10 Gunung Api Tertinggi di Dunia yang Perlu Anda Ketahui

Kalimat ID – Gunung Api Tertinggi di Dunia – Pastinya kita mengerti jika permukaan bumi ini memiliki bentang alam yang terbilang menarik dan sangat beragam. Dimana salah satu penampakan alam itu adalah gunung.

Tentunya anda juga mengerti jika gunung ini bisa terbentuk hanya karena aktivitas vulkanis yang berasal dari dalam perut bumi. Gunung tersebut pastinya ada yang bisa meletus atau bisa dikatakan mengeluarkan api. Karena bagaimana pun juga ternyata tersedia gunung api tertinggi di dunia yang perlu anda ketahui. Gunung yang mampu meletus seringkali dinamakan dengan gunung api.

Gunung tersebut tentu saja mampu mengeluarkan lava memanjang dengan kedalamannya mencapai 10 km tepatnya di bawah permukaan bumi sampai pada permukaan bumi.

Mungkin banyak di antara anda yang merasa penasaran dengan sederet gunung api tertinggi di dunia. Sebetulnya gunung api ini telah tersebar hingga ke berbagai daerah.

Bahkan mungkin banyak pula yang belum mengerti apa sajakah gunung berapi di dunia ini.
Jika memang anda merasa penasaran dengan beragam gunung berapi yang tertinggi di dunia. Alangkah baiknya simak beberapa lokasinya sekaligus keterangan penting dari setiap gunung api tersebut. Di antaranya sebagai berikut:

Gunung Kilimanjaro di Tanzania

Gunung Kilimanjaro di Tanzania
Image by: wikimedia.org

Gunung yang satu ini merupakan gunung yang berada di timur laut Tanzania. Gunung tersebut tertinggi di dunia dengan ketinggiannya 4.600 m jika anda mengukurnya dari bagian kaki gunung.

Puncak dari gunung Kilimanjaro ini juga terbilang menjadi puncak tertinggi yang ada di Afrika dengan ketinggiannya 6.010 meter berada di atas permukaan laut. Gunung ini bahkan seringkali memperoleh sebutan Kilima Dscharo atau Oldoinyo Oibor yang mempunyai arti gunung putih.

Tak bisa dipungkiri lagi jika Kilimanjaro ini merupakan gunung api dalam strato raksasa yang saat ini terbilang tidak aktif. Tentunya di Tanzania puncak Kibo ini seringkali terkenal sebagai Puncak Uhuru.

Gunung yang satu ini sudah banyak yang mengenalnya sebagai gunung tertinggi. Apalagi gunung tersebut namanya sudah begitu terkenal dimanapun tempatnya. Hal ini tak lain karena ketinggiannya memang paling tinggi jika dibandingkan dengan gunung berapi lainnya.

Gunung Guallatiri di Chili

Gunung Guallatiri di Chili
image by: wikimedia.org

Siapa sangka ternyata gunung Guallatiri ini merupakan gunung berapi tertinggi kedua yang ada di dunia. Bisa dikatakan gunung api tersebut paling aktif di Chili Utara. Lokasinya mudah sekali untuk ditemukan yakni di bagian barat perbatasan antara Bolivia dan ujung barat daya dari Nevados de Quimsachata. Gunung tersebut berada pada posisi simetris 5.965 m. Dimana gunuung tersebut juga sudah terbatasi dengan adanya dasit kubah lava pusat ataupun kompleks.

Gunung Lascar di Chili

Gunung Lascar di Chili
image by: wikimedia.org

Gunung api tertinggi di dunia kali ini juga terbilang paling aktif dimana ketinggiannya mencapai 5.896 m yang berada di Andes Chili utara. Kota ini memang berada di Chili’s II Daerah tepatnya di sebelah timur dari Salar de Atacama.

Menariknya ada gunung berapi lainnya yang berada pada daerah tersebut yakni Acamarachi dan Chiliques. Dimana semuanya telah membentuk latar belakang spektakuler untuk Laguna Lejia.

Menariknya The stratovolcano andesitic ke dasit mengandung sekitar enam tumpang tindih kawah puncaknya. Bahkan lava mengalir turu panggul NW. Letusan terbesar pelaut orang India konon terjadinya sekitar 26.500 tahun yang lalu.

Dulu memang seringkali terjadi letusan ledakan yang kecil sampai dengan sedang sudah tercatat oleh seorang pelaut asal India. Kala ini sejak pertengahan abada yang ke-19 terjadilah letusan lebih besar bahkan mampu menghasilkan abu berjatuhan sampai dengan ratusan kilometer jauhnya.

Konon historis terbesar pelaut yang merupakan orang India ini terjadinya pada tahun 1993. Dimana kala itu produksi dari aliran piroklastik mencapai 8,5 km yang mana berasal dari puncak dan abu jatuh pada Buenos Aires, Argentina melebihi 1,600 km.

Gunung Cotopaxi di Ekuador

Gunung Cotopaxi di Ekuador
image by: wikimedia.org

Siapa sangka gunung api yang satu ini merupakan stratovolcano yang berada di Pegunungan Andes dengan letak sekitar 28 km sebelah selatan Quito, Ekuador, Amerika Selatan.

Pastinya anda juga perlu mengerti jika gunung api tertinggi di dunia ini mencapai ketinggian sekitar 5.897 m. gunung tersebut mempunyai kerucut hamper naik dari dataran tinggi sekitaran 3.800 meter. Selain itu lebarnya saja sekitar 23 kilometer simetris.

Selain itu gunung tersebut juga mempunyai salah satu gletser dengan beberapa khatulistiwa yang berada di dunia berketinggian sekitar 5.000 meter. Tentunya gunung tersebut nantinya bakalan terlihat dengan jelas di langit dari Quito. Hal ini merupakan salah satu bagian dari rantai gunung berapi yang ada di sekitar piring Pasifik dengan sebutan cincin api Pasifik.

Gunung El Misti di Oeru

Gunung El Misti di Oeru
image by: wikimedia.org

Gunung api tertinggi di dunia yang satu ini seringkali dikenal sebagai Guagua-Putina yang merupakan stratovolano di Peru tepatnya sebelah selatan berdekatan dengan kota Arequipa. Dengan adanya musiman terselimuti salju, simetris kerucut.

El misti ini mempunyai ketinggian 5.822 meter berada di atas permukaan laut dimana letaknya tentu saja berada di antara gunung Chachani dan juga gunung berapi Pichu Pichu. Letusan yang terakhir kali terjadi ternyata pada tahun 1985.

El Misti ini juga mempunyai tiga kawah yang terbilang konsentris. Dekat dengan kawah pun juga hadir enam mumi Inca dan Inca artefak yang terbilang langka pada tahun 1998 selama kurang lebih satu bulan penggaliannya.

Semua temuan itu pun akhirnya disimpan dalam Museo de Santuarios Andinos yang berada di Arequipa. Terdapat dua macam rute utama pendakian untuk gunung berapi ini. Rute Pastores biasanya dipergunakan untuk titik awalnya dimana letaknya dekat sekali dengan kota Arequipa dengan dimulai pada 3.300 meter.

Sedangkan untuk rute yang kedua ternyata ada rute Aguanda Blanca dimulai dengan 4.000 meter dekat sekali dengan reservoir Blanca Aquanda dan kamp yang terbuat dalam 4.800 meter berada di Monte Blanco.

Tentunya banyak orang suka dengan rute pendakian yang penuh dengan segala macam kesulitan ini. Dimana jalur pendakiannya terbilang berat sekali dengan adanya lereng cukup curam bahkan pasir pun longgar. Kini anda pun semakin mengerti tentang gunung berapi tertinggi di dunia ini.

Gunung Tupungatito di Chili

Gunung Tupungatito di Chili
image by: wikimedia.org

Gunung berapi ini merupakan gunung atratovolcano yang terbilang aktif dimana lokasinya berada di bagian selatan Andes. Gunung tersebut konon mempunyai ketinggian sekitar 5551 meter dari permukaan laut. Inilah mengapa gunung tersebut juga terkenal sebagai gunung berapi tertinggi yang berada di dunia.

Gunung Tolima di Kolombia

Gunung Tolima di Kolombia
image by: wikimedia.org

Berbicara mengenai gunung api tertinggi di dunia memang cukup banyak sekali. Dimana kebanyakan dari gunung tersebut terbilang gunung berapi aktif. Jadi bagi anda yang lokasinya berdekatan dengan gunung harus lebih berhati-hati lagi.

Konon gunung Tolima kali ini berada di Cordillera Pusat Andes yang ada di Kolombia tepatnya wilayah dari Departemen Tolima. Pastinya lokasi gunung berdekatan sekali dengan Ibague yang merupakan ibukota departemen. Gunung tersebut sebetulnya pengambilan namanya berasal dari kata Tarib india.

Dimana Tol mempunyai arti bersinar sedangkan Yma mempunyai arti yang terakhir. Gunung Tolima ini tentu saja mempunyai puncak dengan luasnya mencapai 2.328 km2 dengan adanya volume 69×106 m3.

Akses utama yang harus anda tempuh supaya mampu menuju gunung berapi ini tentunya bisa anda dasarkan dari kota Ibague menuju ke sektor El Silencio dengan melewati beberapa desa Restrepo. Sekarang ini gunung tersebut memang berada dalam kondisi aktif stabil. Dimana ketinggian gunung berapi yang satu ini mencapai angka 5.401 meter.

Gunung Sangay di Ekuador

Gunung Sangay di Ekuador
image by: wikimedia.org

Mungkin banyak orang belum mengerti tentang gunung berapi tertinggi yang berada di dunia. Hal ini tak perlu dirisaukan lagi sebab dari sini kita pun akan mempelajari tentang hal itu.

Gunung ini merupakan salah satu gunung stratovolcano yang mana bakalan terus aktif di Ekuador tenggara. Sangay ini merupakan gunung api paling aktif yang mana berada di negara Ekuador. Dengan hadirnya ventilasi yang berbahan peledak mampu menghadirkan awan cukup tebal hingga akhirnya membangun kubah semenjak tahun 1976.

Gunung Tungurahua di Ekuador

Gunung Tungurahua di Ekuador
image by: naturegalapagos.com

Ada lagi gunung api tertinggi di dunia yakni gunung Tungurahua yang mana menjadi gunung stratovolcano aktif di cordillera Ekuador Tengah. Tentunya gunung api ini mampu berikan sebuah nama bagi provinsi Gunung Tungurahua.

Aktivitas dari vulkanik konok berulang tepatnya tahun 1999 bahkan berlangsung juga pada tahun 2010 dengan adanya letusan paling besar pada tanggal 28 Mei 2010. Hal ini seakan menjadikan gunung tersebut masuk dalam deretan gunung berapi tertinggi yang berada di dunia.

Gunung berapi yang masuk pada urutan kesembilan ini memang terbilang aktif. Aktivitas dari vulkaniknya saja berakhir pada tahun 2014 yang mana sudah melakukan beberapa kali letusan. Jadi anda yang berada di sekitar daerah tersebut sudah pasti harus lebih berhati-hati. Apalagi saat kondisi gunung dalam keadaan darurat.

Gunung Cotacachi di Ecuador

Gunung Cotacachi di Ecuador
image by: gettyimages.com

Memang terbilang cukup banyak sekali gunung berapi dengan ketinggian tertentu di dunia. Dimana gunung api ini juga terbilang aktif di Cordillera Barat Andes tepatnya Ekuador utara. Yang mana lokasinya memang berada di sebelah barat dari Propinsi Imbabura.

Itulah tadi sederet gunung api tertinggi di dunia yang mampu anda ketahui. Semoga saja dengan hadirnya berbagai macam penjelasan mengenai gunung berapi ini menambah pengetahuan banyak orang.

Dimana ada sederet gunung api tertinggi yang berada di dunia. Bahkan sampai saat ini pun gunung berapi tersebut terbilang aktif sehingga daerah sekitarnya perlu selalu waspada. Bagi sebagian orang mungkin kegiatan mendaki gunung ini menjadi salah satu kegiatan yang dijadikan sebagai liburan. Banyak sekali tantangan maupun keseruan saat mendaki gunung.

Tak terlepas dari ini anda pun harus mengerti bagaimana kondisi dari gunung tersebut. Karena ternyata di dunia ini ada sederet gunung berapi dengan ketinggian yang terbilang spektakuler sekali. Gunung yang sering meletus seringkali memperoleh julukan sebagai gunung api.

Dimana gunung berapi tersebut memang mempunyai ketinggian amat menjulang di atas permukaan laut. Tentunya di seluruh dunia gunung berapi ini sudah tersebar hingga ke berbagai daerah.

Jadi anda yang suka mendaki gunung harus lebih mengerti mengenai hal ini. Dimana gunung berapi memang cukup berbahaya dan perlu terus di waspadai kondisinya. Karena bagaimana pun juga gunung api ini bisa saja meletus kapan pun.