Beranda Pendidikan Daur Hidup Kecoa: Penjelasan, Perkembangan dan Spesies

Daur Hidup Kecoa: Penjelasan, Perkembangan dan Spesies

Daur Hidup Kecoa
Image by: Travel + Leisure

Kalimat.ID – Daur Hidup Kecoa, Kecoa merupakan hewan kecil yang sering ditemukan dirumah. Hewan ini merupakan musuh yang harus dibasmi, karena mereka menjijikan dan membawa penyakit.

Namun, untuk pengetahuan dan beberapa wawasan kita terkiat kecoa, kami akan memberikan informasi kepada Anda mengenai, daur hidup kecoa, perkembangan kecoa, dan beberapa spesies kecoa.

daur hidup kecoa
image by hellosehat.com

Berikut ini adalah penjelasannya.

Tahapan Daur Hidup kecoa

Semua kecoa berkembang dengan menyelesaikan daur hidup kecoa yang terdiri dari tiga tahap berbeda: telur, nimfa, dan dewasa.

kecoa : metamorfosis tidak sempurna
image by 1.bp.blogspot.com

Produksi Telur

Produksi telur merupakan tahap awal dari daur hidup kecoa . Betina dewasa menghasilkan antara 10 dan 40 telur pada suatu waktu, yang mereka bawa dalam kasus khusus yang disebut ootheca.

Umumnya berbentuk seperti kacang merah atau dompet, sel telur dibawa oleh induknya atau diletakkan di lokasi terlindung sampai menetas.

Setelah membawa kapsul di sekitar perutnya untuk jangka waktu spesifik spesies, betina menyimpan kapsul telur di lokasi yang dilindungi lebih disukai di dekat sumber makanan.

Nimfa hingga Dewasa

Kecoa yang baru menetas muncul dari telur sebagai nimfa.

Selama tahap nymphal dari daur hidup kecoa, serangga tumbuh dengan mencurahkan kulit mereka beberapa kali hingga mencapai usia dewasa, suatu proses yang dikenal sebagai molting.

Setelah berganti kulit, setiap kecoa yang berkembang menjadi bertubuh lunak dan putih sebelum akhirnya menjadi lebih besar, menjadi lebih gelap dalam warna dan mengeras.

Tingkat kecoa dewasa menjadi dewasa sepenuhnya tergantung pada faktor-faktor seperti spesies dan kondisi lingkungan sekitarnya.

Dalam kondisi yang menguntungkan, nimfa kecoa dapat mencapai usia dewasa dalam hitungan minggu.

Rincian Perkembangan Bervariasi berdasarkan Spesies

Sementara kecoa semuanya menyelesaikan tiga fase perkembangan yang sama, unsur-unsur spesifik dari siklus kehidupan bervariasi menurut spesies.

Kecoa Jerman yang subur , misalnya, menghasilkan 30 hingga 40 telur per ootheca dan membawa wadah telur selama masa inkubasi, sedangkan kecoa yang mempunyai kulit coklat bertelur sekitar 13 hingga 18 telur sekaligus dan menempelkan kapsul pelindung ke benda-benda yang tidak mencolok atau permukaan.

Kecoak Oriental dan Amerika juga meninggalkan kotak telur mereka di tempat-tempat yang dilindungi. Telur kecoa umumnya menetas dalam waktu 20 hingga 60 hari, tergantung pada spesiesnya, pada kecoa Jerman mengalami masa inkubasi terpendek.

Fakta : Perkembangan Kecoa

Kecoak merupakan serangga hemimetabolischen, yaitu perkembangannya tidak lengkap atau metamorfosis tidak sempurna. Dari telur menetas larva, yang sudah menyerupai binatang dewasa. Selain ukurannya yang lebih kecil, mereka tidak memiliki sayap dan tentu saja dengan kematangan seksual.

Pengembangannya biasanya berlangsung lebih dari 5 tahap larva, dalam kondisi yang tidak menguntungkan molting lebih lanjut dapat ditambahkan. Tahap larva terakhir menguliti langsung ke kecoa dewasa. Tahap kepompong seperti pada serangga holometabolischen (mis. Kumbang dan kupu-kupu) tidak ada. Kecoa berbeda dalam hal perawatan induk pada spesies ovipar (vivipar) dan vivipar (vivipar).

Ovipare Arten

Spesies ovipar, yang berada di bawah Blattoidea, membentuk oosit (wadah telur) dengan cangkang keras, yang dibawa keluar perut untuk jangka waktu tertentu, baik hanya beberapa hari (kecoak Oriental, kecoa Amerika) atau sampai sebelum tergelincir Larvae (kecoa Jerman).

Wadah telur dapat mengandung 16 hingga 36 embrio, tergantung pada bentuk, ukuran, dan spesies scrapie. Kulit luar ootheca tebal dan kedap air. Jenis reproduksi ini termasuk spesies yang paling penting secara ekonomi.

Vivipare Arten

Spesies vivipar dalam arti yang lebih luas (hampir semua Blaberidae dan 2 genera Blattellidae) membentuk Ootheke jadi yang disimpan dalam rahim atau dalam Brutsack khusus. Embrio menerima cukup kuning telur untuk berkembang dan dipasok oleh ibu terutama dengan air.

Kapsul telur, berbeda dengan spesies ovipar yang berdinding tipis dan permeabel terhadap air dan nutrisi. Di antara kecoa penampung hidup yang sebenarnya adalah spesies yang relatif sedikit (misalnya Diploptera punctata). Telur kecil dalam spesies ini dan harus diberi nutrisi dan air oleh betina melalui membran rahim selama embriogenesis. Partenogenesis (reproduksi aseksual) hanya terdeteksi di Suriname (Pygnocelis surinamensis).

Habitat Kecoa

image by republika.co.id
Signifikansi ekologis

Di habitat aslinya, kecoa terutama memakan bagian tanaman dan buah-buahan yang mati dan memberikan kontribusi penting pada dekomposisi serasah tanah dan pembentukan humus. Kecoak juga merupakan bagian penting dari rantai makanan banyak ekosistem.

Dengan demikian mereka memainkan peran penting, terutama dalam ekosistem hutan tropis.

Penularan penyakit

Risiko penularan penyakit oleh kecoak pada manusia dan hewan tidak boleh diremehkan. Sementara penghancuran makanan dengan memberi makan hanya memainkan peran kecil, kontaminasi makanan dengan scrapie dan kuman sangat penting (bakteri, virus, jamur, protozoa = protozoa, nematoda = cacing gelang).

Mikroorganisme ini menyebar secara mekanis ke seluruh tubuh, melalui gondok atau kotoran yang muntah. Yang paling bermasalah adalah kandungan tanamannya, karena di sini multiplikasi mikroorganisme dapat terjadi.

Selain itu, alergen dilepaskan dari tanaman dan bagian dari kutikula. Penyakit dapat ditularkan atau terjebak dengan menempel pada permukaan tangki atau dengan menelan dan ekskresi berikutnya.

Musuh alami

Di habitat alami mereka, kecoa mempunyai musuh banyak arthropoda serta amfibi, reptil, burung dan mamalia sebagai mangsa. Oothec yang diendapkan diparasit oleh tawon parasit. Larva kumbang kipas (keluarga Rhipiphoridae) juga parasit pada kecoa.

Kenali spesies kecoa

Pertama-tama, sehubungan dengan identifikasi kecoa, pertanyaannya adalah persis di mana kecoa itu ditemukan. Ini sangat tergantung pada spesies, karena beberapa kecoa lebih suka daerah yang hangat dan lembab, sementara yang lain mentolerir kondisi yang lebih dingin.

Sembunyinya : Di mana menemukan kecoa?

Kecoak di kamar mandi? Tepat di belakang lemari di kamar mandi (terutama jika mereka penuh dengan sabun dan perlengkapan mandi lainnya yang telah disimpan untuk sementara waktu) atau lemari obat.

Periksa sambungan di balik bak cuci, bak mandi, toilet, dan di mana pun mereka bisa bersembunyi di tempat-tempat gelap yang terlindung dengan akses ke air, termasuk kondensasi. Kecoak senang makan sabun, kertas toilet, dan sapu tangan. Bahkan sel-sel kulit mati dan rambut adalah makanan bagi mereka.

Kecoak di dapur? Lihat di lemari dan kotak, memberikan perhatian khusus pada pipa di bawah wastafel dan di belakang mesin pencuci piring. Terkadang kecoak dapat ditemukan di bagian dalam lemari, tidak terlihat.

Celah dan lubang pada perangkat bertenaga menghasilkan panas dan tempat tersembunyi, seperti bagian belakang oven, lemari es, atau freezer. Bahkan peralatan dapur yang lebih kecil seperti microwave, pembuat kopi, pemanggang roti, dan blender bisa menjadi tempat bagi kecoak.

Kecoak di ruang rumah tangga / binatu? Periksa lemari di bawah wastafel, yang biasanya menuntun pipa ke dinding, lantai atau ke mesin cuci dan pengering. Cari juga area hangat di dekat mesin di bagian belakang mesin cuci dan pengering.

Kecoak di ruang bawah tanah? Cari celah yang bisa dilewati kecoa saat transisi antara lantai dan dinding. Celah atau lubang di lantai kayu adalah tempat persembunyian yang sempurna. Kecoak bersembunyi dan makan kardus dan koran, jadi periksalah semua kotak dan tumpukan kertas yang telah disimpan untuk sementara waktu.

Kecoak di saluran air? Beberapa spesies, seperti kecoa oriental, bertahan hidup bahkan di daerah yang kering dan dingin. Yang terpenting, periksa pipa apakah ada celah dan tempat persembunyiannya, serta saluran air yang rusak tempat mereka dapat merangkak.

Selain itu, pipa dan semua bukaan beranda dan penutup lantai harus diperiksa. Daerah yang tidak terganggu di garasi dan gudang kebun juga memberikan perlindungan bagi kecoak oriental. Mereka juga diketahui bertahan hidup di tempat pembuangan sampah.

Kecoak Amerika ( Periplaneta americana )

penampilan

Kecoak Amerika berukuran 28 hingga 44 mm.
Mereka memiliki warna coklat kemerahan cerah.
Sayap jantan lebih panjang dari tubuh. Pada wanita mereka hanya menutupi perut.
Kecoak Amerika dapat berlari cepat (bahkan terbang pada suhu yang sangat tinggi).

penghasilan

Kecoak Amerika menghasilkan sekitar 15 paket telur (ootheks) masing-masing dengan 6 hingga 28 telur. Ini dibawa-bawa oleh betina selama beberapa hari dan kemudian sering terpaku dalam kelompok.

Kematangan tetas kecoak tercapai setelah 1 hingga 2 bulan.
Perkembangan nimfa berlangsung 5 bulan, kadang-kadang hingga 15 bulan.
Dari suhu di bawah 18 ° C tidak terjadi pengembangan.

cara hidup

  • Kecoak Amerika ditemukan terutama di bangunan, selokan, ruang bawah tanah, poros pipa dan bangun.
  • Mereka sangat menyukai panas dan juga lebih suka kelembaban tinggi. Biasanya mereka ditemukan misalnya di kebun binatang atau kolam yang menyenangkan (hangat / lembab)
  • Mereka aktif di malam hari.
  • Kecoak Amerika adalah omnivora.

Kecoak Australia ( Periplaneta australasiae )

penampilan

Kecoa merah-coklat ini mirip dengan kecoa Amerika ( Periplaneta americana ).
Tingginya sekitar 25-35mm.

Kecoa Australia dapat diidentifikasi dengan baik oleh strip kuning di sepanjang tepi depan luar sayap (bahu kuning).

penghasilan

Kecoak Australia menghasilkan sekitar 15 paket telur (ootheches). Ini dibawa-bawa oleh betina selama beberapa hari dan kemudian sering terpaku dalam kelompok.

Daya tetas kecoak tercapai setelah sekitar 40 hari.

Perkembangan nimfa bisa memakan waktu hingga satu tahun.

Suhu kecoak Australia yang disukai adalah sekitar 30 ° C – dari suhu di bawah 20 ° C, tidak ada perkembangan yang terjadi.

cara hidup

  • Kecoa Australia lebih disukai di daerah tropis yang hangat dan lembab.
  • Di Jerman, ia lebih suka tampil di bangunan hangat seperti kolam yang menyenangkan, kebun binatang, dan rumah kaca.
  • Ini memakan bahan tanaman dan bahan busuk. Tetapi juga makanan bertepung, seperti sampul buku atau tekstil dapat dimakan.
  • Kecoak Australia adalah hama kebersihan dan telah terbukti menularkan penyakit.
  • Selain efek berbahaya, itu merusak peralatan teknis, karena tertarik pada panas perangkat dan mengendap di dalamnya.

Brown belt menggores ( Supella longipalpa )

penampilan

Kecoak coklat berukuran 10 hingga 14 mm.
Mereka memiliki warna kuning-cokelat. Perisai tenggorokannya dikelilingi oleh perbatasan transparan yang cerah.
Kedua jenis kelamin memiliki sayap. Sayap jantan lebih panjang.
Kecoak coklat dapat berlari cepat (juga terbang pada suhu yang sangat tinggi).

penghasilan

Betina meletakkan Eipakete mereka (Ootheken) dengan sekitar 16 telur sudah satu hari setelah produksi.
Semua oothecock dilem di tempat-tempat yang dilindungi dan didistribusikan secara luas.
Telurnya licin setelah 1 hingga 2 bulan.
Nimfa berkembang menjadi kecoak dewasa dalam 2 hingga 4 bulan.

cara hidup

  • Kecoak coklat hidup tersebar di bangunan yang dipanaskan karena mereka lebih suka lingkungan yang kering, tidak seperti kecoak lainnya.
  • Mereka secara sehari-hari disebut sebagai sofa atau kecoak furnitur.
  • Mereka aktif di malam hari.
  • Kecoak coklat adalah omnivora.

Kecoak Jerman ( Blatella germanica )

penampilan

Kecoak Jerman berukuran antara 12 dan 15 mm.
Warnanya cokelat dan memiliki dua garis-garis gelap di bagian dada.
Sayap sepanjang tubuh pada laki-laki dan perempuan atau sedikit lebih lama.
Kecoak Jerman berjalan sangat cepat dan dapat memanjat dinding.

penghasilan

Betina kecoak membawa 35 sampai 40 telur dalam ovula (kapsul telur) sampai menetas.
Waktu pemakaian sekitar satu bulan.
Nimfa membutuhkan antara 6 minggu dan 6 bulan untuk menjadi dewasa penuh.
Harapan hidup kecoak Jerman adalah 100 hingga 200 hari.

cara hidup

  • Kecoak Jerman terjadi terutama pada bangunan yang dipanaskan, sering di dapur atau di kapal. Mereka lebih suka suhu dan kelembaban tinggi.
  • Mereka aktif di malam hari.
  • Kecoak Jerman adalah omnivora.
  • Mereka dianggap sebagai penyebar berbagai infeksi. Selain itu, mereka mencemari dan mencemari makanan.

Kecoak oriental ( Blatta orientalis )

penampilan

Kecoak Oriental mencapai ukuran 25 hingga 30 mm.
Warnanya coklat gelap hingga hitam.
Pada betina, sayapnya rudimenter, pada jantan mereka menutupi tiga perempat perut.
Karena kecoak Oriental tinggi dan berat, mereka dapat memanjat relatif buruk dan sebagian besar berjalan di tanah.

penghasilan

Betina kecoak meletakkan 16 telur dalam ootheca (kapsul telur).
Larva menetas setelah sekitar 2 bulan.
Setelah 7 hingga 11 bulan, larva sudah dewasa sepenuhnya.
Kecoak Oriental memiliki potensi perbanyakan yang besar.

cara hidup

  • Kecoak Oriental tinggal di bangunan. Tidak seperti spesies kecoak lainnya, mereka bertahan pada suhu yang lebih dingin. Oleh karena itu, mereka juga ditemukan di luar, misalnya di tempat pembuangan sampah.
  • Mereka aktif di malam hari.
  • Kecoak Oriental adalah omnivora.

Itulah pembahasan tentang daur hidup kecoa dan beberapa spesies yang dibahas. Semoga informasi ini bisa bermanfaat!

Referensi: westernpest.com, planet-schule.de, rentokil.de