11 Daya Tarik Floating Market Lembang Bagi Wisatawan

floating market lembang

Kalimat.ID – Floating Market Lembang – Lembang memang identik dengan tempat-tempat wisata bernuansa alam. Ditambah udara sekitarnya yang masih sangat segar dan sejuk, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin melepas penat.

Salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di Lembang ialah Floating Market Lembang. Tempat wisata yang satu ini memiliki konsep gabungan antara pasar apung tradisional dan keindahan alam yang mempesona.

Jika berwisata ke Floating Market Lembang, anda akan merasakan sensasi seperti berlibur ke The Damnoen Saduak Floating Market Thailand. Berbelanja di pasar terapung dengan banyak pilihan sayuran dan buah yang dijajakan, pastinya sangat menyenangkan bukan?

Dimanakah Lokasi Floating Market Lembang?

Floating Market Lembang berlokasi di alun-alun bagian selatan Lembang, tepatnya di jalan Grand Hotel No. 33 E, Jalur Kampung Leuit A1, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Karena rute jalan yang satu jalur, untuk menemukan lokasi Floating Market sangat mudah, Ditambah dengan petunjuk arah menuju Floating Market cukup banyak.

Rute Jalan Menuju Floating Market Lembang

Sebelum mulai berjelajah di Floating Market, anda perlu tahu rute yang harus dilalui untuk bisa sampai kesana. Umumnya, para wisatawan menggunakan kendaraan pribadi, namun banyak juga yang menggunakan kendaraan umum.

Jalan yang dilalui menuju Floating Market juga cukup bagus. Anda bisa memilih jalur Cipaganti-Setiabudi-Ledeng-Lembang. Jika memulai perjalanan dari Subang, anda bisa memilih jalur Ciater.

Jika menggunakan kendaraan umum, anda bisa mengambil rute angkot dari Stasiun Bandung-Lembang dan Ciroyom-Lembang. Rute angkutan umum memang akan melewati gerbang Floating Market Lembang.

Tetapi anda harus melewati pasar lembang terlebih dahulu untuk dapat sampai ke lokasi Floating Market.

Mengingat rute Lembang-Bandung sering dilanda kemacetan terutama saat siang hari, maka sebaiknya anda mulai berangkat sejak pagi. Lokasi yang paling sering macet yaitu daerah Setiabudi dan Terminal Ledeng.

Harga Tiket dan Jam Operasional Floating Market Lembang

Harga tiket masuk ke Floating Market bisa dibilang sangat terjangkau. Uniknya, tiket masuk bisa ditukar dengan minuman gratis yang tersedia disana seperti choco latte, lemon tea, dan coffee latte. Dengan kata lain, anda membayar tiket masuk sekaligus membeli minuman dalam satu waktu.

Adapun harga tiket masuk adalah sebagai berikut:

Senin-Jum’at: Rp.10.000

Sabtu-Minggu: Rp.15.000

Parkir Mobil/Motor: Rp.3000/5000

Jam Operasional:

Week day: 09.00 – 17.00 WIB

Week End: 09.00 – 20.00 WIB

Jika anda tidak menyukai berwisata saat pengunjung ramai, anda bisa datang saat weekday, mengingat saat weekend objek wisata yang satu ini sangat penuh dengan pengunjung.

Daya Tarik Floating Market Lembang

Floating Market Lembang adalah salah satu objek wisata Bandung yang tidak pernah sepi pengunjung. Hingga kini, Floating Market di Lembang terus melakukan pembenahan demi kenyamanan pengunjung dan menarik lebih banyak wisatawan.

Tempat yang semula hanya pasar apung biasa, kini dibangun menjadi objek wisata dengan berbagai wahana yang seru dan menyenangkan.

Berikut ini adalah beberapa daya tarik dari Floating Market Lembang yang akan membuat anda menjadi tidak sabar untuk segera berkunjung kesana.

1. Kampung Jepang Kyoto

Di Floating Market ini, anda bisa menemukan Kampung Jepang Kyoto. Disana suasananya hampir sama seperti di Jepang, anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke Negeri Sakura tersebut untuk mendapatkan spot foto ala Jepang.

Di Kampung Jepang Kyoto terdapat danau, bambu buatan dan gazebo yang persis seperti buatan Jepang. Disana juga disewakan kostum Hanbok atau Yukata seharga 75 ribu per jam.

Jika ingin lebih lengkap, anda bisa memilih paket sewa baju plus cetak foto berukuran 10 R seharga 175 ribu.

2. Kota Mini

Salah satu daya tarik dari Floating Market Lembang ialah Kota Mini. Wahana ini dibangun sedemikian rupa hingga menyerupai bangunan Eropa. Kota mini bisa dijadikan sebagai objek wisata edukasi bagi anak-anak.

Disana, si kecil dapat memerankan berbagai profesi lengkap dengan seragam dan peralatan yang mendukung. Profesi yang dapat diperankan juga bermacam-macam, mulai dari polisi, koki, hingga pemadam kebakaran.

Tak hanya itu saja, arena yang satu ini juga dilengkapi dengan wahana Taman Angsa dan Domba Lembang. Pada wahana tersebut, anak-anak dapat lebih dekat dengan satwa, memberi makan angsa, memerah susu domba serta membantu merangsang motorik anak.

3. Rainbow Garden

Rainbow Garden merupakan arena yang paling menarik dari Floating Market Lembang. Di arena ini, anda bisa menikmati indahnya taman bunga berwarna-warni yang berjajar seperti layaknya pelangi.

Selain taman bunga, di Rainbow Garden anda juga bisa menjadikan rumah kaca sebagai spot berfoto yang sangat instagramable. Untuk masuk ke Rainbow Garden, pengunjung dikenakan biaya 10 ribu per orang.

4. Miniatur Kereta Api

Hal menarik lainnya yang ada di kawasan objek wisata Lembang ini adalah miniatur kereta api. Di wahana yang satu ini, anda akan melihat kereta api dalam bentuk mini.

Wahana ini juga tak kalah keren untuk dijadikan background foto. Ukuran kereta api yang mini akan membuat anda terlihat seperti raksasa.

5. Becak Mini

Selain miniatur kereta api, anda juga akan menemukan becak mini yang unik. Mengajak si kecil bertamasya ke Floating Market pastinya sangat menyenangkan.

Anak-anak bisa mencoba untuk mengayuh becak mini ini dan berkeliling di sebuah track. Untuk bermain dengan becak mini dikenakan tarif 20 ribu untuk 4 kali putaran.

6. The Rock

The Rock yang dimaksud disini adalah sebuah taman bebatuan yang indah. Namun, bebatuan tersebut sebenarnya terbuat fosil kayu yang dipoles sedemikian rupa hingga tampak natural. Anda bisa menjadikannya sebagai background untuk berfoto.

7. Taman Kelinci

Arena yang satu ini sangat cocok untuk anak-anak. Di Taman Kelinci ini, si kecil akan belajar berinteraksi dengan kelinci, mulai dari menggendongnya hingga memberinya makan.

Melihat anak anda berinteraksi dengan kelinci yang lucu pastinya sangat menggemaskan. Jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut dalam bentuk foto maupun video.

8. Hijab Swimming Pool

Sekarang ini, sudah banyak sekali tempat wisata yang syariah dan cocok untuk para muslimah, salah satunya adalah Floating Market di Lembang ini.

Di Floating Market ini juga dilengkapi dengan Hijab Swimming Pool yang merupakan sebuah kolam pemandian air panas khusus para muslimah yang berhijab.

Kolam tersebut memiliki kedalaman 120 hingga 140 centimeter. Desain dan arsitektur kolam juga dibuat dengan mengedepankan nuansa yang islami.

9. Wahana Air (Danau)

Pada dasarnya, Floating Market yang ada di Lembang ini memang merupakan pasar terapung. Tak heran jika sebagian besar kawasannya dominan dengan air. Disana anda bisa menyewa sebuah perahu dan mendayungnya sendiri mengelilingi danau.

Atau, jika tidak ingin repot repot mendayung perahu, anda juga bisa menaiki kereta air. Di pinggiran danau, banyak terdapat meja dan kursi kayu. Berfoto disana dengan background danau dan pemandangan sekitarnya pasti sangatnya sangat apik.

10. Kampung Leuit

Satu lagi arena yang tak kalah menarik, yaitu Kampung Leuit. Wisatawan yang mengunjungi Kampung Leuit akan merasakan suasana tempo dulu karena dibangun dengan arsitektur khas Sunda.

Seperti namanya, di Kampung Leuit banyak banyak terdapat Leuit yang digunakan msayarakat tradisional Sunda untuk menyimpan hasil panen padi.

Kampung Leuit dipadati dengan bangunan-bangunan berdinding bilik, beratap ijuk lengkap dengan padi. Di Kampung ini, juga dilengkapi dengan permainan mancing belut yang sangat seru.

11. Wisata Belanja di Floating Market Lembang

Floating Market Lembang bisa dikatakan sebagai kawasan “One Stop Holiday”. Selain menikmati berbagai wahana menarik, disini anda juga bisa menikmati wisata belanja yang mengasyikkan.

Floating Market ini juga menyediakan Pasar Tradisional sebagai pusat belanja para wisatawan. Tak hanya itu, disana juga tersedia toko souvenir atau oleh-oleh khas Bandung.

Fasilitas – Fasilitas yang Tersedia di Floating Market Lembang

Selain menyediakan berbagai wahana yang mengasyikan, objek wisata Lembang ini juga menyediakan banyak Fasilitas yang membuat para pengunjung betah dan nyaman berwisata disana.

Berikut ini adalah berbagai fasilitas yang ada di Floating Market Lembang:

1. Tempat Makan

Fasilitas utama yang disediakan di Floating Market ini adalah Tempat makan lengkap dengan berbagai kuliner yang lezat.

Disana, anda akan menemukan sebuah Restoran unik dengan nuansa persawahan. Menu makanannya pun beragam, mulai dari kuliner lokal hingga kuliner mancanegara dengan harga makanannya yang sangat terjangkau

2. Mushola

Wisatawan yang mengunjungi Floating Market di Lembang rata-rata adalah wisatawan lokal yang beragama Islam, tak heran jika tempat wisata yang satu ini dilengkapi dengan Mushola untuk kepentingan beribadah.

Uniknya lagi, disana juga disediakan mushola terpisah bagi wanita dan pria. Selain itu, kebersihan Mushola juga sangat terjaga sehingga sangat nyaman untuk digunakan.

3. Jalur Track

Fasilitas berikutnya yang bisa dinikmati oleh pengunjung ialah jalur track untuk mengelilingi Floating Market Lembang.

Jalur track tersebut telah diatur sedemikian rupa sehingga pengunjung bisa menikmati berkeliling di kawasan Floating Market yang luas.

4. Fasilitas untuk orang tua

Bagi anda yang berwisata dengan mengajak sanak family dan orang tua, berkeunjung ke tempat yang satu ini memang tujuan yang sangat tepat. Karena disana bangungan-bangunannya tidak terlalu banyak menggunakan tangga.

Ditambah lagi dengan banyaknnya tempat duduk umum untuk dijadikan tempat beristirahat.

5. Toilet

Kurang lengkap rasanya jika sebuah tempat wisata tidak dilengkapi dengan Toilet. Objek wisata ini juga menyediakan toilet yang bersih dan nyaman.

6. Tempat Parkir

Fasilitas lainnya yang juga disediakan yaitu tempat parkir. Tempat parkir yang tersedia disini cukup luas. Selain itu, disediakan pula parkir khusus untuk bus wisata.

Tips Berwisata ke Floating Market Lembang

Agar liburan anda lebih menyenangkan, berikut akan kami berikan beberapa tips yang perlu diperhatikan saat berkunjung ke Floating Market Lembang:

1. Waktu Berkunjung

Floating Market di Lembang adalah kawasan perbukitan hijau dan dikelilingi oleh danau. Maka dari itu, waktu yang paling pas untuk berkunjung kesana adalah saat musim kemarau. Meskipun begitu, tempat wisata yang satu ini juga tak kalah menarik dan romantis jika dikunjungi saat musim hujan.

2. Gunakan Sunblock

Sebelum berwisata ke alam terbuka seperti Floating Market , ada baiknya jika anda menggunakan sunblock atau tabir surya untuk melindungi kulit dari sengatan matahari. Hal tersebut sangat penting untuk mencegah kulit terbakar dan menghitam.

Demikianlah informasi menegnai beberapa daya tarik Floating Market Lembang. Jika anda tertarik untuk mengunjunginya, bersiaplah untuk mengatur perjalanan anda mulai dari sekarang.

Komentar disini