4 Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi
Image by: soistoi-meme.com

Kalimat.id – Contoh teks laporan hasil observasi atau bisa juga disebut dengan pengamatan adalah suatu kegiatan mengamati suatu objek melalui panca indera ataupun alat tertentu misalnya mikroskop, teleskop, kamera, kaca pembesar, alat perekam suara, komputer dan alat-alat lain yang mendukung jalannya sebuah pengamatan. Pengamatan dilakukan untuk mengumpulkan data yang diperlukan bagi sebuah penelitian atau sekedar laporan biasa.

Beberapa contoh teks laporan hasil observasi berikut ini diharapkan bisa membantu Anda memahami teks observasi atau teks pengamatan. Di tulisan ini, observasi dilakukan terhadap keterkaitan kekuatan pikiran dengan materi atau lingkungan, penjelasan sebenarnya mengenai peristiwa jatuh cinta, sesuatu yang bisa bergerak melebihi kecepatan cahaya dan kesalahpahaman mengenai gaya gravitasi.

Langkah Langkah Membuat Contoh Teks Laporan Hasil Observasi?

1. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Kekuatan Pikiran dan Dampaknya

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Kekuatan Pikiran dan Dampaknya
Image by: hellosehat.com

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa pikiran manusia memiliki kekuatan yang dahsyat. Hal ini bisa dibuktikan secara pendidikan ilmiah. Bagi mereka yang pernah mempelajari fisika kuantum, contoh teks laporan hasil observasi berikut ini tidaklah sulit untuk dimengerti. Observasi dilakukan terhadap air dan nasi yang diberi kata-kata, diberi tulisan dan dipikirkan dengan sungguh secara positif dan negatif.

Seorang ilmuwan Jepang yang memiliki nama Masaru Emoto melakukan sebuah percobaan, penelitian dan contoh teks laporan hasil observasi terhadap air dan nasi yang diniatkan oleh si pengamat dengan kata-kata yang memiliki arti baik dan buruk. Adapun air dan nasi yang diteliti diambil dari sumber air dan tanaman padi yang sama. Baik air dan nasi kemudian dipisahkan dan masing-masih dimasukkan ke dalam wadah semacam toples yang berbeda.

Jadi, ada 2 buah toples yang berisi air dan 2 buah toples berisi nasi. Keempat toples tersebut berwarna bening dan tertutup rapat. Kemudian, salah satu toples baik yang berisi air maupun nasi ditempeli secarik kertas yang tulisannya menghadap ke dalam toples kata-kata positif dan toples lainnya dengan kata-kata negatif.

Misalnya toples A (isi air) dan toples A (isi nasi) diberi kertas bertulisan kata-kata pujian, kasih sayang, penghargaan, penyemangat dan membutuhkan. Sedangkan toples B (isi air) dan toples B (isi nasi) diberi tulisan dengan kata-kata caci maki, penghinaan, kemarahan dan tidak membutuhkan.

Tidak hanya ditempeli dengan kertas, masing-masing toples (A dan B) juga secara langsung setiap hari diberi kata-kata melalui suara dari mulut si pengamat dengan kata-kata positif dan negatif yang sama persis seperti yang tertulis pada kertas yang ditempelkan. Hal ini dilakukan setiap hari selama kurang lebih 2 minggu.
Setelah 2 minggu, sang ilmuwan kemudian mulai mengamati perubahan yang terjadi pada

objek penelitian. Air pada toples A dan toples B kemudian dibekukan sampai menjadi kristal es. Setelah diamati di bawah mikroskop elektron, hasilnya sangat mengejutkan. Kristal dari kedua toples ternyata membentuk suatu struktur yang sangat bertolak belakang.

Kristal dari toples A membentuk suatu pola yang sangat indah beraneka bentuk dan menakjubkan sedangkan kristal dari toples B tidak berpola dan sangat rusak berantakan seperti kaca pecah. Begitu juga yang terjadi dengan nasi dari toples A dan B.

Nasi dari toples berubah menjadi seperti tapai yang berbau harum khas tapai dan menghasilkan cairan putih seperti air beras. Sedangkan nasi dari toples B berubah warna menjadi coklat kehitaman seperti proses pembusukan dan menghasilkan bau yang tidak sedap.

Penelitian dan observasi dilakukan berulang kali dan hasilnya tetap sama. Sang ilmuwan juga memperdengarkan musik klasik terhadap air dan nasi di toples A dan musik heavy metal yang keras dan berisi kata-kata negatif terhadap air dan nasi di toples B. Hasilnya ternyata sama dengan percobaan menggunakan ucapan dari mulut dan tulisan yang ditempelkan dengan kertas.

Hasil yang didapat menunjukkan bahwa perkataan, pikiran dan tulisan memiliki kekuatan yang besar. Ini bukan sulap bukan sihir. Menurut teori fisika kuantum, segala sesuatu di alam semesta ini adalah energi yang saling terhubung. Getaran energi dari setiap benda memiliki dampak terhadap benda lain. Pikiran perkataan, perbuatan dan tulisan juga memiliki getaran energi yang kuat.

Menariknya, kekuatan pikiran yang terpusat dan terlatih dalam konsentrasitingkat tinggi mampu digunakan untuk hal positif dan negatif, misalnya mewujudkan apapun yang kita inginkan dalam arti yang sebenarnya.

Dalam hal positif, kita bisa memikirkan rezeki bertambah atau memiliki rumah mewah, mobil mewah dan kekayaan yang melimpah. Namun di sisi negatifnya, kekuatan pikiran bisa untuk merusak pikiran orang lain, mengirim guna-guna, menyantet dengan energi negatif dalam tingkatan kuantum. Hal-hal ajaib seperti metafisika juga bisa diwujudkan dengan kekuatan pikiran, misalnya terbang dan teleport.

2. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Kenyataan saat Orang Jatuh Cinta

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Kenyataan saat Orang Jatuh Cinta
Image by: cftetonvalley.org

Banyak orang beranggapan bahwa hati, baik yang berarti organ yang bisa merasakan (misalnya hati bahagia, hati senang, sakit hati) maupun bersifat abstrak, adalah nyata. Benarkah demikian? Setelah dilakukan sebuah penelitian dan contoh teks laporan hasil observasi terhadap orang-orang yang sedang jatuh cinta, ternyata hati itu tidak ada, ilusi, atau bahkan bisa disebut delusi.

Sebenarnya, rasa cinta adalah sebuah keputusan dan berhubungan dengan sebab dan akibat. Keputusan di sini berarti bahwa si manusialah yang sebenarnya memutuskan baik secara sadar maupun tidak suatu perasaan cinta. Misalnya, sebut saja namanya Michelle, ketika Michelle melihat laki-laki yang berkulit putih, Michelle memutuskan untuk menyukai hal tersebut.

Berbeda dengan, sebut saja namanya Susi. Si Susi tidak akan menyukai pria seperti itu karena Susi ternyata orang Afrika yang seumur hidupnya diwarnai dengan orang kulit hitam. Susi selalu suka dengan pria berkulit hitam bukan putih. Bagi dia, pria berkulit putih itu aneh.

Hal ini terjadi karena pengaruh lingkungan dan keterkaitan sistem hormon dalam tubuh. Ketika rasa suka ini terus-menerus ada dalam pikiran (bukan hati) maka lama-kelamaan timbul rasa yang disebut manusia pada umumnya, cinta dan muncullah hati (yang sebenarnya adalah pikiran di dalam otak itu sendiri).

Adapun beberapa hormon dan senyawa yang bertanggung jawab pada munculnya rasa cinta di dalam “hati” adalah feromon, dopamin, testosteron, progesteron, norepinephrine, endorpin dan oksitosin. Berikut ini adalah proses terjadinya cinta di dalam “hati”.

Semua jenis rangsangan baik visual, suara, sentuhan, maupun bebauan akan diterima oleh otak tengah atau hipotalamus. Dari sini, akan dihasilkan suatu perintah dari otak tengah untuk memproduksi senyawa norepinephrine. Senyawa ini membuat jantung berdegup lebih kencang atau biasa disebut “hatiku deg-degan” saat bertemu dengan orang yang memberikan rangsangan ke otak.

Rangsangan yang kuat biasanya terpicu dari senyawa feromon (berasal dari ketiak, bibir, telinga, perut dan kemaluan) yang tercium oleh vomeronasal organ yang terletak di dalam hidung. Rangsangan ini juga sanggup membuat hipotalamus memproduksi hormon testosteron atau progesteron untuk membuat seseorang selalu ingin dekat dengan orang yang memberikan rangsangan.

Bila hal ini terus terjadi maka seseorang yang sedang jatuh cinta akan siap melakukan reproduksi dengan seseorang. Lain halnya dengan dopamin. Hormon ini berfungsi memberikan rasa malu-malu mau. Sedangkan hormon endorphin berfungsi untuk memberikan rasa nyaman dan tenteram. Yang jelas hormon oksitosin-lah yang menciptakan perasaan setia dan “teman hidup” dengan pasangan.

Semua proses yang terjadi di atas semata-mata murni karena hukum sebab akibat yang ada di alam semesta ini. Ketika seseorang merasakan cinta atau patah hati atau kekecewaan terhadap hal-hal tertentu yang membuat patah “hati”, semuanya adalah semu dan tidak nyata ada secara substansial.

Kenyataannya, rasa cinta, bahagia dan kecewa semuanya terjadi karena keputusan manusia itu sendiri yang kemudian terhubung dengan sistem kelenjar dan hormonal di dalam tubuh. Jadi, jatuh cinta, patah hati, jatuh hati, hati tersakiti. rasa karmaran, benci menjadi rindu, cemburu, rindu, birahi dan perasaan cinta yang telah memudar sebenarnya hanyalah keputusan manusia itu sendiri.

3. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Sesuatu yang Bergerak Melebihi Kecepatan Cahaya

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Sesuatu yang Bergerak Melebihi Kecepatan Cahaya

Beberapa dekade yang yang lalu, para ilmuwan termasuk Albert Einstein mengatakan bahwa tidak ada sesuatu pun di alam semesta ini yang bisa bergerak cepat melebihi kecepatan cahaya. Hal ini dikarenakan, setiap atom memiliki elektron sebagai penyokong strukturnya. Kenyataannya, cahaya adalah radiasi dari elektron yang disebut foton.

Jadi, tidaklah mungkin bagi suatu materi untuk bisa bergerak dengan kecepatan melebihi kecepatan cahaya. Secara teori itu benar. Namun, masih ada teori fisika lainnya yang sanggup membuat suatu materi bergerak melebihi kecepatan cahaya. Teori ini disebut teori warp drive.

Teori ini menjelaskan bahwa serat angkasa atau space fiber (yang sebenarnya adalah energi murni) yang tak lain adalah ruang angkasa itu sendiri bisa dikerutkan atau juga bisa dikembangkan. Gaya pengerutan (kontraksi) digabungkan dengan gaya pengembangan (ekspansi) yang berkesinambungan akan membuat materi di dalam medan tersebut bergerak melebihi kecepatan cahaya.

Gambaran mudahnya adalah bayangkan sebuah pesawat yang berada di dalam sebuah medan serat angkasa yang telah dimanipulasi (warp drive) bergerak maju karena jalur lintasannya (angkasa itu sendiri) ditarik dari depan (kontraksi) dan didorong dari belakang (ekspansi) seperti ombak tsunami. Di dalam medan ini, pesawat seakan-akan tidak bergerak atau tetap diam.

Jadi, yang bergerak bukan pesawatnya namun lintasannya. Gagasan brilian ini dikemukakan oleh ilmuwan yang bernama Miguel Alcubierre. Warp drive menggunakan teori gravitasi kuantum yang tidak dikemukakan oleh Einstein. Kekuatan dorong warp drive tidak terbatas. Dengan kata lain, pesawat dengan menggunakan teknologi warp drive mampu bergerak jauh melampaui kecepatan cahaya.

Kecepatan cahaya tercatat sebesar 300.000 km per detik (setelah pembulatan). Perjalanan antar planet, bintang dan galaksi akan jauh lebih cepat bila pesawat menggunakan teknologi warp drive. Hal ini dikarenakan apabila pesawat masih menggunakan kecepatan suara atau bahkan cahaya, perjalanan luar angkasa akan terasa seperti siput yang sangat lambat.

Meskipun terkesan luar biasa, hingga saat ini, para ilmuwan masih memiliki masalah dalam mewujudkannya. Hal ini dikarenakan teknologi warp drive hanya bisa diwujudkan dengan tenaga yang berasal dari masa negatif dari suatu materi. Adapun materi yang dimaksud adalah materi eksotik atau exotic matter. Observasi terhadap alam semesta tidak menemukan adanya materi eksotik.

Dengan kata lain, para ilmuwan harus merekayasa sendiri unsur-unsur yang ada di alam semesta untuk menciptakan materi eksotik. Saat ini, para ilmuwan masih terus berusaha untuk menciptakannya. Berbagai penelitian dan observasi yang menelan biaya jutaan dollar Amerika terus dilakukan.

Semakin besar masa negatif maka semakin besar pula daya kelajuan suatu lintasan. Meskipun terkesan mustahil namun para ilmuwan yang jenius mengetahui bahwa tidak ada sesuatu yang mustahil di alam semesta ini. Semuanya hanyalah masalah waktu.

Para ilmuwan juga telah membuat beberapa kandidat model pesawat yang menggunakan teknologi warp drive. Yang pasti, pesawat dengan teknologi warp drive dama sekali tidak memakai bahan bakar fosil sebagai kekuatan daya kelajuannya. Perlahan tapi pasti, teknologi mesin pesawat dengan bahan bakar fosil akan ditinggalkan.

4. Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Kesalahpahaman Mengenai Gaya Gravitasi

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Kesalahpahaman Mengenai Gaya Gravitasi

Sewaktu kita sekolah. Guru IPA kita menjelaskan bahwa planet-planet mengitari matahari, manusia berpijak pada bumi, benda jatuh dari atas ke bawah dan bulan mengelilingi bumi dan matahari semua dikarena gaya gravitasi planet, matahari dan bulan. Sampai di titik ini, gaya gravitasi memang menyebabkan rotasi dan revolusi planet terjadi.

Namun masalahnya adalah gaya gravitasi bukanlah gaya tarik suatu planet atau bintang (matahari misalnya). Semua planet, bulan, bintang dan semua yang berotasi dan berevolusi mengelilingi pusat galaksi atau disebut quasar tidak terjadi karena gaya tarik menarik antar planet dan bintang tetapi karena gaya sebuah kumparan medan elektromagnetik atau biasa disebut dengan vorteks kinetik.

Bumi, planet-planet, matahari, bintang-bintang dan bulan memiliki vorteks kinetik-nya masing-masing. Sesuai dengan hukum alam semesta mengenai arah putaran elektron pada sebuah atom adalah searah atau berlawanan arah jarum jam.

Energi yang dihasilkan dari perputaran elektron ini, yang dalam skala yang lebih besar berarti perputaran planet dan bintang, mampu menghasilkan sebuah medan elektromagnetik yang berputar seiring dengan perputaran planet atau bintang.

Dikarenakan masa planet dan bintang sangatlah besar maka energi elektromagnetik dari gerakan vorteks juga sangat besar.

Hal ini mampu melengkungkan serat angkasa. Melengkungnya serat angkasa inilah yang menyebabkan perputaran planet mengelilingi matahari dan pusat galaksi. Semua bentuk rotasi dan revolusi planet maupun bintang tercipta karena perputaran medan elektromagnetik yang berasal dari elektron dalam jumlah besar.

Vorteks kinetik menyebabkan planet berputar mengelilingi area di sekitar matahari yang melengkung. Jadi bukan gaya tarik-menarik antara planet-planet dengan matahari. Adapun manusia bisa menapakkan kaki di bumi bukan karena bumi menarik manusia tetapi karena perputaran energi elektromagnetik bumi yang sangat besar menekan medan elektromagnetik manusia yang jauh lebih kecil.

Observasi sederhana bisa kita lakukan untuk membuktikan bahwa bukanlah gaya tarik bumi dan gaya tarik matahari yang menyebabkan bumi berputar mengelilingi matahari. Seperti yang kita ketahui mengenai lapisan-lapisan atmosfer bumi di mana lapisan teratas adalah lapisan eksosfer.

Di lapisan ini apabila kita menjatuhkan apel maka apel tidak akan jatuh tertarik ke bumi namun akan melayang dan bergerak ke luar angkasa. Hal ini dikarenakan pada lapisan eksosfer, energi vorteks kinetik bumi tidak lagi ada untuk menekan ke bawah bumi atau juga bisa disebut mencapai batasnya. Menarik apel saja sudah tidak bisa apalagi tarik-menarik dengan matahari yang jaraknya sangat jauh.

Kesimpulannya adalah gaya gravitasi sebenarnya adalah gaya vorteks kinetik yang berasal dari energi perputaran elektron dalam jumlah besar. Hal ini juga berkaitan dengan masa suatu benda (planet dan bintang misalnya). Semakin besar masa suatu benda semakin besar pula jumlah elektron-nya dan semakin besar pula energi vorteks kinetik-nya.

Energi yang sangat besar dari elektron inilah yang menyebabkan melengkungnya serat angkasa atau space fiber atau ruang angkasa itu sendiri. Jalur melengkung inilah yang menyebabkan bumi mengelilingi matahari. Sedangkan penyebab manusia menapakkan kaki di bumi dikarenakan energi vorteks kinetik selain berputar juga menekan ke pusat benda (dalam hal ini bumi).

Komentar disini