5 Dampak Positif Internet Dalam Kehidupan Sehari-hari

Dampak Positif Internet

Kalimat.ID – internet sendiri mempunyai kepanjangan dari Interconnection networking sebuah perangkat jaringan yang terhubung dengan media elektronik namun dari penggunaan internet ini memiliki beberapa dampak salah satunya adalah dampak positif dari internet.

Internet sendiri terhubung dengan standar internet yakni ini TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite) sebuah protokol pertukaran paket (paket switching communication protocol) dalam melayani jaringan penguna di seluruh dunia.

Internet pertama kali dipakai oleh Departemen Pertahanan milik Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui sebuah projek bernama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), dimana sistem ini akan bekerja pada sebuah perangkat komputer UNIX dengan melakukan sebuah sistem komunikasi melalui jaringan saluran telepon.

5 Dampak Positif Internet Bagi Masyarakat dan Pelajar

Berikut saya akan mengulas beberapa dampak positif dari internet dalam kalangan Masyarakat dan pelajar dalam kehidupan sehari-hari, berikut ulasannya khusus untuk Anda:

1. Menambah Sebuah Ilmu Pengetahuan

ilmu pengetahuan

Dengan adanya kehadiran internet membuat kita semakin up to date dalam menerima informasi melalui media digital dalam sebuah perangkat elektronik seperti Handphone, Tablet, Laptop dan perangkat lainnya yang bisa tersambung dengan internet.

Dampak positif internet ini sangat bermanfaat bagi para pelajar dalam menemukan sebuah informasi di internet, hal ini juga membuat para peneliti memudahkan dalam bekerja mereka, dalam analisis mereka dalam penggunaan internet yang ada.

2. Media Komunikasi

media komunikasi
Image by: uangonline.com

Pada zaman teknologi sekarang ini, media komunikasi hampir menjadi sebuah media yang sehari-hari kita gunakan, tentunya media komunikasi sekarang hampir seluruhnya terhubung dengan internet, salah satunya media komunikasi media sosial yakni Facebook, Twitter dan sosial media lainnya ini menjadi salah satu dampak positif internet.

Namun memang tidak semuanya perangkat media komunikasi bisa melalui internet, namun sebagian besar media komunikasi hampir menggunakan internet, namun ada yang tidak seperti radio dia memancarkan sinyal melalui frekuensi radio, atau Anda juga bisa Cara Menggunakan Whatsapp Web untuk sebuah media komunikasi.

3. Memudahkan Mencari Informasi Pekerjaan

pekerjaan
Image by: incimages.com

Dulu ketika Anda lulus tentu saja mencari pekerjaan melalui media cetak bisa itu banner, kertas hasil print, bisa juga melalui media cetak seperti koran dalam menemukan sebuah informasi pekerjaan, namun itu dulu sebelum banyak perusahaan belum menggunakan internet sebagai dampak positif internet itu sendiri.

Namun seiring perkembangan zaman dan kemajuan internet dan teknologi (Hardware) membuat banyak perusahaan membuka sebuah lowongan kerja di media digital, belum lagi banyak startup baru dalam membuat sebuah web dan Apps untuk menampilkan sebuah informasi lowongan pekerjaan melalui web.

Sebut saja salah satunya adalah media web seperti Joobstreet, JobSeeker, Karir.com, KarirPad, dan masih banyak perusahaan digital dalam menampilkan kemudahan untuk mencari kandidat terbaik dalam pemanfaatan dampak positif internet ini.

4. Memudahkan Transaksi

transaksi
Image by: okezone.com

Dulu jika kita ingin mengirim uang dalam jumlah besar dan jauh kita harus ke bank langsung untuk mengirim uang tersebut, saking internet dulu belum mempunyai dampak positif internet, dulu juga ketika ingin mengirim uang harus melalui POS Indonesia, dan western union.

Namun kini sudah tidak banyak digunakan dalam metode di atas, namun masih ada sebagian dari kalangan Masyarakat dalam menggunakan metode itu khususnya didaerah yang minim internet bisa seperti di perdesaan yang sama sekali masih belum tersentuh teknologi.

Namun bagi kalangan anak milenial dalam mengirim dan mengambil uang sudah melalui ATM dan Apps dari provider Bank tersebut, belum lagi para pengembang aplikasi sudah banyak membuat terobosan dimana uang banyak terbentuk dalam digital, contoh saja Go-Pay, OVO, DANA dan lain sebagainya. Ini juga termasuk dalam salah satu dampak positif internet itu sendiri.

5. Pertukaran Data

gadget

Jika dulu untuk membagi sebuah informasi berupa data harus menggunakan media cetak seperti nge-print di Warnet (Warung Internet) namun kini mengirim data bisa melalui sosial media juga bisa itu WhatsApps, Linkedin, Facebook, Twitter dan Email, tentunya berkat kehadiran ini memudahkan kita dalam membagi sebuah data informasi dengan mudah dan cepat.

Diatas adalah beberapa penjelasan dari berbagai manfaat dari sebuah internet, namun di balik manfaat tentu adanya negatifnya, nanti kami akan menulis dampak negatif internet dari internet itu sendiri, namun diatas kami hanya mengulas dampak positif internet.

Komentar disini