hp kamera terbaik yang berada pada segmen high-end.

Sensor kamera selfie serta komponen-komponen lainnya disembunyikan dengan menggunakan mekanisme slider.

Mekanisme slider yang digunakan sangat berbeda dengan yang ada pada Vivo Nex atau mungkin Oppo Find X. Pihak Xiaomi menjanjikan bahwa mekanisme slider miliknya akan lebih nyaman ketika digunakan

Pada smartphone ini terhitung ada sekitar 4 total kamera tersemat dan masing-masing dua di belakang dan dua di depan. Lalu dua sensor pada kamera belakang memiliki resolusi 12 MP dengan satu lensa telephoto dan wide-angle.

Sedangkan untuk bagian depan, telah tersemat sensor kamera untuk selfie sebesar 24 MP yang juga ditemani sensor 2 MP. Dan uniknya lagi, ternyata Xiaomi Mi MIX 3 ini menyediakan spesifikasi dengan RAM 10 GB sehingga performanya pun sudah tidak perlu diragukan lagi. Kamu tertarik?

4. Google Pixel 3

Google Pixel 3

HP Kamera Terbaik selanjutnya adalah Google Pixel 3. Smartphone yang dikembangkan langsung oleh Google ini memiliki suatu keunggulan pada update OS Android, dapur pacu yang powerful serta kamera yang menakjubkan.

Google Pixel 3 muncul dengan memiliki lebar layar sampai 5.4 inche tanpa adanya notch serta dibekali layar AMOLED yang mana memang warnanya terkenal sangat keren.

Lalu, Google Pixel 3 ini juga dibekali dengan processor paling apik yakni Snapdragon 845 dari Qualcomm. Dan untuk GPU-nya sendiri mereka menggunakan Adreno 630.

Pada segi kamera, Google Pixel ini memiliki sedikit kemiripan dengan pendahulunya, yaitu Google Pixel 2 dimana memiliki hasil kamera menakjubkan dengan sebuah fitur bernama HDR+ dan mode potrait yang mampu menghasilkan foto bokeh walaupun hanya dengan satu kamera.

Google Pixel 3 ini menggunakan lensa kamera belakang sebesar 12.2 MP serta dual kamera depan 8 MP+8 MP. Lalu, pada sektor baterai mereka menanamkan baterai berkapasitas 3000 mAh yang bisa dikatakan besar dan mampu membuat smartphone menyala dalam waktu yang lama.

5. Samsung Galaxy S9+

Samsung Galaxy S9+

Untuk hp kamera terbaik yang terakhir adalah Samsung Galaxy S9+. Smartphone yang memulai debutnya pada Mobile World Congress ini mendarat di Indonesia sekitar bulan Februari 2018.

Pada Samsung Galaxy S9+, mereka juga menghadirkan varian warna baru, yakni Lilac Purple. Kemudian saat digenggam pun Galaxy S9+ tetap terasa nyaman serta kokoh meskipun bodinya lebih besar. Smartphone ini benar-benar tidak licin walaupun memiliki bodi belakang kaca dan memiliki rangka metal.

Pada sektor dapur pacunya, Samsung menanamkan komponen terbaik dan apik. Mereka menggunakan Eynos 9810 serta RAM sebesar 6 GB. Perpaduan tersebut pun menghasilkan suatu performa yang sangat kencang di segala aspek.

Kemudian, Galaxy S9+ ini memiliki layar yang sangat menakjubkan. Mereka menggunakan layar Super AMOLE dengan sebesar 6.2 inch serta memiliki resolusi 2960×1440 pixels.

Pada Galaxy S9+, Samsung menerapkan dual kamera dengan ukuran masing-masingnya adalah 12 MP. Tapi, karena memang dual kamera ini sudah umum digunakan, entah kenapa saya rasa malah jadi biasa saja, tidak ada hype yang berlebihan.

Akan tetapi, yang membuat kamera smartphone satu ini istimewa, yakni karena adanya dual optical stabilization (OIS), dua aperture diantaranya f/1.5 dan f/2.4 dan dual pixel. Dengan spesifikasi serta fitur tersebut, maka smartphone ini pun akan sangat mumpuni digunakan pada segala kondisi.

Bahkan, hasil jepretan zoom dalam keadaan maksimal pun masih sangat bagus dibanding kompetitor-kompetitor lainnya.

Ada satu fitur yang begitu menarik dari Samsung ini, fitur tersebut adalah slow motion. Memang ini bukanlah hal yang baru, tapi ini sangat berbeda dengan mode slow motion yang ada pada umumnya. Pada Galaxy S9+, kita tidak dapat mengatur rentang waktunya.

6. Samsung Galaxy S10 Plus

hp kamera terbaik Samsung Galaxy S10 Plus
Image by: cbsistatic.com

Pembahasan yang pertama kali ini adalah Samsung Galaxy S10 Plus dimana brand Samsung selain menawarkan berbagai produk yang canggih juga menawarkan berbagai jenis varian dan spesifikasi yang memumpuni tak tertinggal dari segi kameranya.

Samsung Galaxy S10 Plus merupakan HP kamera terbaik untuk tahun ini, dimana baru saja diluncurkan dan diresmikan secara publik kehadiran Samsung Galaxy S10 Plus ini pada awal tahun 2019, dimana kemunculan ini membuat pangsa pasar Smartphone semakin memanas.

Jika berbicara masalah harga tentunya harganya juga sangat bisa dibilang amat tinggi untuk kelas di Indonesia, namun bagi pecinta Smartphone dan Gadget khususnya pecinta Samsung pasti sudah menyiapkan uang untuk membeli dan menunggu kehadiran dari Samsung Galaxy S10 Plus ini.

Untuk di Indonesia sendiri varian Samsung Galaxy S10 Plus dibanderol dengan 3 harga yakni: 1. Rp 13.999.000 atau sekitar hampir angka 14 jutaan dengan spek RAM 8 GB dan memori internal hingga 128 GB, 2. Rp. 18.499.000 atau sekitar 19 jutaan dengan spek RAM 8 GB dan memori hingga 512 GB dan terakhir, 3. Rp. 23.999.000 kisaran harga 24 jutaan dengan RAM 12 GB dan memori penyimpanan hingga mencapai 1 TB (1.000 GB).

Wow, sangat tinggi juga harganya, namun harga yang ditawarkan memang sebanding dengan fitur yang diandalkan daripada Samsung Galaxy S10 Plus ini, dimana dari sisi kamera Samsung Galaxy S10 Plus memiliki dua kamera depan.

Nah keunggulan dari HP Kamera Terbaik Samsung Galaxy S10 Plus ini terletak pada lensa utamanya yakni bertipe: Wide (f/1.5), ultra wide-angle (f/2.2) dan tele (f/2.4), pada 3 jenis kamera ini memiliki ukuran pixel 12MP, 12MP dan 16MP.

Nah selain kamera yang memumpuni juga dibekali dengan fast charging, dimana Anda bisa mengisi daya Smartphone dengan lebih cepat dengan teknologi yang dibekali pada Smartphone Samsung Galaxy S10 Plus ini.

7. Xiaomi Mi 9

HP kamera terbaik Xiaomi Mi 9
Image by: detik.net.id

Nah pagi para pecinta Xiaomi HP ini cocok jika Anda ingin mencari salah satu HP Kamera Terbaik di tahun ini, pasalnya Xiaomi Mi 9 ini baru saja diluncurkan beberapa bulan lalu, dimana Xiaomi Mi 9 dilengkapi dengan Qualcomm Snapdragon 855.

Pertama kali diperkenalkan di China, Xiaomi Mi 9 memiliki perubahan dari spek pendahulunya, dimana Xiaomi Mi 9 memiliki ukuran layar yang sedikit lebih besar dibandingkan terdahulunya, juga dibekali dengan penambahan jumlah pada kamera.

Untuk layar utamanya sendiri Xiaomi Mi 9 memiliki luas 6,9 inch, memiliki resolusi Full HD+ dilengkapi juga dengan panel AMOLED, ukuran pada layar Xiaomi Mi 9 sedikit lebih besar dibandingkan dengan Mi 8 yang mana memiliki layar sekitar 6,2 inch saja.

Sama dengan diatas, Xiaomi Mi 9 memiliki 3 jenis kamera, dimana kamera utamanya memiliki kapasitas 48MP Sony IMX586 (f/1.75), 12MP Samsung S5K3M5 (f/2.2) dengan 2 kali optikal zoom, dan terakhir 16 MP Sony IMX481 (f/2.2) wide-angle.

Juga dilengkapi dengan chipset Snapdragon 855, dan dilengkapi dengan dua pilihan RAM yakni sebesar 6GB hingga 8GB, dan kapasitas penyimpanan hingga 128GB, Xiaomi Mi 9 juga ditenagai dengan baterai sebesar 3.300 mAh, juga dilengkapi dengan sebuah teknologi Fast Charging.

Untuk masalah harganya sendiri Xiaomi Mi 9 dengan RAM 6GB dijual dengan harga 2.999 Yuan atau setara dengan 6,2 jutaan, dan Xiaomi Mi 9 dengan kapasitas RAM 8GB dijual dengan harga 3.299 Yuan atau setara dengan 6,9 jutaan.

8. iPhone XS Max

hp kamera terbaik iPhone XS Max
Image by: digitaltrends.com

Tak tertinggalan sebuah karya tangan dari Steve Jobs ini juga menawarkan HP Kamera Terbaik dari produk Apple yakni jatuh pada varian tipe iPhone XS Max, dimana produk ini merupakan salah satu produk unggulan daripada iPhone.

Bagi Anda pecinta sejati iPhone walaupun sudah melihat berbagai jenis HP diatas dan dibawah yang memiliki spek yang memumpuni juga harga yang bersaing, namun bagian sebagian orang yang sudah jatuh cinta pada produk ini, Apple juga sudah menyediakan salah satu produk mereka untuk Anda yang suka dengan kamera yang memiliki kualitas tinggi, salah satunya adalah iPhone XS Max.

iPhone XS Max merupakan penerus dari iPhone X yang dirilis beberapa tahun lalu, beberapa perubahan terletak pada prosesor A12 generasi pertama memiliki arsitektur 7mm, dengan kamera ganda 12MP (wide and tele), serta sudah mendukung dual sim.

Pada fitur kamera utamanya adalah, 12MP (tele F/2.4), 12 MP (wide angle F/1.8), Smart HDR, Portrait mode dengan Depth Control, Advanced Bokeh, sedangkan untuk harganya sendiri dijual dengan harga 1.099 USD AS atau sekitar Rp. 15,8 jutaan.

9. HTC U12 Plus

HTC U12 Plus
Image by: timeincuk.net

HTC merupakan salah satu smartphone asal Taiwan, pada pembahasan kali ini adalah sebuah varian HTC U12 Plus yang merupakan generasi penerus dari HTC U11, dimana HTC U12 Plus diusung dengan chipset Snapdragon 845.

HTC U12 Plus masih memiliki desain gaya dengan eskterior yang ramping dari flagship sebelumnya, baik dari jenis Hardware dan Software juga sudah diperbaiki oleh HTC pada produk keluaran anyarnya yakni HTC U12 Plus.

Jika Anda pecinta HTC bisa mencoba jenis HTC U12 Plus dimana HTC U12 Plus sudah mendapatkan peringkat kamera dari DxOMark. Pada kamera belakang diusung dengan resolusi 12MP+16MP, pada sensor sudut utama juga dilengkapi dengan aperture (f/1.75), tele (1/2.6), juga pada kamera HTC U12 Plus memiliki 1,85-2x optical zoom dan zoom digital hingga 10 kali. Bahkan sanggup membuat kualitas video hingga 4K (60fps), 1080p (240fps) dan sudah mendukung fitur OIS.

Jika Anda ingin memilikinya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 11.7 juta dengan internal memori 128GB, dan memori internal sebesar 64GB di banderol dengan harga 11,3 jutaan. HTC U12 Plus juga dilengkapi dengan chipset Snapdragon 845, dengan RAM 6GB, layar Super LCD 6inch resolusi 2.880×1.4440 PX, DCI-P33.

10. Samsung Galaxy Note 9

Samsung Galaxy Note 9

Lagi lagi Samsung masuk dalam jajaran HP Kamera Terbaik, dimana Samsung baru saja tahun lalu mengeluarkan series Note 9 dimana spek untuk kameranya sendiri bisa memanjakan siapa saja yang memakainya.

Samsung Galaxy Note 9 sendiri dilengkapi layarnya dengan OLED 6,4inch, dengan memiliki resolusi QHD jenis Super AMOLED, dan didukung oleh chipset Snapdragon 845 atau Exynos 9810 namun tergantung negara yang memiliki Chipset ini.

Pembaharuan perangkat keras (Hardware) yang lebih terasa adalah pada pena pen digital S Pennya, Samsung memakai Bluetooth pada S Pen Galaxy Note 9 ini, berfungsi untuk out of the box yang lebih kaya.

Untuk segi kamera utamanya yakni ber-resolusi 12MP dengan kemampuan Wide dan Tele, memiliki kamera ganda 12+12MP (wide angle dan tele), dual-aperture (F/2.4 dan F/1.5), 2x optical zoom, 10x digital zoom. Untuk masalah harganya sendiri di kisaran 11 hingga 14 jutaan untuk pasar Indonesia.

11. iPhone XR

hp kamera terbaik iphone xr
Image by: cnet2.cbsistatic.com

HP Kamera Terbaik selanjutnya jatuh kepada produsen Apple yakni varian iPhone XR, pada kamera iPhone XR juga didapuk merupakan salah satu kamera terbaik dalam jenis tunggal, hal ini berdasarkan hasil dari DxOMark, dimana hasil poin dari iPhone XR ini adalah 130 untuk hasil berfoto dan 96 untuk jenis video.

iPhone XR sudah dilengkapi dengan kamera belakang sebesar 12MP dengan sensor (1/2.55inch), 1,4 μm, lensa 26mm, pada kamera iPhone XR ini juga sudah dilengkapi dengan OIS, PDAF, hingga dual-tone LED Flash.

Harga iPhone XR:
Versi 64 GB dijual dengan harga Rp 15.199.000
Versi 128 GB dijual dengan harga Rp 16.499.000
Versi 256 GB dijual dengan harga Rp 18.299.000

12. Xiaomi Mi 8

Xiaomi Mi 8
Image by: pocket-lint.com

Jika Anda penggemar Xiaomi Anda tak perlu khawatir dengan kualitas kameranya, Xiaomi juga ada beberapa diatas dan disini yang memiliki kamera yang tak kalah dengan pesaing lainnya, pada sensor utama Xiaomi Mi 8 mengandalkan Sony IMX363 dan sensor sekunder S5K3M3 dari Samsung.

Untuk hasil dari foto Xiaomi Mi 8 menurut DxOMark menembus skor 105, dimana nilai ini setara dengan Samsung Galaxy S9 Plus, Xiaomi Mi 8 juga mengklaim bahwa ia menjadi ponsel pertama yang memakai dual- frequency GPS dimana bisa menghasilkan data lokasi lebih akurat lagi.

13. OnePlus 6T

OnePlus 6T
Image by: pcmag.com

HP Kamera Terbaik kali ini juga jatuh pada produsen asal Tiongkok OnePlus, dimana mereka jelang sebelum meluncurkan OnePlus 6 kini dia mengeluarkan varian baru bernama OnePlus 6T, dimana keluaran terbaru ini lebih baik dari terdahulunya.

OnePlus 6T merupakan smartphone flagship high-end dengan dibekali layar sebesar 6,41inch AMOLED dengan resolusi layar 2340x1080p, dengan rasio aspek perbandingan 19:5:9. Pada segi kamera OnePlus 6T dibekali 3 kamera, dua kamera pada posisi belakang dan satu pada posisi depan.

Untuk kamera bagian belakang memiliki ukuran 16MP dengan lensa (f/1.7) dan kamera keduanya memiliki resolusi 20MP (f/1.7). dan pada kamera bagian depan juga dilengkapi dengan resolusi 16MP dengan lensa (f/2.0)

Untuk masalah harga nya sendiri tergantung dari varian RAM yang Anda pilih: 1. OnePlus 6T RAM 6GB dijual dengan harga Rp. 8,3 jutaan, 2. RAM 8GB deijual dengan harga Rp. 8.8 jutaan, dan terakhir, 3. OnePlus 6T RAM 8GB dengan memori 256GB dijual dengan harga Rp. 9,5 jutaan.

14. Huawei P30 Pro

Huawei P30 Pro
Image by: timeincuk.net

Huawei P30 Pro merupakan HP Kamera Terbaik yang merupakan HP keluaran terbaru dan masih hangat pada bulan ini, Huawei P30 Pro diperkenalka di Paris, Prancis. Jika dilihat dari segi tampilannya Huawei P30 Pro memiliki layar lebih lebara pada sisi kiri dan kanan dibandingkan versi terdahulunya.

Huawei P30 Pro memiliki layar OLED 6,47inch dengan resolusi layar 2.340×10.80p, yang menghasilkan warna dan tampilan yang lebih tajam. Juga pada bagian atas terdapat nocth dengan desain water drop juga dibekali dengan 32MP Selfie.

Juga pada ponsel Huawei P30 Pro didukung dengan RAM 8GB, yang merupakan perpaduan chipset Kirin 980, yang membuat Huawei P30 Pro saat dioperasikan terasa enteng dan lebih mulus, dan merupakan Smartphone flagship yang mengadopsi prosesor Kirin 980 buatan 7nm.

Pada kamera belakang Huawei P30 Pro terdiri dari 40MP (27mm), (f/1.6) aperture + 20MP 16mm ultrawide (f/2.2) + 8MP 5kali optical periscope prism (f/3.4) + Huawei TOF (time-of-flight), sensor terakhir merupakan sensor terakhir kamera keempatnya.

Pastikan dompet kamu kuat untuk membelinya ya, mengingat kelima smartphone tersebut adalah high-end, jangan heran jika harga yang dibandrol akan terlampau sangat tinggi.

Walaupun begitu, kita tetap akan merasa puas dengan segala fitur yang disajikan. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya! Oh ya, baca juga artikel 3 Rekomendasi HP Android Dibawah 1 Juta untuk menghemat uang kamu.

Komentar disini
Hosting Unlimited Indonesia