Beranda Kesehatan Pengertian dan Fungsi Tulang Paha Beserta Letaknya

Pengertian dan Fungsi Tulang Paha Beserta Letaknya

Fungsi Tulang Paha

Kalimat.ID – Fungsi Tulang Paha, Tulang atau disebut juga dengan tulang femur merupakan bagian tubuh yang paling besar dan paling kuat pada tubuh manusia. Fungsi tulang paha ini menyambungkan tulang dari lutut ke pinggul. Tulang paha juga disebut femur yang diambil dari bahasa latin.

Tulang paha merupakan salah satu tulang yang menopang kita untuk berdiri tegak. Selain itu tulang paha ini sangat berperan sekali untuk keberlangsungan hidup kita, karena tulang paha ini tulang yang paling kuat dan tulang paling besar pada tubuh manusia.

Fungsi tulang paha ini pada tubuh manusia ini sangatlah banyak, namun diantaranya tulang paha ini sebagai alat gerak atau tulang yang menyambungkan dari pinggul ke lutut atau dari lutut ke pinggul.

Inilah Daftar Fungsi Tulang Paha Pada Tubuh Manusia

fungsi tulang paha

Perlu anda tahu juga bahwa kegunaan dari tulang paha juga dalam pergerakan kita sehari-hari sangatlah banyak, mulai saat kita berdiri, berlari, melocat, dan berenang. Itu semua berkat peran dari fungsi tulang paha. Dan untuk lebih jelas lagi mari kita bahas lebih banyak tentang fungsi tulang paha pada tubuh manusia

– Tulang paha ini sebagai tempat melekatnya tempurung lutut pada tubuh manusia. Jadi tempurung lutut anda itu melekat pada tulang paha, coba sekarang anda cek!
– Tulang paha ini merupakan tulang terkuat pada tubuh manusia untuk menopang badan.
– Tulang paha ini merupakan tempatnya otot-otot dan pigmen melekat
– Bisa sebagai tempat untuk memproduksi sel darah merah
– Merupakan tulang yang berfungsi sebagai penghubung tulang bokong dan tulang paha
– Tulang paha bisa membuat sendi condylar bersama lutut
– Merupakan tempat memproduksinya sel darah merah sumsum tulang
– Merupakan tulang yang menghubungkan bagian pada lutut dan pinggul
– Merupakan alat gerak pada bagian bawah tubuh

Itulah fungsi tulang paha untuk kebutuhan kita dalam bergerak kesana kemari. Jadi fungsi tulang paha sangat berperan penting untuk tubuh manusia. Oleh karena itu teruslah jaga kesehatan tulang paha anda agar tetap berperan secara maksimal untuk tubuh anda.

Cara Menjaga Tulang Paha

menjaga tulang paha
image by winnetnews.com

Menjaga tulang paha merupakan suatu keharusan bagi kita dalam memelihara kesehatan alat gerak, otot-otot dan pigmen yang melekat, dan sebagai tulang penghubung untuk menopang badan anda.

Selain menjaga tulang paha. Kita sebagai manusia juga harus menjaga alat-alat gerak yang lainnya, karena semua alat gerak itu berhubungan erat untuk menjalankan segala fungsinya. Maka dengan segala kebutuhan itu anda sebagai manusia harus menjaga fungsi tulang paha dan tulang-tulang yang lain dengan cara berikut ini

– Berolahraga, biasakan diri anda setidaknya 30 menit berolahraga dalam 1 minggu. Berolahraga ini sangat penting untuk menjaga tulang, otot, dan sendi pada tubuh anda. Oleh karena itu mari kita biasakan untuk hidup sehat dengan menjaga rutinitas olahraga setiap minggunya.
– Minum air putih dengan cukup dan Minum Susu untuk kebutuhan kalsium pada tulang
– Seimbangkan untuk memakan sayuran, daging, dan buah-buahan.

Nah, 3 cara itu bisa anda lakukan dan kerjakan dirumah anda secara rutin dan teratur supaya tulang-tulang tubuh anda serat fungsi tulang paha bisa berjalan dengan semestinya.

Sebagaimana telah dibahas pada bagian atas, bahwa fungsi tulang paha bisa menopang berat badan manusia, apabila tulang paha ini terkena cidera, maka bisa jadi manusia itu tidak akan bisa berjalan sementara waktu.

Maka sangat penting untuk kita menjaga tulang paha dan otot yang melekat pada tulang paha. Karena dengan dijaga dan dilatih dengan olahragalah tulang paha dan otot pada paha bisa kuat

Untuk selanjutnya anda juga harus mengetahui bagian-bagian dari tulang paha. Maka terus simak dan baca artikel ini ya!

Bagian-Bagian Yang Ada Pada Tulang Paha Manusia

Bagian-bagian yang melekat pada tulang paha terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian Distal Femur dan bagian Proximal Femur.

– Bagian Distal Femur merupakan tempat untuk melakatnya tempurung lutut pada tulang paha. Jadi bagian distal femur ini tulang yang dekat denga lutut.
– Bagian Proximal Femur merupakan tulang paha yang posisinya berdeketan dengan tulang pinggul dan tulang pelvis. Mereka terdiri atas minor, mayor, kepala, leher, trochanter, dan median paha.

Sendi yang terdapat pada tulang paha ini menghubungkan pada tulang pinggul yang terletak di tulang paha pada bagian proximal yang mempunyai fungsi untuk memproduksi sel darah merah.

Proses yang menghubungkan ini dikenal dengan nama artukilasi asetabulum. artukilasi asetabulum mempunyai sendi bola dan sendi gerak yang bisa membuat pergerakan ke arah bagian pinggul.

Pada bagian trochanter minor dan mayor pada proximal femur ada otot yang melekat pada tulang paha. Selain itu, tulang paha juga mengabungkan dengan beberapa otot yang bisa terhubung dengan tronkanter.
Fungsi dari tronkanter adalah menghubungkan tulang paha dengan otot-otot besar bagian paha dan bagian bokong.

Otot-otot yang Melekat Pada Tulang Paha

Ada 2 bagian otot-otot yang melekat pada tulang paha yang dibedakan menjadi insersio dan origo. Berikut adalah daftar otot-ototnya :

Tulang paha adalah insersio yaitu otot

– Otot iliopsoas
– Otot tensor fasciae latae
– Otot gluteus maximus
– Otot gluteus medius

Tulang paha adalah origo yaitu otot

– Otot vastus lateralis
– Otot vastus intermedius
– Otot gastrocnemius
– Otot vastus medialis

Anatomi Fungsi Tulang Paha Pada Tubuh Manusia

Tulang paha mempunyai bagian struktur kepala dan leher pada bagian yang disebut dengan proksimal dan pada bagian distal adalah dua condylus

Pada kepala tulang paha ini mereka membentuk sebuah endi pada pinggul. Pada bagian proksimal lainnya ialah trochanter minor dan trochanter major akan menjadi sebuah tempat perlekatan otot-otot.

Pada bagian proksimal posterior ini merupakan adanya tuberositas glutea yaitu permukaan kasar pada tempat melekat otot gluteus maximus. Pada bagian dekatnya merupakan bagian linea aspera, yang merupakan tempat melekatnya otot biceps femoris.

Kepala pada tulang paha ini mempunyai sebuah fungsi tempat memproduksinya sel darah merah pada sumsum tulang.

Di ujung distal tulang paha ini adanya condylus yang membuat sebuah sendi condylar bersama dengan lutut. Di tempat itu ada dua condylus yaitu condylus lateralis dan condylus medialis. Di antara condylus keduanya itu adanya jeda yang disebut fossa intercondylaris.

Penting Menjaga Tulang Paha

Dengan semua pembahasan tadi di atas tentang fungsi tulang paha pada tubuh manusai ini banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat. Diantaranya kita bisa mengetahui bahwa  tulang paha ini sangat berperan aktif untuk membuat kita bisa berjalan, berlari, berenang, dan melompat. Selain itu juga banyak sekali otot-otot yang merekat pada tulang paha ini, terutama otot-otot besar.

Tulang paha yang merupakan tulang paling besar dan paling kuat pada tubuh manusia ini sangatlah banyak jasanya untuk tubuh ini. Kita juga bisa tahu bahwa kegunaan tulang paha itu ada 9 yang sudah dibahas pada bagian atas tadi.

Maka untuk menjaga fungsi tulang paha ini kita harus senantiasa menjaganya dengan rutinitas yang menguntung tulang paha, otot-otot yang melekatnya, serta sendi-sendi yang membantu tulang paha ini bergerak.

Tulang paha merupakan tulang yang berada pada bagian bawah pada tubuh manusia. Dengan letaknya dibawah dan merupakan tulang yang paling besar pada tubuh manusia ini, berdiri dan tegaknya kita karena tulang paha ini. Oleh sebab itu apabila tulang paha ini menderita cidera bisa jadi kita sebagai manusia tidak bisa berjalan dalam beberapa hari, beberapa bulan, atau beberapa tahun.

Hikmah dari pembahasan tulang paha ini sangatlah banyak. Kita harus tahu bahwa sehebat apapun fungsi tulang paha ini tidak akan berdaya apabila alat gerak yang lainnya tidak berfungsi secara sempurna.

Manfaat Tulang Paha Pada Manusia

Maka hikmah yang bisa ambil dari pembahasan kali adalah janganlah kita sombong dengan sebuah keadaan yang kita dapatkan hari ini, karena setiap apapun kita dalam melakukan segala aktivitas itu karena ada bantuan dari orang lain.

Seperti halnya fungsi tulang paha ini. Disebutkan sebagai tulang paling besar dan kuat pada tubuh manusia, namun apabila otot-otot dan sendi yang ada didekat tulang paha tersebut tidak berjalan dengan baik, maka tulang paha pun tidak akan berfungsi sesuai dengan perannya.

Komentar disini
error: