Harga Honda Jazz: Kelebihan dan Kekurangan, Varian dan Tips Merawat Mesin

Harga Honda Jazz

Kalimat.ID – Harga Honda Jazz memiliki sebuah kendaraan merupakan hal yang diinginkan oleh semua orang, apalagi kalau kendaraan tersebut didapatkan dari hasil jeripayah sendiri, misalnya membeli kendaraan bermotor untuk dipergunakan sebagai alat transportasi menuju tempat kerja, tempat wisata ataupun tempat tertentu yang diinginkan.

Bagi anda yang bingung untuk menentukan pilihan kendaraan pribadi anda, disini kami akan menawarkan sekaligus mereview kendaraan roda empat dengan dari brand Honda, yakni Honda Jazz.

Harga Honda Jazz 2019 di Kota Populer

Beda Kota Beda Harga, sebab tiap-tiap kota memiliki nilai pendapatan masyarakat yang berbeda-beda, hal ini dipengaruhi oleh nilai UMK yang berbeda, berikut ini merupakan harga dari berbagai kota yang menjual Honda Jazz 2019.

Nama Kota Kisaran Harga
Bandung Rp254,5 – Rp295 Juta
Bekasi Rp236 – Rp276 Juta
Bogor Rp240,5 – Rp281 Juta
Depok Rp236 – Rp276 Juta
Jakarta Barat Rp239 – Rp279,5 Juta
Jakarta Pusat Rp239 – Rp279,5 Juta

 

Honda Jazz 2019 telah launching dengan beberapa varian warna dan model, tentunya dengan harga yang berbeda-beda dan spesifikasi yang berbeda juga, Berikut merupakan varian Harga Honda Jazz 2019 bagi anda yang berminat membelinya:

MT I Rp. 239 Juta (OTR)
DP 17,5 Juta
Angsuran 5,63 Juta
Tenor 60 Bulan

CVT I Rp. 249 Juta (OTR)
DP (Mulai) 19,5 Juta
Angsuran 6,71 Juta
Tenor 60 Bulan

RS MT I Rp. 269,5 Juta (OTR)
DP (mulai dari) 23,5 Juta
Angsuran 6,32 Juta
Tenor 60 Bulan

Kelebihan dan Kekurangan Honda Jazz

honda jazz

Kelebihan Honda Jazz:

Honda Jazz tetap mempertahankan krakternya sebagai mobil yang lincah, praktis, dan disukai banyak orang. Alhasil mobil mewah ini akan terus bisa bersaing dengan mobil lain.
Performa mesin yang diperbaharui tenaganya tetap terbesar di kelasnya sehingga akan membuat mobil ini layak dipertimbangkan sebagai mobil yang bandel.

Fleksibilitas kabin yang tetap tidak ada yang bisa menandingi, ini yang menjadi salahsatu power Honda Jazz di pasar roda empat.

Kekurangan Honda Jazz:

Mesin L15 sudah mulai menua, meski setiap digunakan di model mobil baru, ada saja yang diperbaharui. Ground clearance rendah.

Varian Warna Honda Jazz 2019

Honda sangat mengerti dengan selera para pelanggannya, hal ini yang membuat Honda jazz diproduksi dengan varian warna yang berbeda yang dimaksudkan agar para costomer bisa memilih warna mobil yang mreka inginkan sesuai dengan keinginannya. Berikut pilihan warna yang telah disediakan oleh Toyota untuk Honda Jazz 2019 : Crystal Black Pearl, White Orchid Pearl, Modern Steel Matallic, Rallye Red, Lunar Silver Metallic, Attract Yellow Pearl and Phoenix Orange Pearl.

Penyakit Yang Sering Terjadi Pada Honda Jazz 2019

Honda Jazz Merupakan salahsatu hticbak terlaris di pasaran Indonesia. Brand mobil ini terus menerus selalu menjadi incaran para costumer roda empat, terbukti Honda Jazz ini telah eksis di pasar Indonesia selama 17 tahun. Honda Jazz ini selalu didesain secara modis serta performa mesin yang efisien jadi unggulan yang terus menerus ada sampai generasi Jazz saat ini.

Honda Jazz sendiri telah masuk ke pasar Indonesia secara resmi pada tahun 2004, Varian yang ditawarkan Honda Jazz antara lain bermesih L15A SOHC 8 valve dengan teknologi i-DSI dan SOHC 16 valve VTEC. Sebagai salahsatu mobil laris di Indonesia, fitus Honda Jazz ini tergolong sangat lengkap, seperti power window, electric power steering dan electric mirror.

Honda Jazz pun memiliki fitur unggulan yang membuat kesan mobil ini semakin wah yakni ultra seat. Jok belakangpun bisa dilipat sedemikian rupa sehingga Honda Jazz bisa memberikan ruang bagasi yang sangat besar.

Kelemahan mendasar di Honda Jazz ini adalah tenaga yang kurang di varian i-DSI. Selain itu, penyakit yang cukup sering menghampiri yaitu soal transmisi CVT pada generasi awal yang rentan rusak dan brebet dari bagian valve body.

Kerusakan CVT Honda Jazz

Menjadi salahsatu mobil terlaris di Indonesia bukan menjadi jaminan Honda Jazz tidak mengalami kerusakan, Honda Jazz ini pun mempunyai masalah dengan indikasi yang muncul seperti getaran yang berlebih saat mobil mulai berjalan.

Gejala lainnya, mobil kadang ‘ndut-ndutan’ saat melewati jalan menanjak. Hal ini bila telah dideteksi sejak awal, masih bisa diatasi.

Dari forum Seraya Motor dijelaskan kerusakan ini karena oli CVT yang kualitasnya sudah jelek atau kotor. Akun bernama Kaleng di Seraya Motor menjelaskan bila pemilik Honda Jazz perlu memeriksa kondisi oli CVT melalui dipstick di samping tabung air radiator.

“Mestinya sih jernih olinya, kalau sudah tidak jernih lebih baik diganti,” sebut akun tersebut. Soal pemilihan oli transmisi ini tidak bisa sembarangan. Pemilik mobil sebaiknya memakai pelumas asli Honda dan menghindari oli merek lain.

Mesin Honda Jazz Brebet

Tak hanya kerusakan di CVT, masalah lainya yang juga sering menghampiri Honda Jazz antara lain Valve body kotor. Hal ini bisa dikatakan wajar, sebab tipe mobil yang dapat menempuh jarak jauh biasanya terdapat kotoran atau debu yang mengendap. Gejala ini dapat dirasakan ketika mesih bergetar ketika berada dalam suhu mesin yang panas.

Kondisi ini pun juga sering terjadi ketika kondisi macet yang dikarenakan beban kerja mesin yang cukup berat. Tarikan tersendat antara 1.500-3000 RPM. Ketika berakselerasi terlihat jarum RPM naik turun tidak stabil

Mesin butuh pasokan udara besar untuk menghasilkan torsi di putaran rendah. Untuk persoalan mesin yang bergetar ini solusinya juga cukup mudah. Akun bernama Gratis di forum Modifikasi.com menyebut, bila mobil perlu dibersihkan bagian throttle body berikut sensornya.

“Dibilang sama montirnya dibersihin dulu aja throttle body plus sensornya. Lalu, di-reset dan setting ulang ECU matic-nya, alhasil beres tuh,” tulis akun tersebut.

Proses membersihkan throttle body ini harus teliti, jangan sampai meninggalkan kotoran sama sekali di celah-celah sempit. Bila terlanjur rusak, harga komponen ini cukup mahal karena satu set dengan throttle body.

Adapun penyebab mampetnya throttle body ini salah satunya karena mencuci bagian mesin. Semburan air menyusup di celah sempit dan mengendap pada valve body. Kondisi serupa terjadi pada Honda City i-DSI yang mesinnya serupa dengan Jazz.