10 Gunung Terbesar di Dunia yang Harus Anda Ketahui

Kalimat ID – Gunung Terbesar di Dunia – Berbicara mengenai gunung memang tiada habisnya. Dimana setiap daerah pastinya ada yang namanya pegunungan. Hanya saja perbedaannya adalah tinggi maupun besar dari gunung tersebut.

Tentunya anda mengerti jika gunung merupakan bentukan tanah menonjol dengan posisi lebih tinggi dibandingkan dengan lingkungan sekitarnya. Tentu saja gunung tergolong lebih tinggi bahkan juga tergolong curam sekali dari bukit. Dari sini kita akan membahas tentang gunung terbesar di dunia.

Bahkan sebagian besar gunung ternyata ada yang bagian puncaknya meruncing. Jika beberapa gunung berkumpul menjadi satu membentuk sebuah barisan tentunya sering disebut dengan pegunungan. Jadi wajar saja jika gunung sering dikategorikan menurut tinggi maupun besarnya.

Semakin tinggi gunung yang ada tentunya bisa membuat manusia semakin takjub menyaksikannya. Banyak bagi mereka para pecinta alam seringkali menganggap gunung sebagai salah satu tantangan yang harus dilalui. Dimana pendakian sampai pada puncak gunung menjadi keseruan maupun tantangan tersendiri.

Tak peduli seberapa sulit jalur yang perlu ditempuh untuk mencapai bagian puncak gunung. Apalagi biasanya didaerah pegunungan tebingnya begitu curam dan berbatu. Belum lagi saat kabut menyelimuti hingga salju yang terbilang dingin seakan membuat hampa udara. Tentunya anda pun merasa penasaran dengan deretan gunung terbesar di dunia. Bukan hanya terbesar namun juga tertinggi sehingga memungkinkan siapapun merasa begitu takjub dengan tampilannya.

Tak bisa dipungkiri lagi jika keindahan pegunungan begitu memukau sekali. Apalagi ketika anda berada dipuncak gunung mungkin saja sering menemukan bungan edelweiss yang terbilang indah. Siapapun orangnya seakan terpukau dengan keindahan alam yang sudah tersaji. Kini kita pun harus mengerti gunung terbesar di dunia yang telah tersebar diberbagai daerah.

Mungkin dunia sudah mengenal gunung Everest sebagai salah satu gunung tertinggi. Dimana keindahannya tidak perlu anda ragukan kembali. Banyak sekali para pendaki yang berasal dari berbagai negara rela dating bahkan mendaki gunung tersebut. Konon tinggi dari gunung Everest ini ternyata mencapai 8.848 meter berada di atas permukaan laut.

Tentunya ketinggian tersebut seakan begitu sulit untuk ditakhlukkan oleh para pendakinya.
Gunung tentunya menjadi permukaan bumi yang terbilang menjulang lebih tinggi apabila kita bandingkan dengan daerah yang lain. Dimana diantara ribuan gunung terdapat gunung yang masih aktif dengan ketinggian tertentu. Kali ini kita bakalan membahas mengenai sederet gunung terbesar di dunia yang perlu diketahui. Yakni:

Gunung Everest

gunung everest
image by: imgur.com

Gunung yang satu ini bukan hanya tertinggi namun juga terbesar yang ada di dunia. Ketinggiannya saja mencapai 8.848 meter. Tempat dari gunung tersebut konon berada pada perbatasan antara Nepal dan Tibet.

Tentunya hanya pendaki gunung hebat yang mampu mencapai pada bagian puncak gunung. Menariknya ada pendaki Selandia Baru Edmund Percial Hillary dan Sherpa Tenzing yang berhasil mendaki gunung tersebut. Konon gunung tersebut juga masuk dalam deretan gunung terbesar yang ada di dunia.

Tentunya sudah banyak yang mengenal nama gunung ini. Apalagi namanya sudah terkenal hingga kepelosok dunia. Bahkan bisa dikatakan gunung tersebut juga masuk dalam deretan gunung yang tertinggi di dunia. Rasanya seakan tak mungkin seseorang mencapai bagian puncak gunung tersebut.

Dimana hanya orang tangguh dan penuh mampu melewati segala rintangan bisa mencapai bagian puncak gunung. Hal ini pastinya menjadi sebuah prestasi paling membanggakan bagi mereka pendaki yang berhasil. Banyak sekali pendaki gagal karena mereka tak mampu melewati track yang ada. Tetapi dari sini kita pun mengerti jika gunung tersebut memang masuk dalam kategori gunung terbesar dan tertinggi di dunia.

Gunung Matterhorn

Gunung Matterhorn
image by: wikimedia.org

Memang banyak sekali gunung yang telah membentang di dunia ini. Dimana gunung Matterhorn ini juga terkenal bahkan sering dikenal berkat sebuah lambang ikon pegunungan Alpen di Swiss. Puncak dari gunung ini mencapai 4.478 meter yang berada pada perbatasan antara Italia dan Swiss.

Tentu saja puncak gunung ini begitu tinggi dan juga mematikan. Sejak pertama kalinya dilakukan pendakian yang terjadi pada tahun 1865 hingga 1995 banyak sekali pendaki telah meninggal. Sekiranya sebanyak 500 orang telah meninggal dunia dalam pendakian gunung. Hal ini seakan mengurungkan niat banyak pendaki untuk menakhlukkan gunung tersebut.

Gunung Table Mountain

gunung Table Mountain
image by: cloudfront.net

Akankah anda sudah mengenal gunung yang satu ini. Dimana gunung yang berpuncak datar ini menghadap menuju arah kota Cape Town di Afrika Selatan. Menariknya gunung tersebut merupakan dataran tinggi dengan tingkatan 3 kilometer yang mana berasal dari sisi ke sisi dikelilingi oleh tebing curam. Titik paling tertinggi dari Table Mountain ini adalah 1.086 meter yang berada di atas permukaan laut. Tak bisa dipungkiri lagi ternyata gunung ini masuk pula dalam deretan gunung terbesar di dunia.

Pegunungan Banff

Pegunungan Banff

Akankah anda sudah mengenal taman nasional paling tua yang berada di Kanada? Dimana taman tersebut sudah didirikan semenjak tahun 1885 di Rocky Mountains. Tentunya taman tersebut memang paling banyak sekali dikunjungi saat berada di Amerika Utara.

Tentunya gunung ini juga masuk dalam deretan gunung terbesar di dunia. Gunung Assiniboine mempunyai ketinggian 3.618 meter. Pemandangan yang telah tersaji dari gunung tersebut memang begitu indah sehingga memukau setiap mata memandang.

Gunung K2

mount K2
image by: liveabout.com

Kali ini ada gunung yang mempunyai ketinggian sekitar 8.611 meter dimana gunung ini menduduki urutan yang kedua di bumi. Gunung tersebut bahkan menjadi bagian dari Karakoram yang berada pada perbatasan Pakistan dan China. Tinggi dari gunung tersebut bahkan melebihi 3.000 meter.

Sebagai gunung yang tertinggi dan terbesar pastinya dikenal banyak orang. Menariknya pada tahun 1954 tepatnya tanggal 31 Juli ekspedisi Italia sudah berhasil mendaki sampai pada bagian puncaknya.

Siapapun anda yang suka melakukan pendakian gunung pastinya merasa penasaran dengan gunung tersebut. Apalagi setiap gunung mempunyai keindahan tersendiri yang mampu membedakan antara satu dengan lainnya.

Gunung Monte Fitz Roy

Gunung Monte Fitz Roy
image by: sportourism.id

Memang cukup banyak sekali deretan gunung terbesar yang berada di dunia. Dimana kali ini ada Monte Fitz Roy dengan ketinggian sekitar 3.375 meter yang mana gunung tinggi tersebut berada pada perbatasan Chile dan Argentina.

Gunung tersebut memang mempunyai reputasi yang terbilang begitu sulit untuk didaki. Hal ini tak lain dikarenakan batu-batuan granit ini secara teknik membuat jalur pendakian semakin terhambat. Apalagi cuaca yang ada disana terbilang berbahaya sekali.

Gunung tersebut pertama kalinya telah didaki semenjak tahun 1952 oleh Guido Magnone dan Lionel Terray. Pastinya gunung ini terbilang sebagai gunung yang terbesar di dunia. Inilah mengapa anda harus mengenal gunung tersebut.

Gunung Kailash

Gunung Kailash
image by: kriyayoganusantara

Berbicara mengenai gunung terbesar di dunia tentunya cukup banyak sekali. Dimana Gunung Kailash ini menjadi tempat yang terbilang suci di lima agama. Dalam Hinduisme ternyata gunung tersebut seringkali menjadi tempat tinggal bagi Dewa Siwa.

Bahkan ribuan orang setiap tahunnya juga pergi berziarah menuju ke Kailash. Menariknya ketika bergerak menuju sekitar Gunung Kailash dengan berjalan kaki maka keberuntungan pun bisa diperoleh.

Konon gunung yang satu ini mempunyai ketinggian sekitar 6.638 meter. Dimana gunung ini terlarang sekali bagi para pendaki. Jadi wajar saja apabila larangan ini diberikan untuk para pendaki. Dimana gunung tersebut memang kurang aman untuk melakukan aktivitas pendakian.

Gunung Aoraki Mount Cook

Aoraki Mount Cook
image by: govt.nz

Memang cukup banyak jenis gunung terbesar di dunia yang patut anda ketahui. Dimana gunung tersebut sudah tersebar di berbagai daerah. Mengapa anda harus mengerti tentang gunung terbesar yang ada di dunia? Hal ini tak lain supaya pengetahuan kita mengenai gunung semakin meluas.

Meskipun kita mengerti jika tak selalu mampu mendaki gunung dengan ketinggian tertentu. Gunung ini berada di Selandia Baru dengan ketinggiannya mencapai 3.574 meter. Tentunya gunung tersebut ada di taman nasional dengan tinggi puncaknya sampai dengan 3.000 meter. Tentu saja gunung ini masuk dalam deretan gunung terbesar yang berada di dunia.

Gunung Huang

Gunung Huang
image by: wikimedia.org

Kali ini ada juga pegunungan yang berada di China timur dengan nama Huangshan. Tentunya gunung tersebut begitu terkenal dengan pemandangannya yang terbilang indah. Dari sini banyak sekali para pendaki gunung yang merasa tertarik. Tentunya anda pendaki handal merasa penasaran dengan track yang harus dilalui agar mencapai puncak gunung.

Sebagai gunung terbesar dan tertinggi yang ada di dunia memang terkenal hingga ke penjuru dunia. Puncak tertinggi dari pegunungan Huangshan ini mencapai 1.864 meter. Pastinya sebagai gunung terbesar ini mampu memikat banyak pendaki.

Terlebih saat berada dipuncak gunung terlihat hamparan pemandangan indah membuat pandangan mata semakin takjub. Melakukan pendakian gunung memang membutuhkan perjuangan. Dimana track yang harus dilalui juga tergolong sulit.

Meskipun demikian jika anda memang pecinta alam tentunya selalu melewati tantangan yang ada. Bahkan untuk sekedar melakukan pendakian gunung tertinggi maupun terbesar berusaha dilakukan.

Akan ada banyak pengalaman berharga yang bisa didapatkan berkat mendaki gunung. Entah itu sulitnya melewati beragam track yang cukup curam bahkan rasa lelah mendera saat mendaki gunung. Semuanya bakalan terbayarkan saat sampai pada puncak gunung dan mampu menyaksikan beragam keindahan alam menakjubkan.

Gunung Amphitheatre, Drakensberg

gunung Amphitheatre, Drakensberg
image by: thesandyfeet.com

Mungkin dari segi namanya tergolong sulit untuk diucapkan sehingga belum banyak orang mengenal akan gunung tersebut. Drakensberg ini konon masuk dalam deretan gunung terbesar maupun tertinggi yang ada di Afrika Selatan.

Ketinggiannya saja mencapai angka 3.482 meter. Tentunya hal ini membuat banyak orang merasa terpana dan ingin mengela lebih jauh tentang gunung tersebut. Tentunya dari segi luasnya gunung ini dianggap sebagai tebing paling memikat yang berada di bumi.

Itulah tadi beberapa gunung terbesar di dunia yang patut anda ketahui. Dimana gunung tersebut juga masuk dalam deretan gunung yang tertinggi. Jarang sekali para pendaki yang mampu mencapai bagian puncaknya.

Karena semuanya memang membutuhkan perjuangan ekstra agar mampu melewati setiap track yang ada. Konon ada beberapa gunung yang mampu menyajikan pemandangan indah saat sampai pada bagian puncak gunung. Meskipun memang terbilang jarang sekali orang bisa mencapai bagian puncaknya.

Semoga saja dengan penjelasan di atas, anda semakin mengerti tentang gunung terbesar yang berada di dunia ini. Dengan begitu wawasan kita mengenai pegunungan pun semakin meluas saja. Apalagi setiap gunung mempunyai keunikan tersendiri yang mampu membedakannya antara satu dengan lainnya.