Beranda Pendidikan 2 Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Baik dan Benar

2 Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Baik dan Benar

Contoh Surat Pengalaman Kerja

Kalimat.ID – Contoh Surat Pengalaman Kerja – Membuat surat pengalaman kerja dengan surat melamar kerja adalah dua hal yang berbeda. Untuk membedakan keduanya, di sini akan diinformasikan mengenai contoh surat pengalaman kerja.

Apakah Anda sudah mengetahui, kenapa surat pengalaman kerja adalah poin penting sebagai bahan pertimbangan perusahaan? Sebab, dari keberadaan dari surat pengalaman kerja tersebut, Anda bisa turut mempromosikan diri, sesuai dengan kemampuan, latar belakang pendidikan dan resume kerja yang dimiliki. Namun semua itu harus dibuat sebenar-benarnya, tidak boleh mengada-ngada.

Untuk bisa membuatnya, Anda harus menuliskannya dengan baik dan benar, agar Anda memiliki peluang besar untuk diterima di perusahaan / lembaga yang dituju dengan posisi pekerjaan yang diinginkan.

Di luar sana, begitu banyak orang yang memerlukan pekerjaan, namun lapangan pekerjaan yang tersedia belum memadai, sehingga hal tersebut membuat perusahaan menjadi lebih selektif dalam memilih karyawan.

Agar, kehadiran dari surat pengalaman kerja Anda dapat bersaing ke kandidat lain, maka surat yang Anda membuatnya dengan tata cara yang baik dan benar. Yang nantinya, surat tersebut akan membawa Anda untuk memiliki pekerjaan yang telah lama diinginkan selama ini.

Tips Membuat Surat Pengalaman Kerja yang Baik dan Benar

– Tuliskan surat pengalaman kerja dengan susunan kata atau kalimat baku sesuai dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia.
– Perhatikan kalimat yang digunakan. Pastikan bahwa Anda menuliskannya dengan kata-kata yang tidak bertele-tele, mudah dipahami, sopan dan menarik
– Gunakan penulisan ejaan dengan benar, baik nama, gelar dan jabatan
– Tuliskan nama dan alamat perusahaan yang ditujukan
– Pastikan Anda telah menuliskan tujuan surat dengan jelas
– Ada baiknya, jika Anda membaca ulang surat pengalaman kerja yang dibuat, untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan penulisan atau ketikan
– Pastikan surat pengalaman kerja ditulis pada kertas yang bersih, tidak terdapat bekas lipatan dan coretan

Sekarang jadi tahu kan, seperti apa cara penulisan contoh surat pengalaman kerja yang baik dan benar? Namun, semua itu masih belum cukup, karena Anda masih harus mengetahui ketentuan membuat surat pengalaman kerja beserta setiap bagian penting yang harus disertakan di dalamnya.

Ketentuan Membuat Surat Pengalaman Kerja

– Harus dibuat dengan jujur dan sebenar-benarnya
– Keterangan surat pengalaman kerja harus dibuat atau dikeluarkan dari perusahaan yang merupakan tempat sebelumnya Anda bekerja
– Dikategorikan sebagai surat resmi, sehingga harus dilengkapi dengan kop / kepala surat dan nomor surat
– Harus disertakan nama dan identitas pihak perusahaan yang membuatnya (personalia, HRD atau pimpiman perusahaan)
– Harus disebutkan apa jabatan / posisi pekerjaan Anda sebelumnya, berapa lama Anda bekerja dan seperti apa loyalitas Anda selama bekerja di sana
– Harus dilengkapi dengan identitas Anda, sebagai pihak yang memiliki pengalaman pekerjaan

Setelah mengetahui ketentuan membuat surat pengalaman kerja, Anda pun harus mengetahui bagian-bagian dari surat pengalaman kerja, sehingga Anda bisa membuatnya dengan susunan yang baik dan benar.

Bagian bagian Surat Pengalaman Kerja

Perlu diketahui bahwa surat pengalaman kerja ini haruslah dibuat atau dikeluarkan oleh pihak perusahaan yang sebelumnya menjadi tempat Anda bekerja. Jadi, surat ini bersifat resmi, karena memang dikeluarkan langsung oleh perusahaan yang bersangkutan, yang menyatakan bahwa sekian lama Anda telah menunjukkan kemampuan dan loyalitas terbaik ketika bekerja di perusahaannya. Oleh karena itu, pembuatan surat pengalaman kerja harus dilengkapi dengan bagian-bagian yang ada di bawah ini:

1. Kepala Surat/Kop Surat

Kop atau kepala surat bertuliskan tentang, nama perusahaan, alamat hingga nomor telepon yang dulunya merupakan tempat Anda bekerja. Kop surat dituliskan di awal, yakni dituliskan dengan rata tengah, huruf kapital dan dituliskan dengan huruf tebal.

Contoh penulisan kop/kepala surat

PT. Indonesia Adil dan Makmur
Jalan. Gajah Mada No. 50 Kediri – Jawa Timur Tlp. (031)7745561
——————————————————————————————————

2. Perihal Surat

Harus disertakan perihal atau jenis surat yang dibuat, yakni harus dicantumkan keterangan yang menyatakan bawah surat tersebut merupakan “Surat Pengalaman Kerja”. Tujuannya, agar pihak penerima surat mengetahui dengan jelas apa, maksud dan tujuan surat tersebut. Adapun format penulisannya, bisa diletakkan tepat di bawah kop surat.

3. Nomor Surat

Dikarenakan dikategorikan sebagai surat resmi, contoh surat pengalaman kerja yang baik dan benar haruslah dilengkapi dengan nomor surat. Tujuan dari nomor surat tersebut dijadikan sebagai kearsipan perusahaan yang mengeluarkannya, sehingga nomor surat tersebut wajib disertakan oleh perusahaan yang dulunya merupakan tempat Anda bekerja.

4. Identitas Pembuat Surat

Selanjutnya, harus dicantumkan identitas dan pembuat surat yang menyatakan bahwa Anda terbukti benar pernah bekerja di perusahaannya.

5. Identitas Anda

Sebagai pihak yang dinyatakan pernah bekerja dengan kemampuan terbaik, maka identitas Anda juga perlu dicantumkan.

6. Isi Surat

Isi surat haruslah berupa pernyataan yang menjelaskan bahwa Anda pernah menjadi bagian dari perusahaan tersebut, waktu Anda bekerja dan harus menjelaskan seperti apa loyalitas Anda selama bekerja di sana.

7. Penutup Surat

Sama halnya dengan jenis surat lainnya, surat pengalaman kerja juga harus diakhiri dengan penutup surat. Buatlah kaimat penutup yang singkat, padat, jelas dan mudah dimengerti.

8. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Setelah penutup, harus dicantumkan tempat dan tanggal pembuatan surat. Yang mana format penulisannya, seperti ini: Surabaya, 24 Desember 2019.

9. Tanda Tangan dan Nama Terang

Di bagian ini harus diisi dengan tanda tangan dan nama terang pihak perusahaan yang membuatnya. Biasanya, penulisan nama akan diikuti dengan gelar dan jabatan yang dimiliki.

Nah, dari sini pastinya Anda bisa membedakan seperti apa surat pengalaman kerja dan surat lamaran kerja. Sebagai pelengkap, berikut ini akan disertakan mengenai beberapa contoh surat pengalaman kerja yang baik dan benar.

Contoh Surat Pengalaman Kerja di Perusahaan

PT. DADI JAYA
Jl. Airlangga No. 50 Lamongan
Nomor Telpon 031 – 6123471
——————————————————————————————————

SURAT PENGALAMAN KERJA
No. 11/I/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: Muhammad Yunus
Jabatan: Personalia

Menyatakan bahwa:

Nama: Saifudin Ahmad
Jabatan: Kepala Gudang

Merupakan salah satu karyawan kami yang sudah bekerja dari tanggal 11 Januari 2014 hingga 11 Januari 2019 dengan jabatan sebagai Kepala Gudang. Selama masa aktif kerjanya, Beliau sudah menunjukan kinerja yang sangat baik tanpa pernah berbuat sesuatu hal yang merugikan perusahaan.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenar-benanya, semoga bisa digunakan dengan semestinya.

Lamongan, 11 Januari 2019

Muhammad Yunus

Personalia

PT. Dadi Jaya

Contoh Surat Pengalaman Kerja Sebagai Bidan

Rumah Sakit Umum Daerah Kota Surabaya, Jawa Timur
DR. Soetomo
Jl. Karangmenjangan. No. 50 – 56
Telp. : (0371) 5124337, Fax : (0371) 5124377
——————————————————————————————————

SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Nomor: 02/SPK-02/RSUDN/I/2019

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Dr. Dimas Hilmy, MM.
Jabatan: Kepala RSUD Dr. Soetomo Surabaya
Alamat: Jl. Karangmenjangan. No. 50 – 56

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa:

Nama: Dina Amira, A.Md.Keb.
Alamat: Jalan Bunga Matahari 2 No. 45 Lakarsantri, Surabaya

Telah bekerja pada RSUD sejak tanggal 12 Januari 2014 hingga 12 Januari 2019 dengan jabatan terakhir sebagai Bidan tetap rumah sakit.

Selama menjadi karyawan kami, Dina Amira, Amd. Keb telah mampu bekerja dengan sangat baik dan menunjukkan dedikasi serta loyalitas yang tinggi terhadap pekerjaannya.

Demikian surat keterangan ini kami buat dengan sebenarnya agar dapat dipergunakan dengan sebaik mungkin.

Surabaya, 12 Januari 2019
Kepala RSU Kota Mataram,

Dr. Dimas Hilmy, MM

Dari adanya, contoh surat pengalaman kerja ini, maka Anda sudah mengetahui secara jelas, seperti apa perbedaan dari surat pengalaman kerja dan surat lamaran kerja. Yang mana, perbedaanya adalah sebagai berikut ini:

Perbedaan Surat Pengalaman Kerja Dengan Surat Lamaran Kerja

I. Surat Pengalaman Kerja

– Surat pengalaman kerja dibuat langsung oleh perusahaan dulunya adalah tempat Anda bekerja
– Tujuannya adalah sebagai pernyataan, bahwa sesungguhnya Anda telah bekerja dan telah menunjukan bakti dan dedikasi terbaik bagi perusahaan
– Dijadikan sebagai bukti, bahwa sesungguhnya Anda memang benar-benar pernah bekerja di perusahaan tersebut
– Ditujukan sebagai bahan pertimbangan ketika hendak melamar pekerjaan baru
– Biasanya dijadikan sebagai lampiran dokumen ketika melamar pekerjaan, yakni sebagai bahan pertimbangan

II. Surat Lamaran Kerja

– Dibuat oleh perorangan atau individu yang hendak mengajukan permohonan pekerjaan
– Tujuannya sebagai surat permohonan, agar diterima di perusahaan dengan posisi yang sesuai dengan kemampuan dan pengalaman kerja yang dituliskan
– Merupakan dokumen pertama, yang nantinya akan disusul oleh berkas lampiran dokumen lain, seperti: daftar riwayat hidup, foto copy ijazah terakhir, foto copy KTP, surat pengalaman kerja dan lain-lain (sesuai ketentuan yang dibutuhkan oleh perusahaan)
– Dituliskan berdasarkan informasi dan data diri yang sebenar-benarnya
– Format penulisan hanya berupa (tempat tanggal pembuatan surat, alamat tujuan surat, salam pembuka, pembuka surat, isi, penutup, tanda tangan dan nama terang)

Walaupun keduanya merupakan surat pribadi, namun terlihat jelas bahwa contoh surat pengalaman kerja ini dibuat dengan susunan yang lebih spesifik. Jadi, memang Anda tidak bisa membuat sendiri surat pengalaman kerja ini, karena Anda harus mendapatkannya dari perusahaan yang sebelumnya menjadi tempat Anda bekerja.

Jika pihak mantan perusahaan telah memberikan surat pengalaman kerja untuk Anda, maka Anda harus membaca dan mengeceknya ulang. Guna untuk mengantisipasi terjadinya penulisan dan pernyataan yang tidak sesuai. Sebab, keberadaan dari surat pengalaman kerja tersebut sangatlah penting sebagai salah satu bahan pertimbangan, agar Anda bisa diterima dengan baik di perusahaan yang baru.

Lantas, apakah Anda sudah mengetahui cara untuk mendapatkan surat pengalaman kerja ini? Jika memang memungkinkan, Anda bisa datang dan meminta langsung kepada pihak personalia atau pimpinan perusahaan untuk meminta dibuatkan surat pengalaman kerja.

Namun, apabila perusahaan yang dulunya menjadi tempat Anda bekerja menerapkan sistem yang formal, maka Anda bisa mendapatkan surat pengalaman kerja tersebut dengan mengajukan surat permohonan, yakni dengan tujuan untuk mengajukan permintaan agar dibuatkan surat keterangan pengalaman kerja yang berisikan tentang kemampuan dan dedikasi Anda selama bekerja pada perusahaan tersebut.