7 Desain Rumah Sederhana Cantik dan Menarik

Desain Rumah Sederhana
Desain Rumah Sederhana

Kalimat.ID – Desain Rumah Sederhana – Mungkin banyak di antara anda yang berencana untuk membangun rumah yang indah. Kini menghadirkan hunian yang cantik bukan lagi hal sulit untuk di lakukan.

Tahap perencanaan kini menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan saat anda berkeinginan membangun rumah. Terutama bagi anda yang menginginkan desain rumah sederhana. Percayakan semuanya pada seorang arsitek apabila anda belum mempunyai gambaran akan desainnya.

Bisa dikatakan desain rumah sederhana ini paling mudah sekali kita temui. Hampir dari semua rumah yang baru di bangun mereka menggunakan gaya yang sederhana saja. Kebanyakan orang memang memilih memanfaatkan lahan yang telah tersedia. Dimana penataan ruangan pun sangat di perhatikan dengan tujuan agar rumahnya terkesan lebih menariknya.

Rekomendasi Rumah Sederhana Namun Tetap Cantik

Gaya rumah sederhana ini memang lebih menghemat tempat yang sudah tersedia. Apalagi untuk biaya perawatannya juga lebih murah apabila kita bandingkan dengan rumah yang mewah. Desain rumah sederhana ini sebetulnya banyak sekali pilihannya. Semuanya tergantung dengan selera anda tersendiri. Mungkin beberapa rekomendasi desain rumah sederhana di bawah ini bisa memberikan inspirasi untuk anda.

Banyaknya model desain rumah masa kini ternyata mampu membuat banyak orang kebingungan menentukan pilihan. Supaya anda tidak merasa bingung atau bahkan penasaran dengan desainnya, inilah beberapa pilihan yang telah tersedia. Yakni:

Rumah Kecil Dengan Gaya Retro Minimalis

desain rumah sederhana gaya retro
image by: freshome.com

Desain dari rumah sederhana ini bentuknya kota dengan adanya kaca jendela yang berukuran besar. Apalagi dari dalam rumahnya semuanya serba putih. Adanya kaca jendela yang memiliki ukuran besar ini memberikan kesan retro. Apalagi ada tambahan pernak-pernik yang mampu membuat tampilannya semakin indah.

Rumah Sederhana Dengan Aksen Kayu

desain rumah sederhana dengan model kayu
image by: pinimg.com

Siapa sangka ternyata model rumah sederhana yang menggunakan aksen kayu ini juga diminati banyak orang. Hadirnya elemen kayu ini ternyata dijadikan sebagai pengganti jendela. Jika anda menginginkan desain rumah sederhana, tentunya model rumah ini cocok untuk anda terapkan. Mungkin di antara anda yang masih suka menggunakan kayu akan menerapkan model rumah sederhana yang satu ini.

Rumah Eropa Gaya Minimalis

desain rumah sederhana gaya eropa
image by: freshome.com

Gaya rumah sederhana yang satu ini memang mengingatkan kita akan rumah yang berada di bagian Eropa Utara. Menariknya gaya rumah ini mengusung sentuhan jendela sekaligus cerobong yang berada pada bagian atapnya. Dengan cat yang tergolong bersih maka kesederhanaan rumah ini pun bisa terlihat.

Rumah Sederhana Nan Dekoratif

rumah sederhana dekoratif
image by: realsimple.com

Rumah sederhana yang satu ini dari segi bentuk terbilang unik sekali. Dimana kesederhanaannya selalu terjaga. Luas dari rumah konsep sederhana ini sangatlah terbatas. Meskipun begitu, rumah tersebut masih kelihatan unik dengan beberapa pilihan pagar yang menarik. Di sini kreatifitas anda dalam mendesain rumah bisa terlihat. Berikan sentuhan yang menarik dan unik pada hunian yang akan anda bangun nanti.

Rumah Cluster

rumah cluster sederhana
image by: kintaproperties.com

Desain rumah sederhana yang satu ini kebanyakan bisa kita temukan di daerah kompleks perumahan. Dari segi harganya, rumah dengan gaya yang satu ini terjangkau sekali di pasaran. Dari segi ukurannya saja juga terlihat sederhana sekali. Meskipun begitu desainnya juga perlu di buat semenarik mungkin. Mungkin anda yang tinggalnya di daerah kompleks sudah menemui model rumah seperti ini. Kelihatannya memang unik sekali konsepnya bahkan juga menarik untuk dijadikan pilihan.

Rumah Sederhana Type 36

Rumah Sederhana Type 36

Biasanya untuk desain rumah konsep sederhana yang satu ini sangat memanfaatkan lahan yang sudah tersedia. Pada lahan yang terbilang kecil ini sudah dilengkapi dengan adanya taman kecil nan indah maupun garasi di bagian sampingnya. Menarik sekali jika kita bayangkan tampilan model rumah sederhana yang satu ini. Hadirnya taman yang berada di samping rumah menambah keindahan dan keasrian kondisi rumah.

Rumah Dengan Ukuran 6×9

Rumah Sederhana Dengan Ukuran 6x9
image by: shopify.com

Berkat hasil perpaduan antara warna orange salmon yang terang dengan tradisional cream ini mampu menambah keindahan pada desain rumah sederhana ini. Walaupun dari segi desainnya mempunyai kesan yang sederhana, warna yang serasi mampu memberikan keindahan pada ruma itu sendiri. Beranilah untuk memadupadankan warna asalkan perpaduannya ini terbilang wajar sehingga mampu memberikan tampilan yang lebih menarik.

Itulah tadi beberapa pilihan desain rumah sederhana yang bisa di jadikan sebagai pilihan. Sebetulnya masih banyak sekali desain menarik yang lainnya. Semoga saja bisa dijadikan pertimbangan bagi anda yang akan membangun rumah dengan konsep sederhana.

Rumah kecil dengan desain yang sederhana memang paling cocok untuk anda pengantin baru. Meskipun dari segi ukurannya tidak begitu besar, tak menutup kemungkinan rumah tersebut di desain semenarik mungkin. Dengan pemilihan desain yang tepat, maka hunian anda pun akan terasa lebih nyaman bahkan juga menarik untuk di pandang.

Tips Penting Mewujudkan Hunian Sederhana Nan Unik

Setelah kita mengenali beberapa contoh desain rumah yang tergolong sederhana, kali ini anda perlu memperhatikan berbagai macam tips jika menginginkan konsepnya. Dimanapun tempatnya, sederhana itu memang terbatas akan lahannya. Dari sini model rumah yang di usung harus mampu menyesuaikan berapa luas rumah nantinya.

Rumah menjadi tempat dimana kita bisa menetap dan tinggal bahkan juga berlindung dari beragam pengaruh alam yang mungkin bisa terjadi di sekitar kita. Di sini segala lelah karena melakukan beragam aktivitas bisa hilang. Meskipun telah banyak desain rumah yang bisa dijadikan pilihan, kali ini desain rumah sederhana menjadi pilihan.

Sebelum akhirnya anda membangun rumah yang menjadi keinginan, memang ada beberapa tips penting yang harus anda perhatikan. Menghadirkan rumah sederhana tentunya tak semudah yang kita bayangkan. Supaya lebih jelasnya, perhatikan beragam tips berikut ini:

– Tentukan dimana tanah sekaligus bangunannya

Saat anda berkeinginan membuat rumah dengan konsep sederhana maka langkah pertamanya tentu saja perlu menentukan dimana lokasi tanah sekaligus bangunannya. Hal ini penting untuk diperhatikan agar anda bisa memperkirakan bagaimana model rumah yang pantas di terapkan.

– Tentukan pilihan desain

Ketika anda ingin membangun rumah yang sederhana saja, jangan lupa menentukan model desain rumah sederhana seperti apa yang menjadi keinginan. Meskipun konsepnya sederhana ternyata masih banyak pilihan model rumah sederhana untuk di terapkan. Namanya saja sederhana maka luas rumah pun harus bisa di maksimalkan dengan baik. Yang terpenting dari rumah meskipun sederhana asalkan nyaman untuk di huni.

– Tentukan jenis pintu rumah

Bagi anda yang berkeinginan membangun rumah dengan konsep sederhana maka anda perlu menentukan jenis pintu rumah yang paling cocok. Pastikan jenis pintunya menarik untuk ditempatkan pada hunian anda. Ada beberapa jenis pintu yang bisa menjadi pilihan. Mulai dari pintu geser dari aluminium kaca, desain pintu geser dari triplek, jenis pintu geser dari kayu dan masih banyak lagi yang lainnya. Di sini penentuan pintu rumah mempunyai peranan penting ketika membuat rumah. Apalagi untuk penentuan jenis grill rumahnya.

– Penentuan bagian jendela

Tentunya penentuan jendelanya ini sama halnya dengan penentuan pintu rumah. Dimana jendela juga menjadi bagian penting yang nantinya di pasang pada rumah. Saat ini sudah banyak sekali pilihan jenis jendela yang ada di pasaran. Anda pun bisa memilih model jendela yang sesuai dengan keinginan. Ada beberapa pilihan model jendela yang bisa anda pergunakan. Mulai dari jendela dengan ada sekatnya maupun jendela dengan bahan aluminium yang modern dan juga praktis. Pastinya masih banyak sekali pilihan jenis jendela yang lainnya.

– Penentuan kusennya

Apabila anda berkeinginan membangun rumah sederhana maka anda juga perlu menentukan kusennya. Penentuan kusen penting sekali dalam pembuatan rumah. Hal ini dikarenakan kusen nantinya perlu dipasang sebelum akhirnya memasang bagian pintu maupun jendela rumah. Kini penentuan kusen pun bisa menjatuhkan pilihan pada jenis kusen yang sekarang ini telah tersedia.

Kini penggunaan kusen pun bisa juga dilakukan dengan cara membuat kusen dengan bahan aluminium atau bahkan kayu sekalipun. Ketika pembuatannya sudah selesai maka pemasangan kusen pun bisa di lakukan.

– Perhatikan lingkungan sekitar

Apabila kita membahas tentang rumah sederhana, yang terlintas dalam benak kita terbayang rumah minimalis. Meskipun dari segi luasnya tergolong sempit, pembuatannya pun berasal dari material dengan harga murah. Sebetulnya rumah yang sederhana ini tidak bergantung pada ukurannya saja melainkan konsep yang di usungnya begitu praktis namun tetap bermanfaat.

Sekarang ini banyak sekali contoh dari desain rumah sederhana yang bisa dijadikan pilihan. Anda pun bisa menjatuhkan pilihan pada desain rumah yang sesuai dengan selera. Kebanyakan orang lebih suka mengusung desain rumah sederhana yang telah bercampur dengan gaya tradisionalnya.

Pada umumnya untuk desain rumah sederhana ini mempunyai ciri yang begitu khas yakni ruangan yang semakin di perlebar. Pelebaran ruangan bisa dilakukan dengan cara menambah manfaat dari setiap mebel yang sudah tersedia. Selain itu pengurangan sekat pun juga perlu dilakukan supaya kesan sederhana masih bisa di dapatkan.

Cara Memaksimalkan Rumah Dengan Konsep Sederhana

Desain rumah sederhana sekarang ini memang menjadi incaran bagi mereka yang ingin membangun rumah. Terlebih untuk mereka yang hanya mempunyai lahan terbatas. Memaksimalkan lahan yang sudah tersedia adakalanya menjadi hal yang terbilang agak sulit.

Sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan pada salah satu contoh desain dari rumah sederhana, alangkah baiknya perhatikan pertimbangan ini.

Berbagai macam pertimbangan ini dilakukan dengan tujuan memaksimalkan rumah yang sederhana ini agar sesuai dengan kebutuhan. Adapun untuk cara memaksimalkan rumah dengan konsep sederhana ini yakni sebagai berikut:

1. Gaya rumah yang di inginkan

Ketika anda berkeinginan membangun sebuah rumah, sudah seharusnya anda menentukan bagaimana tampilan rumah anda nantinya. Jika memang berkeinginan menerapkan konsep sederhana sebaiknya maksimalkan dengan benar lahan yang sudah tersedia. Berikan sentuhan gaya tradisional supaya terlihat semakin menarik. Sesuaikan saja bagian eksteriornya dengan interiornya supaya bisa selaras.

2. Penentuan jumlah kamar

Ketika anda membuat desain rumah sederhana, maka jumlah kamar pun perlu anda perhatikan. Jangan sampai terlalu banyak kamar yang di buat namun tidak mempunyai fungsi tertentu. Alangka baiknya memang anda menyesuaikan dengan jumlah anggota keluarga anda. Apabila keluarga anda banyak kerabat , dua kamar itu tidaklah cukup untuk digunakan.

Hanya saja luas area rumah terkadang tidak cukup dengan jumlah kamar yang kita inginkan. Inilah mengapa anda masih memerlukan kamar tambahan dengan menambahkannya pada lantai yang atas. Yang terpenting untuk konsep rumah sederhana ini harus pandai menata ruangan agar terkesan tetap menarik bahkan juga nyaman untuk di huni.

3. Memilih satu ataukah dua lantai

Ketika seorang arsitektur mendesain rumah anda, tentunya beliau akan bertanya ingin rumah dengan berapa lantai? Hunian yang hadir dengan satu lantai ataukah dua lantai. Semuanya ini memang tergantung pada keinginan anda. Selain itu penentuan jumlah lantai juga berdasarkan pada luas lahannya. Inilah mengapa anda perlu melakukan konsultasi kepada mereka yang sudah ahlinya.

Dengan mempercayakan desain rumah anda pada arsitektur ahlinya pastinya hasil yang didapatkan juga lebih maksimal. Jika anda menginginkan satu lantai maka penggunaan ruangan pun di perhatikan betul. Sedangkan bila anda memilih rumah yang bertingkat maka ruangan pun bisa dipergunakan untuk kamar tidur atau bahkan ruangan yang lainnya.

4. Penataan taman yang sederhana

Penampilan dari rumah sederhana sebetulnya bisa kelihatan lebih mewah apabila anda menata taman yang berada di samping rumah dengan bagus. Jika tempat tinggal berada di daerah perkotaan, taman yang berada di rumah ini menjadi salah satu fasilitas yang terbilang mewah. Hal ini dikarenakan anda nantinya bisa menghirup udara yang segar saat berada di teras rumah. Selain itu dengan hadirnya taman juga bisa membuat tampilan rumah semakin indah.

Tampilan dari taman tentunya bisa di sesuaikan dengan gaya rumah yang sedang anda usung. Apabila area rumah anda luas maka rerumputan pun bisa di tempatkan pada sebagian besar taman yang telah tersedia. Tetapi jika anda masih kekurangan lahannya tentu saja bisa menempatkan tanamannya pada teras rumah.

5. Mempertimbangkan ruang tambahan

Adakalanya dalam desain rumah sederhana ini, anda masih membutuhkan ruang tambahan. Ruangan tersebut bisa dipergunakan untuk menyimpan barang, mencuci atau sebatas mencari hiburan. Tetapi menyediakan ruang tambahan ini harus dipertimbangkan jangan sampai rumah terkesan lebih sempit. Jika kelihatannya masih lumayan luasnya mungkin bisa anda menambahkan ruangan khusus yang nantinya bisa untuk bermain game. Jika memang sudah tidak ada lahan untuk ruangan tambahan tentunya tidak perlu menghadirkannya.

6. Kamar mandi

Ketika mendesain rumah sederhana maka kamar mandi pun menjadi salah satu hal penting yang perlu di perhatikan. Pastinya membosankan sekali jika anda harus mengantri dengan lainnya hanya untuk ke toilet atau bahkan mandi. Inilah mengapa di rumah anda membutuhkan lebih dari satu kamar mandi jika tempatnya masih tersedia.

Itulah tadi berbagai macam pertimbangan yang perlu anda perhatikan ketika ingin mendesain rumah dengan konsep sederhana. Namanya saja rumah sederhana dimana semuanya memang serba terbatas. Mulai dari lahan yang terbatas sehingga anda harus mampu memaksimalkan sebaik mungkin setiap ruangannya. Meskipun terbatas jika penataannya tepat tentunya akan membuat siapapun merasa nyaman di dalamnya.

Inspirasi desain rumah sederhana saat ini memang sudah hadir dalam berbagai macam modelnya. Dimana anda bisa menentukan pilihan pada salah satu desain yang cocok sesuai dengan selera. Berikan keindahan pada rumah anda meskipun rumah anda kesannya sempit dan terbatas.

Semuanya sebetulnya tergantung pada bagaimana anda menata semuanya. Sekarang ini banyak sekali pilihan model desain rumah yang menarik dan unik. Tetapi kebanyakan orang masih melirik desain rumah yang sederhana ini. Apalagi bagi mereka yang lahannya tergolong sempit, pastinya berusaha menghadirkan hunian yang sesuai dengan tempatnya.