4 Fungsi Tulang Kering dan Cidera yang Sering Terjadi

Fungsi Tulang Kering

Kalimat.ID – Fungsi Tulang Kering, Tulang kering merupakan tulang yang menyambungkan dari lutut ke pergelangan kaki, tulang kering ini juga berdekatan dengan tulang betis yang telah di bahas pada artikel sebelumnya, jika ada ingin membacanya kembali klik disini.

Tulang kering ini juga merupakan tulang yang paling besar yang terletak pada tungkai kaki. Tulang kering ini diberi nama atas mengacunya pada alat musik dahulu yang terbuat dari tulang kering hewan. Yakni tulang kering ini disebut dengan tulang tibia yang mempunyai arti seruling.

Dalam bahasa inggris tulang kering disebut dengan shankbone atau shinbone, bisa juga dibilang dengan tibia tadi. Tulang ini digadang-gadang tulang yang lebih kuat dibawah lutut pada vertebrata. Secara umum tulang kering ini merupakan tulang paling kuat yang bisa memikul beban berat dan itu merupakan fungsi tulang kering. Tibia ini bisa anda temukan disebelah fibula.

Oleh karena itu, keberadaan tulang kering ini sangat berfungsi untuk kita dalam melaksanakan segala aktivitas dalam kehidupan. Jadi sangat penting bagi anda untuk selalu menjaga dari fungsi tulang kering ini.

Pada struktur tulang kering ditungkai bawah terdapat atas tibula atau tulang kering dan fibula. Fibula itu berada pada tungkai bawah yang dihubungkan dengan ligamen oleh ujung tulang kering.

Apa yang dimaksud dengan fungsi tulang kering?

Ada empat fungsi yang bisa anda nikmat dengan keberadaan tulang kering ini. tulang kering akan sangat berperan dalam pergerakan dan tegaknya badan anda. Oleh sebab itu, inilah 4 fungsi tulang kering yang perlu anda ketahui!

1. Menstabilkan Tubuh Ketika Berdiri

Tulang kering memang sangat berpengaruh untuk segala aktivitas kita, karena dengan tulang kering ini anda bisa berdiri. Fungsi yang pertama tulang kering ini bisa menstabilkan tubuh ketika berdiri. Jadi keberadaan tulang kering ini sangat berpengaruh sekali untuk aktivitas kehidupan kita saat melaksanakan segala kegiatan, terutama kegiatan berlari, berjalan dan sebagainya.

Mungkin bagi anda sebagai seorang atlet volly ball, sepakbola, atau yang lainnya. Tulang kering ini sangat bermanfaat sekali untuk keberlangsungan karir hidup anda. Jadi sayangi tulang kering ini dan jaga selalu.

2. Menyangga Otot-Otot Pada Tungkai Bawah

Fungsi dari tulang kering yang kedua adalah mereka bisa menyangga otot-otot pada tungkai bawah. Jadi yang menguat kita berdiri bisa jadi karena otot-otot ini. Otot-otot ini sangat berpengaruh sekali untuk menguatkan kaki kita saat berdiri, karena tanpa otot-otot ini alat gerak yang lain juga tidak bisa bergerak dengan baik dan benar.

Maka fungsi dari tulang kering ini sangat bermanfaat dan berat sekali tugasnya. Selain menstabilkan kita saat berdiri, tulang kering ini mempunyai tugas untuk menyangga otot-otot tungkai bawah.

3. Menopang Berat Badan

Fungsi tulang kering ketiga adalah bisa menopang berat badan. Nah ini yang memang sangat dirasakan oleh kita, tertopangnya berat badan ini. Maka sangat perlu dijaga sekali tulang kering ini agar bisa terus berdiri dan tulang kering ini terus kuat dalam menopang berat badan.

4. Menggerakan Pergelangan Kaki

Fungsi tulang kering yang keempat adalah tulang kering in bisa menggerakan pergelangan kaki. Coba anda sekarang gerakan pergelangan kaki. Nah apabila pergelangan itu bergerak maka pergerakan itu oleh tulang kering.

Maka jaga dan syukurilah apabila semua fungsi dan gerakan yang sudah dibahas diatas masih berfungsi dengan baik-baik saja.

Adapun fungsi tulang kering yang bisa anda ketahui diantaranya adalah sebagai berikut!

Tulang kering berfungsi sebagai tulang yang membentuk bagian kerangka yang berada dibagian bawah kaki. Tulang kering berfungsi sebagai tulang yang menyambungkan lutut pada pergelangan kaki.

Tulang kering berfungsi sebagai tulang yang menghubungkan lengan. Pada tulang kering ini ada 4 sendi yang menempel padanya. Tugas dari sandi ini untuk memberikan sebauh flexibilitas serat pergerakan yang memang menuju pada tempatnya. Jadi tanpa sendi juga tulang kering tidak bisa melakukan pergerakan yang sesuai dengan tugasnya. Adapun 4 sendi yang menempel pada tulang kering adalah sebagai berikut!

Sendi sendi yang Menempel Pada Tulang Kering

Sendi tibiofibular superior
Sendi pada pergelangan kaki
Sendi pada lutut dan Interior lutut

Itulah sendi-sendi yang menempel pada tulang kering yang anda miliki sekarang. Selain itu, tulang kering juga mempunyai sumsum merah yang mempunyai banyak darah merah. Dan perlu anda tahu juga dengan darah merah mempunyai fungsi untuk mengikat oksigen yang diperlukan saat oksidasi pada jaringan-jaringan tubuh. Maka dengan semua proses itu alat gerak kita masih bisa bergerak secara sempurna.

Kondisi kondisi yang Menurunkan Fungsi Tulang Kering

patah tulang kering
image by res.cloudinary.com

Pada tulang kering merupakan alat gerak yang rentan akan dengan cidera. Terutama pada kaki yang sering mengalami cidera dibandingkan dengan anggota tubuh lainnya. Cidera yang sering dialami kebanyakan orang adalah pada tempat bagian tungkai, terutama dibagian tulang kering. Dan inilah kondisi atau cidera yang bisa menurunkan kegunaan dari tulang kering sebagai berikut!

1. Patahnya Tulang Kering

Patah pada tulang kering ini terjadi karena kejadian tulang kering itu terhantam, terhimpit, atau terbentul yang menyebabkan tulang itu tidak kuat menahan yang akhirnya patah. Biasanya patah tulang ini terjadi saat olahraga, kecelakan berkendara, dan lain sebagainya.

2. Shin Splints

Shin Splints atau biasanya disebut dengan cedera tulang kering ini bisa dilihat saat kita merasakan sakit atau nyeri di sepanjang tulang kering tersebut. Biasanya cedera tulang kering ini banyak dialami oleh anggota militer, atlet lari dan penari. Cedera tulang kering ini disebabkan biasanya oleh tingginya aktivitas pada sendi, otot, dan jaring tulang yang membuat semua itu bekerja melampaui batasnya.

3. Osteomalaci

Osteomalaci atau pelemahan pada tulang ini merupakan kejadian yang mempunyai pelemahan pada bagian tulang kering sehingga bisa patah dan bahkan melengkung. Pelemahan tulang ini terjadi karena adanya gangguan saat pembentukan tulang. Dan menyebabkan tulang tidak keras serat biasanya cidera ini karena kekurang vitamin D

4. Osteomielitis

Osteomielitis atau disebut juga dengan infeksi pada tulang yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini menyerang aliran darah untuk menginfeksikan tulang kering ini. Aslinya bakteri ini berada di permukaan kulit dan tidak mengganggu kesehatan anda. Namun anda harus waspada dan tetap jaga kebugaran, karena bakteri ini akan menyerang saat kekebalan tubuh anda lagi lemah.

5. Kanker Osteomarcoma

Kanker Osteomarcoma ini pada umumnya sering dialami oleh anak-anak dan para remaja. Tulang-tulang yang disering oleh penyakit kanker ini biasanya menyerang tulang-tulang yang mempunyai ukuran yang besar dan pertumbuhannya cepat. Contohnya tulang kering tibia dan tulang paha.

6. Osteoporosis

Osteoporosis merupakan cidera yang dialami tulang kekurangan kalsium, penyakit osteoporosis ini menyebabkan tulang menjadi rapuh dan keropos sehingga pada tulang anda bisa menyebabkan mudah patah. Penyakit ini sering menyerang pada pergelangan tangan, pinggul, dan tulang belakang. Namun jangan ada kalanya penyakit osteoporosis bisa menyerang tulang kering dalam beberapa kasus yang menyebabkan lemah dan patah tulang.

Dan cidera pada tulang ini bisa disebabkan oleh bawaan yang mempunyai kelainan pada tulang kering dan fungsi tulang kering tersebut akan terhambat.

Mencegah Tulang Kering Cidera

olahraga lari
image by go-dok.com

Apabila anda ingin mempunyai tulang kering yang normal dan sehat sebaiknya anda menjaga dari sekarang. Atau anda pernah mengalami cidera para tulang kering ini sebaiknya di jaga dengan beberapa cara yang bisa anda ikut sebagai berikut ini!

Cobalah anda untuk berlari pada permukaan yang rata, melakukan peregangan atau pemanasan pada saat mau olahraga atau setelah olahraga, Cobalah untuk melakukan olahraga dengan mengkombinasikan olahraga berat dan ringan, misalnya anda berolahraga renang dan sepakbola, Pada saat obsitas atau kegemukan segera anda untuk melakukan diet atau penurunan berat badan

Jangan asal pakai sepatu untuk lari, pilih sepatu lari yang baik. Dengan pemakai sepatu yang tepat ini anda akan terhindari dari macam-macam cedera. Lalu sepatu seperti apa yang baik untuk berlari? Sepatu yang baik adalah sepatu yang memiliki bantalan untuk telapak kaki dan membentuk kaki dan menopangnya secara optimal.

Dengan menjaga itu juga anda bisa membuat tulang kering semakin sehat dan kuat. Namun anda juga harus memikirkan asupan makanan yang baik untuk tulang ini. Makanan yang kuat untuk tulang adalah vitamin D dan makanan yang mempunyai Kalsium.

Itulah fungsi tulang kering pada tubuh manusia yang bisa anda ketahui dan manfaatkan untuk aktivitas sehari-hari. Selain itu juga, anda juga harus menghindari penyakit-penyakit atau cidera-cidera yang akan menyerang tulang dengan cara melakukan sebuah olahraga fisik yang seimbang dan benar. Selain itu, asupan makanan untuk menguatkan tulang seperti vitamin D dan makanan yang mengandung banyak kalsium.

Komentar disini