25 Contoh Paragraf Persuasif yang Bisa Dijadikan Referensi

Contoh Paragraf Persuasif

Kalimat.ID – Contoh paragraf persuasif memang banyak kita temukan dalam kehidupan sehari hari. Umumnya kalimat ini di pakai ketika mengajak orang lain melakukan sesuatu yang di minta.

Isi kalimat tersebut berupa kalimat ajakan, permintaan atau himbauan kepada orang yang dimaksud. Karena itulah jenis kalimat persuasif ini kerap digunakan sebagai bahan promosi pada brosur, atau slogan slogan dan lainnya.

Disamping untuk promosi, contoh paragraf persuasif juga di jadikan sebagai kalimat perintah. Tetapi, jenis kalimat perintah persuasif tak sama dengan jenis kalimat perintah yang biasa. Bedanya ialah sifat kalimat tersebut akan berubah menjadi jenis kalimat perintah langsung.

Ciri Ciri Kalimat Persuasif

Sebelum membuat contoh paragraf persuasif, kenali dulu ciri ciri pada kalimat persuasif. Berikut ini ciri ciri lengkapnya:

1. Didalam kalimat persuasif memiliki sifat mengajak
2. Fungsi lain dari kalimat persuasif ialah menjadi kalimat perintah, jadi penulisan pada kalimat persuasif harus memuat tanda seru dibelakang kalimat.
3. Umumnya kalimat persuasif dimanfaatkan untuk melakukan promosi, menulis iklan, slogan, dan himbauan maupun yang mengajak.
4. Memakai kata – kata persuasi, atau yang bermakna mengajak misalnya: ayo, mari, yuk, dan kata persuasif lain.
5. Penggunaan bahasa pada kalimat persuasif harus menarik. Penyampaiannya juga perlu rima kalimat agar pembaca mudah mengingat ajakan tersebut.

Fungsi Kalimat Persuasif

Dalam kehidupan sehari hari, pasti kita menggunakan kalimat persuasif. Sehingga fungsi kalimat persuasif tidak disadari meskipun setiap hari digunakan. Fungsi kalimat persuasif diantaranya adalah:

1. Dijadikan sebagai ungkapan perintah untuk memberi perintah pada orang yang bersangkutan secara langsung ataupun tak langsung.
2. Dipakai sebagai media promosi, umumnya kalimat promosi tersebut harus menarik konsumen supaya tertarik dengan produk yang di promosikan.
3. Dapat di jadikan sebagai paragraf persuasif yang bertujuan untuk mengajak orang lain.

Ciri Ciri Paragraf Persuasif

Setelah tahu fungsi paragraf persuasif, perlu diketahui pula ciri ciri agar anda bisa membuat contoh paragraf persuasif dengan benar. Ciri – ciri yang harus ada pada paragraf Persuasif ialah:

1. Pada paragraf tersebut dapat memunculkan ketertarikan atau rasa percaya pembacanya mengenai hal yang sudah disampaikan.
2. Pada paragraf persuasif disertai dengan fakta akurat dan tepat.
3. Pada paragraf persuasif kerap menghindari adanya konflik demi misi yang di inginkan tercapai
4. Pada paragraf persuasif juga bertolak belakang terhadap kepercayaan jika manusia bisa dirubah.
Diatas adalah ciri ciri paragraf persuasif. Selanjutnya adalah cara membuat contoh paragraf persuasif yang benar menurut aturan kaidah kebahasaan.

Aturan Penulisan Paragraf Persuasif

1. Tentukan Topik Kalimat

Cara pertama adalah menentukan topik paragraf persuasif. Penentuan topiknya juga tidak sesulit yang dibayangkan. Anda hanya perlu memilih topik paragraf dalam kehidupan sehari hari misalnya tentang politik, pendidikan, atau masalah lainnya.

2. Tentukan Tujuan

Menulis paragraf persuasif juga harus jelas tujuannya. Adapun tujuan utama dari penulisan paragraf adalah mengajak pembaca atau untuk mempromosikan suatu produk. Buat tujuan masuk akal untuk paragraf persuasif. Sebaiknya tujuannya bisa dipahami para pembaca dengan mudah.

3. Membuat Kerangka Paragraf

Tak hanya topic dan juga tujuan pembuatan paragraf, anda juga perlu buat kerangka paragraf persuasif. Kerangka karangan paragraf akan memudahkan anda dalam menyusun paragraf persuasive. Sehingga paragrafnya lebih logis dan sistematis. Pembaca akan mudah mengerti dan memahami isi paragraf tersebut.

Contoh pembuatan kerangka paragraf persuasif ialah mengenai sebab akibat, selanjutnya anda perlu mengembangkan jadi suatu paragraf runtut dalam pemilihan kata atau susunan kalimatnya.

4. Tahap Pengumpulan Data

Langkah selanjutnya ialah pengumpulan data. Dengan data yang akurat dan tepat, pembaca pun akan mempercayai tulisan anda. Jadi, lakukan pengumpulan data yang akurat dan bisa di percaya sumbernya.

5. Menyusun Paragraf

Nah, sekarang baru anda bisa membuat paragraf persuasif. Susunlah kalimat demi kalimat supaya bisa membentuk paragraf persuasif yang runtut. Pergunakan bahasa yang baik dan sesuai dengan kaidah kebahasaan.

Jenis Paragraf Persuasi

Pada paragraf persuasif masih dibagi menjadi beberapa macam menurut fungsi paragraf tersebut. Jenis jenisnya bisa dibagi atas:

1. Paragraf Persuasi Politik

Jenis paragraf persuasif yang pertama ialah paragraf persuasif politik. Dengan kata lain, jenis paragraf persuasif ini digunakan dalam kepentingan politik. Jadi, paragraf ini di manfaatkan guna meyakinkan pembaca supaya bisa meyakinkan masyarakat mengenai piluhan politik. Berikut ini akan dijelaskan dengan contohnya.

Contoh paragraf persuasif politik

Sedikit lagi akan tiba pergelaran besar di negara Indonesia. Oleh karena itu, gunakan hak pilih yang kalian punya untuk ikut memilih suara anda pada PEMILU 2019 mendatang. Pilihlah pemimpin terbaik demi bangsa kita yang maju. Karena, semua itu ada ditangan masing masing.

2. Paragraf Persuasif Pendidikan

Jenis paragraf persuasif berikutnya adalah persuasif pendidikan. Umumnya jenis paragraf ini di manfaatkan oleh penulis yang tergabung pada organisasi ataupun suatu instansi pendidikan. Jadi, tujuan utamanya ialah untuk memberi motivasi, menghimbau, dan mengajak masyarakat agar lebih rajin menuntut ilmu segala bidang.

Contoh paragraf Persuasif Pendidikan

Hal terpenting dalam kehidupan ini untuk generasi penerus ialah pendidikan. Khususnya pada zaman modern seperti sekarang ini. Hidup yang lebih layak akan terwujud dengan pendidikan yang memadai. Sehingga, sangat di harapkan agar seluruh lapisan masyarakat tahu pentingnya pendidikan bagi kehidupan di jaman yang serba maju ini.

3. Paragraf Persuasi Per iklanan atau Advertise

Sudah setiap hari kita tahu jenis paragraf persuasif ini. Karena setiap harinya terlihat di TV. Tujuannya sudah pasti untuk promosi suatu produk. Sebab jika dibuat menjadi paragraf akan tampak lebih menarik. Hal ini sangat mendukung karena tujuan utamanya ialah mengajak konsumen agar menggunakan produk yang di iklankan.

Contoh paragrafnya ialah:

Selalu menjaga kesehatan gigi kita merupakan hal terpenting. Jadi, sebelum anda pergi tidur gosoklah gigi lebih dulu. Jangan lupa menggunakan pasta gigi berbahan alami tanpa bahan kimia sedikitpun. Dengan pasta gigi tersebut, gigi akan lebih aman. Dan yang terpenting, tak aka nada efek negatif. Umumnya bahan yang di pakai ialah daun mint dan susu. Kedua bahan tersebut akan menjadikan gigi menjadi putih dan lebih sehat.

4. Paragraf Persuasif Propaganda

Jenis persuasif propaganda ini isinya adalah penyampaian informasi yang bertujuan agar pembacanya terpengaruh serta percaya terhadap tulisannya. Anda bisa menemukan paragraf ini di surat kabar, Koran atau majalah.

Contoh paragraf persuasif Propaganda

Negara Indonesia dianggap negara terkaya di dunia. Namun sebenarnya anggapan tersebut kurang betul. Karena kenyataannya, negara Indonesia adalah salah satu negara dengan penduduk miskin yang terbanyak di dunia.

Meskipun begitu, sebenarnya kekayaan alam Indonesia memang sangat kaya. Namun ada sebagian oknum tak bertanggung jawab yang salah menggunakan hasil alam Indonesia. Sehingga hasil alam yang seharusnya di rasakan oleh rakyat ternyata tidak sampai kepada mereka.

Sehingga dimana mana banyak rakyat miskin yang tidak terbantu. Oleh karena itu, jangan sampai hal ini berakibat buruk bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat miskin.

Contoh Kalimat Persuasif

– Mari menanam seribu pohon demi menyelamatkan bumi tercinta!
– Mari biasakan hidup sehat agar tak ada penyakit yang menyerang!
– Ayo rajin belajar supaya bisa meraih cita cita!
– Beribadahlah sebelum ajal menjemput!
– Mari budidayakan beribadah di awal waktu!
– Ayo ikut jumat bersih agar kampung tetap bersih dan sehat
– Mari bersama kita berantas narkoba dari seluruh kalangan!
– Mari wujudkan sopan santun kepada sesama!
– Mari liburan ke Pantai Anyer!
– Mari lakukan tugas piket bersama agar kelas tetap bersih!
– Mari kita bantu gotong royong untuk membuatan jalan agar cepat selesai!
– Mari manfaatkan hak pilih yang ada dengan baik agar tidak kecewa!
– Ayo lekas beli sabun cuci ini di toko, dijamin tambah wangi bajunya!
– Ayo berlibur dengan keluarga ke pantai popoh!
– Jangan pernah tunda pekerjaan, lekas bersihkan kelasmu!
– Mari lestarikan hewan dan tanaman langka agar tak cepat punah!
– Hindari marah marah, ayo saling maaf memaafkan!
– Mari hidup bersih supaya penyakit tak pernah datang!
– Buang sampah di tempat sampah!
– Mari olahraga teratur, agar tubuh lebih sehat dan bugar!
– Ayo jaga kebersihan lingkungan sekolah supaya tak muncul bibit – bibit penyakit baru!

Contoh Paragraf Persuasif Lainnya

Contoh 1

Persoalan sampah tak hanya sekali atau dua kali bisa menyebabkan masalah khususnya di wilayah ibu kota. Karena sampah tetap menjadi topic utama penyebab musibah banjir di ibu kota. Sampai sekarang ini sampah termasuk masalah sosial yang perlu di perhatikan secara khusus bagi pemerintah.

Penduduk yang tetap membuang sampah dengan sembarangan bisa membuat banjir kembali lagi disertai arus yang tinggi. Untuk melakukan pencegahan banjir akibat sampah yang banyak di buang di sungai, sebaiknya dimulai dari diri sendiri.

Mari kita semua masyarakat Indonesia tingkatkan kesadaran membuang sampah di tempatnya. Jadi, bila hal tersebut berhasil di lakukan, negara kita akan menjadi negara terbaik dalam hal kebersihannya.

Contoh 2

Perkembangan teknologi semakin pesat di Indonesia. Bahkan hampir mendekati terjadi masalah sosial disebabkan oleh teknologi sekarang ini. Tak dipungkiri teknologi telah menawarkan manfaat positif yang besar namun juga memberikan dampak negatif pula. Dampak negatif tersebut dapat merusak kepribadian penerus bangsa.

Dampak teknologi yang pertama adalah ketidakpedulian terhadap orang lain. Hal ini karena kita terlalu asyik memainkan ponsel pintar ditangan kita. Sehingga generasi bangsa saat ini menjadi krisis rasa peduli terhadap sesama.

Efek negatif lain yang ditimbulkan oleh kemajuan teknologi ialah munculnya banyak penipuan yang memanfaatkan media sosial. Yang paling penting ialah masalah tersebut sudah menyerang ibu – ibu rumah tangga.

Disebabkan seringnya main ponsel, jadi sulit membedakan antara yang nyata dengan berita gossip. Oleh sebab itu, gunakan teknologi dengan bijak, marilah jaga generasi muda agar menjadi generasi bangsa yang bersahaja.

Contoh 3

Negara Indonesia terkenal sebagai tanah surga. Yang mana seluruh jenis makanan maupun sayuran bisa kita peroleh di sini. Kekayaan Indonesia telah masuk sebagai negara yang memiliki kekayaan alam melimpah. Apalagi sekarang ini negara kita telah menuju tingkat ekonomi secara lebih baik.

Negara kita punya banyak keragaman suku bangsa, ras, bahasa dan kebudayaan. Potensi potensi remaja daerah sangatlah besar yang jarang ditemukan di manapun. Hal utama yang bisa dilakukan ialah membangun Indonesia lewat kualitas pendidikan.

Kita harus bisa merubah remaja – remaja Indonesia menjadi manusia berkualitas serta berakhlak mulia.

Itulah beberapa contoh paragraf persuasif dan kalimat persuasif. Susunlah kalimat persuasif tersebut menjadi paragraf yang runtut dan enak dibaca. Gunakan acuan aturan kebahasaan dalam paragraf persuasif. Semoga bermanfaat.