7 Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksposisi
Image by: San Jose Public Library

Kalimat.id – Dalam mempelajari sastra Bahasa Indonesia, kita seringkali mendengar kalimat eksposisi yang menjadi salah satu rujukan atau referensi. Ada banyak contoh teks eksposisi yang kita dengar dan kita baca setiap harinya tanpa disadari. Televisi yang sedang menayagkan berita dan memberikan informasi kepada penonton merupakan bentuk contoh teks eksposisi yang di visualisasikan melalui media elektronik.

Contoh teks eksposisi sendiri adalah sebuah paragraph, karangan, atau pesan yang di dalamnya mengandung informasi, pengetahuan, fakta, atau pemberitaan yang di bingkai dalam informasi yang singkat, padat dan jelas. Contoh teks Eksposisi sendiri memiliki sifat atau karakteristik non-fiksi dimana isi yang disampaikan murni berdasarkan kenyataan yang ada, logis dan bisa diterima nalar serta telah dibuktikan sebelumnya.

Apa Saja Jenis Jenis Teks Eksposisi

Contoh teks Eksposisi sendiri memiliki beberapa jenis yang di klasifikasikan berdasarkan muatan atau isi yang disampaikan dalam teks tersebut. Ada sangat banyak jenis contoh teks eksposisi namun yang paling sering digunakan dan yang paling sering kita dengar, lihat dan baca setiap harinya. Jenis jenis kalimat eksposisi tersebut antara lain:

– Kalimat Eksposisi Definisi
– Kalimat Eksposisi Klasifikasi
– Kalimat Eksposisi Proses
– Kalimat Eksposisi Pertentangan Atau Argumentasi
– Kalimat Eksposisi Perbandingan
– Kalimat Eksposisi Berita
– Kalimat Eksposisi Ilustrasi

Jenis-jenis kalimat eksposisi yang sudah disebutkan di atas memiliki tema tersendiri seperti misalnya kalimat eksposisi definisi tentang lingkungan, pendidikan, alam dan sebagainya. Sama halnya dengan kalimat eksposisi proses nantinya bisa dibuat berbagai macam kalimat misalnya kalimat eksposisi proses pembuatan makanan tertentu, proses terjadinya peristiwa alam dan sebagainya.

Apa Itu Eksposisi dan Contohnya

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

pendidikan
Image by: timeshighereducation.com

– Pendidikan Kewarganegaraan sebagai pendidikan karakter

Dalam proses belajar mengajar, ada banyak mata pelajaran yang diajarkan oleh guru kepada para muridnya. Ke semua pelajaran tersebut memang penting sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuan siswanya. Akan tetapi ada satu mata pelajaran yang seringkali dikesampingkan karena dianggap tidak merujuk langsung pada ilmu eksakta yang diajarkan sekolah.

Yaitu mata pelajaran Kewarganegaraan yang meskipun diwajibkan di setiap jenjang dan level sekolah mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama hingga sekolah menengah atas akan tetapi pelajaran ini justru hanya dianggap hanya untuk memenuhi mata kuliah kewarganegaraan semata. Padahal di dalamnya, tersemat pendidikan karakter yang mampu membangun karakter siswa dari dasar.

Pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan karakter disini mampu membangun sikap, nilai-nilai perilaku, adab, tingkah, motivasi, dan keterampilan yang baik di masyarakat sosial. Dimana pendidikan kewarganegaraan memang tidak langsung merujuk pada pembangunan karakter anak bangsa, tetapi di dalam pendidikan kewarganegaraan kesadaran lah yang terlebih dahulu di bangun.

Proses pembelajaran kewarganegaraan menanamkan nilai-nilai luhur terutama nilai-nilai dalam pancasila dimana nilai-nilai pancasila mampu membangun karakter anak bangsa sesuai dengan cita-cita Indonesia. Oleh karenanya, pendidikan karakter ini harus selalu ada dan selalu ditanamkan pada generasi muda Indonesia dari pendidikan paling dasar hingga pendidikan tertinggi dan menghasilkan manusia berbudi.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

lingkungan

– Pro Kontra di Balik Produksi Minyak Sawit

Indonesia yang merupakan negara agraris menekankan sektor pertanian dan perkebunan sebagai salah satu pendapatan negara dan mendukung serta meningkatkan pendapatan masyarakat. kesejahteraan masyarakat Indonesia sangat terlihat jelas ketika salah satu komoditi yang ditanam meraup untung dalam jumlah besar baik karena faktor panen yang berhasil atau karena komoditi tersebut cukup diminati.

Salah satu komoditi yang menjadi daya jual dan mampu meningkatkan ekonomi Indonesia adalah kelapa sawit. Buah dari pohon sawit sendiri merupakan bahan utama pembuatan minyak goreng sawit yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk memasak. Minyak sawit sendiri menjadi komoditi yang meningkatkan ekonomi dan pembangunan masyarakat Indonesia.

Indonesia sendiri juga menjadi pengekspor minyak sawit terbesar di Eropa. Beberapa produk Eropa menggunakan minyak sawit sebagai bahan baku utamanya. Tidak hanya makanan, minyak sawit diolah menjadi beberapa produk seperti make up, sabun, lilin dan sebagainya. Kebutuhan pasar dunia akan minyak sawit ternyata tidak selamanya positif karena ada dampak buruk yang kemudian muncul.

Masalah lingkungan yang ditimbulkan oleh perkebunan sawit ini menyebabkan perkebunan dan pengolahan sawit sebagai salah satu komoditi unggulan di Indonesia mendapat kesan negatif. Pasalnya setiap kali perusahaan ingin membuka lahan sawit, cara yang dilakukan adalah dengan menebang pohon dan mengeksploitasi hutan dimana hutan merupakan rumah bagi berbagai binatang yang dilindungi.

Terlebih lagi beberapa perusahaan minyak sawit justru menggunakan metode membakar hutan dalam membuka lahan baru dengan alasan lebih efisien dan hemat. Metode tersebut tidak hanya merusak hutan tapi juga mencemarkan udara karena bercampur dengan asap pembakaran. Asap dari kebakaran hutan untuk lahan sawit ini disarakan tidak hanya oleh masyarakat Indonesia tapi juga ke luar negeri.

Ada pula dalam masa proses penanaman dan pembudidayaan sawit memerlukan air yang tidak sedikit untuk menyiram tanaman sawit. Hal ini membuat petani sawit harus menyediakan air dalam jumlah banyak dan menurut beberapa pengamat justru air tersebut cenderung di sia-siakan karena sawit tidak menyerap seluruh air yang diberikan. Hanya saja tanah perkebunannya harus selalu di basahi.

Terlebih lagi jika musim penghujan tiba. Pemukiman di sekitar perkebunan sawit berpotensi mengalami bencana alam banjir dan tanah longsor karena mengingat akar sawit merupakan akar serabut yang tidak dapat menyerap air dalam jumlah banyak dan tidak dapat menahan tanah. Itu sebabnya, pemukiman di sekitar perkebunan sawit memiliki masalah lingkungan tertentu yang sulit diselesaikan.

Hal yang menjadi perhatian dunia adalah ketika data lingkungan membuktikan bahwa setidaknya ada 25 ekor orang hutan meninggal setiap harinya ketika perusahaan minyak sawit membuka lahan baru. Konddi ini memunculkan kebijakan para pegiat lingkungan dan pelindung hewan yang terancam punah khususnya negara yang sangat menghargai HAM dan lingkungan seperti Eropa.

Beberapa bulan silam, negara-negara Eropa yang sebelumnya merupakan tujuan Indonesia melakukan ekspor minyak kelapa menolak untuk menerima ekspor minyak kelapa dengan alasan lingkungan tadi. Kebijakan negara-negara Eropa ini mengancam keberlangsungan hubungan ekonomi Indonesia dengan Eropa mengingat tidak hanya komoditi sawit saja yang dieskport namun juga ada kayu dan sebagainya.

Gerakan para pegiat anti minyak kelapa sawit dalam negeri juga mengancam kesejahteraan para petani sawit. Padahal sebagian besar petani di daratan pulau Sumatra dan Kalimantan menggantungkan hidupnya pada bertani sawit karena selain penghasilannya yang cukup besar juga kelapa sawit sangat mudah ditanam di tanah Sumatra dan Kalimantan.

Contoh Eksposisi Definisi

definition
Image by: culturesatwork.com

– Madu Alami

Madu merupakan sari-sari bunga (nektar) dengan tekstur kental seperti sirup berwarna cokelat keemasan dengan rasa manis dan khas. Nectar yang diperoleh dari bunga dan disimpan dalam kantung madu pada tubuh lebah dikunyah kemudian setelah halus diisi pada sel yang berbentuk hexagonal pada sarang lebah. Jika sel penuh maka permukaannya akan ditutupi dan terjadilah proses fermentasi.

Rasa manis pada madu sendiri berasal dari rasa alami nectar bunga ditambah lagi proses frementas yang menghasilkan rasa manis madu yang khas. Oleh karenanya madu lebih sering di konsumsi meski kegunaan madu tidak hanya untuk di konsumsi. Penggunaan madu oleh manusia sudah berlangsung sejak lama baik untuk di konsumsi secara langsung, diolah terlebih dahulu, atau dijadikan obat luar.

Kini, penggunaan madu hampir melingkupi seluruh kegiatan konsumsi manusia mulai dari diolah sebagai minuman, di konsumsi langsung, sebagai selai yang dioleskan diatas roti, bahkan dijadikan olesan ketika memanggang daging. Daging yang diolesi madu terlebih dahulu sebelum memanggang akan menghasilkan aroma dan rasa yang khas dan sangat lezat. Olahan ini hampir dijumpai di seluruh negara.

Manfaat madu sendiri sangat beragam mulai dari mengobati dan mencegah peradangan, sebagai pengganti gula bagi penderita diabetes, sebagai antibiotik yang dengan cepat menyembuhkan luka dari dalam, madu osmotik dengan aktivitas air yang rendah sehingga mikroorganisme tidak dapat berkembang biak di dalam madu, melindungi usus besar seta bisa diolah menjadi produk kecantikan.

Contoh Teks Eksposisi Proses

contoh teks eksposisi proses
Image by: further.co.uk

– Pembuatan minyak kelapa murni

Kelapa merupakan salah satu tanaman palawija yang seluruh elemen pohonnya bermanfaat untuk digunakan. Batang pohon kelapa merupakan kayu serabut namun sangat kuat dan sering kali digunakan sebagai bahan bangunan. Daun kelapa yang mudah dibentuk sehingga sering dimanfaatkan manusia untuk membuat atap, membungkus makanan, dan kerajinan lainnya yang tak kalah bermanfaat.

Terlebih lagi buah kelapa merupakan tanaman yang selain pengolahannya sangat banyak, rasanya juga nikmat. Air kelapa muda yang manis dijadikan sebagai minuman segar ,dagingnya pun bisa dijadikan isi-isian es buah. Daging kelapa tua biasanya diambil santannya dan diolah menjadi berbagai makanan yang lezat dan nikmat. Daging kelapa ini mengandung minyak alami yang menyehatkan tubuh.

Mengolah daging kelapa muda menjadi minyak kelapa yang jauh lebih menyehatkan ternyata sangatlah mudah dan ekonomi. Pertama siapkan dua sampai tiga butir kelapa tua yang tidak terlalu kering dan tidak terlalu muda juga. Setelah itu parut kelapa agar lebih mudah mengambil sari-sarinya. Setelah itu, tambahkan air secukupnya saja untuk memeras parutan kelapa yang nantinya menghasilkan santan.

Saring air santan hingga ampas kelapa terpisah. Kemudian siapkan wajan dan kompor lalu masak santan sembari diaduk perlahan. Jangan pernah biarkan air santan terdiam karena nantinya ampas air santan akan menyatu dengan minyak. Aduk terus sampai air santan habis dan hanya menyisakan ampas santan dengan minyak alami dari kelapa itu sendiri. Setelah dingin, pisahkan ampas santan dengan minyak.

Minyak kelapa kemudian bisa digunakan baik untuk memasak maupun sebagai obat kesehatan dan kecantikan. Minyak kelapa jauh lebih sehat karena kandungan kolesterol yang lebih rendah dari minyak sawit. Selain itu, rasa minyak kelapa yang khas dan lebih gurih dapat meningkatkan rasa pada masakan. Minyak kelapa juga menjadi solusi minyak kesehatan keluarga Indonesia.

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

– Perbedaan masyarakat kota dengan masyarakat desa

Masyarakat merupakan elemen utama dalam hubungan sosial dan interaksi sosial. Penyebarana masyarakat sangat bervariasi karena tiap-tiap masyarakat memilih lokasi tempat tinggal secara lebih logis dan mengikuti kemampuan mereka. Masyarakat kota dan masyarakat desa merupakan contoh persebaran masyarakat di kehidupan sosial kita saat ini.

Kondisi tersebut menimbulkan perbedaan antara keduanya meski mereka sama-sama sebagai makhluk sosial. Dari segi karakter, masyarakat kota dan desa sangat berbeda. masyarakat kota cenderung memiliki karakter keras kepala, tidak mau mengalah, dan lebih egois karena mereka terbiasa dengan persaingan yang ketat. sedangkan masyarakat desa lebih menerima kondisi dan suka mengalah.

Masyarakat kota juga termasuk ke dalam masyarakat yang memiliki sifat peduli yang sangat kurang. Mereka cenderung memikirkan diri sendiri dan kontak sosial dengan sesama pun lebih rendah. Mereka terlalu sibuk bekerja bahkan rekan kerja pun dianggap musuh bagi mereka. Kehidupan yang serba sibuk dan tidak memiliki waktu luang untuk istirahat menjadikan tingkat stres masyarakat kota sangat tinggi.

Terlebih lagi, konflik sosial di perkotaan terjadi cukup sering dan rutin. Hal ini menyebabkan jiwa kemanusiaan yang perlahan terkikis dan egois yang justru meningkat. Sangat berbeda dengan masyarakat pedesaan yang lebih tenang karena mereka bekerja dengan alam. Mereka bekerja saling membantu sehingga tidak ada persaingan sosial. Pendapatan merata sehingga tidak ada ketimpangan.

Terlebih lagi mereka merupakan masyarakat yang cenderung menghindari konflik karena adanya sistem adat yang menganggap orang-orang berkonflik selalu dikucilkan. Mereka juga cenderung saling mengasihi satu sama lain dan menciptakan kerukunan dengan sesama. Inilah yang menjadi kelebihan masyarakat desa meski untuk penghasilan mereka cenderung rendah dibandingkan masyarakat kota.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Bencana Alam

Contoh Teks Eksposisi Tentang Bencana Alam

– Penyebab umum terjadinya Banjir

Banjir merupakan kondisi dimana air meluap pada permukaan bumi dan menyebabkan beberapa benda yang lebih rendah tenggelam. Banjir merupakan salah satu bencana alam yang sering terjadi di daerah yang sistem irigasinya buru. Banjir sering terjadi baik di kota maupun di desa sehingga terkadang suatu daerah tidak bisa diprediksi apakah daerah tersebut rawan banjir atau tidak.

Di musim penghujan pada akhir tahun, biasanya daerah yang langgananan banjir akan melakukan beberapa antisipasi karena penyebab utama banjir sendiri adalah hujan dengan intensitas tinggi yang turun terus menerus. Selain itu, ada juga beberapa wilayah yang meski terjadi hujan dengan intensitas tinggi namun tidak terjadi banjir. Kondisi tersebut karena ada beberapa faktor pendukung.

Faktor pendukung yang pertama adalah sistem irigasi yang buruk dimana selokan yang seharusnya menyalurkan air tersumbat. Tanah yang biasanya mampu menyerap air dalam jumlah banyak juga tersumbat karena beberapa hal. Bisa karena tersumbat oleh semen yang sengaja dibuat oleh manusia untuk melapisi tanah, bisa juga karena tanah tersebut memang sudah tidak bisa menyerap air.

Faktor pendukung yang kedua adalah sampah dari rumah tangga yang tidak dikelola dengan benar. Sampah yang terus menerus menumpuk dapat menyebabkan lingkungan tidak mampu bekerja dengan sebagai mana mestinya. terlebih lagi sampah plastik yang sulit terurai oleh tanah dan tidak bisa larut dalam air. Sampah akan menyumbat sungai dan selokan sehingga terjadinya banjir.

Faktor pendukung yang ketiga adalah kurangnya pohon dimana akarnya mampu menyerap air. Banjir yang disebabkan oleh kurangnya pepohonan ini sering terjadi di perkotaan dimana pepohonan ditebang untuk membuka lahan hunian baru. Akar pepohonan mampu menyerap air dengan baik sehingga bila terjadi hujan maka akar pohon ini akan mengurangi genangan air di permukaan tanah.

Selain itu, pegunungan atau perbukitan yang pohonnya habis dapat memperparah banjir dimana air hujan yang turun di sekitar pegunungan akan turun ke pemukiman warga. Yang lebih parah lagi adalah ketika air hujan yang turun disertai dengan tanah yang gembur yang mengakibatkan terjadinya bencana lain yaitu tanah longsor. Itulah mengapa keberadaan pohon sangat penting bagi kehidupan manusia.

Komentar disini