Beranda Pendidikan 6 Contoh Surat Pribadi Untuk Semua Keluarga dan Sahabat

6 Contoh Surat Pribadi Untuk Semua Keluarga dan Sahabat

Contoh Surat Pribadi

Kalimat.ID – Contoh surat pribadi – Apa sebelumnya, Anda pernah punya pengalaman menuliskan surat pribadi kepada seseorang yang spesial? Walaupun saat ini menulis dan mengirimkan surat pribadi kepada seseorang yang spesial dianggap sebagai hal yang jadul serta ketinggalan jaman.

Namun, di jaman dulu membuat surat pribadi sangat bermanfaat sekali sebagai sarana komunikasi jarak jauh. Meskipun sekarang, pembuatan dan pengiriman surat pribadi mulai ditinggalkan, karena manfaatnya sudah tergantikan dengan kecanggihan smartphone.

Namun, sebagai tambahan edukasi, Anda harus mengetahui bagaimana cara membuat surat pribadi beserta contoh surat pribadi. Proses pembuatan surat pribadi, sangat berbeda dengan pembuatan surat resmi. Nah, sejauh ini apakah Anda sudah mengerti pengertian dari surat pribadi?

Definisi Dari Surat Pribadi

Apa sih definisi dari surat pribadi itu? Surat pribadi merupakan surat media informasi yang bersifat personal, karena memang dibuat oleh individu. Surat jenis ini tidak bersifat resmi, sehingga gaya bahasa yang digunakan diperbolehkan menggunakan bahasa sehari-hari, bahkan diperbolehkan untuk menggunakan bahasa daerah masing-masing, selama itu masih bersikap sopan dan mudah dimengerti oleh penerima surat.

Bukan hanya itu saja, jumlah kata yang digunakan untuk menuliskan surat pribadi juga tidak dibatasi. Kendati proses pembuatannya tidak terikat oleh banyak aturan, namun susunan dari pembuatan surat pribadi tetap harus disesuaikan dengan format yang berlaku, diantaranya adalah sebagai berikut:

Format Susunan Penulisan Surat Pribadi

– Tempat (nama kota), tanggal pembuatan surat
– Salam pembuka / kata sapaan
– Paragraf pembuka
– Isi surat
– Paragaf penutup
– Penutup
– Nama pengirim / pembuat surat
– Tanda tangan

Selain harus disusun menggunakan format penulisan tersebut, surat pribadi harus menggunakan bahasa yang sopan, komunikatif dan mudah dimengerti. Sebagaimana dengan namanya, surat pribadi ini termasuk jenis surat yang dikategorikan sebagai surat privasi, karena memang hanya diketahui oleh dua pihak saja, yakni pembuat / pengirim surat dan penerimanya.

Tujuan Dibuatnya Surat Pribadi

Tujuan dituliskan dan dikirimkannya surat pribadi, bukan hanya sekedar untuk memberikan sebuah kabar saja, tetapi juga ditujukan untuk menjelaskan tentang isi perasaan orang yang mengirimkannya dalam satu keadaan tertentu, sehingga penerimanya dapat turut merasakannya setelah membaca surat tersebut.

Dari pengertian, susunan format penulisan hingga tujuan dibuatnya surat pribadi sudah dijelaskan di sini. Dari informasi yang sudah Anda dapatkan tersebut, apakah Anda bisa menuslikan contoh surat pribadi yang baik dan benar? Agar informasi yang Anda peroleh menjadi semakin lengkap, maka Anda harus mengetahui cara untuk membatnya.

Cara Membuat Surat Pribadi

Proses penulisan dan pembuatan surat pribadi sangat mudah untuk dilakukan, bahkan siapa pun dapat membuatnya.

1. Persiapkan Kertas dan Amplop Surat

Langkah awal yang harus dilakukan, tentu saja ialah dengan menyiapkan kertas untk menuliskannya. Anda bisa memutuskan, apakah surat pribadi tersebut akan diketik atau akan ditulis menggunakan tangan? Yang jelas, Anda bisa menggunakan kertas berwarna-warni, bahkan ketika diketik Anda pun bisa menuliskannya dengan font yang bebas, mulai dari jenis huruf, ukuran huruf hingga warna huruf.

Ketika memutuskan untuk membuat surat pribadi tulis tangan, maka Anda juga diperbolehkan menuliskannya dengan pena berwarna-warni. Anda pun bisa mempersiapkan amplop dengan desain dan bentuk yang unik serta menarik untuk mengirimkan surat tersebut.

2. Tuliskan Semua Hal Yang Ingin Anda Sampaikan

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, surat pribadi berfungsi untuk menyampaikan segala hal yang dirasakan kepada pihak penerima, sehingga tulis dan luapkan apapun yang hendak Anda sampaikan.

Ciri-ciri Surat Pribadi

Sebelum disajikan, mengenai contoh surat pribadi, akan lebih baik apabila Anda mengetahui seperti apa ciri-ciri dari surat pribadi. Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

– Memiliki bahasa yang beragam dalam penulisannya, asalkan pihak penerima surat bisa memahaminya.

– Memiliki kata sapaan yang bersifat privasi / pribadi, karena pemilihan kata sapaannya biasaanya mengandung pesan yang emotif.

– Tidak terdapat kop / kepala surat dan nomor surat

– Boleh disampaikan menggunakan bahasa sehari-hari, namun harus tetap disampaikan dengan sopan

– Menyertakan kata sapaan kepada penerimanya

– Sebaiknya, penulis surat menggunakan kata ganti orang pertama. Sementara pihak penerima surat menggunakan kata ganti orang kedua

– Diperlukan sebagai sarana komunikasi untuk keluarga, sahabat, teman, kerabat ataupun orang terdekat lainnya.

Contoh Surat Pribadi yang Baik dan Benar Beserta Contohnya

Nah sekarang ini, setiap informasi yang berkaitan tentang surat pribadi sudah Anda mengerti. Supaya menjadi semakin paham, berikutnya akan diberikan beberapa contoh surat pribadi yang terbaik.

1. Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat

Surabaya, 05 Maret 2019

Salam kangen,
Dari sahabatmu
Nakusha.

Apa kabarmu, Laras?

Semoga kamu dan keluarga baik-baik saja. Kabarku dan keluarga baik-baik saja, Alhamdulillah. Oh iya, seperti apa persiapanmu menjelan Ujian Nasional mendatang? Rencananya, aku akan pergi ke kotamu untuk mengunjungimu dan sekalian ingin mencari informasi beberapa kampus ternama yang ada di sana. Bisakah, kamu menemaniku nanti?

Pasti rasanya sangat sekali menghabiskan waktu beberapa hari bersamamu, mengingat kita sudah lama sekali tidak bertemu. Jika, aku diterima di salah satu kampus yang ada di kotamu, maka aku akan berkuliah dan tinggal di sana. Aku akan tinggal di rumah nenek dan itu artinya, kita akan menghabiskn banyak waktu seperti dulu.

Tunggu kedatanganku ya laras, karena aku sudah sangat tidak sabar bertemu denganmu.

Dari sahabatmu,

Nakusha

2. Contoh Surat Pribadi Untuk Orang Tua

Makassar, 06 Maret 2019

Assalamualaikum Wr. Wb

Apa kabar Ibu dan Bapak? Saya harap Ibu dan Bapak dalam keadaan sehat walfafiat. Maafkan anakmu ini, Pak, Bu, karena saya belum bisa pulang dalam waktu dekat ini. Tapi, saya punya kabar baik untuk kalian. Amira sedang hamil, itu artinya sebentar lagi kalian akan punya cucu. Jangan khawatir dengan kami, saya dan istri dalam keadaan sehat. Alhamdulillah.

Bisnis kami pun berjalan lancar dan sukses, saya akan tambah rajin kirim uang untuk Bapak dan Ibu. Tunggu kepulangan kami ke Solo ya, Pak, Bu. Kami akan pulang bukan hanya berdua lagi tapi nanti akan bertiga, bersama cucu kalian. Tolong selalu doakan anakmu ini, Pak, Bu, agar selalu jadi pribadi dan suami yang baik. Saya merindukan kalian, amat sangat rindu.

Cukup sekian dulu, surat dari anakmu. Saya tunggu balasannya secepatnya ya.
Wassalamualaikum Wr. Wb

Anakmu,

Irman

3. Contoh Surat Pribadi Untuk Kakek dan Nenek

Jakarta, 05 Maret 2019

Untuk Nenek dan Kakek
Tersayang

Assalamualaikum Wr. Wb

Nenek dan Kakak bagaimana kabarnya? Suci harap, nenek dan kakek selal baik-baik saya dan selalu berada dalam lindungan Allah SWT.

Suci ingin memberitahukan, bahwa pada liburan semester tahun ini, suci akan berkunjung kesana bersama Ayah dan Ibu. Kami sangat rindu dengan Kakek dan Nenek. Rasanya baru kemarin, Suci berkunjung pada saat tahun baru, tapi rasa rindu ini sudah tak dapat terbendung lagi. Suci rindu dengan suasana desa kita yang asri, Suci rindu mendegar petuah bijak dari kakek dan Suci juga rindu nikmatnya masakan nenek.

Sudah dulu ya, Nek, Kek. Tunggu kepulangan Suci, Ayah dan Ibu ya. Hanya tinggal beberapa minggu lagi kami akan ke sana. Tolong kalian selalu jaga kesehatan ya.

Cucumu tersayang
Suci

4. Contoh Surat Pribadi Untuk Anak

Lamongan, 6 Maret 2019

Untuk Anakku tersayang

Rudi

Apa kabar Le? Ibu harap, kamu baik-baik saja Nak. Kapan kamu akan pulang Nak? Ibu sudah sangat rindu. Bapakmu juga sering bertanya kepada Ibu, tentang kepulanganmu.

Ibu harap, liburan semester tahun ini kamu bisa pulang Nak, kesehatan Bapakmu semakin menurun. Bapak selalu memikirkanmu di tanah perantauan. Ibu dan Bapak selalu berdoa agar kelak kamu bisa jadi anak yang sukses, sholeh dan dapat mebanggakan orang tua.

Jangan sampai telah makan ya Le, tidurnya yang cukup. Jangan lupa ibadahnya, jangan lupa sama Allah dan semua pesan Ibu Bapak.

Kami menyangimu

Ibu dan Bapak

5. Contoh Surat Pribadi Untuk Ayah

Surabaya, 06 Maret 2019

Untuk Ayahku tersayang

Halo Ayah? Apa kabar? Dion harap Ayah baik-baik saja. Bagaimana rasanya bekerja di tempat dinas baru? Pasti sangat menyenangkan kan? Karena Dion lihat dari foto-foto yang telah Ayah kirim kemarin, suasana tempat kerja Ayah yang baru sangat menyenangkan, pemandanganya indah dan masyarakat di sana pun ramah.

Jadi, kapan Ayah akan mengajak Dion ke sana? Ajak Ibu dan Lina juga ya! Jangan khawatir soal mereka ya, Ibu dan Lina baik-baik saja. Selama Ayah dinas di Jakarta, Dion yang mengantikan tugas Ayah untuk menjaga mereka.

Cukup sekian dulu ya Yah, surat dari Dion. Tak sabar nunggu balasan Ayah untuk menceritakan setiap pengalaman Ayah ketika bekerja di sana.
Jagoanmu,
Dion

6. Surat Pribadi Untuk Paman dan Bibi

Jakarta, 5 Maret 2019

Untuk Paman dan Bibi
Di Solo, Jawa Tengah

Assalamualaikum Wr. Wb.

Apa kabar Paman dan Bibiku? Semoga selalu mendapatkan berkah sehat, kebahagiaan dan kesejahteraan dari Allah. Amin.

Paman dan Bibi, selamat atas kelahiran putra pertamanya ya! . Dari foto yang dikirimkan waktu itu, dia adalah bayi yang ganteng lucu dan sehat, mirip sekali seperti Paman. Tak sabar aku ke sana dan mengendong sepupu kecilku itu.

Rencananya bulan depan, kami sekeluarga akan datang ke sana untuk menengok si kecil. Kasih tahu ya, kepada sepupu kecilku, kalau semua kerabatnya akan mengunjunginya. Titip cium sayang buat si kecil ya.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Keponakanmu yang manis,

Marina

Beberapa contoh surat pribadi tersebut pasti akan membawa pembaca atau penerimanya menjadi turut terbawa perasaan dengan pesan emosi yang dituliskan oleh pengirimnya. Nah, apa sebelumnya Anda pernah membuat surat pribadi yang seperti itu? Jika belum, maka cobalah, walau hanya sekedar menyampaikan kabar kepada teman, keluarga, sahabat atau sanak saudara jauh.

Walau fungsi surat pribadi sudah tergantikan dengan kecanggihan smartphone saat ini. Namun, keberadaanya memang masih digunakan hingga saat ini, terutama di tempat atau daerah plosok yang minim jaringan sinyal. Selain itu, surat pribadi juga masih banyak dibuat para pelaut yang hendak memberikan kabar dan informasi kepada keluarga mereka.