Beranda Kesehatan Gejala dan Pengobatan Diabetes Insipidus Nefrogenik

Gejala dan Pengobatan Diabetes Insipidus Nefrogenik

diabetes insipidus
diabetes insipidus

Kalimat.ID –¬†Diabetes Insipidus Nefrogenik, Penyakit dari diabetes insipidus merupakan suatu kondisi yang menjadi sebabnya anda sering membuang air kecil dan rasa haus yang memang berlebihan. Diabetes insipidus ini bisa menyebabkan anda saat tidur malam terganggu dan bisa menjadikan anda ngompol.

Penyakit diabetes insipidus ini mirip gejala dengan penyakit diabetes melitus tapi hanya berbeda dari penyebabnya. Jika diabetes melitus ini disebabkan oleh masalah kadar gula darah yang tinggi dan insulin sedangkan pada diabetes insipidus dapat mempengaruhi fungsi kerja ginjal terhadap urin.

Apakah Diabetes Insipidus Penyakit Umum?

diabetes

Pada penyakit diabetes insipidus merupakan suatu kondisi yang jarang terjadi. Diabetes insipidus biasanya sering terjadi kepada laki=laki dibandingkan kepada perempuan serta bisa menyerang pada semua usia, tak terkeceulai pada anak-anak. Dari sekarang anda bisa mengurangi dalam terkena penyakit tersebut dengan faktor resiko yang dicegah. Selain itu, anda juga harus selalu mengkonsultasikan penyakit tersebut dengan dokter anda sebagai informasi yang berlanjut.

Gejala dan Tanda-Tanda Diabetese Insipidus

kencing
image by hellosehat.com

Penyakit diabetes insipidus mempunyai gejala yang cukup umum terjadi, beberapa diantaranya yakni anda sering merasakan haus dan buang air kecil yang terlalu berlebihan. Tapi, gejala pada penyakit ini bisa terjadi dengan keadaan lain seperti tanda-tanda berikut ini!

  • Seringnya anda mengompol
  • Pada urin anda nampak pudar dan encer
  • Pada malam hari anda sering kencing

Adapun berbagai tanda dan gejala yang bisa anda lihat pada anak dan bayi yakni sebagai berikut ini!

  • Pada popok tampak basah yang tidak biasa
  • Adanya tanda diare, demam, dan muntah
  • Terlambatnya pertumbuhan pada bayi dan anak
  • Turunnya berat badan
  • Pada tubuh merasa dingin dan kulit tampak kering
  • Terus menangis dan rewel yang tidak beralasan apabila terjadi pada anak-anak

Apabila anda mempunyai gejala-gelaja dan tanda-tanda diatas yang telah kami sajikan. Sebaiknya anda konsultasikan pada dokter yang bersangkutan apabila terjadi kekhawatiran dengan sebuah gejala yang akan terjadi sesuatu.

Penyebab dari Diabetes Insipidus

kehausan
image by hellosehat.com

Penyait diabetes insipidus merupakan suatu konidis yang bisa disebabkan pada masalah kelenjar hipofisis atau pada ginjal.

Pada ginjal anda akan mengeluarkan lebih banyak sebuah cairan dengan bentuk urin, yang menyimpan sementara pada kandung kemih. Biasanya, pada tubuh anda bisa mengelola air yang anda minum dengan cairan yang dikeluar sesuai dengan masukan cairan tersebut.

Ketika anda ada pada kondisi dehidrasi, pada kelenjar hipofisis akan mengeluarkan suatu hormon anti diuretik atau disingkat (ADH) pada ginjal dalam menahan cairan serta mengurangi produksi pada urin. Vasopresin atau ADH ini yang terbuat dari hipotalamus dengan menyimpannya pada bagian kelenjar hipofisis.

Macam Macam Penyakit Diabetes Insipidus

  • Diabetes Insipidus Nefrogenik
  • Diabetes Insipidus Sentral
  • Diabetes Insipidus Primer
  • Diabetes Insipidus Gestasional

Diabetes Insipidus Netrogenik

kencing
image by kompas.com

Pada kesempatan ini dengan uraian di atas tentang diabetes insipidus, kami akan memperjelas lebih detail tentang tipe dari diabetes insipidus ini. Maka di artikel kali ini kami akan membahas tentang diabetes insipidus netrogenik.

Pengertian dari Diabetes Insipidus Nefrogenik

Pengertian diabetes insipidus nefrogenik merupakan sesuatu keadaan dimana seseorang mempunyai kelainan pada ginjalnya yang memproduksi sejumlah air kemih yang encer dengan jumlah volume besar yang disebabkan ginjal gagal memberikan suatu respon terhadap hormon antidiuretik serta tidak ada kemampuan untuk memekatkan kondisi air kemih.

Penyebab dari Diabetes Insipidus Nefrogenik

Pada suatu keadaan yang normal, ginjal bisa mengatur sutau konsentrasi pada air kemih dengan kebutuhan tubuh yang sesuai. Kejadian ini adalah respon pada kadar hormon antidiuretik pada dalam darah. Hormon antidiuretik yang dihasilkan oleh kelenjar hipofisa memberikan suatu sinyal pada ginjal untuk menahan air serta memberikan warna pekat pada air kemih.

Pada orang yang menderita penyakit diabetes insipidus nefrogenik, ginjal mereka tidak bisa memberikan suatu respon pada hormon antidiuretik yang menyebabkan ginjal akan mengeluarkan terus menerus jumlah air kemih encer dengan volume yang besar. Namun, apabila pada penyakit diabetes insipidus lainnya pada kelenjar hipofisa gagal memproduksi hormon antidiuretik.

Perlu and tahu, bahwa pada penyakit ini bisa terjadi karena faktor keturunan. Penyakit ini bersifat resesif yang disebabkan oleh gen dan dibawa kromosom X. Oleh sebab itu kebanyakan pria yang diserang penyakit tersebut. Seseorang wanita yang mempunyai gen ini bisa memberikan penyakit tersebut pada laki-laki keturunannya.

Selain itu, penyebab dari penyakit ini juga bisa disebabkan oleh obat-obatan tertentu yang bisa merusak pada ginjal anda.

1. Obat lithium yang mengobati penyakit main depresif

2. Obat antibiotik dan demeklosiklin

3. Obat antibiotik aminoglikosid

Gejala pada Diabetes Insipidus Nefrogenik

sakit tenggorakan
image by mediskus.com

Apabila penyakit diabetes ini adalah penyakit keturunan, maka gejala ini akan cepat timbul sesudah keturunan itu lahir. Tanda-tanda timbul dari gelaja ini adalah ada rasa haus yang berlebihan atau polidipsi serta air kemih yang dikeluar keadaannya encer dengan jumlah yang besar.

Pada bayi memang tidak bisa memberi tahu rasa haus, jadi pada bayi tersebut bisa mengalami suatu keadaan dehidrasi. Bayi ini bisa mengalami suatu keadaan demam yang tinggi dibarengi dengan kejang-kejang dan muntah.

Apabila penyaki ini tidak terdiagnosis serta diobati, maka pada bayi bisa terjadi kerusakan dengan otaknya yang menyebabkan bayi tersebut mengalami suatu keadaan keterbelangkangan pada mentalnya. Perlu anda tahu juga, bahwa dehidrasi yang sering diulang akan menghambat pada perkembangan fisiknya.

Diagnosis pada penyakit ini disebutkan dengan berdasarkan gejala gejala, memeriksa lewat laboratorium yang menunjukkan kadar natrium tinggi pada darah serta air kemih yang sangat encer juga. Pada ginjal mempunyai fungsi yang normal.

Pengobatan pada Penyakit Diabetes Insipidus Nefrogenik

orang minum
image by kompas.com

Dalam mencegah suatu dehidrasi, seseorang yang menderita perlu selalu meminum cairan dengan jumlah yang memang cukup saat para penderita itu haus. Bayi dan anak-anak yang menderita penyakit ini perlu anda perhatikan dengan memberinya minum. Apabila mengonsumsi cairan sudah mencukupi dan jarang terkena dehidarasi, maka obat-obatan yang khusus bisa membantu seperti diuretik tiazid contohnya hidrochlorothiazid atau HCT serta obat-obat anti peradangan non steroid contohnya tolmetin atau indometacin.

Itulah tentang penyakit diabetes insipidus nefrogenik yang bisa anda pelajari dan kami sajikan pembahasannya melalui pengertian, penyebab, gelaja, dan pengobatan yang bisa anda lakukan di rumah apabila anda penderita atau keluarga yang mengalami penyakit tesebut.

Adapun faktor faktor risiko secara umum tentang penyakit diabetese insipidus antara lain pada penyakit diabetes insipidus merupakan suatu kondisi yang mempunyai banyak faktor risiko yakni sebagai berikut ini!

Genetik, apabila orangtua anda menderita penyakit diabetes insipidus, maka anda adalah orang yang berisiko mengalam hal yang sama.

Jenis Kelamin, dibandingkan dengan perempuan, laki-laki lebih rentan terserang penyakit diabetes insipidus ini.

Pengobatan untuk Diabetes Insipidus

Terapi diabetes insipidus pada umumnya tergantung dengan kondisi penderita beserta penyebabnya. Adapun pilihan terapi yang bisa diberikan antara lain sebagai berikut ini!

Terapi Diuretik 

Terapi diuretik biasanya dipakai untuk diabetes insipidus nefrogenik dengan nama obat hidroklorotiazid yang bisa anda konsumsi secara tunggal atau mix dengan obat yang lain.

Terapi Desmopresin

Terapi ini akan diberikan pada orang yang biasanya menderita yang disebabkan oleh kurangnya ADH. Pada umumnya, dokter akan memberikan resep hormon sintetik yang biasanya disebut dengan nama desmopresin.

Pengobatan dari Penyebab

Apabila gejala yang anda alami adalah karena obat. Maka biasanya dokter akan mengubah obat-obatan tersebut dengan obat lain sebagai alternatifnya. Apabila kondisi anda disebabkan oleh gangguan pada mental, biasanya dokter akan mengobati anda terlebih dahulu. Para dokter biasanya akan mempertimbangkan suatu penyakit ini yang disebabkan oleh tumor, apakah diangkat terlebih dahulu atau tidak.

Kegiatan untuk Pengobatan anda di Rumah

Adapun suatu kegiatan yang bisa mengobati penyakit diabetes insipidus di rumah sebagai berikut ini!

– Selalu mengonsumsi obat-obatan yang diberikan oleh dokter

– Mengonsumsi air yang cukup dan hindari keadaan dehidrasi

– Datang pada pelayanan kesehatan atau rumah sakit yang dekat dengan rumah anda jika anda mengalami demam yang tinggi, keringat berlebihan, diare, atau seringnya buang air kecil pada saat terapi

– Apabila terjadi perubahan pada diri anda, segera untuk memberitahu dokter

Jangan lupa untuk tetap berkonsultasi pada dokter demi terciptanya suatu solusi untuk mengobati penyakit yang menjadi masalah anda. Semoga anda lekas sembuh dan pembahasan kali ini bisa memberikan wawasan dan ilmu yang bermanfaat.