Pengetian dan Fungsi Tulang Betis (Fibula) Beserta Letaknya

Kalimat.ID – Fungsi Tulang Betis, Bicara tentang tulang tentu ini bukanlah hal yang asing bagi kita semua, apalagi tulang ini sering kita rasakan dan terlihat dalam sehari-hari, meskipun tulang ini dibungkus oleh kulit.

Tulang merupakan alat gerak yang sangat vital untuk menjalakan setiap aktivitas manusia maupun hewan. Karena dengan tulang inilah kita bisa bergerak, berjalan, berlari, dan lombar.

Selain itu masih banyak fungsi tulang pada tubuh manusia maupun hewan. Tulang juga merupakan alat gerak yang saling melengkapi dan saling menyambung. Jadi apabila tulang anda ada yang cidera atau rusak, bisa jadi fungsi dari tulang itu dan tulang yang dekat dengan tulang yang cidera tidak bisa difungsikan dengan semestinya.

Jadi tulang merupakan alat gerak yang harus dijaga dengan benar-benar. Selain itu juga tulang ini dapat melekatnya otot-otot dan bisa menjadi sumber untuk memproduksi sel darah merah sumsum tulang.

Jika pada hari kemarin kita membahas tentang fungsi tulang paha, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang fungsi tulang betis. Anda sudah tahukan dimana letak tulang betis itu? Ya tulang betis dekat dengan lutut dan mata kaki. fungsi tulang betis ini sebagai penyempurna kaki, fungsi kaki adalah untuk berjalan.

Jadi kita bisa berjalan dengan struktur dari fungsi tulang betis, fungsi tulang paha dan telapak kaki. Lalu apa saja fungsi tulang betis itu? Untuk membahas apa saja fungsi tulang betis, mari kita simak pembahasan di bawah ini!

Fungsi Tulang Betis Pada Tubuh Manusia

betis wanita
Image by: pinkkorset.com

Tulang betis ini memiliki banyak sekali manfaatnya untuk membantu kita dalam menjalankan semua aktivitas. Adapun fungsi tulang betis ini kami rangkum kedalam beberapa poin diantaranya!

1. Tulang betis ini mempunyai peran untuk melindungi bagian organ atau bagian pening yang ada dalam kaki. Jadi organ pening yang ada dalam kaki itu dilindungi oleh betis agar bisa terjaga dari segala bahaya
2. Tulang betis ini menjadi bagian penting untuk menopang dan memberi kekuatan pada tubuh kita saat berdiri. Terutama untuk memberi kekuatan pada kaki, karena letak memang dibagian kaki tulang betis ini.
3. Tulang betis ini mendapatkan sebuah tugas untuk melekatkan bagian lutut
4. Sebagai tulang yang melekatkan atau menyambungkan tulang pada tulang pergelangan kaki
5. Merupakan tempat untuk memproduksi sel darah merah. Seperti tulang yang lainnya, tulang betis juga mempunyai kegunaan sebagai tempat membuat sel darah merah. Jadi sel darah merah yang ada pada tubuh manusia itu salah satunya dari tulang betis.
6. Dan kegunaan dari tulang betis lainnya adalah tempat untuk menyimpan garam mineral dalam tubuh manusia

Itulah sobat 6 Fungsi Tulang Betis yang bisa kami infomasikan untuk anda, dan untuk tambahan lainnya juga, ternyata tulang betis ini atau bisa disebut juga dengan tulang fibula mempunyai tekstur yang tipis dan bahwa lebih tipis dari tulang panjang pada bagian bawah kaki. Tulang betis ini sangat berbeda dengan tulang kering lainnya, karena tulang betis ini sangat tipis atau sempit daripada tulang yang lainnya

Tulang fibula ini membentangkan sebuah paralel serta mempunyai ligament pada kedua ujungnya. Selain itu juga, ternyata tulang betis atau fibula ini tidak sampai pada lutut, namun ujung bawah ini terletak dibawah tulang kering serta membentuk sebuah tulang pergerlangan itu sendiri.

Anatomi dan Patologi Pada Tulang Betis

image by hellosehat.com

Apabila suatu saat tulang betis anda mengalami bengkak, penyakit yang menimbulkan bengkak pada kaki itu adalah penyakit yang disebut dengan sindrom kompartemen yang mana ditemukannya bekuan darah pada betis dibagian dalam vena dalam atau bisa disebut dengan trombosis vena dalam, serta tendon achillesnya pecah dan pelebaran pembuluh bilik vena atau disebut dengan varieses vena terjadi.

Penyakit lainnya yang biasa dirasakan oleh kaum tua atau mereka yang kurang berolahraga, atau saat anda mau olahraga namun kurang pemanasan adalah penyakit pada tulang betis yaitu kram tungkai dan sembap . Penyakit Kram Tungkai dan Sembap ini merupakan kejadian yang lazim yang disebut dengen idiopatik, kejadian ini biasanya menyerang atau mempengaruhi pada otot betis.

Ada sebuah penelitian yang diadakan disebuah tempat pabrik kecil untuk sekelompok buruh yang sehat. Menggunakan sebuah kaus kaki bisa mengurangi resiko untuk anda pada nyeri dan sembap pada. Pada penelitian kecil lainnya juga menunjukkan bahwa menggunakan kaus kaki yang ketat bisa menaikkan kinerja untuk para petani.

Bentuk tulang betis yang panjang ini berguna untuk menyambungkan dari lutut ke pergelangan kaki dan berfungsi sebagai menopang dan memberika kekuatan pada tubuh manusia untuk bisa berdiri tegak, berlari, dan melompat.

Selain itu, dengan anatomi atau bentuk tulang betis ini juga banyak sekali manfaat-manfaat lainnya untuk bisa kita gunakan dalam menjalakan segala aktivitas sehari-hari

Ditulang lutut, pada ujung proksimal fibula ini tepatnya dibawah lutut merupakan pembesaran yang sedikit bulat biasnya dikenal dengan kepala fibula. Pada kepala fibula ini membuat sebuah sendi tibiofibular proksimal atau superior pada tepi lateral tibia tersebut.

Oto-otot Yang Melekat Pada Tulang Lutut

Otot yang melekat pada tulang otot ini adalah oto-otot yang besar melalui tendon, namun ini otot yang dibawa dari otot tulang paha dan tulang kaki bawah yang menemple pada fibula. Salah satu otot yang melekat pada fibula adalah otot bisep femoris yang berada dibelakang paha.

Proses ini mempunyai penyisipan pada kepada fibula untuk melakukan kelenturan pada kaki dilutut. Ada delapan otot lain diantaranya adalah otot fibularis, soleus dan beberapa otot ekstensor dan fleksor pada jari kaki juga itu berasal dari fibula.

Kejadian nyata yang menarik tentang tulang fibula ini adalah saat fibula ini diambil untuk tisu dan untuk dicangkokan pada tulang lain di dalam tubuh.

Fibula ini mempunyai berat yang memang ringan atau sangat sedikit hingga tulang ini memiliki massa lebih banyak tulang daripada dibutuhkan untuk keperluan kaki, menjadikan fibula ini donor jaringan yang paling baik untuk tubuh.

Dari sendi tibiofibular proksimal ini, ternyata fibula bisa memanjang dengan sedikit medial dan anterior pada garis lurus yang menuju pergelangan kaki.

Tips Cara Menjaga Tulang Betis Agar Sehat

image by hellosehat.com

Bagi anda yang sudah tahu dengan fungsi tulang betis ini akan sangat sayang dan tak mau tulang betis ini cidera. Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus seimbang dalam pola hidup yang dijalankan.

Karena tulang betis ini akan sehat dengan gaya hidup kita selama ini dan pada umumnya itu akan mempengaruhi kepada semua alat gerak yang ada pada tubuh manusia. Karena alat gerak yang menempel ini sangat berkesinambungan dan saling menyambungkan.

Dalam menjaga tulang betis ini sehat maka kita setidaknya perlu menjalakan aktivitas sebagai berikut!

1. Bisa menjalankan olahraga yang teratur, misalnya jogging pagi, peregangan, senam, dan olahraga lainnya yang bisa membantu otot-otot pada tulang betis dan sendi-sendi yang menempel pada tulang betis ini sehat.
2. Biasakan anda apabila akan melakukan permainan olahraga atau renang. Untuk senantiasa pemanasan terlebih dahulu, supaya anda tidak terkena kram pada tulang betis anda.
3. Minum air putih dengan cukup dan terpenuhi
4. Sekali-kali minum-minuman yang memberikan kekuatan pada kalsium, misalnya susu dan lain-lain
5. Seimbangkan makanan seperti sayuran, daging-dagingan, dan buah-buahan

Dan itulah tips yang bisa anda pakai untuk menjaga tulang-tulang anda terutama tulang betis anda agar bisa berjalan, berlari, dan melompat-lompat.

Tips diatas bisa anda lakukan dengan sangat mudah asalkan dijalankan dengan hati yang tenang dan menyadari bahwa ini adalah sebuah kebutuhann yang harus dilakukan dalam menjaga sebuah kesehatan pada alat gerak yang ada ditubuh kita.

Manfaat-manfaat Tulang Betis Pada Manusia

image by hellosehat.com

Manfaat dari fungsi tulang betis ini sangat banyak untuk kelansungan hidup pada manusia. Diantaranya saat kita bisa berdiri tulang betis yang bisa membantu kita berdiri untuk memberikan kekuatan pada tubuh.

Tulang betis ini juga tulang yang membantu memproduksi sel darah merah, sehingga kita bisa menikmati fungsi dari sel darah merah yang diproduksi oleh tulang betis ini. Dan jangan lupa juga untuk senantiasa menjaga tulang betis ini agar tetap sehat dan tidak cidera.