12 Pesona Dusun Bambu Lembang yang Memikat Para Wisatawan

Kalimat.ID – Dusun Bambu Lembang – Bandung memang merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak objek wisata. Kota yang juga dikenal dengan sebutan Paris van Java ini menawarkan berbagai tempat wisata yang siap memanjakan para wisatawan.

Bandung juga banyak menyajikan kawasan wisata alam dengan panorama yang alami dan sangat indah. Wisata yang menonjolkan keindahan alam tentu sangat diburu para pekerja kantoran untuk menghilangkan stres dan penat selama bekerja.

Salah satu tempat wisata alam yang terkenal yaitu Dusun Bambu Lembang. Tempat wisata yang satu ini menyuguhkan pemandangan daerah pegunungan yang sangat asri dan menyejukkan.

Tak hanya keindahan alamnya saja yang bisa dinikmati, namun Dusun Bambu Lembang juga menjadi ekowisata yang memadukan budaya sunda dengan kehidupan modern.

Tak heran jika Dusun Bambu Lembang banyak diminati oleh para wisatawan, baik dari dalam maupun luar Bandung.

Lokasi Dan Rute Menuju Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu Lembang berada di daerah Lembang, Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat, tepatnya di Jalan Kolonel Masturi KM 11. Jika anda belum tahu letak lokasi, anda tidak perlu bingung karena akses ke Dusun Bambu Lembang sangat mudah.

Dusun Bambu bisa ditempuh dengan rute utama dan rute alternatif. Rute alternatif kabarnya lebih cepat dan dapat menghindari macet pada long weekend.

Selain itu, ada beberapa rute pilihan yang bisa ditempuh untuk sampai ke Dusun Bambu Lembang, diantaranya yaitu:

– Rute Utama Dari Arah Bandung

Jika hendak ke Dusun Bambu dari Bandung, anda bisa melakukan perjalanan ke daerah Ledeng, lalu tinggal ikuti saja jalan utama ke Lembang sampai ke pertigaan sebelum kota Lembang. Setelah itu belok kiri ke arah Parongpong dan ikuti saja jalan hingga ke lokasi.

– Rute Alternatif Dari Arah Bandung

Jika tidak ingin terkena macet, rute alternatif ini menjadi pilihan yang paling tepat. Dari arah Bandung, jalur pertama yang bisa dilalui yaitu Jalan Gegerkalong Girang, lalu belok ke Jalan Cihanjuang.

Berikutnya, dari Cihanjuang, ikuti jalan hingga tiba di Parongpong. Terus ikuti jalan utama hingga sampai ke Dusun Bambu. Untuk jalur lainnya, anda juga bisa menuju Jalan Geger Kalong, lalu lanjut ke Ciwaruga. Dari sana, langsung saja ke arah Parongpong dan ikuti jalan sampai tiba di lokasi.

– Rute Alternatif Dari Arah Cimahi

Berikutnya, ada rute alternatif dari arah Cimahi yang bisa anda tempuh jika ingin berwisata ke Dusun Bambu. Namun harus diingat, ini hanya jalur alternatif yang kemungkinan ada beberapa lokasi yang tidak diberi papan petunjuk.

Jika anda yakin ingin mengunjungi Dusun Bambu dari arah Cimahi, ada 2 jalur yang bisa anda pilih. Jalur pertama, dari arah Cimahi langsung menuju Jalan Cihanjuang lalu ikuti jalan hingga sampai ke Parongpong.

Dari Parongpong, seperti jalur utama, tingga ikuti saja jalan utama sampai tiba di lokasi. Untuk jalur kedua, dari arah Cimahi langsung ikuti Jalan Kolonel Masturi samapi akhirnya tiba di Dusun Bambu Lembang.

Harga Tiket dan Jam Operasional Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu Lembang mulai beroperasi dari pukul 08.00 – 21.00 WIB. Walaupun hari minggu dan libur nasional, tempat ini tetap beroperasi seperti, jadi anda bisa datang kapan saja tan perlu khawatir akan tutup.

Untuk tarif tiket masuknya, para pengunjung dikenakan tarif 15 ribu rupiah per orang. Bagi yang membawa anak kecil dibawah 3 tahun, makan tidak dikenakan biaya alias gratis.

Untuk tarif parkir, pengguna kendaraan bermotor dikenakan tarif 10 ribu rupiah, sedangkan mobil dikenakan tarif 15 ribu rupiah. Berbeda jika menggunakan mini bus atau bus, maka tarif yang dikenakan sebesar 25 ribu rupiah.

Daya Tarik Dusun Bambu Lembang

Berkunjung ke tempat wisata alam seperti Dusun Bambu Lembang tak melulu soal berfoto selfie ria. Karena Dusun Bambu Lembang bisa dibilang sebagai one stop travelling yang memungkinkan setiap pengunjung untuk melakukan berbagai aktivitas yang mengasyikan.

Ya, Dusun Bambu Lembang, anda bisa melakukan banyak aktivitas bersama keluarga, terutama yang berkaitan dengan alam. Penasaran apa saja? Silahkan simak uraian selengkapnya.

Camping di Eagle Camping Ground

Hal pertama yang bisa anda lakukan ketika berlibur ke Dusun Bambu Lembang adalah camping. Mungkin akan terasa bosan jika hanya menginap di hotel saat berlibur ke luar kota. Anda perlu sekali-kali merasakan sensasi berkemah di Dusun Bambu Lembang.

Disana, anda bersama keluarga akan merasakan udara sekitar yang bersih dan sejuk. Tak hanya itu, saat berkemah di Eagle Camping Ground, anda akan jauh dari kebisingan kota dan lebih menyatu dengan alam sekitar.

Eagle Camping Ground juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti hotel berbintang, seperti kamar mandi, sleeping bed dan berbagai keperluan menginap lainnya. Penginapan di alam terbuka ini dapat menampung hingga 6 orang.

Bercocok Tanam Padi di Paddy Field

Selain camping, anda juga bisa menanam padi di Paddy Field. Di tempat ini, anda akan diajarkan bagaimana cara bercocok tanam sekaligus mempelajari berbagai hasil pertanian yang ada.

Selain itu, area persawahan yang subur dan menghijau pun sangat memanjakan mata dan membuat perasaan menjadi lebih rileks. Dan yang paling seru, jika bertepatan dengan musim panen, anda pun bisa ikut memanen dengan para petani yang ada disana.

Bersepeda di Alam di Dusun Bambu Lembang

Bersepeda adalah salah satu olahraga ringan yang diminati banyak orang. Jika biasanya anda bersepeda di area perkotaan, tidak ada salahnya untuk mencoba bersepeda di alam, yaitu di Dusun Bambu Lembang.

Tempat wisata yang satu ini memiliki fasilitas persewaan sepeda yang bisa digunakan oleh setiap pengunjung yang datang. Pengunjung dapat bersepeda menyusuri kaki gunung Burangrang dan perkebunan teh yang asri dan sejuk.

Bermain Balad Lodaya

Ada satu wahana permainan yang dibuat khusus untuk anak-anak, yaitu Balad Lodaya. Permainan yang satu ini memiliki konsep tradisional yang bisa menjadi sarana untuk mengasah bakat dan ketangkasan anak.

Dengan bermain Balad Lodaya, anak akan belajar bersosialisasi dengan teman yang baru. Namun, anak harus tetap diawasi selama bermain di Balad Lodaya agar tidak lengah dan terhindar dari hal yang tak diinginkan.

Bermain di Kampung Ulin

Kampung Ulin merupakan salah satu area bermain yang ditujukan sebagai sarana hiburan bagi para pengunjung. Di Kampung Ulin, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas yang cukup memicu adrenalin.

Disana, pengunjung dapat berinteraksi dengan ular piton, bermain busur panah dan aktivitas menantang lainnya. Di Kampung Ulin, pengunjung juga bisa menikmati beberapa permainan menyenangkan dan seru.

Menikmati Taman Bunga Arimbi

Di Dusun Bambu Lembang, anda bisa menikmati keindahan Taman Bunga Arimbi. Taman ini dipenuhi dengan bunga-bunga beraneka warna yang berada tepat di kaki gunung. Udara disekitar Taman Bunga Arimbi juga sangat sejuk dan mampu membuat pikiran menjadi tenang.

Belanja di Pasar Khatulistiwa

Hal lainnya yang bisa anda lakukan di Dusun Bambu Lembang adalah berbelanja di Pasar Khatulistiwa. Di Pasar Khatulistiwa banyak dijajakan berbagai jenis kuliner, salah satunya adalah kuliner khas Bandung. Selain kuliner, pasar ini juga menjual berbagai jenis souvenir yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Menikmati kuliner di Cafe Burangrang

Berwisata ke luar kota rasanya tidak lengkap jika tidak menikmati kuliner setempat. Di Dusun Bambu, terdapat satu kafe yang bisa anda kunjungi, yaitu Cafe Burangrang. Di Cafe ini para pengunjung biasanya bersantai atau menikmati kopi dan suasana alam sekitar.

Cafe Burangrang memang menawarkan pemandangan alam sekitar yang sangat cantik sehingga banyak pengunjung yang betah berlama-lama disana.

Menu pilihan yang menjadi andalan di cafe ini yaitu ayam bakar betutu, bebek bakar betutu, nasi bakar dan cumi ala Dusun Bambu Lembang.

Menikmati Restoran Lutung Kasarung

Selain Cafe Burangrang, di Dusun Bambu Lembang juga terdapat Restoran Lutung Kasarung. Dari namanya pun sudah bisa ditebak bahwa Restoran ini telah menjadi ikon di Dusun Bambu.

Anda bisa menikmati makan malam romantis bersama pasangan di rumah pohon yang cukup tinggi.

Restoran ini dibuat menyerupai sangkar burung yang besar lengkap dengan meja dan kursi di dalamnya. Tak hanya itu, Restoran ini juga menyajikan berbagai masakan khas Sunda yang legendaris.

Lesehan di Bamboo Gazebo Saung Purbasari

Ada satu lagi tempat makan di Dusun Bambu Lembang yang tak kalah mengasyikkan, yaitu Bamboo Gazebo Saung Purbasari. Tempat ini telah menjadi salah satu favorit para pengunjung Dusun Bambu.

Bamboo Gazebo Saung Purbasari memiliki konsep lesehan yang berada di tengah danau sehingga sangat unik dan membuat pengunjung betah. Makanan yang disajikan cukup beragam, mulai dari makanan khas Bandung hingga makanan khas daerah lainnya.

Menginap di Villa Dusun Bambu Kampung Layung

Jika tidak menyukai perkemahan, anda juga bisa menginap di Villa Dusun Bambu Kampung Layung. Villa ini menawarkan 2 tipe pilihan, yaitu villa dengan 1 kamar dan villa dengan 2 kamar.

Villa Dusun Bambu Kampung Layung memiliki desain yang dominan dengan bambu dan kayu sehingga pengunjung dapat menikmati suasana khas pedesaan yang sangat kental. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menginap di Villa ini adalah 1,8 juta rupiah per malam.

Menikmati Shuttle Dusun Bambu Lembang

Berbagai aktivitas menarik yang ada di Dusun Bambu tidak akan bisa dinikmati secara maksimal jika tidak dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung, terutama fasilitas lahan parkir.

Banyak sekali tempat wisata yang lahan parkirnya tidak mampu menampung pengunjung yang membludak. Bahkan untuk tiba ke area utama saja pengunjung harus berjalan sangat jauh.

Tentu saja hal tersebut tidak akan terjadi di Dusun Bambu, karena memiliki inovasi yang sangat menarik. Jarak dari lahan parkir ke area utama memang cukup jauh, namun disana terdapat fasilitas shuttle.

Dengan adanya fasilitas Shuttle ini, pengunjung akan diantar ke area utama dengan menyusuri persawahan dan taman. Shuttle biasanya akan berangkat tiap 5 menit sekali sehingga pengunjung tidak perlu menunggu terlalu lama untuk sampai ke area utama.

Tak hanya itu, Shuttle yang disediakan juga didesain semenarik mungkin dengan bunga-bunga penuh warna. Dan asyiknya lagi, fasilitas Shuttle ini gratis alias tidak dipungut biaya sepeser pun.

Dusun Bambu Lembang memang sangat cocok untuk dijadikan tujuan wisata sekaligus refreshing untuk menghilangkan stres dan penat. Berkunjung kesana akan membuat liburan anda sangat menyenangkan dan berkesan. Selamat Berlibur!

Komentar disini