Desain Rumah Kecil: Pengertian dan Cara Merawatnya

Desain Rumah Kecil
Desain Rumah Kecil

Kalimat.ID – Apakah Anda merupakan salah satu pemilik tanah yang memiliki luar minimal? Desain rumah kecil bisa Anda coba pikirkan dalam rencana kedepannya.

Jika Anda ingin membangun dan menempatinya sebagai salah satu bangunan tinggal bersama keluarga baru nantinya. Apalagi memiliki rumah kecil saat ini bukanlah sebuah dilema. Tergantung bagaimana penataan bangunan dan ruangan yang tersedia saja.

Untuk memberikan gambaran mengenai rumah tinggal bersama keluarga, memang sangat layak dibahas secara menyeluruh. Mengingat bangunan tersebut memang membutuhkan desain yang kompleks sehingga akan memberikan kenyamanan dalam menjalankan kehidupan Anda nantinya.

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan dan bagaimanakan cara mendesainnya, penjelasan lengkapnya akan diulas pada uraian dibawah ini.

Pengertian Desain Rumah Kecil

Desain rumah kecil pada awalnya populer di akhir tahun 1980. Beberapa arsitektur rumah menghadirkan desain tersebut untuk memberikan respon kepada para ahli arsitektur sebelumnyanya.

Karena mereka menganggap jika desain rumah sebelumnya nampak sekali rumit sebagai bagian dari tempat tinggal. Arsitek yang memiliki peran sebagai pendesain rumah berkapasitas kecil tersebut bernama Le Corbusier dan Ludwid Mies van der Rohe.

Awalnya ide tersebut muncul dengan mengacu pada budaya Zen yang terdapat di Jepang. Karena budaya di sana memang mengacu pada unsur kesederhanaan. Beberapa orang Jepang menilai jika budaya yang akan membuat kenyamanan pada keluarga adalah unsur estetika pada bangunan rumah.

Di dalam perkembangannya, desain rumah kecil tersebut semakin berkembang dan memiliki beberapa desain unik. Dengan masih mengacu pada unsur presisi, tanpa banyak ornamen, rapi dan memiliki warna menarik.

Pengertian rumah dapat diartikan sebagai salah satu tempat tinggal manusia dan biasanya bisa digunakan dalam jangka waktu tertentu. Fungsi dari rumah biasanya sebagian besar Manusia menggunakannya sebagai tempat berlindung, berteduh, istirahat dan juga berkumpul bersama seluruh anggota keluarga.

Rumah juga menjadi salah satu kebutuhan utama dan memiliki rumah idaman biasanya menjadi salah satu target manusia yang telah memiliki keluarga. Saat ini rumah juga bisa menjadi salah satu bangunan yang memiliki nilai jual atau investasi jangka panjang. Jadi bukan hanya sebagai tempat tinggal saya, rumah juga difungsikan sebagai salah satu aset masa depan.

Sedangkan rumah kecil adalah rumah yang memiliki ukuran tidak terlalu luas sehingga memanfaatkan beberapa bahan material yang sangat minim. Dengan adanya lahan minimal tersebut, menempatkan beberapa desain yang tepat sehingga rumah dengan ukuran tidak luas tersebut memiliki fungsi yang begitu lengkap.

Rumah kecil atau minimalis biasanya sangat mengandalkan ketepatan di dalam merancang bangunan mungil tersebut sehingga terlihat lebih simple. Bukan hanya terkendala lahan dan penempatan ruangan saja, biasanya rumah kecil juga memiliki bentuk yang unik.

Sebagian besar di Indonesia jangan menerapkan sistem desain minimalis. Sehingga pembangunan rumah sangat irit material dan hemat biaya di dalam pengerjaannya.

Pada bagian rumah kecil biasanya memanfaatkan warna cat monokrom yang mengutamakan garis tegas pada goresan di dinding. Pada dunia arsitek rumah kecil biasanya juga memiliki fungsi yang begitu sederhana.

Banyak unsur geometris yang diterapkan pada semua sisi bangununan. Tujuannya tentunya mengacu pada segi kenyamanan dan memberikan hawa sejuk bagi para penghuni rumah tersebut.

Minimalis yang diusung pada rumah kecil biasanya bisa dilihat dari penempatan sofa atau kursi. Sama sekali tidak banyak terdapat furnitur di dalam ruangan rumah. Pada semua ruangan seperti kamar tidur, juga tidak banyak menaruhkan barang-barang mebel yang cenderung memberikan kesan sempit pada ruangan.

Contoh Desain Rumah Kecil

Penerapan konsep mengenai rumah kecil, tentu saja dapat lebih dimengerti oleh pembaca semuanya jika memiliki gambaran tentang bentuk rumah yang dimaksud. Berikut ini adalah beberapa contoh rumah kecil yang bisa menjadi gambaran bagi Anda yang ingin membangunnya.

Model rumah kecil 1 lantai

rumah kecil 1 lantai
image by: adsttc.com

Yang pertama yaitu tentang model rumah kecil satu lantai. Desain rumah ini biasanya sangat digemari dan begitu cocok dari segi biaya pembangunan dan bentuknya yang mengikuti zaman. Karena pembangunan tidak mengeluarkan biaya besar dan cukup untuk keluarga kecil.

Meskipun memanfaatkan satu lantai, sudah bisa mencakup 1 ruang tamu, 3 kamar tidur, 1 ruang dapur, satu ruang keluarga dan 1 kamar mandi. Perumahan yang tersebar di seluruh indonesia, biasanya menawarkan konsep bangunan ini sebagai salah satu tempat hunian yang sederhana. Apalagi harganya yang sangat terjangkau juga bisa mudah didapatkan oleh sebagian keluarga yang masih mulai berumah tangga.

Model rumah kecil 2 lantai

rumah kecil 2 lantai
image by: architecturemedia.net

Yang kedua selain memilih konsep rumah kecil dengan 1 lantai, bisa juga memanfaatkan lahan yang dimiliki dengan membangun rumah 2 lantai. Tetapi untuk pembangunannya juga sedikit menambah biaya karena menggunakan 2 lantai.

Pembangunan rumah 2 lantai tentu saja akan memberikan kesan lebih banyak tersedia ruangan pada rumah tersebut. Model dan juga bentuknya juga sangat menunjang semua kebutuhan keluarga.

Jika anda mengambil konsep desain rumah kecil, jangan takut jika rumah hunian yang sudah anda miliki terkesan membatasi anda untuk berinovasi saat akan menata ruangannya. Terdapat beberapa trik di dalam memaksimalkan ruangan rumah sehingga memberikan kesan luas ketika tinggal di dalamnya. Berikut ini ada beberapa trik yang bisa Anda coba.

Trik Membuat Rumah Kecil Terlihat Luas

1. Warna cerah pada dinding

Memberikan kesan luas pada rumah kecil bisa juga melalui pemilihan warna pada cat dinding. Banyak sekali cat dinding yang memiliki warna cerah cenderung memberikan kesan luas pada ruangan tersebut. Hal tersebut memang sangat terbukti efektif untuk mengakalinya. Kombinasi warna putih dan cerah pada beberapa sisi ruangan, akan membuat ruangan tersebut terlihat lebih nyaman.

Jika salah di dalam pemilihan cat dinding, apalagi menggunakan cat yang berwarna gelap tentunya akan memberikan kesan suram. Bahkan pencahayaan yang salah juga akan memberikan ruangan menjadi lebih sempit jika dipandang terlalu lama. Maka dari itu manfaatkanlah beberapa cat yang dirasa cocok cerita memiliki unsur kebahagiaan.

2. Menaruh cermin pada dinding

Berikutnya bisa memanfaatkan cermin dan menjadikannya sebagai salah satu aksesoris ruangan. Cermin yang dipasang pada sekeliling ruangan biasanya memberikan kesan lebih luas pada ruangan tersebut. Hal tersebut bisa menjadi salah satu trik terbaik yang bisa digunakan pada rumah kecil Anda.

Pada beberapa ruangan yang memiliki ukuran sempit, silakan menaruhkan beberapa cermin dengan ukuran sedang secara bersebelahan. Untuk mempercantik cermin, bisa menggunakan bingkai yang tepat dan menarik bagi anda yang seringkali duduk di ruangan tersebut.

3. Memanfaatkan furniture multifungsi

Beberapa perabot atau furniture berukuran besar seringkali membuat ruangan menjadi lebih sempit. Untuk mengakalinya bisa menggunakan beberapa furniture yang memiliki fungsi secara bersamaan. Saat ini di beberapa toko sudah terdapat beberapa furnitur yang dimaksud. Anda bisa memilih salah satu atau beberapa barang yang memiliki nilai guna lebih banyak tersebut.

Apalagi ruangan kamar yang seringkali membutuhkan banyak perabotan. Bisa menggunakan kasur yang telah tersedia laci pada bagian bawahnya. Selain sebagai tempat tidur, juga bisa digunakan sebagai lemari penyimpanan.

4. Menggunakan lantai berpola

Pada sisi lantai rumah, tentu saja ada cara tersendiri untuk memberikan kesan ruangan sempit menjadi terlihat luas. Pilihlah lantai yang memiliki pola garis-garis vertikal atau strip.

Bisa juga memilih jenis lantai dengan pola garis horizontal sehingga menunjukkan kesan lebar. Pada bagian lantai juga bisa menambahkan cat lantai atau karpet berwarna cerah. Dengan adanya warna yang mendukung, tentunya kesan lebih panjang akan muncul pada ruangan tersebut.

5. Menghilangkan pintu

Terdapat banyak pintu tentu saja membuat boros ruangan. Cobalah menghilangkan pintu pemisah antar ruangan dan menggantinya dengan sekat ruangan. Hal tersebut tentu bisa mengganti kesan koridor yang nampak kaku menjadi semakin sederhana.

Bisa menggantikannya dengan beberapa lukisan atau dekorasi bingkai foto. Beberapa rak atau tempat penyimpanan yang menempel pada dinding, juga memberikan kesan jika ruangan lebih rapi. Tidak banyaknya barang pada ruangan, akan memberikan ruangan tersebut semakin luas untuk dipandang.

Memiliki rumah kecil tentu tidak hanya murah biaya saja. Tetapi juga memiliki segi keuntungan bagi para pemilik rumah. Berikut ini adalah beberapa keuntungan memiliki rumah kecil yang bisa anda ketahui.

Keuntungan Memiliki Rumah Kecil

1. Tidak banyak berbenah

Bagi seorang pemilik rumah kecil tentu saja tidak membutuhkan waktu yang lama untuk berbenah. Mengingat rumah kecil biasanya hanya menaruhkan beberapa perabot rumah pada sisi ruangannya. Apalagi jika setelah memiliki acara keluarga.

Tentu saja seringkali memanfaatkan ruangan tertentu dan memindahkan barang pada ruangan tersebut. Untuk proses pembersihan dan merawat rumah tentu saja tidak membutuhkan waktu lama. Bahkan semua pemilik rumah kecil juga tidak menghabiskan waktu untuk memilih karpet, mendekor ruangan, memilih furnitur dan beberapa dekorasi dinding.

2. Memberikan kesan nyaman

Rumah kecil sangat jauh dari kesan menyeramkan. Karena pada setiap ruangan memiliki fungsi dan juga kegunaan tertentu. Setiap anggota keluarga juga bisa bertemu langsung untuk berkumpul pada ruangan tertentu.

Apalagi di dalam ruangan biasanya seringkali menggunakan beberapa cat dinding yang terang. Didukung oleh lampu dan perabotan yang cocok, para penghuni rumah tentu saja akan selalu nyaman menikmati waktu istirahat.

3. Lebih minim pengeluaran

Tersedianya ruangan besar juga membutuhkan banyak lampu untuk membuatnya terang. Berbeda dengan rumah kecil, hanya tersedia beberapa ruangan dan bisa memfungsikan sejumlah lampu untuk satu penerangan saja. Sehingga biaya listrik tentu saja lebih terjangkau pada setiap bulannya.

Banyak pemilik rumah kecil berpendapat jika ruangan kecil proses mendinginkan dan menghangatkannya membutuhkan waktu sedikit. Sehingga anggaran listrik bisa terminimkan dengan kondisi tersebut.

4. Bisa memaksimalkan ruangan

Seringkali rumah dengan ukuran besar memiliki ruangan yang tidak terlalu difungsikan. Berbeda dengan rumah kecil, semua ruangan tentu saja tidak akan pernah luput dari desain pribadi.

Jika memiliki perencanaan yang matang, semua ruangan bisa difungsikan. Bahkan memiliki fungsi yang sangat maksimal tersebut tentu saja akan membuat Ruangan menjadi lebih hidup.

5. Semakin dekat dengan keluarga

Sebuah hal yang penting di dalam rumah hunian yaitu tentang interaksi bersama keluarga. Rumah kecil tentu saja lebih maksimal di dalam fungsi tersebut. Akan terdapat suasana yang nyaman dan lebih intim bersama anggota keluarga lainnya. Karena semua anggota keluarga seringkali berkumpul pada ruangan yang sama.

6. Mudah sekali terjual

Bagi para pemilik rumah yang dijadikan aset keluarga, tentu saja rumah kecil memang lebih mudah sekali terjual. Apalagi saat ini banyak sekali hal yang dipertimbangkan oleh para pembeli rumah berdasarkan anggaran dan juga fungsinya.

Biasanya banyak orang yang mencari rumah ah dengan harga relatif rendah dan memiliki fungsi yang sama. Makan rumah kecil bisa menjadi sebuah aset masa depan dengan harga jual yang terus menanjak. Membeli rumah kecil, tidak akan rugi untuk saat ini.

Cara Merawat Rumah Kecil Supaya Bersih dan Rapi

Memiliki rumah kecil yang terawat dan terjajah akan selalu menjaga kesan rapi dan nyaman. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan di dalam merawat rumah dengan ukuran minimal itu. Inilah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk merawat rumah anda.

1. Menyusun jadwal membersihkan

Cobalah menyusun jadwal untuk membersihkan rumah Anda bersama semua anggota keluarga. Dengan adanya jadwal tentu saja kebersihan rumah akan terus terjaga. Jika tidak bisa langsung selesai pada hari itu juga, pastinya akan bertahap sampai rumah benar-benar maksimal dibersihkan. Dengan adanya jadwal, semua anggota keluarga akan terhindar rasa malas untuk merapikan rumah.

2. Mengatur dengan baik sirkulasi udara

Beberapa orang cenderung meremehkan soal sirkulasi udara pada rumahnya. Padahal sirkulasi udara yang baik akan membuat rumah terasa sejuk. Selain itu sirkulasi udara yang berfungsi baik juga akan menjaga semua properti di dalam rumah. Jika sirkulasi buruk, tentu saja properti akan cepat rusak.

Sirkulasi udara yang baik juga akan menjaga suhu di dalam seluruh ruangan semakin terjaga. Beberapa desain rumah terutama bangunan akan selalu terjaga dan tidak mudah kusam.

3. Langsung memperbaiki kerusakan

Acara berikutnya yaitu tentang menjaga setiap sudut ruangan agar tidak rusak. Jika terdapat kerusakan kecil sebaiknya segera diperbaiki. Biasanya, seluruh anggota keluarga meremehkan beberapa kerusakan kecil dan menunda memperbaiki. Justru hal tersebut sangat berbahaya jika dibiarkan terlalu lama.

Beberapa kerusakan yang sering kali terjadi pada rumah yaitu tentang genteng dan tembok. Jika terjadi kebocoran genteng segera atasi sendiri atau memanggil tukang berpengalaman. Semakin cepatnya teratasi, air yang masuk tidak akan merusak perabotan dan juga tembok.

Sebagai pemilih anak kecil, biasanya dinding ruangan seringkali mendapatkan masalah. Gunakanlah alat pembersih untuk mengatasi setiap ada masalah pada dinding. Karena jika dinding dibiarkan terlalu lama, akan merusak keindahan pada rumah tersebut.

4. Membuang barang rusak

Mengurangi beberapa barang yang tak memiliki fungsi juga bisa menjadi solusi merawat rumah. Apalagi beberapa perabotan tersebut biasanya seringkali memenuhi ruangan. Sebaiknya barang-barang segera dibuang atau menempatkannya di gudang. Dengan tersedianya barang yang lebih memberikan fungsi, setiap ruangan akan terkesan lebih nyaman dihuni.

5. Memanfaatkan setiap ruangan kosong

Jika terdapat ruangan kosong lebih baik memaksimalkan dan menempatkan beberapa barang yang memiliki nilai fungsi. Karena biasanya ruangan kosong seringkali membuat pandangan menjadi lebih menjemukan. Bisa menempatkan beberapa barang yang memiliki nilai keindahan. Misalnya lukisan atau perabotan sederhana yang membuat ruangan menjadi hidup.

Itulah pengertian dari desain rumah kecil dan beberapa hal yang berkaitan langsung dengan cara merawatnya. Dari penjelasan diatas, anda semakin mudah memahami dan bisa mengapresiasikan pada desain rumah Anda nantinya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Komentar disini