Desain Rumah Minimalis: Pengertian dan Konsep Pembuatannya

Kalimat.ID – Desain rumah minimalis merupakan sebuah solusi bagi para keluarga yang tinggal di kawasan perkotaan. Mengingat wilayah kota biasanya menyediakan lahan yang sempit dan kebanyakan bekerja di perkantoran.

Sehingga waktu untuk merawat rumah terkesan sangatlah sedikit. Dengan adanya rumah minimalis tentu saja perawatan rumah memang tergolong sangat mudah. Selain itu soal penataan ruang juga sangatlah terjangkau dari segi modal dan juga desainnya.

Sehingga sampai saat ini banyak sekali para pengembang perumahan memberikan banyak penawaran tentang konsep rumah sederhana dan minimalis kepada masyarakat yang membutuhkan. Pemilik modal yang ingin memiliki hunian yang terkesan mewah, biasanya memilih rumah minimalis sebagai salah satu aset dan juga tempat singgah yang paling nyaman.

Membahas mengenai rumah minimalis semua hal tersebut memang sangat layak untuk dipelajari dari segi pengertian, ciri dan juga contohnya. Marilah kita membahas semuanya mengenai keseluruhan dan seluk beluk desain rumah minimalis yang termasuk kategori sederhana dalam ulasan berikut ini.

Pengertian dan Filosofi Desain Rumah Minimalis

desain rumah minimalis gaya eropa
image by: beyondthepitch.net

Menurut istilah, minimalis memang telah menjadi sebuah trend dan juga banyak menjadi bahan obrolan masyarakat pada umumnya. Tetapi masih banyak sekali orang yang memiliki pendapat berbeda tentang rumah minimalis yang cenderung dimiliki oleh orang kaya tersebut. Apakah pengertian dari desain rumah minimalis, inilah ulasannya.

Pengertian

Pengertian dari desain rumah minimalis merupakan sebuah konsep bangunan yang memberikan tekanan pada segi kesederhanaan soal tata bangunan. Karena hal tersebut merupakan bentuk untuk memaksimalkan lahan yang tidak terlalu luas. Sehingga bangunan yang dibuat menjadi lebih memiliki nilai efisiensi sesuai dengan harga yang diinginkan.

Semua konsep yang terdapat pada rumah minimalis memang sangatlah sederhana. Dari sebuah bentuk rumah yang kecil tetapi memiliki nilai pandangan yang nampak terkesan mewah.

Hal tersebut dapat dilihat dari bagian Sisi luar depan dan penataan halaman di sekitar rumah. Meskipun terkesan kecil tetapi bangunan yang berupa rumah memang terkesan sangat rapi dan begitu indah. Sederhana tetapi terkesan sangat mewah jika dilihat secara dekat.

Pada konsep umumnya rumah minimalis memang dibangun pada lahan yang luasnya tidak terlalu besar. Sama sekali tidak ada ruang terbuka pada bagian sisi dalam rumah. Mengingat desainnya memang ingin memaksimalkan lahan yang begitu terbatas tersebut untuk dijadikan sebuah Hunian yang begitu layak untuk di ditempati.

Pada bagian langit-langit rumah dengan pola yang tidak memiliki lekuk rumit. Biasanya para pendesain rumah sering membuat langit-langit terkesan polos saja. Meskipun bentuknya hanya terlihat mendatar dan persegi, dengan adanya pilihan warna yang harmonis tentunya dapat membuat daya tarik tersendiri bagi para pecinta rumah minimalis.

Pada sisi depan rumah atau teras biasanya rumah minimalis dirancang dengan bentuk dinding lurus serta memakai tiang berbentuk kotak. Dari desain tersebut sudah bisa dilihat jika bagian sisi depan memang diberikan kesan artistik dan begitu manis. Bahkan saat ini banyak sekali desain rumah yang bisa dipesan sesuai keinginan para pembeli dengan menghubungi beberapa ahli perumahan.

Filosofi

Selain itu desain rumah minimalis juga merupakan salah satu gaya sederhana yang memberikan sebuah kesan filosofis jika para penghuni rumah tersebut merupakan orang-orang yang secara praktis dan sederhana.

Bukan hanya itu saja, pemilik rumah minimalis biasanya digolongkan sebagai salah satu penghuni yang begitu ramah serta terbuka bagi lingkungan sekitar. Hal ini dapat diketahui dari pilihan beberapa gaya desain rumah yang memang tidak nampak terkesan rumit.

Dari beberapa penjelasan di atas, tujuan dari dibangunnya rumah minimalis adalah keinginan perancang bangunan untuk memaksimalkan lahan yang begitu sempit serta menekan biaya dari pembangunannya.

Sehingga pada kesan perawatan rumah, memang tidak terlalu rumit dan begitu sederhana untuk dihuni. Konsep tersebut banyak dinilai sebagai salah satu upaya untuk menciptakan sebuah lingkungan rumah sehat serta bersih untuk keluarga.

Ciri Ciri Desain Rumah Minimalis

Desain rumah minimalis memiliki beberapa ciri yang membedakannya dengan desain rumah pada umumnya. Hal tersebut bisa dilihat dari sisi eksterior dan juga pada sisi interiornya. Untuk memberikan pengertian secara luas, berikut ini adalah ciri-ciri yang bisa Anda ketahui.

Pada Bagian Eksterior

rumah minimalis bagian eksterior
image by: contemporist.com

1. Desain rumah minimalis memiliki sebuah ciri khas yang terdapat pada sisi luar dengan bentuk tegas dan memiliki gambaran menyerupai persegi. Untuk hiasan pada bagian sisi depan memiliki ciri berbentuk garis datar dan ke atas.

Bahkan beberapa hal tersebut memang begitu mendominasi dan tampak diulang sebagai salah satu hiasan rumah. Jadi pada saat melihat pada sisi depan, ornamen pada teras biasanya dibuat berbentuk persegi.

2. Rumah minimalis juga memiliki sisi eksterior pintu yang sama sekali tidak terkesan besar. Tetapi pada sisi jendela biasanya dibuat agak lebar. Kesan yang dibuat memang ingin memberikan akses pandangan ke arah luar bisa terkesan lebih luas dan lega. Ornamen pada jendela biasanya memiliki sekat enam minimalis dan membuat rumah menjadi nampak mungil.

3. Pada sisi penataan halaman, biasanya terdapat sebuah taman kecil yang sederhana terletak pada halaman depan. Selalu itu biasanya juga terdapat tanaman besar seperti palem sebagai salah satu hiasan alami pada halaman depan. Terdapat juga rumput yang memberikan kesan hijau pada lantai teras. Dan untuk menambah mewah terdapat penataan batu kecil pada halaman.

4. Dan yang membuat terkesan khas berikutnya yaitu eksterior rumah minimalis biasanya memiliki atap yang bentuknya datar serta tidak banyak hiasan. Sifat datar pada atap rumah akan membuat nilai kesederhanaan rumah semakin terpancar.

Pada Bagian Interior

rumah minimalis bagian interior
image by: mydomaine.com

1. Sisi bagian dalam rumah minimalis memang terkesan lebih terbuka dibandingkan dengan rumah pribadi pada umumnya. Karena terdapat beberapa ruangan yang telah di desain serta dibuat menyatu. Dengan begitu semua anggota keluarga sama sekali tidak dibatasi oleh dinding penyekat. Beberapa ruangan juga dapat dimasuki memakai satu pintu saja.

2. Didalam rumah biasanya terdapat beberapa hiasan seperti lukisan, patung, lampu pojok dan beberapa hiasan lainnya. Sedangkan pada gorden sangat minimalis dipasang pada sisi jendela rumah. Biasanya memakai gorden dengan tipe kupu-kupu atau pita.

3. Pada sisi perabotan rumah terdapat perpaduan polos, tidak berukir serta sederhana. Penataan perabot biasanya berada pada sisi pojok atau hanya beberapa perabotan saja di sebuah ruangan. Meskipun terkesan banyak perabot yang terdapat di dalam rumah, tetapi tidak menghilangkan kesan ruangan penuh dengan perabotan.

4. Penataan lampu biasanya selalu mengacu dari perpaduan warna dari perabotan rumah yang digunakan. Meskipun perabotan berjumlah sedikit, dari warna lampu tersebut akan terkesan sangat mewah. Lampu yang seringkali digunakan juga bisa difungsikan menyala terang maupun bisa diredupkan sesuai kebutuhan pemilik rumah.

5. Warna rumah biasanya condong pada warna-warna yang memiliki kesan hidup. Akan terdapat beberapa jenis warna pada sisi dalam rumah minimalis. Masalah warna, biasanya terdiri dari 3 sampai 4 jenis warna terang yang selalu memberikan kesan mencolok dan cocok dengan ruangan rumah.

6. Pada ruang tamu biasanya lebih memilih jenis kursi yang sederhana dan tidak memenuhi ruangan. Sehingga tata ruang tersebut membuat bagian ruang tamu terkesan lebih lebar dengan memakai lampu yang sedikit santai.

Konsep Pembuatan Desain Rumah Minimalis Sederhana

Pembuatan desain rumah minimalis biasanya mengacu pada konsep sederhana yang diperuntukkan bagi sebuah keluarga baru dengan anggota keluarga 3-4 orang saja. Bagi Anda yang memiliki rencana membangun hunian rumah minimalis sama sekali tidak sulit untuk membuat perencanaan bangunannya.

Terdapat tiga kriteria yang harus mengacu pada pembangunan rumah sederhana tersebut. Yaitu pada sisi biaya yang rendah, simple desain dan menonjolkan sisi modern. Berikut ini merupakan beberapa pembahasan mengenai konsep pembangunan rumah minimalis.

a. Luas Bangunan dan Lahan

Lahan yang dipilih untuk membangun rumah minimalis sama sekali tidak terlalu luas. Dengan lahan yang memiliki luas 70 m2 sampai 100 m2 udah bisa dimanfaatkan menjadi sebuah hunian yang efisien. Di dalam bangunan seluas tersebut sudah bisa dibangun 2 kamar mandi, dapur dan 2 ruang tidur.

Pada bagian ruang keluarga, ruang makan dan ruang tamu silakan membiarkannya luas tanpa menempatkan sekat dinding. Jika ingin menambahkan sekat pada ruang tamu, bisa memakai sekat berbahan kayu dan mudah sekali dipindahkan. Selain itu sekat tersebut juga bisa difungsikan sebagai ornamen ganda. Biasanya tipe bangunan seperti ini, di daerah perkotaan dikategorikan sebagai tipe bangunan 36 atau tipe 45.

b. Pembagian Ruangan Rumah

Karena memiliki ruangan rumah yang minimalis tentu saja pada setiap susunan ruangan harus di desain secara efektif. Jika memiliki lahan yang luasnya memanjang, bisa melakukan pengaturan letak kamar tidur pada bagian kanan rumah serta menempatkan sekat kamar mandi pada bagian tengahnya.

Penempatan pintu pada kedua kamar bisa menghadap pada ruang keluarga, sedangkan bagian ruangan dapur dan ruang makan, bisa diletakkan pada sebelah ruang keluarga.

Dengan memiliki lahan 100 m2, sudah bisa dibuat rumah minimalis sederhana dengan ukuran 8m x 6m. Jadi pada perencanaan denah rumah bisa dirinci, yaitu: kamar mandi, dapur, ruang keluarga dan ruang tamu.

c. Taman dan Garasi Rumah

Lahan yang terdapat pada sisi depan dan belakang rumah memang begitu kecil jika dibuat sebuah taman. Karena pada umumnya pada lahan belakang rumah digunakan sebagai ruang terbuka sebagai tempat yang berfungsi pengatur sirkulasi udara. Namun lahan kecil tersebut bisa difungsikan sebagai lokasi untuk menempatkan bunga hias dan kebun kecil.

Biasanya pada taman yang berada di belakang rumah, banyak pendesain menempatkan beberapa tempat untuk area bermain. Selain itu bisa digunakan sebagai lokasi menghilangkan penat dan refreshing bersama keluarga.

Pada bagian garasi, lebih cocok diletakkan pada bagian sisi kanan maupun kiri rumah. Sehingga tidak membuat rumah ditutupi mobil dan menghilangkan kesan keasrian rumah. Bagi Anda yang memiliki anggota keluarga kecil bisa memilih jenis mobil yang ukurannya lebih terjangkau dengan luas garasi anda. Dengan begitu maka kesan minimalis masih menjangkau bagian sisi depan rumah anda.

Perawatan Rumah Minimalis

Bagi pemilik rumah minimalis tentu saja bagaimana cara merawatnya memang terkesan sederhana dan tidak begitu merepotkan. Tetapi dengan rutin merawat tentunya rumah hunian mungil dan indah tersebut akan terus nampak istimewa buat keluarga Anda. Berikut ini adalah beberapa cara perawatan rumah minimalis yang bisa anda terapkan.

a. Pengecekan instalasi air

Instalasi air merupakan salah satu bagian yang penting bagi keluarga. Maka dari itu dengan memiliki instalasi air yang lancar dan tidak terganggu tentu saja rumah minimalis semakin nyaman untuk ditempati.

Jika anda memiliki rumah yang sederhana tersebut, bisa memanfaatkan pompa air listrik ataupun saluran air yang menjangkau rumah anda. Dan pastikan jika semua aliran air tidak bermasalah. Jika terdapat kebocoran, tentu saja akan merusak desain rumah yang telah anda rancang tersebut.

b. Pengecatan rutin setiap tahun

Untuk mempertahankan keindahan rumah minimalis, bagi pemilik rumah bisa melakukan pengecatan secara rutin setiap tahun. Meskipun hal tersebut tidak selalu rusak ataupun kusam, dari pengecatan rutin tentunya akan selalu menjaga keasrian rumah.

Tujuan lain pengecatan yaitu menghilangkan beberapa coretan yang seringkali dibuat oleh anak-anak kecil tinggal di dalamnya. Tetapi pada saat memilih warna, sebaiknya pemilik rumah tetap mengacu pada warna yang memiliki kesan minimalis tetapi elegan.

Untuk pilihan warna tetap gunakan warna yang sesuai dengan perabot rumah tangga maupun pencahayaan ruangan. Semakin cepatnya warna yang digunakan, tentu saja rumah kecil tersebut akan selalu memberikan kesan kebahagiaan pada keluarga yang menempati.

c. Memperbaiki atap

Berikutnya tentang bagaimana cara merawat atap rumah minimalis. Pemilik rumah harus selalu mengecek kondisi atap. Apalagi jika masuk pada musim penghujan yang seringkali air menetes masuk ke dalam rumah. Jika dibiarkan terlalu lama, tentu saja tetesan air tersebut akan merusak beberapa bagian rumah.

Jika anda sebagai pemilik rumah mengetahui ada atap yang bocor, segeralah memperbaiki atau memanggil tukang yang berpengalaman. Semakin cepatnya atap bocor tersebut diatasi, tentu saja rumah sederhana yang sudah anda tempati akan selalu memberikan kesan tenang pada saat musim penghujan.

d. Penataan tanaman atau kebun

Bagi pemilik rumah yang menempatkan beberapa tanaman hias atau kebun kecil pada sisi belakang rumah minimalis, sebaiknya juga selalu melakukan perawatan rutin. Karena biasanya tanaman memang cenderung lebih asri dan memberikan kesan sejuk jika terlihat rapi.

Luangkanlah waktu untuk terus mengamati perkembangan tanaman atau kebun pada sisi belakang rumah tersebut. Jika memang terdapat beberapa pohon atau tumbuh tanaman yang mati, segeralah menggantinya dengan yang baru. Apalagi tanaman yang berada di dalam ruangan. Jika tidak dirawat secara baik, tentu saja akan mengurangi kesan mewah pada rumah minimalis anda.

e. Bagian teras rumah

Perawatan bagian teras merupakan acuan kemewahan rumah jika dilihat pada sisi depan. Jangan sampai pada sisi teras terkesan kumuh atau kotor. Karena hal tersebut akan menghilangkan konsep kemewahan dari rumah sederhana yang telah anda miliki.

Pilihlah warna yang cerah pada cat dan juga penataan sisi teras supaya terlihat rapi. Dengan begitu maka rumah minimalis anda akan selalu terlihat cerah dan memiliki aura semangat bagi para anggota keluarga yang akan masuk ke dalam rumah.

Mungkin itulah beberapa hal yang membahas secara lengkap tentang desain rumah minimalis yang ingin anda tempati bersama keluarga kecil Anda saat ini. Jangan ragu untuk mendesain rumah minimalis dan sederhana, karena selain biaya perawatannya murah dan terjangkau pada saat ingin membelinya. Selamat menikmati rumah minimalis baru yang sudah Anda bangun.

Komentar disini
Hosting Unlimited Indonesia