11 Gunung Tertinggi di Dunia yang Memukau Mata Manusia

Kalimat ID – Gunung Tertinggi di Dunia – Berbicara mengenai gunung tentunya terbesit dalam pemikiran anda jika gunung ini menjadi salah satu tempat dengan ketinggian berbeda dari lainnya. Tak bisa dipungkiri lagi jika saat ini banyak sekali gunung dengan pemandangan begitu indah.

Pastinya hal ini mampu memukau mereka para pendaki gunung. Dimana kelompok pecinta alam selalu mampu menaklukkan gunung meskipun track yang dilewati terbilang sulit. Kita pembahasan kita pun terkait dengan gunung tertinggi di dunia.

Tentu saja banyak sekali gunung yang berada di seluruh dunia dengan ketinggian berbeda. Semakin tinggi sebuah gunung maka track pendakiannya biasanya bakalan semakin sulit. Ukuran dari gunung tentunya dengan ketinggian di atas permukaan laut.

Meskipun demikian ternyata ada beberapa gunung dengan puncak tertinggi mampu sajikan pemandangan alam indah dan memukau. Hal ini seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki gunung untuk bisa menakhlukkan track yang ada.

Meskipun demikian ternyata tidak semua gunung mampu sajikan pemandangan indah. Hal ini tentunya perlu anda ketahui agar pengetahuan anda mengenai gunung tertinggi di dunia bisa diperoleh. Supaya lebih jelas lagi sebaiknya simak uraian berikut ini:

Puncak Jaya

puncak jaya

Gunung yang satu ini mempunyai ketinggian kurang lebih 4.884 meter di atas permukaan laut. Tentunya puncak yang tertinggi di Indonesia tersebut sudah masuk dalam sebuah situs Warisan Dunia UNESCO.

Puncaknya memang berada pada pegunungan Sudirman, Papua Barat yang mana sudah disematkan menurut nama orang pertama yang sudah berhasil melakukan pengamatan gletser pada gunung tersebut.

Menariknya pada tahun 1963 akhirnya puncak tersebut diganti namanya menjadi Puncak Soekarno. Dimana nama dari puncak tersebut akhirnya diganti lagi menjadi Puncak Jaya. Tentunya nama Piramida Carstensz ini seringkali dipergunakan oleh mereka kalangan pendaki gunung. Jadi anda harus mengerti jika gunung tersebut masuk dalam deretan gunung yang tertinggi di dunia.

Gunung Semeru

Gunung Semeru

Siapa sangka ternyata puncak Mahameru ini terkenal dengan puncak paling populer yang berada di Indonesia. Ketinggian dari gunung tersebut mencapai 3.676 mdpl yang mana berada pada Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Pastinya banyak yang mengerti jika gunung Mahameru ini masuk dalam kategori gunung api aktif bahkan menjadi gunung yang tertinggi di Pulau Jawa. Gunung tersebut untuk pertama kalinya di puncaki sekitar tahun 1838 oleh Winny Brigita dan Clignet.

Dimana mereka menemukan banyak sekali tantangan dan pengalaman terbaru. Tentunya saat berada di puncaknya, hamparan pemandangan indah pun bisa disaksikan. Menariknya lagi dari gunung Semeru ini ternyata tersedia banyak tanaman seperti halnya akasia, pinus dan juga pohon cemara.

Selain itu ada beberapa tumbuhan lainnya seperti edelweiss putih dan alang-alang. Pastinya dengan beragam tanaman tersebut mampu melengkapi keindahan pemandangan yang berada didaerah pegunungan.

Gunung Indrapura

gunung Indrapura
image by: wikimedia.org

Gunung tersebut memang berada di Propinsi Jambi yang mana berbatasan langsung dengan propinsi Sumatera Barat. Gunung ini memang sudah dikelilingi dengan adanya hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat.

Pada puncak Indrapura ini para pendakinya mampu melihat dari kejauhan pemandangan indah yang membentang. Menariknya lagi Samudera Hindia yang terbilang luas tentunya bisa terlihat jelas.

Pada bagian timur ternyata terdapat danau Bento maupun rawa yang berair jernih tertinggi di Sumatera. Gunung tersebut bahkan sempat juga mengalami erupsi yang mampu menjadikan para pendakinya menunda lakukan sebuah pendakian.

Meskipun demikian pastinya masih banyak para pendaki merasa penasaran dengan track yang perlu ditempuh agar mampu mencapai bagian puncak gunung. Mendaki gunung memang bukan hal yang mudah, dimana semuanya membutuhkan persiapan energi dan beragam peralatan tertentu.

Gunung Kilimanjaro

gunung kilimanjaro
tourradar.com

Memang cukup banyak sekali puncak gunung tertinggi di dunia ini yang terselimuti oleh salju. Salah satunya tentu saja Gunung Kilimanjaro atau sering dinamakan dengan Gunung Putih. Lokasi dari gunung tersebut lebih tepatnya berada di Tanzania yang mana berada pada daerah tropis.

Tentunya gunung Kilimanjaro inii mempunyai ketinggian mencapai 5.895 mdpl yang mana menjadi puncak tertinggi di benua Afrika. Lapisan salju yang berada pada tempat tersebut nyatanya memang telah berkurang.

Tetapi hal tersebut tak mengurungkan niat para pendakinya untuk menjadikan gunung ini sebagai tujuan pendakian. Hal unik bahkan khas dari tempat tersebut nyatanya bisa kita lihat dari sinyal telepon genggam dengan basis GSM yang mana mampu tertangkap meskipun berada di puncak gunung. Selain itu para pendakinya nanti juga mampu melihat beragam tanaman maupun hewan dari bagian atas gunung.

Gunung Mont Blanc

Mont Blanc
iamge by: wikimedia.org

Ada lagi gunung tertinggi di dunia yang tak kalah menarik dijadikan pilihan sebagai tujuan pendakian. Dimana puncak gunung Mont Blanc ini tergolong menarik sekali. Lokasinya memang berada pada kawasan Eropa Barat yang mana berada di Italia dan Prancis. Puncak gunung tersebut berada dalam ketinggian 4.810 mdpl.

Seringkali kebanyakan orang menyebutnya sebagai gunung putih. Pastinya hal ini tak lain dikarenakan pemandangannya terlihat luar biasa sekali. Hanya saja keindahannya ini tidak selalu indah sebab perubahan cuaca maupun badai mampu membuat suhu udaranya kurang dari 30 derajat celcius. Jadi bagi para pendakinya tentu saja membutuhkan persiapan matang maupun peralatan yang terbilang lengkap.

Gunung Cho Oyu

Cho Oyu
image by: wikimedia.org

Memang cukup banyak sekali gunung tertinggi di dunia. Dimana gunung Cho Oyu itu menjadi salah satu pilihan tepat sebagai tujuan pendakian. Bahkan banyak orang beranggapan jika gunung tersebut terbilang mudah sekali untuk didaki. Akses yang perlu ditempuh oleh para pendakinya terbilang cukup mudah.

Apalagi kebanyakan dari lereng yang telah tersedia memang bersahabat bagi siapapun. Cho Oyu ini menjadi salah satu puncak gunung yang mampu didaki tanpa memerlukan oksigen tambahan.

Berkat adanya semua kelebihan tersebut seakan menjadikan para pendaki handal berusaha untuk menjadikan gunung tersebut sebagai tujuan pendakian. Apalagi gunung tertinggi yang ada di dunia ini cukup terkenal pada kalangan masyarakat.

Gunung Dhaulagiri

Dhaulagiri
image by: missionhimalayatreks.com

Gunung yang satu ini ternyata masuk juga dalam deretan gunung tertinggi di dunia. Dimana ketinggian dari gunung tersebut mencapai 8.167 meter. Tentunya gunung ini masuk dalam urutan yang ketujuh.

Lokasinya memang berada di negara Nepal. Sebetulnya nama Dhaulagiri ini seringkali dimaknai dengan gunung yang indah. Konon pada tahun 2007 banyak sekali pendaki yang telah meninggal dunia. Jumlah pendaki yang meninggal sekitar 58 orang sedangkan pendaki yang mampu menjejakkan kakinya pada gunung tersebut sekitar 358 pendaki gunung.

Gunung Manaslu

Manaslu
image by: high5adventures.com

Gunung yang satu ini memang termasuk dalam kategori gunung tertinggi di dunia. Dimana gunung tersebut lokasinya berada di Himalaya Mansiri sekitar 64 kiloneter yang berada di sebelah timur Annapura.

Gunung yang satu ini ternyata berhasil didaki semenjak tanggal 9 Mei 1956. Dimana ketinggian dari gunung tersebut mencapai 8.163 meter tepatnya di atas permukaan laut. Tentunya gunung ini tak kalah indah untuk menjadi tujuan pendakian. Semoga saja anda yang gemar mendaki gunung bisa menjadikan gunung tersebut sebagai track selanjutnya.

Gunung Nanga Parbat

gunung Nanga Parbat
image by: wikimedia.org

Setiap daerah memang mempunyai gunung indah dan mempesona. Dimana kali ini ada sederet gunung dengan ketinggian memukau bahkan sudah diakui oleh dunia. Seperti halnya gunung Nanga Parbat kali ini.

Gunung tersebut mempunyai ketinggian sekutar 8.126 meter tepatnya berada di atas permukaan laut. Hal ini memungkinkan banyak orang tertarik untuk melakukan pendakian. Apalagi bagi anda para pecinta alam yang gemar mencoba beragam tantangan pendakian gunung. Lokasi dari gunung ini berada di bagian baray Himalaya.

Ada seseorang yang berhasil mendaki gunung ini untuk pertama kalinya yaitu Hermann Buhl tepatnya tahun 1953. Saat itu beliau ini memang sudah masuk dalam tim ekspedisi Jerman atau Austria.

Gunung Nanga Parbat ini bahkan dikenal terjal dan juga berbahaya untuk menjadi jalur pendakian. Bisa dikatakan gunung ini seringkali memperoleh julukan sebagai Gunung Pembunuh. Jadi hanya seorang pendaki hebat yang mampu mencapai puncak gunung tersebut. Apalagi dari segi kondisinya gunung tersebut memang berbahaya bagi para pendakinya.

Gunung Makalu

gunung Makalu
image by: wikimedia.org

Sederet gunung mempunyai keindahan maupun ketinggian tertentu. Pastinya anda perlu memahami pengetahuan tentang hal tersebut. Kini Gunung Makalu berada pada ketinggian 8.485 meter.

Dimana gunung tersebut telah masuk dalam deretan kelima gunung tertinggi yang ada di dunia. Lokasi gunung pun begitu mudah anda temukan yakni berada dibagian tenggara Everest.

Pastinya gunung tersebut berada pada perbatasan antara Republik Rakyat Tiongkok maupun Nepal. Semoga saja anda yang gemar mendaki gunung bisa menjadikannya sebagai tujuan.

Menariknya Makalu ini juga dikenal sebagai puncak gunung yang tergolong unik dengan bentuk mirip sekali piramida. Dikarenakan posisi yang telah terisolasi maka pendakian Makalu ini seringkali dianggap kebanyakan orang sebagai jalur pendakian tersulit di dunia. Jadi wajar saja para pendaki seakan enggan untuk mendaki gunung tersebut.

Gunung Everest

gunung Everest
image by: britannica.com

Pastinya sudah banyak yang mengerti jika gunung Everest ini menjadi salah satu puncak gunung tertinggi di dunia. Dimana hamparan pemandangan indah dan menakjubkan ini mampu membuat siapapun merasa tertarik.

Gunung tersebut memang berada pada perbatasan Nepal dan Tibet. Dimana gunung ini juga masuk dalam barisan pegunungan Himalaya dengan ketinggiannya sekitar 8.850 mdpl. Pastinya para pendaki yang berada di seluruh dunia mempunyai keinginan mampu mendaki gunung tersebut.

Itulah tadi sederet gunung tertinggi di dunia yang harus anda ketahui. Dengan hal ini maka pengetahuan anda mengenai gunung semakin meluas. Bahkan bagi anda para pecinta alam tentunya bisa mencoba menaklukkan medan yang telah ada. Tak bisa dipungkiri lagi jika sekarang ada beberapa gunung dengan track yang terbilang sulit dilalui. Hal ini seakan menjadi tantangan tersendiri bagi mereka pecinta alam.

Mereka harus mampu melewati semua medan yang ada agar mampu mencapai puncak gunung. Hal ini bukanlah sesuatu hal yang terbilang mudah. Dimana anda sebagai pendaki harus gigih dan merasa yakin untuk mencapai bagian puncak gunung.

Hanya orang hebat dan pendaki professional saja yang mampu mendaki hingga puncaknya. Dimana nantinya pendaki bisa menyaksikan beragam keindahan alam memukau. Hingga mata pun seakan terpana menyaksikan keindahan daerah sekitarnya dari puncaknya gunung. Semoga saja dengan penjelasan tersebut mampu membuat siapapun lebih mengenal deretan gunung yang tertinggi di dunia ini.

Komentar disini