3 Fungsi Tulang Pergelangan Tangan Beserta Nyeri yang Menyerang

Fungsi Tulang Pergelangan Tangan

Kalimat.ID – Fungsi Tulang Pergelangan Tangan, Perlu anda ketahui bahwa tulang dan sendi pada manusia itu bermacam-macam adanya dengan beragam fungsi yang dimilikinya. Dengan bentuk-bentuk tulang dan sendi yang berbeda, mereka juga mempunyai fungsi yang berbeda beda.

Namun seperti yang sudah kami jelaskan sebelum-sebelumnya bahwa tulang dan sendi atau alat gerak pada manusia ini berkesinambungan dan saling menyambung dengan fungsi-fungsi yang dimilikinya.

Selain itu tulang pada manusia ini ada yang bisa digerakkan dan ada yang tidak bisa digerakan. Contoh tulang yang bisa digerakkan adalah pergelangan tangan, dan tulang yang tidak bisa digerakkan adalah betis.

Maka dalam pembahasan kali ini kami akan membahas tulang yang bisa digerakkan, yaitu fungsi pergelangan tangan. Coba anda sekang coba putar-putar pengerlangan tangan anda? kalo bisa perputar maka itu adalah bagian dari fungsi pertelangan tangan salah satunya. Pergelangan ini termasuk yang mempunyai tulang pendek atau carpal yang mempunyai bentuk bulat dan pendek. Pergelangan tangan juga termasuk kedalam alat gerak pada tubuh manusia yang menjadi anggota dari bagian tangan.

Pada pergelangan tangan, jenis tulangnya termasuk ke tulang keras yang dibentuk oleh sel tulang serta memiliki havers untuk mengatur perkembangan tulang karena mempunyai pembuluh darah. Perlu anda ketahui, bahwa pergelangan tangan ini mempunyai kandungan senyawa zat kapur seperti kalsium fosfat dan kalsium karbonat. 2 senyawa zat kapur ini terdapat dari aliran darah untuk tulang.

Tentang Fungsi Tulang Pergelangan Tangan Pada Manusia

Fungsi tulang pergelangan tangan mempunyai fungsi yang berbeda dengan alat gerak lainnya, tapi hampir sama dengan fungsi pergelangan kaki. Supaya penjelasaanya lebih detail dan jelas silahkan pahami pembahasan dibawah ini!

1. Tempat Menempelnya Otot-Otot Pada Tangan

Otot tangan ekstrinsik yang terletak pada bagian lengan bawah  atau sejajar dengan bagian linkar perut bawah ini mempunyai fungsi yang sangat vital. Pasalnya, otot tangan ini yang menghubungkan dengan otot pada bagian utama tubuh. otot ekstrinsik ini menempel pada bagian pergelangan tangan.

Pada pergelangan tangan ada dua otot yaitu otot fleksor dan otot ekstensor. Dalam menggerakan pada pergelangan tangan diperankan oleh kedua otot tersebut dengan dibantu sendi pelana serta sendi kaku yang berhubungan dengan sekitar tulang pergelangan tangan.

Jadi, fungsi pergelangan tangan yang pertama adalah untuk menempelkan otot-otot tangan agar otot-otot ini bisa mengerakan alat gerak pada tubuh manusia. Selain itu, otot-otot ini di bantu oleh sendi-sendi untuk menggerakan alat gerak pada tubuh manusia.

2. Alat Gerak pada Bagian Tangan

Sebagai mana yang sudah kami sebutkan, bahwa pada bagian pergelangan tangan ini mempunyai sendi kaku. Namun dengan sendi kaku ini pergelangan tangan memungkinkan bergerak secara terbatas. Selain itu, pada pergelangan tangan terdapat sendi pelana yang menghubunkannya dengan tangan. Perlu anda tahu, bahwa pergerakan pada pergelangan tangan ini disebut dengan gerakan marjinal yang pegerakannya pada tulang jempol dan jari-jari tangan.

Pergerakan fleksi palmar merupakan gerakan miring kebagian telapak tangan dan ekstensi merupakan gerakan miring kebagian belakang tangan. Dua pergerakan ini merupakan bagian dari pergerakan pada pergelangan tangan dibagian tangan.

Menurut sumber, bahwa pergerakan fleksi palmar lebih kuat dari pergerakan ekstensi.

3. Sebagai Penghubung Tulang Jari dan Distal

Sebagaimana fungsi tulang-tulang yang lainnya, bahwa fungsi tulang pergelangan tangan juga bisa menghubungkan tulang jari dan tulang lengan atau distal. Meskipun bentuk dari tulang pergelangan tangan ini bulat dan pendek, namun alat gerak ini diciptakn untuk menghubungkan kebutuhan alat gerak lainnya. Pada bagian ini, sambungan tulang ini diberinama dengan sebutan articulaso midcarpal dan articulasi radiocarpal.

Itulah fungsi pergelangan tangan yang bisa anda ketahui dan menjadi pengetahuan. Dengan berbagai manfaat yang sering kita rasakan untuk memenuhi aktivitas sehari-sehari. Dan dengan fungsi tulang pergelangan tangan ini kita bisa menulis, memukul, memegang, dan lain sebagainya.

Adapun gejala-gejala yang menyerang pergelangan tangan ini adalah rasa nyeri yang sering diderita. Maka untuk pembahasan selanjutnya tentang pergelangan tangan adalah gejala-gejala pada pergerlangan tangan.

Penyebab Nyeri pada Pergelangan Tangan Anda

Apakah anda pernah merasakan sakit atau nyeri pada pergelangan tangan? Apabila anda pernah merasakn nyeri pada pergelangan tangan ini, biasanya ada yang cidera pada bagian tulang pergelangan tangan. Cidera yang menyerang pada pergelangan tangan adalah pada sendi, jaringan di sekelilingnya, dan tulang. Pergelangan tangan yang menimpulkan rasa sakit atau nyeri bisa karena masalah. Misalnya, asam urat, sindrom carpal tunnel, atau artritis.

Nyeri pada pergelangan tangan ini bisa dirasakan oleh semua kalangan, apabila anda menggunakan pergelangan dengan aktivitas secara berlebihan seperti, mengetik dan memotong. Selain itu, rasa nyeri pada pergelangan tangan bisa disebakan oleh penyakit tertentu seperti asam urat, diabetes, obesitas, dan artritis. Dan pada perempuan pada kondisi hamil.

Namun, rasa nyeri pada pergelangan tangan ini bisa disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut!

1. Asam Urat

Kadar asam urat yang tertimbun pada bagian sendi termasuk pergelangan tangan bisa menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan.

2. Gerakan yang Berulang-ulang

Pengulang gerakan pada aktivitas tertentu yang melibatkan pergelangan tangan dengan penggunaannya secara berlebih seperti, menyertir, golf, menulis, dan mengetik dapat menyebabkan peradangan pada bagian jaringan sendi yang mengakibatkan patah tulang.

3. Trauma

Apabila anda pernah jatuh dari ketinggian dan menyebabkan pergelangan tangan pada posisi yang salah bisa menyebabkan keseleo hingga patah tulang. Dan mungkin penyebab dari nyeri pada pergelangan ini adalah rasa trauma.

4. Rheumatoid Arthritis

Kelainan pada daya tahan tubuh sehingga menyerang jaringan sendiri itu akan terjadi kondisi peradangan pada pergelangan tangan yang mengakibatkan kedua pergelangan anda terasa nyeri.

5. Ostheoarthritis

Meskipun jarang terjadi tapi anda perlu tahu, bahwa kondisi ini akan mengakibatkan rasa pada sendi menjadi kaku sampai bengkak disebabkan oleh pelindung tulang  rawan tidak baik. Penderita ini biasanya dirasakan oleh orang yang sering cidera pada pergelangan tangan

6. Kista Ganglion

Ini merupakan tumor jinak yang biasanya menyerang pada bagian pergelangan tangan dibagian atas, sampai penderit meras nyeri pada fungsi pergelangan tangan dalam jangka waktu yang lumayan lama

7. Penyakit Kienbock

Ini merupakan penyakit kelainan yang umumnya menyerang pada usai remaja dengan turunnya fungsi pergelanga tangan pada tulang kecil di pergelangan tangan.

8. Sindrom Carpal Tunnel

Kondisi ini bisa terjadi karena adanya tekanan yang berulang-ulang pada saraf median yang mengakibatkan 3 jari tangan merasa nyeri, kesemutan, dan mati rasa.

9. Psoriatic arthritis

Pscoriatic arthritis ini merupakan kondisi peradangan pada bagian kulit yang terjadi karena kelainan pada kulit.

Pada bagian fungsi pegerlangan tangan, para penderita akan mengalami gejal-gejala nyeri seperti ini

Gejala Rasa Nyeri Pada Bagian Pergelangan Tangan

  • Kesulitan memengang atau mengengam benda
  • Adanya bengkak pada jari-jari tangan
  • Tangan tiba-tiba meraskan nyeri yang menusuk
  • Adanya rasa kaku atau tergelitik pada bagian tangan khusus dimalam hari
  • Pada Pergalangan tangan merasakan hangat
  • Pada Pergelangan tangan kemerahan atau bengkak
  • Demam
  • Serta pergelangan tangan tidak bisa digerakkan seperti biasanya.

Apabila anda merasaka gejala-gejala seperti itu, maka untuk segera anda obati atau temui dokter terdekat.

Pengobatan Pada Bagian yang Nyeri Pada Pergelangan Tangan

Rasa nyeri yang anda alami pada bagian pergelangan tangan yang masih ringan bisa anda mengobatinya dengan mengikut langkah-langkah berikut ini!

  • Perhiasan yang menempal pada pergelangan tangan sebagaiknya anda lepaskan terlebih dahulu supaya tidak sulit dilepas apabila ada bengkak pada pergelangan tangan
  • Istirahatkan pergelangan tangan, lalu coba compres dengan es dan letakakan pada bagian pergelangan tangan yang sakita, apabila diperlukan ikat pergelangan tangan dengan kain elastis.
  • Apabila dan luka dibagian luar, segera obati supaya tidak memburuk lagi
  • Jangan meniduri pergelangan tangan karena bisa menghambat aliran atau sirkulasi darah.
  • Apabila nyeri pergelangan tangan sensifit, lindungi dari udara yang dingin. Anda bisa menggunakan sarung tangan.

Demikianlah cara mengobati rasa nyeri pada pergelangan tangan yang ringan, namun apabila nyeri pada pergelangan anda merasa sakit sekali dan tak tahan, sebaiknya anda melakukan cek dan periksa ke dokter supaya kondisi rasa nyeri itu tidak cepat memburuk.

Bisa jadi, rasa nyeri yang berlebihan pada pergelangan tangan anda ada kelainan yang mengharuskan dokter melakukan tindakan khusus, seperti operasi dan sebagainya.

Itulah pembahasan tentang fungsi tulang pergelangan tangan pada tubuh manusia dan rasa nyeri yang harus kita tahu serat gelaja-gejala yang menyebabkan datangnya rasa nyeri pada pergelangan tangan tersebut. Demikian kami sampaikan semoga bermanfaat

Komentar disini