Pengertian dan Fungsi Tulang Hasta Pada Tubuh Manusia

Kalimat.ID – Fungsi Tulang Hasta, tulang hasta atau bisa disebut juga dengan tulang ulna adalah tulang bagian lengan bawah untuk menyambungkan dari bagian siku dan tangan pada posisi bagian kelingking atau tengah.

Tulang hasta ini merupakan tulang panjang pada bagian medial bawah. Letak dari tulang hasta ini sejajar dengan tulang pengumpil. Jika tulang hasta itu penyambung siku siku menuju ke bagian tangan pada jari tengah atau jari kelingking, maka tulang pengumpil merupakan penyambung siku siku menuju ke bagian tangan pada jari ibu.

Tulang hasta ini merupakan tulang panjang, namun apa yang dimaksud dengan tulang panjang ini? Tulang panjang merupakan tulang yang bisa berkembang memanjangkan dibagian epifise. Pada ujung epifise ini dibungkus oleh tulang rawan hialan sehingga terlindungi.

Fungsi tulang hasta ini mirip seperti tulang pengumpil karena secara letak tulang ini saling sejajar di bagian tubuh kita. Jadi wajar sekali jika fungsi tulang hasta ini mirip dengan tulang pengumpil.

Perlu kita ketahui juga bahwa tulang hasta ini pada tubuh kita atau manusia berbentuk seperti pipa, namun bedanya dengan pipa yang nyata, kalau di tubuh kita tulang hasta yang seperti pipa namun mempunyai 2 ujung dengan sebuah batang. Selain itu fungsi tulang hasta ini mempunyai 5 fungsi yang membantu pertulangan kita, diantaranya.

5 Fungsi Tulang Hasta Atau Ulna

Fungsi Tulang Hasta

– Tulang hasta ini dapat menyimpan mineral
– Dapat menghasilkan sel-sel darah dari sumsum tulang
– Sebagai penunjang kerangka manusia / tangan manusia
– Berfungsi sebagai pendukung lengah bawah untuk gerakan yang terjadi
– Tulang hasta ini bekerjasama dengan tulang pengumpil untuk bagian lengah bawah dalam menyusun tangan pada manusia

5 fungsi tulang hasta yang bisa anda ketahui, selain itu juga tulang hasta sebagai kerangka tulang manusia untuk menyempurnakan alat gerak atau organ-organ pada manusia. Jika sebagai manusia harus menyadari pula bahwa kita bisa melakukan pergerakan tangan, bertepuk tangan, menari, dan hal-hal yang membuat tubuh kita bergerak itu merupakan fungsi tulang hasta juga, karena alat gerak itu diciptakan untuk saling membantu dan menyambungkkan kerangka pada manusia.

tulang hasta ini mempunyai 3 bagian yang ada pada  tulangnya yang terdiri atas batang ulna, ujung atas ulna, dan ujung bawah ulna. Pada bagian tulang hasta ini bersendi dengan tulang atas yang menyambung pada sendi siku, selain itu tulang hasta ini menyempit pada bagian distal dan melebar pada bagian proksimal.

Adapun otot-otot yang melekat pada tulang ulna atau hasta ini diantaranya:
– Otot extensor pollicis longus
– Otot pronator teres
– Otot brachialis
– Otot flexor digitorum profundus
– Otot pronator quadratus
– Otot supinator
– Otot flexor pollicis longus
– Otot triceps brachii
– Otot anconeus
– Otot flexor carpi ulnaris
– Otot abductor pollicis longus
– Otot extensor indicis
– Otot extensor carpi ulnaris

Apa fungsi dari tulang Ulna?

tulang ulna
image by nurdian.com

Fungsi tulang hasta ini akan berguna apabila alat-alat yang bisa menggerakkan tulang hasta ini berfungsi juga. Dan apabila alat-alat untuk menggerakkan tulang hasta ini tidak berjalan dan berfungsi makan fungsi tulang hasta itu tidak akan berguna serta otot-otot yang melekat pada tulang hasta ini tidak akan mampu menggerakkan tulang hasta. Lalu apa yang bisa menggerakkan tulang hasta ini?

Yakni saraf, saraf merupakan sebuah kendaraan yang bisa menghubungkan organ-organ pada tubuh kita dengan sistem saraf pusat, sistem saraf pusat ini adalah otak dan sumsum tulang belakang. Untuk lebih jelasnya inilah cara kerja dari tulang hasta.

Saat saraf pusat mengantarkan rangsangan, kejadian ini disebut dengan potensial aksi, maka potensial aksi akan mulai diantarkan menuju sel saraf motorik setelah itu sel saraf motorik mengeluarkan unsur kimia yang disebut dengan asetilkolin, kemudian dilanjutkan dengan berikatan pada reseptor melalui permukaan otot, dan proses ini memberikan hasil kerja untuk otot.

Saat asetilkolin yang berikatan ini dengan reseptor setelah itu ada proses prosen kontraksi yang menghasilkan ion sodium masuk membran ke dalam sitoplasma hingga terjadilah pelepasan ion kalsium menjadikan berdifusi dalam serabut otot yang membuat ikatan protein pada sel-sel otot bisa berubah serta terjadilah proses kontraksi saat itu. Setelah itu impuls akan berhenti dari saraf pusat yang akan menghasilkan relaksasi pada otot yang disebabkan oleh reaksi kimia.

Gerakan Pada Tulang Hasta

Tulang hasta ini bisa bergerak karena adanya sebuah reaksi kimia dalam otot yang menyebabkan tulang hasta ini bisa bekerjasama dengan tulang lain dan sendi engsel tersebut.

tulang hasta ini bergerak dibagian bawah pada tangan yang fungsi tulang hasta ini adalah menggerakkan  pada bagian pergelangan tangan jari-jari khususnya jari kelingking, mengerakkan siku-siku, dan saat anda akitvitas seperti anda melakukan aktivitas menulis, aktivitas bertepuk tangan, aktivitas menggosok, dan aktivitas mengelus. Itu semua adalah fungsi tulang hasta.

Apa perbedaan tulang hasta dengan tulang pengumpil?

Fungsi tulang hasta ini sangat banyak manfaat untuk setiap aktivitas kita, bayangkan jika fungsi tulang hasta anda tidak bergerak dengan sempurna, maka anda tidak bisa menulis, mengetik, berlari bisa jadi tidak bisa, atau apapun itu aktivitas yang melibatkan tangan tulang hasta sangat berperan untuk anda.

Akibat Dari Sakitnya Tulang Hasta

image by hellosehat.com

Reaksi kimia didalam otot ini menyebabkan pergerakan pada tulang yang bekerjasama dengan sendi engsel. Tulang pengupil bergerak di pergelangan tangan bagian bawah yaitu yang menggerakkan siku dan jari tangan khususnya ibu jari.

Jadi fungsi tulang pengumpil berhubungan dengan gerak oleh pergelangan tangan bawah seperti ketika siku ditekuk, ketika melambai-lambai, mengetik, memeras, menulis, memukul, menggosok, mengelus, dan aktivitas olahraga yang melibatkan pergelangan tangan bawah.

Akibat Cedera Pada Tulang Pengumpil

cidera tulang pengumpil
image by detik.net.id

Fungsi tulang hasta akan bekerja dengan sempurna jika pada setiap komponennya tidak mengalami cedera, misalnya perdarahan, patah tulang,  atau sprain, hematoma, train, dan fraktur.

Namun pada  kondisi yang sakit atau cidera, tulang bisa membuat regenerasi dan mengembalikan semua fungsinya serat mengerakkan sistem tubuh dari bagian tulang bawah tangan dan bagian jari-jari tersebut

Beberapa tahapan untuk melakukan regenerasi tulang yaitu proliferasi sel, inflamasi, osifikasi, pembentukan kalus,  dan remodelling. Apabial ada kejadian pada perdarahan di  tulang maka pada bagian ujung fragmen tulang akan mengalami proses devitalisasi yang setelah itu makrofag akan menginvasi pada tempat perdarahan serta membersihkannya.

Perdarahan ini akan melalui proses oleh benang-benang fibrin yang akan membentuk sebuah fibrinogen. osteoblast dan fibrioblast akan membuat kolagen pada tulang yang sedang cidera.

Setelah itu terbentuklah  tulang rawan dan jaringan ikat. Jaringan tersebut akan tumbuh sera fragmen pada tulang yang cidera akan bergabung dengan beberapa jaringan seperti  fibrus  dan tulang rawan.

Dengan melalui proses dan tahap seperti maka penulang akan kembali lagi dengan 2-3 minggu kejadian ini disebut proses endokondral. Pada tahap terakhir merupakan kembalinya jaringan yang sudah rusak dan akan kembali seperti semula.

Tahap proses ini akan membutuhkan waktu yang lama, bisa di prediksikan beberapa bulan atau sama beberapa tahun, ini tergantung dengan fungsi tulang serta modifikasi tulang.

Demikianlah pembahasan tentang fungsi tulang hasta, bahwa kita bisa menyimpul fungsi tulang hasta itu banyak sekali dan sangat bermanfaat untuk aktiviats keseharian kita, fungsi tulang hasta ini sangat berperan banyak untuk segala kegiatan manusia, mulai dari mencuci baju, mencuci piring, mengepel, menulis, mengetik dan masih banyak lagi.

Namun fungsi dari tulang hasta ini harus di seimbang dengan sebuah penjagaan kesehatan untuk tulang, saraf, dan sendi-sendi kita. karena apabila alat gerak yang lain ada yang tidak berfungsi dan alat gerak itu berhubungan dengan tulang hasta kita maka yang akan terjadi tulang hasta kita tidak bisa berfungsi lagi. Seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa alat gerak pada manusia itu sangat berhubungan antar tulang dan organ-organ lainnya.

Pada pembahasan ini juga kita bisa mendapatkan hikmah dari fungsi tulang hasta ini, bahwa kita harus melakukan kerjasama untuk menggerakkan dan melakukan program sesuatu, seperti yang sudah dibahas di atas tadi, bahwa tulang hasta ini akan bergerak apabila saraf, otak, sumsum tulang, otot-otot, alat gerak tulang, dan reaksi kimia pada otot bisa bergerak dengan sempurna.