2 Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus yang Baik dan Benar

Kalimat ID – Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus – Sekarang ini setiap agenda kegiatan membutuhkan sebuah proposal sebagai keterangan semuanya. Dari sini nantinya dijelaskan mulai dari awal sampai akhir.

Seperti halnya kegiatan peringatan 17 Agustus ini tentu saja butuh yang namanya proposal. Sebetulnya ada banyak sekali contoh proposal Kegiatan 17 Agustus yang menarik dijadikan sebagai inspirasi. Sebagai tanggal kemerdekaan Republik Indonesia memang sudah seharusnya dirayakan. Banyak rangkaian kegiatan yang bisa dihadirkan untuk memeriahkan acara tersebut.

Adapun untuk kegiatan yang dilakukan meliputi pawai, perlombaan maupun lainnya. Tentunya hal ini dilakukan demi kelancaran sebuah acara peringatan 17 Agustus. Panitia yang menjadi penyelenggara nantinya akan mencari beberapa donatur demi mengumpulkan dananya.

Supaya dana yang menjadi kebutuhan ini bisa segera terkumpul maka anda harus mampu memberikan proposal baik dan juga benar. Dengan begitu nantinya semua donatur bisa mengerti apa saja kegiatan yang nantinya bakalan di selenggarakan.

lomba 17 agustus 1945
image by: tribunnews.com

Susunan proposal kegiatan 17 Agustus ini sebetulnya sangat mudah sekali hingga membuat siapapun merasa tertarik. Jika anda masih belum mengerti bagaimana susunan proposal yang benar. Sebaiknya simak saja penyusunannya berikut ini:

Cover Proposal

Bagian yang satu ini tentunya terbilang penting untuk diperhatikan. Dimana orang pertama kali melihat dari bagian covernya. Anda sudah seharusnya membuat bagian cover semenarik mungkin.

Berhubung acara yang akan diselenggarakan adalah memperingati 17 Agustus. Maka anda bisa membuat cover yang ada hubungannya dengan hal tersebut. Mulai dari desain covernya sampai dengan bagian logonya. Setidaknya anda sudah mencantumkan nama proposal sekaligus instansi, tahun serta logo.

Pendahuluan

Tentu saja pada bagian yang satu ini perlu adanya penerapan pola tulisan baik dari umum ke khusus. Setidaknya pembaca bisa mengerti jika kegiatan yang akan dilakukan adalah peringatan 17 Agustus. Mengapa harus bingung membuat bagian pembukaan jika sekarang sudah banyak sekali contoh yang telah dihadirkan.

Tujuan kegiatan

Tentunya anda juga perlu mengerti jika sebuah kegiatan yang dilakukan mempunyai tujuan tertentu. Dari sini anda bisa memunculkan beragam tujuan kegiatan pada proposal yang dibuat.

Namanya tujuan tentunya terkait dengan solidaritas, persatuan, menjalin silaturahim, memeriahkan hari kemerdekaan, maupun hal lainnya. Sementara untuk tema kegiatan tentunya bisa anda cantumkan maupun tidak cantumkan.

Peserta

Yang dinamakan peserta tentunya siapa saja yang menjadi sasaran kegiatan 17 Agustus an ini. Dimana anda harus mampu menjelaskan berapakah peserta yang mengikuti kegiatan. Serta dari mana saja peserta kegiatan ini berasal. Entah itu dari karang taruna atau bahkan peserta dari luar.

Waktu dan tempat

Dari banyaknya contoh proposal Kegiatan 17 Agustus tentunya anda mengerti jika dalam proposal tersebut juga menerangkan tentang tempat maupun waktu kegiatan. Kedua hal tersebut memang menjadi hal penting yang perlu anda perhatikan.

Apalagi anda harus mengerti apa saja susunan acara yang mana sudah direncanakan dengan baik. Namanya perkiran tentu perlu dibuat se-realistis mungkin. Hingga yang membaca proposal kini semakin mengerti waktu acara tersebut diselenggarakan.

Susunan Panitia

Perlu anda ketahui biasanya untuk susunan panitia kini bisa anda lampirkan secara terpisah. Dimana tersedia banyak nama yang bisa dicantumkan. Tentunya anda hanya perlu menulisnya pada proposal yakni terlampir. Dari sini anda bisa menjelaskan secara terperinci mengenai susunan panitianya.

Susunan Acara

Pada bagian ini tentunya anda bisa menjelaskan apa saja susunan acara yang memang sengaja dihadirkan. Dimana penyusunannya haruslah tepat hingga semua bisa berjalan dengan lancar. Jika susunan acaranya cukup sedikit tentunya bisa langsung anda tulis.

Tetapi jika susunan acaranya terbilang banyak sebaiknya anda melakukan penulisan secara terlampir. Hal ini dilakukan supaya proposal yang anda buat terkesan lebih bagus dan terlihat lebih rapi. Apalagi susunan acara kemungkinannya memang terdiri dari beberapa lembar. Jadi usahakan agar anda mampu melampirkan secara profesional.

Anggaran Dana

Pada bagian yang satu ini ternyata sama seperti pada bagian susunan acara. Dimana anda sebaiknya menulisnya secara terlampir. Setidaknya anda harus mampu perhatikan anggaran dananya serta usahakan dana pemasukan bisa sama dengan dana pengeluarannya. Supaya nantinya jelas berapa dana yang dibutuhkan untuk acara tersebut.

Jika memang pihak RT/RW maupun sekolahan sudah hadirkan anggaran dengan jumlah tertentu. Namun pengeluaran jumlahnya masih kurang dari pemasukannya sebaiknya anda menulis sisa dana pemasukan tadi menjadi lain-lain.

Sementara itu jika mendekati hari kegiatan sementara perlengkapan acara belum tersedia. Pastinya bisa mempergunakan uang kas dari bagian bendahara. Dengan sebuah catatan jika kebutuhan tersebut tergolong penting maupun mendesak.

Setidaknya setiap detail keuangan harus terperinci dengan baik hingga pembaca mengerti kemanakah dana itu dipergunakan.

Penutup

Bagian yang satu ini pastinya harus ada dalam pembuatan sebuah proposal kegiatan. Karena bagaimana pun juga bagian penutup memang mewakili semua penjelasan pada bagian awal.

Bagian penutup seringkali diisi menggunakan ucapan terima kasih, harapan kesuksesan penyelenggaraan 17 Agustus bahkan juga meminta sebuah dukungan baik secara moril maupun materi.

Harapannya semoga saja acara yang dilakukan ini bisa mempererat persatuan bahkan rasa cinta tanah air pun nantinya semakin tumbuh.

Siapapun orangnya sudah pasti berkeinginan menumbuhkan rasa cinta tanah air hingga hari kemerdekaan Indonesia menjadi momen penting dalam kehidupan.

Tentunya anda pun mengerti jika event yang dilakukan tanggal 17 Agustus ini menjadi salah satu event penting bagi seluruh rakyat Indonesia. Inilah mengapa acara tersebut harus diselenggarakan dimanapun tempatnya.

Kebanyakan dari mereka yang merayakan ternyata membuat acara semakin meriah. Bahkan jenis kegiatan yang dihadirkan begitu menarik sekali hingga membuat siapapun tertarik mengikuti segala kegiatannya.

Bagaimana pun juga supaya sebuah rencana kegiatan bisa berjalan lancar memang dibutuhkan bantuan dana. Dimana dana tersebut dipergunakan untuk memenuhi segala kebutuhan yang ada.

Ada kalanya dari pihak pemerintahan bakalan memohon bantuan baik dari keluarahan maupun pihak lainnya. Dengan begitu nantinya proses pengajuan berkas pun tergolong benar hingga diterima oleh siapapun.

Mungkin saja sekarang ini anda sedang bingung mencari inspirasi contoh proposal Kegiatan 17 Agustus yang baik dan benar. Dimana pembuatan proposal sebetulnya tidaklah sulit asalkan mengerti susunan pembuatan. Dari pada anda merasa penasaran sebaiknya simak saja contohnya berikut ini:

Contoh Pertama

KOP SURAT


Nomor: 001/SP/VIII/20120 Bandung, 17 Agustus 2020
Perihal: Permohonan Bantuan Dana

Kepada YTH
Bapak/Ibu/Sdr/i
Di tempat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, maka kami warga RT.01RW.02 desa Sukamulya akan mengadakan kegiatan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-72 ini dengan serangkaian acara untuk anak-anak, remaja dan dewasa, oleh karena kegiatan tersebut masih membutuhkan sejumlah dana.

Maka dari itu kami mengharapkan kesediaan Bapak/Ibu/Sdr/i untuk memberikan sedikit bantuan dana supaya acara bisa berjalan dengan lancar.

Demikian surat permohonan ini kami buat, atas perhatian dan bantuannya kami sampaikan terimakasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

Ketua Pelaksana                                        Sekretaris

JOKO SANTOSO                                        RIDA SISWANTI

Contoh Kedua

PROPOSAL KEGIATAN PERINGATAN HUT KEMERDEKAAN
REPUBLIK INDONESIA KE-72

1. Latar Belakang

Latar belakang pengadaan kegiatan 17 Agustus ini tak lain hanya untuk mengenang jasa para pahlawan yang dulu telah berjuang memerdekakan bangsa Indonesia. Semangat kemerdekaan ini harus selalu ada pada setiap individu agar Indonesia tetap makmur dan maju. Dengan hadirnya semangat proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 ini pastinya mampu mencetak manusia bertanggung jawab serta mampu menjaga keutuhan bangsa dan negara.

2. Maksud dan Tujuan

Adapun tujuan serta maksud penyelenggaraan kegiatan yakni:
– Bentuk rasa syukur terhadap Allah SWT atas segala nikmat kemerdekaan.
– Mampu tumbuhkan rasa kesatuan, persatuan serta kekeluargaan.
– Mengenang semua jasa para pahlawan yang sudah rela berkorban demi tanah air.
– Tingkatkan kesadaran tentang besarnya jasa pejuang memerdekakan Indonesia.
– Mendorong rasa cinta tanah air.

3. Tema Kegiatan

“Menanamkan rasa nasionalisme dengan mengedepankan kreatifitas dan sportifitas”

4. Sasaran Kegiatan

Warga di lingkungan RT.01 RW.02, Anak-anak, remaja dan dewasa.

5. Jenis Kegiatan
– Lomba balap kelereng
– Lomba balap karung
– Lomba makan kerupuk
– Lomba karaoke
– Lomba masukkan belut
– Lomba masukkan jarum
– Lomba tarik tambang
– Lomba panjat pinang

6. Waktu dan Tempat

Hari dan Tanggal : Rabu, 05 Februari 2020
Tempat : Lapangan Voly di Lingkungan RT.01 RW.02

SUSUNAN KEPANITIAAN

PEMBINA: KEPALA DESA SUKAMULYA
KETUA RW.02
PENANGGUNG JAWAB: KETUA RT.01

KETUA PELAKSANA: JOKO SANTOSO
WAKIL KETUA       : EKO S
SEKRETARIS         : RIDA SISWANTI
BENDAHARA         : TIKA WIJAYA
SEKSI HUMAS      : ENDIN SURATNA
RIKO FERDANA

SEKSI PERALATAN : IMAM S
BP. EKO SAPUTRO
RIKA SETIA

SEKSI ACARA       : INDRA SAPUTRA
ENDANG SAPUTRI

SEKSI KONSUMSI : IBU RIKA
SRI HARINI
KARTIKA

RENCANA ANGGARAN BIAYA
1. Peralatan Lomba : Rp.800.000
2. Hadiah : Rp.3.000.000
3. Panggung dan Sound System : Rp.900.000
4. Banner : Rp.400.000
5. Konsumsi : Rp.1.800.000
6. Kaos : Rp.1.700.000

Total : Rp.8.600.000

Demikian proposal ini telah kami buat, semoga saja dapat menjadi gambaran mengenai rencana kegiatan tersebut. Kami selaku panitia, mohon dukungan baik materi maupun moral supaya acara mampu berjalan dengan lancar.

Semoga saja apa yang telah menjadi usaha ini menjadi amal sholih serta keikhlasan hingga berbuah pahala. Terima kasih.

Sukamulya, 05 Februari 2020

Ketua Pelaksana                       Sekretaris

JOKO SANTOSO                       RIDA SISWANTI

Mengetahui

Ketua RW.02                           Ketua RT.01B

YATI NURHAYATI                     HENDRA WIJAYA

Disetujui

Kepala Desa Sukamulya

 

Dadang Hidayat

Itulah tadi contoh proposal 17 Agustus yang mampu anda jadikan sebagai acuan dalam pembuatan proposal.

Semoga saja dengan penyusunan proposal yang tepat mampu membuat siapapun merasa tertarik hingga menyumbangkan sejumlah dana demi kelancaran acara tersebut.

Dimana setiap tahunnya acara peringatan 17 Agustus ini menjadi salah satu acara yang selalu digelar. Tentunya kegiatan tersebut dihadirkan demi kemajuan bangsa Indonesia.

Semoga saja dengan hadirnya penjelasan di atas mampu memberikan bantuan kepada anda dalam pembuatan proposal.

Hingga dari segi penyusunan maupun anggaran dana semuanya terperinci secara detail. Sebetulnya masih banyak sekali contoh proposal yang telah tersedia hingga menginspirasi siapapun.

Dari segi manapun yang terpenting setiap agenda kegiatan membuat sebuah proposal hingga akhirnya kegiatan memperoleh sponsor dan mampu berjalan dengan lancar.

Komentar disini