Daur Hidup Katak: Penjelasan dan Tahapannya

daur hidup katak
image by ibnudin.net

Kalimat.ID – Daur Hidup Katak, Seekor katak adalah hewan kecil berekor dengan mata melotot. Hampir semua katak memiliki kaki belakang panjang dan kaki depan pendek, kepala rata, dan tubuh tanpa leher. Katak dewasa tidak memiliki ekor, meskipun satu spesies Amerika Utara memiliki struktur seperti ekor yang pendek.

Sebagian besar katak memiliki lidah yang lengket menempel di bagian depan mulut. Mereka dapat dengan cepat membalik lidah untuk menangkap mangsa. Mereka dapat bervariasi dalam warna atau ukuran. Kebanyakan katak berwarna hijau atau coklat, tetapi beberapa memiliki tanda warna-warni.

Tentang Hewan Katak

daur hidup katak
image by i2.wp.com

Spesies katak terkecil tumbuh hanya sepanjang 1/2 inci. Ukuran terbesar hampir satu kaki! (Raksasa atau Goliat, katak Afrika barat-tengah).

Frog (jamak = Frogs) adalah amfibi yang termasuk dalam kelompok vertebrata yang berarti hewan yang memiliki tulang belakang. Kata amfibi berasal dari kata Yunani yang berarti “dua kehidupan.” Amfibi berdarah dingin.

Ini berarti bahwa suhu di dalam tubuhnya hampir sama dengan suhu di luar. Kulitnya menyerap air ke tubuhnya sehingga katak tidak perlu minum air untuk bertahan hidup. Seekor katak memiliki kaki yang sangat kuat untuk melompati jarak yang sangat jauh.

Katak dapat ditemukan di mana saja di dunia (tidak termasuk Antartika), meskipun sebagian besar Katak ditemukan di daerah tropis. Sebagian besar spesies ditemukan di daerah tropis.

Anda dapat menemukan Katak di atau dekat tempat yang memiliki air. Beberapa katak tidak pernah pergi ke air yang mereka tinggali terutama di darat. Beberapa katak bahkan hidup di pohon. Kodok ini memiliki bantalan kecil dan lengket di jari tangan dan kaki mereka untuk membantu mereka berpegangan pada pohon yang mereka panjat.

Beberapa katak menggali. Satu mitos kuno mengatakan bahwa Frog jatuh dari langit saat hujan. Sebenarnya katak liang ini meninggalkan liang mereka selama atau setelah hujan pada awal musim kawin. Karena orang-orang jarang melihat jenis-jenis Kodok ini sepanjang tahun, mereka membayangkan hewan-hewan jatuh dari langit dengan hujan.

Katak burrower ini hidup di darat dan memiliki kaki belakang yang pendek dan tidak bisa melompat. Katak yang hidup di tempat yang lebih dingin berhibernasi selama musim dingin. Mereka mengubur diri mereka sendiri di lumpur di kolam atau rawa atau hidup di liang.

Katak memiliki penglihatan yang cukup baik, yang membantu mereka dalam menangkap makanan dan menghindari musuh. Mata katak menonjol sehingga dia bisa melihat hampir ke segala arah.

Katak yang berenang menggunakan kaki belakang mereka yang kuat dan kaki berselaput untuk mendorong mereka melalui air. Di darat, Frog hop. Mereka menggunakan kaki belakang mereka yang sangat kuat untuk melompat. Kebanyakan katak bisa melompat sepuluh kali panjang tubuhnya.

Katak tidak berburu makanan mereka. Mata besar mereka berada di atas kepala mereka sehingga mereka dapat melihat semua jalan di sekitarnya. Katak memakan hewan lain, biasanya serangga dan cacing.

Katak membantu manusia karena mereka memakan begitu banyak hama serangga. Beberapa spesies besar katak, seperti katak Afrika, akan mencoba memakan apa saja, termasuk katak lain serta ikan kecil, reptil, dan mamalia.

Sangat sedikit yang diketahui sama sekali tentang umur katak alami. Ini karena sangat sulit untuk melacak katak sepanjang hidupnya! Namun, beberapa catatan menunjukkan bahwa di penangkaran, banyak spesies katak dapat hidup sangat lama. Mereka tampaknya rata-rata di suatu tempat antara 4 hingga 15 tahun! Umur terpanjang yang dimasukkan adalah European Common Toad pada usia 40 tahun !!

Tidak semua spesies katak melindungi diri dengan cara yang sama. Beberapa katak memiliki kelenjar racun di kulit mereka. Kulit mengeluarkan cairan dan menutupi tubuh dengan racun. Beberapa katak menggunakan warna mereka untuk melindungi diri mereka sendiri. Ini memperingatkan musuh bahwa mereka akan merasa tidak enak atau mungkin beracun.

Katak memiliki banyak musuh. Rubah, kelelawar, tikus, burung, ikan, rakun, kura-kura, ular, dan manusia adalah musuh katak. Tetapi manusia adalah yang terburuk! Kami menghancurkan rumah mereka dan tempat berkembang biak dengan mengganti area alami dengan kota, rumah, dan pertanian. Kami juga mencemari dan karenanya meracuni air tempat Frog hidup.

Sebenarnya katak bermanfaat bagi kita dalam banyak hal. Mereka memakan sejumlah besar serangga. Mereka memberi kita makanan. Kaki belakang gemuk dari Katak yang lebih besar dianggap sebagai kelezatan di banyak negara.

Beberapa orang di dunia makan terutama kaki katak, katak hijau, dan katak macan tutul. Katak juga digunakan di laboratorium untuk membantu para peneliti menguji obat baru dan siswa di sekolah membedah mereka untuk belajar tentang anatomi.

Daur Hidup Katak : Penjelasan dan Tahapannya

Daur hidup katak terdiri dari tiga tahap : telur, larva, dan dewasa. Saat katak tumbuh, ia bergerak melalui tahap-tahap ini dalam proses yang dikenal sebagai metamorfosis.

Katak bukan satu-satunya hewan yang mengalami metamorfosis, sebagian besar amfibi lain juga mengalami perubahan luar biasa sepanjang siklus hidupnya, seperti halnya banyak spesies invertebrata .

Selama metamorfosis, dua hormon (prolaktin dan tiroksin) mengendalikan transformasi dari telur menjadi larva dan dewasa.

Pembiakan

Musim kawin untuk katak biasanya terjadi selama musim semi di daerah beriklim sedang dan selama musim hujan di daerah beriklim tropis. Ketika katak jantan siap untuk berkembang biak, mereka sering menggunakan suara serak nyaring untuk menarik pasangan.

Panggilan ini dihasilkan dengan mengisi kantung vokal dengan udara dan menggerakkan udara bolak-balik untuk menciptakan suara seperti kicauan.

Saat kawin, katak jantan memegangi punggung betina, menggenggam lengannya di pinggang atau lehernya. Pelukan ini disebut sebagai amplexus dan tujuannya adalah untuk memastikan pejantan dalam posisi optimal untuk membuahi telur betina saat ia meletakkannya.

Siklus Hidup Tahap 1 : Telur

telur katak
image by thoughtco.com

Banyak spesies bertelur di air yang tenang di antara tumbuh-tumbuhan di mana telur dapat berkembang dengan relatif aman. Katak betina bertelur banyak dalam massa yang cenderung menggumpal (massa telur ini disebut sebagai spawn). Saat dia menyimpan telur, pria melepaskan sperma ke massa telur dan membuahi telur.

Pada banyak spesies katak, orang dewasa meninggalkan telur untuk berkembang tanpa perawatan lebih lanjut. Tetapi dalam beberapa spesies, orang tua tetap dengan telur untuk merawat mereka saat mereka berkembang.

Ketika telur yang dibuahi matang, kuning telur di setiap telur membelah menjadi lebih banyak dan lebih banyak sel dan mulai mengambil bentuk kecebong. Dalam satu hingga tiga minggu, telur siap menetas, dan kecebong kecil terlepas dari telur.

Tahap Siklus Hidup 2 : Kecebong (Larva)

kecebong
image by thoughtco.com

Larva katak juga disebut berudu. Berudu memiliki insang yang belum sempurna, mulut, dan ekor yang panjang. Untuk minggu pertama atau kedua setelah berudu menetas, bergerak sangat sedikit.

Selama masa ini, berudu menyerap sisa kuning telur yang tersisa, yang menyediakan makanan yang sangat dibutuhkan. Pada tahap ini, berudu memiliki insang yang belum sempurna, mulut, dan ekor. Setelah menyerap kuning telur yang tersisa, kecebong cukup kuat untuk berenang sendiri.

Kebanyakan berudu memakan alga dan tumbuh-tumbuhan lainnya sehingga dianggap sebagai herbivora. Mereka menyaring bahan dari air saat mereka berenang atau merobek bit bahan tanaman.

Saat kecebong terus tumbuh, ia mulai mengembangkan anggota belakang. Tubuhnya memanjang dan makanannya tumbuh lebih kuat, bergeser ke materi tanaman yang lebih besar dan bahkan serangga. Kemudian dalam perkembangannya, anggota tubuh depan tumbuh dan ekor mereka menyusut. Bentuk kulit di atas insang.

Siklus Hidup Tahap 3 : Dewasa

katak dewasa
image by thoughtco.com

Daur hidup katak pada usia sekitar 12 minggu, insang dan ekor kecebong telah sepenuhnya diserap ke dalam tubuh — katak telah mencapai tahap dewasa dari siklus hidupnya dan sekarang siap menjelajah ke tanah kering dan pada waktunya mengulangi siklus hidup.

Demikianlah pembahasan tentang katak dan daur hidup kata yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan dan memperbaharui ilmu.

Komentar disini