Contoh Teks Prosedur

Kalimat.idContoh teks prosedur adalah sebuah teks yang berisikan langkah-langkah, prosedur, tahap-tahap, dan cara-cara yang sistematis atau terurut mengenai suatu tindakan atau kegiatan agar dapat dilakukan dengan baik dan benar sesuai prosedurnya. Atau dengan kata lain, contoh teks prosedur menjadi suatu teks panduan yang digunakan agar seseorang dapat melakukan suatu kegiatan dengan benar dan tepat.

Tujuan dari tes prosedur sendiri yaitu agar pembaca dapat memahami dan mengerti bagaimana melakukan atau membuat sesuatu dengan benar, tepat dan sistematis serta hasilnya baik pula. suatu hasil akhir dapat ditentukan apabila seorang yang ingin melakukan kegiatan itu telah memahami dan membaca serta mengerti sepenuhnya contoh teks prosedur yang sudah dibaca dan kemudian di praktikkan.

Contoh Teks Prosedur Beserta Langkah Langkahnya

1. Contoh Teks Prosedur Membuat Makanan

nasi goreng
Image by: kawalingpinoy.com

Cara Membuat Nasi Goreng Putih Sederhana

Nasi goreng merupakan makanan khas Indonesia yang kaya akan rempah dan cara pembuatannya yang dianggap unik. Ada banyak resep nasi goreng yang dapat dipraktikan dan dibuat di rumah mulai dari nasi goreng dengan bahan tambahan. Setiap orang dapat meracik sendiri bumbu nasi goreng sesuai selera. Berikut cara membuat nasi goreng kampung yang yang paling sederhana namun tetap lezat.

Bahan-bahan yang di perlukan (1 porsi) :

1. Nasi 1 porsi
2. Cabai sesuai selera, bawang merah 3 siung, bawang putih 2 siung,
3. Garam, gula, penyedap rasa
4. Telur
5. Minyak goreng
Cara membuat :
1. Panaskan minyak goreng secukupnya dengan wajan untuk menumis bumbu. Sembari memanaskan minyak, iris bumbu yang sudah disiapkan seperti bawang merah, bawang putih dan cabai.
2. Masukan bumbu yang sudah diiris ke dalam wajan kemudian aduk rata sampai irisan bumbu layu.
3. Tambahkan telur lalu orak-arik bersama bumbu yang sudah di masak sebelumnya.
4. Tambahkan nasi yang sudah disiapkan lalu aduk rata.
5. Kemudian tambahkan gula sesuai selera, garam secukupnya, dan penyedap rasa.
6. Setelah itu nasi goreng putih sederhana siap dinikmati.

2. Contoh Teks Prosedur Protokol

Contoh teks prosedur protokol ini berisi cara-cara atau langkah-langkah melakukan sesuatu yang mana langkah-langkah tersebut dapat diubah dan sifatnya lebih fleksibel. Langkah-langkah yang dijelaskan juga tidak semuanya harus dilakukan secara terurut. Akan tetapi, tetap saja pembaca harus berusaha mengikuti sesuai urutan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Membuat Masker Putih Telur

masker putih telur

Merawat kecantikan memang menjadi hal lumrah yang dilakukan khususnya kaum wanita. Ada banyak bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit. Salah satunya adalah putih telur. putih telur dimanfaatkan sebagai masker wajah yang mampu memberikan manfaat kulit wajah lebih putih, halus serta mengecilkan pori-pori. Berikut cara pembuatan masker putih telur.

1. Siapkan bahan dan peralatan berupa telur, mangkuk atau wadah, kuas, handuk, air dingin dan bahan tambahan seperti madu jika menginginkannya.
2. Pisahkan putih telur dengan kuning telur lalu cocok lepas sampai putih telur tidak menggumpal. Tambahkan madu jika ingin hasil yang lebih maksimal.
3. Lapisi leher menggunakan handuk agar putih telur tidak mengenai baju atau ke bagian lainnya.
4. Gunakan kuas yang sudah disiapkan sebelumnya untuk mengoleskan masker putih telur ke permukaan wajah.
5. Diamkan selama sekitar 15 – 20 menit sampai masker mengering.
6. Setelah itu, bilas wajah dengan air dingin yang sudah disiapkan.

3. Contoh Teks Prosedur Membuat Kue

kue-lumpur

Cara Membuat Kue Lemper Ayam Lezat dan Nikmat

Lemper merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari ketan dan dibungkus dengan daun pisang dan dimasak dengan cara di kukus. Lemper terdiri dari berbagai macam tergantung pada isiannya. Lemper yang paling banyak diminati adalah lemper ayam, daging sapi, ikan, dan telur. Berikut cara membuat kue lemper ayam yang lezat, nikmat serta mengenyangkan.
Bahan :

1. Ketan putih secukupnya
2. Daging ayam tanpa tulang dan kulit
3. Daun pisang
4. Bumbu ayam lemper (Bawang merah, bawang putih, cabai, kunyit, kemiri, gula, lengkuas, penyedap rasa, ketumbar, dan garam)
5. Santan
Peralatan :
1. Dandang
2. Tusuk gigi
3. Daun Pisang
4. Wadah
5. Kompor

Cara membuat:

1. Bersihkan ketan kemudan rendam dengan air biasa sekitar 10 – 15 menit lalu tiriskan. Siapkan dandang dan masukan air. Kukus ketan yang sudah direndam sampai tidak terlalu lembek atau sekitar 14 – 20 menit dan sisihkan.
2. Masak santan menggunakan wajan dan tambahkan garam secukupnya. Masak sampai santan mendidih. Santan yang digunakan sedikit saja seperti memasak nasi uduk pada umumnya. Masukan ketan yang sudah direbus ke dalam santan dan aduk sampai seluruh santan meresap ke ketan.
3. Kukus lagi ketan menggunakan dandang sekitar 15 menit. Sembari menunggu mengukus siapkan isian ayam.
4. Rebus ayam sampai matang kemudian di suir halus.
5. Bumbu-bumbu yang telah di haluskan sebelumnya di tumis dan masukan ayan yang sudah di suir. Cicip jika rasa kurang tambahkan penyedap rasa. Setelah rasa ayam sudah pas, lalu siishkan.
6. Setelah ketan selesai di kukus dan isiannya sudah siap. Lalu saatnya membungkus ketan menggunakan daun pisang.
7. Bentuk ketan pipih dan isi dengan ayam suir. Lalu bentuk lonjong dan bungkus menggunakan daun pisang. Gunakan tusuk gigi untuk mengikat daun agar tidak mudah lepas.
8. Lemper ayam siap di sajikan.

4. Contoh Teks Prosedur Membuat Minuman

minum
Image by: hellosehat.com

Cara Membuat Es Sarang Burung yang Segar

Indonesia terkenal dengan pengolahan es nya yang bervariasi. Es-es lokal di Indonesia memiliki banyak isi yang bisa terdiri dari jeli, buah, ketan, tape, mutiara, olahan sagu, roti, dan sebagainya. Salah satu olahan minuman yang segar dan nikmat untuk disantap adalah es sarang burung. Berikut bahan-bahan, peralatan yang dibutuhkan, serta cara membuat es sarang burung.

Bahan:
1. Jeli atau agar-agar berwarna putih
2. Gula
3. Soda (bisa menggunakan sprite)
4. Sirup (rasa sesuai selera)
5. Susu
6. Air
7. Es
8. Garam
Peralatan :
1. Wadah es
2. Parutan keju
3. Wadah agar-agar
4. Dandang
5. Centong

Cara membuat:

1. Masak agar-agar tanpa gula, masukan garam sedikit saja agar lebih gurih. Lalu sisihkan dan diamkan. Sembari menunggu agar-agar mengeras, siapkan bahan lain.
2. Masak gula yang dicampur air sehingga menghasilkan air gula.
3. Masukan soda, susu, sirup, dan air gula dalam wadah yang sudah di sediakan. Aduk rata hingga semua bahan tercampur. Tes rasa apakah sudah sesuai. Jika kurang manis bisa ditambahkan dengan air gula.
4. Setelah jeli atau agar-agar mengeras, potong membentuk segi empat lalu parut menggunakan parutan keju.
5. Masukan parutan agar-agar ke dalam campuran bahan es tadi lalu tambahkan es batu.
6. Es sarang burung siap dinikmati.

5. Contoh Prosedur Ayam Geprek

Contoh Prosedur Ayam Geprek

Ayam geprek tampaknya sudah menjadi makanan populer dan sangat digemari karena rasanya yang pedas. Ayam geprek sangat identik dengan berbagai varian sambal yang menggugah selera makan dan menambah kenikmatan saat menyantap makanan. Salah satu varian sambal ayam geprek yang enak dan banyak digemari adalah ayam geprek sambal pete. Berikut cara membuat ayam geprek sambal pete.
Bahan :

1. Ayam crispy
2. Cabai merah dan cabai rawit
3. Bawang merah, bawang putih
4. Penyedap rasa, gula, garam
5. Minyak goreng
6. Pete

Bahan :

1. Wajan
2. Cobek
3. Piring

Cara membuat :

1. Tumbuk bawang merah-bawang putih dan cabai sesuai selera menggunakan cobek sampai halus.
2. Siapkan wajan dan panaskan minyak secukupnya lalu masukkan bumbu yang sudah di haluskan.
3. Tumis bumbu sampai aroma keluar lalu maskan garam, gula, dan penyedap rasa secukupnya.
4. Masukkan pete sesuai selera dan aduk rata sampai aroma pete keluar. Setelah itu sisihkan.
5. Siapkan cobek dan geprek ayam crispy yang sudah di siapkan.
6. Tuang sambal pete yang sudah disisihkan tadi diatas ayam yang sudah di geprek. Aduk rata agar sambal rata dengan ayam.
7. Ayam geprek sambal pete siap dihidangkan bersama nasi putih hangat.

6. Contoh Teks Prosedur Alat dan Bahan

Contoh Teks Prosedur Alat dan Bahan

Cara Menggunakan Mixer

Mixer merupakan sebuah inovasi teknologi yang memudahkan manusia dalam melakukan kegiatan membuat adonan dengan cara yang lebih efisien. Jika dahulunya ketika hendak membuat kue atau makanan tertentu membutuhkan waktu lama karena harus mencampur adonan dengan rata dan lembut. Kini membuat berbagai makanan sangat mudah menggunakan mixer.

1. Siapkan bahan makanan yang hendak di mixer
2. Campurkan bahan makanan yang hendak dimixer ke dalam wadah plastik atau biasanya beberapa mixer sudah dilengkapi dengan wadah khususnya. Gunakan wadah plastik yang permukaannya tidak mudah terkikis. Hindari penggunaan wadah kaca atau aluminium yang dapat merusak tangkai pengaduk.
3. Siapkan mixer, pastikan menggunakan tangkai pengaduk yang sesuai dengan adonan. Misalkan untuk adonan yang liquid seperti adonan pasta atau kue nastar menggunakan tangkai pengaduk spiral.
4. Pasang tangkai sampai terkunci dengan ditandai bunyi ‘klik’
5. Sambungkan colokan mixer dengan power supply.
6. Arahnya tangkai mixer ke dalam wajah yang sudah berisi bahan-bahan.
7. Atur tombol kekuatan mixer mulai dari yang terendah secara perlahan hingga ke yang tinggi agar adonan tidak berserakan.
8. Setelah adonan dirasa cukup lembut dan halus, matikan mixer dengan cara perlahan dari yang tinggi ke kekuatan rendah.
9. Tunggu sampai tangkai pengaduk benar – benar berhenti berputar baru kemudian di angkat.
10. Setelah menggunakan tangkai pengaduk, sebaiknya langsung dicuci atau di rendam agar adonan sisa yang menempel pada tangkai pengaduk tidak mengering dan sulit dibersihkan.

Cara Menggunakan Mesin Cuci

Teknologi yang tiada batas membuat manusia semakin mudah melakukan segala sesuatu dibantu dengan mesin. Salah satunya adalah kegiatan mencuci yang kini juga dibantu dengan mesin. Mesin cuci menjadi peralatan elektronik yang sangat membantu kegiatan mencuci manusia. Berikut cara menggunakan mesin cuci yang tepat agar tidak cepat rusak.

1. Sebelum memasukkan pakaian kotor, sebaiknya memilih terlebih dahulu pakaian yang mudah luntur, pakaian kain tebal dengan yang tebal, dan yang tipis dengan yang tipis.
2. Periksa setiap kantung pakaian dan pastikan tidak ada benda – benda yang ikut tercuci. Terlebih lagi benda seperti logam, kaca, koin dan sebagainya karena dapat merusak mesin cuci.
3. Masukan pakaian kotor ke dalam mesin cuci dengan kapasitas yang sesuai. Jika mesin cuci memiliki kapasitas 5 kilogram sebaiknya jangan di paskan 5 kilogram tetapi dikurangi sedikit saja agar mesin cuci tidak overload.
4. Tambahkan air sampai batas yang ditentukan lalu tambahkan juga detergen secukupnya.
5. Atur kekuatan mesin cuci yang disesuaikandengan jenis pakaian yang dicuci. Misalkan pakaian tipis, maka cukup sampai kekuatan 2 saja karena dikhawatirkan pakaian akan rusak atau sobek selama proses mencuci.
6. Atur juga lama mencuci misalkan 10 menit atau 15 menit. Untuk pakaian yang tipis, jangan terlalu lama karena lama proses mencuci juga berdampak pada kerusakan kain.
7. Setelah itu buang air cucian yang kotor dan ganti dengan air bersih tanpa ditambahkan detergen. Lakukan hingga air cucian benar – benar tidak mengandung busa detergen.
8. Angkat pakaian dan siap di keringkan.

Contoh Teks Prosedur Melakukan Sesuatu

Cara Merawat Kecantikan Tubuh Tradisional dengan Lulur Alami
Merawat dan mempercantik diri dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari cara tradisional maupun cara modern. Meski cara modern kini dianggap instant, akan tetapi cara

– cara tradisional masih banyak digunakan. Salah satunya adalah merawat kecantikan tubuh menggunakan lulur alami. Berikut cara merawat kecantikan tubuh dengan lulur alami.

1. Siapkan peralatan dan bahan seperti handuk, sarung, lap wajah, air, kuas khusus untuk kulit, dan pastinya lulur alami sesuai dengan kebutuhan kulit.
2. Tanggalkan seluruh pakaian agar mudah mengoleskan lulur ke seluruh kulit. Gunakan sarung atau kemben untuk menutupi tubuh.
3. Gunakan handuk untuk menutupi rambut agar lulur tidak mengenai rambut.
4. Oleskan lulur menggunakan kuas pada seluruh tubuh mulai dari leher hingga kaki. Hindari mengoleskan lulur pada daerah sensitif, luka, dan iritasi.
5. Gosok perlahan badan yang sudah diolesi lulur sembari dipijat halus.
6. Lakukan kira – kira sampai 20 menit lalu bilas lulur hingga bersih.

7. Contoh Teks Prosedur Membersihkan Laptop

 Contoh Teks Prosedur Membersihkan Laptop

Laptop menjadi peralatan elektronik pendidikan yang paling sering dipakai oleh pekerja kantoran dan pelajar. Oleh karena itu, sangat perlu membersihkan laptop terutama membersihkan debu di sela – sela keyboard yang menempel. Debu yang tidak di bersihkan dikhawatirkan mengendap dan nantinya akan lebih sulit di bersihkan. Berikut cara membersihkan laptop.

1. Siapkan bahan seperti sikat kecil (bisa menggunakan sikat gigi), kuas, lap, kain microfiber, cairan khusus pembersih screen laptop, penyedot debu (jika ada).
2. Sebelumnya laptop harus dalam keadaan off dan pastikan tidak sedang melakukan pengisian daya karena dikhawatirkan akan menghasilkan arus pendek dan mengenai kulit sehingga bisa kesetrum.
3. Lepaskan baterai laptop untuk lebih mudah membersihkan.
4. Mulai dengan menggunakan sikat atau kuas untuk membersihkan debu di sela – sela keyboard dan pada port – port di samping laptop. Bersihkan juga port charger agar debu tidak menghambat pengisian daya.
5. Jika ada debu yang benar – benar sulit untuk dibersihkan, gunakan penyedot debu dengan corong kecil.
6. Untuk membersihkan screen sendiri digunakan lap khusus atau lap microfiber. Jika ingin screen lebih bersih, gunakan cairan khusus pembersih screen lalu di lap menggunakan kain microfiber. Dalam mengelap screen teknik yang dianjurkan adalah mengelap satu arah baik vertikal atau horizontal agar tidak terjadi gesekan atau goresan pada layar laptop.

Komentar disini