17 Contoh Paragraf Induktif Lengkap Beserta Pengertiannya

Contoh Paragraf Induktif
Image by: tckpublishing.com

Kalimat.ID – Contoh paragraf induktif – suatu paragraf umumnya di awali kalimat utama lalu di susul oleh kalimat pendukung ataupun kalimat penjelas. Beda dengan paragraf induktif, karena kalimat utama pada paragraf induktif justru berada di akhir paragraf, tetapi kalimat utama tersebut berbentuk kesimpulan.

Jadi, untuk membuat contoh paragraf induktif, dapat dilakukan dengan cara menjelaskan data ataupun fakta fakta di bagian awal kemudian tulis kesimpulan atau kalimat utamanya di paragraf akhir. Adapun kalimat utamanya berupa kesimpulan tentang semua fakta yang sudah di jelaskan di bagian awal paragraf.

Ciri Ciri Contoh Paragraf Induktif

Untuk bisa mengetahui lebih jelas tentang paragraf induktif, maka anda bisa melihat ciri ciri paragraph induktif dibawah ini.

– Paragraf induktif diawali oleh penjabaran kalimat khusus
– Dalam paragraf induktif menggunakan pola kalimat khusus ke umum (yakni khusus-khusus-khusus-umum)
– Bentuk kalimat utamanya adalah suatu kesimpulan tentang semua penjabaran dari paragraf awal tadi.
– Letak kalimat utama atau kesimpulannya ada di bagian akhir paragraf induktif.

Jenis Jenis Paragraf Induktif

Setelah mengetahui apa saja cirri cirri paragraf induktif, sekarang anda perlu mempelajari juga apa saja jenis jenis paragraf induktif. Dengan begitu, Anda bisa membuat contoh paragraf induktif secara lebih baik. Paragraf induktif terbagi atas 3 jenis seperti dibawah ini.

a. Paragraf Induktif Generalisasi

Jenis paragraf induktif ini bertolak pada fakta khusus dan memiliki kesamaan menuju kesimpulan atau kalimat utama. Awal paragraf ini berupa penalaran generalisasi.
Kamu dapat manfaatkan itu untuk mengembangkan paragraf.

Untuk menulisnya, anda perlu siapkan peristiwa khusus berbentuk kalimat. Setelah itu, bagian akhirnya berisi kalimat generalisasi suatu peristiwa khusus dari bagian awal paragraf tadi. Isi kalimat terakhir ialah gagasan utama paragraf.

b. Paragraf Induktif Analogi

Berikutnya ada paragraf induktif analogi yang merupakan suatu paragraf dengan pola kalimat berbentuk perbandingan antara 2 hal yang sifatnya sama. Adapun untuk pengembangannya, bisa berupa anggapan bila sudah ditemukan persamaan pada segi manapun, sehingga persamaan aka nada pada hal lain.

c. Paragraf Induktif Hubungan Kausal atau Sebab Akibat

Yang dimaksud paragraf induktif hubungan kausal ialah pola paragraf yang tersusun atas kalimat fakta yang punya hubungan sebab akibat. Pada kalimat induktif jenis ini dibuka dengan kalimat pernyataan sebab akibat mengenai fakta pada paragraf tersebut. Polanya memuat 3 pola. Yakni pola sebab – akibat, kemudian akibat – sebab serta pola sebab – akibat1 – akibat2.

Cara Membuat Paragraf Induktif

Setelah tahu apa saja jenis paragraf induktif, maka anda perlu tahu juga cara membuat paragraf induktif. Dengan mengetahui cara membuatnya, maka akan semakin mudah untuk membuat contoh paragraf induktif.

Berikut ini cara membuat paragraf induktif:
– Menjabarkan peristiwa-peristiwa ataupun kejadian yang berupa kalimat khusus pada awal paragraf
– Kemudian menarik kesimpulan yang berbentuk kalimat utama. Pada kalimat utama ini harus mencakup kalimat-kalimat khusus yang sudah dijabarkan sebelumnya di paragraf awal.
– Inti paragraf atau kesimpulan ada di paragraf akhir.
– Memiliki pola kalimat berupa kalimat khusus – kalimat umum.

Contoh Paragraf Induktif Generailasi

Contoh 1

Bandung adalah kota yang berada di daerah Jawa barat. Bandung juga di kelilingi oleh pengunungan. Tak hanya populer dengan produk tekstil yang di keluarkan, ternyata bandung juga terkenal dengan wanita wanitanya yang cantik. Karena itulah, Bandung di sebut dengan sebutan kota kembang.

Contoh 2

Kelapa muda memang nikmat dijadikan campuran es. Selain itu, ada manfaat lain yang bisa di ambil dari kelapa. Misalnya saja dapat dijadikan untuk kerajinan tangan, bagian kulitnya atau serabutnya bisa berguna untuk apa saja.

Tak sampai disitu saja, cangkang kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk alat dapur misalnya dibuat mangkuk ataupun sendok sayur. Inilah bukti jika buah kelapa memiliki banyak manfaat.

Contoh Paragraf Induktif Analogi

Contoh 3

Di era yang serba maju ini tentunya mencari informasi seperti membalikan telapak tanga saja. Bagaimana tidak, untuk mencari apapun informasi bisa kita lakukan dengan mengakses internet melalui ponsel pintar kita.

Setelah ponsel terkoneksi dengan internet, dimanapun kita berada kita tidak akan tersesat. Untuk mencari semua itu, anda hanya perlu mengetik keinginan anda pada mesin pencari di google. Karena itu, rajinlah belajar dan gali informasi yang banyak dari internet.

Contoh 4

Merawat tanaman sama seperti merawat anak sendiri. Pastinya anda ingin memberi yang terbaik agar tanaman yang kita rawat bisa tumbuh dengan baik. Seperti saat anda memberi jajan pada anak, pasti akan memilihkan jajanan yang menyehatkan baginya.

Begitupula saat kita memberikan pupuk pada tanaman. Pastinya akan memilihkan pupuk terbaik bukannya yang murahan sehingga membuat tanaman tidak maksimal pertumbuhannya. Maka dari itu, berika yang terbaik bagi tanaman anda.

Contoh Paragraf Induktif Sebab Akibat

Contoh 5

Dani anak yang pandai. Dia selalu juara di kelasnya. Bukan hanya sebagai juara kelas, dani juga juara di sekolahnya. Tak hanya itu saja, Dani anak yang sholeh dan berbakti pada orang tua. Dia selalu bertutur kata sopan kepada bapak ibu gurunya. Setiap hari dani rajin belajar. Dia juga selalu membantu orang tua nya di rumah. Oleh sebab itulah, semua orang dirumah dan di sekolah menyayangi Dani.

Contoh 6

Pabrik pabrik sering kali membuang sisa limbahnya ke sungai. Sisa limbah tersebut sangat berbahaya dan beracun bagi lingkungan. Seharusnya limbah yang akan dibuang, perlu di olah dahulu, namun nyatanya hal itu tak dilakukan.

Mereka justru membuangnya secara langsung ke sungai. Ditambah lagi masyarakat yang kurang perhatian dengan lingkungannya yang justru ikut membuang sampah juga di sungai. Akibatnya, sungai pun tercemar serta menjadi tempat paling beracun untuk makhluk hidup disekitar sungai tersebut.

Contoh Paragraf Induktif Lainnya

Contoh 7

Terjadang hidup terasa banyak tantangan disertai tugas yang perlu di selesaikan. Tak jarang juga hidup terasa melelahkan, waktu terasa sangat sempit, sehingga hari ke hari terlihat tidak cukup.

Sering kali di tuntut agar belajar dalam mempersiapkan diri demi masa depan. Mempersiapkan semua tugas lama yang telah menunggu dan harus menyelesaikan semua tugas baru yang telah dimulai. Semua kegiatan hidup manusia itu sangat melelahkan.

Contoh 8

Banyak orang yang merasa tak mau kalah terhadap pendapat orang lain. Dia memiliki anggapan jika pendapatnya adalah yang paling benar. Namun ternyata banyak kerugian yang muncul dari perdebatan yang dilakukan antara 2 orang tersebut.

Tak hanya keduanya dinilai buruk lawan bicaranya, keduanya pun tak akan memperoleh respek oleh lawan bicaranya. Oleh karena itu, hindari hal hal yang dapat memicu perdebatan yang tak berguna walaupun anda merasa tidak puas terhadap hal hal yang sedang dibicarakan.

Contoh 9

Seorang musisi bisa menciptakan lagu dengan imajinasi yang diciptakannya. Seorang penulis, bisa merangkai kata kata dengan baik juga membutuhkan imajinasi. Begitu juga bagi seniman yang ingin menuangkan imajinasinya kedalam lukisan yang di buat. Oleh sebab itu, imajinasi sangat penting bagi mereka yang menciptakan karya yang indah.

Contoh 10

Panas ataupun demam tinggi dalam hitungan hari dapat di curigai sebagai gejala demam berdarah. Karena orang yang mengalami penyakit demam berdarah sering kali menderita pendarahan pada hidung atau mimisan.

Tak hanya itu saja, kemunculan bintik-bintik merah pada tubuh juga termasuk cirri cirri seseorang mengalami demam berdarah. Memang penyakit demam berdarah bisa di tandai oleh berbagai gejala, sebaiknya jika gejala itu semua muncul, lakukan penanganan medis.

Contoh 11

Saat ini muncul pengembangan kewirausahaan dari usia dini. Dari mulai usia pelajar hingga kalangan mahasiswa. Mereka semakin pintar dalam berbisnis. Salah satu caranya dengan menggunakan ponsel mereka.

Bisnis yang bisa dilakukan dengan ponsel pintar adalah dropship atau menjadi reseller produk orang lain yang menjadi suppliernya. Kemajuan teknologi informasi & komunikasi berperan penting dalam memudahkan seseorang berbisnis saat ini.

Contoh 12

Bunga plastik dan juga tas termasuk kerajinan tangan berbahan dasar plastik. Selain itu, plastik juga bisa di ubah menjadi berbagai kerajinan tangan lainnya. Beberapa diantaranya ialah pot, lampu, sandal, tempat permen atau payung. Limbah plastik tersebut meskipun sulit diuraikan, tapi ternyata dapat dibuat menjadi berbagai kerajinan tangan yang menarik.

Contoh 13

Pastinya seseorang akan merasa kurang nyaman jika rumahnya mengalami kerusakan. Mereka pun akan marah jika rumah mereka telah dialihfungsikan menjadi sebuah tempat yang tak seharusnya. Sama halnya dengan hewan. Salah satunya adalah orang utan.

Hewan tersebut akan merasa terancam serta tidak nyaman jika hutan sebagai tempat tinggalnya dirusak maupun dirubah menjadi tempat yang tidak seharusnya. Menjaga ekosistem lingkungan merupakan kewajiban kita semua. Sebab, ekosistem ialah rumah bagi para makhluk hidup, baik itu hewan atau manusia.

Contoh 14

Desir ombak menghiasi bibir pantai yang suaranya terdengar di telinga. Banyak pedagang cindera mata dan makanan menggelar tikar di sini. Terlihat wajah wajah asing sebagai wisatawan asing di sini. Tak sedikit yang ikut berenang di pantai. Dari mulai anak anak hingga orang dewasa. Begitulah suasana berlibur di pulau Bali saat itu.

Contoh 15

Kesuksesan penjualan produk ice cream magnum termasuk contoh moment sangat bagus pada perkembangan bisnis. Moment tersebut juga sudah dimanfaatkan oleh ice cream Magnum yang caranya dengan membuat Magnum Cafe.

Dapat dibuktikan, telah banyak konsumen antri hanya karena ingin coba atau mencicipi kelezatan ice cream pada Magnum Cafe. Memang keberuntungan akan berpihak kepada siapa saja yang pintar pintar memanfaatkan momen.

Pada contoh paragraf induktif ke 15 ini menggunakan pola paragraf induktif jenis analogi. Cirri cirinya ialah adanya perumpamaan di awal paragraf lalu di simpulkan di bagian paragraf akhir.

Contoh 16

Belajar sampai larut malam hingga tak tidur bukan termasuk hal baik. Sebab bila itu dilakukan sebelum ujian besok di lakukan, akan timbul masalah baru. Salah satunya adalah timbulnya rasa ngantuk berat saat ujian berlangsung. Oleh karena itu, siapkan semuanya sebelum jauh jauh hari ujian dilakukan.

Contoh 17

Tak semua murid harua punya kemampuan sama dalam hal belajar. Murid umumnya punya hobi maupun keunggulan tertentu di bidangnya masing masing. Contohnya ialah murid yang pandai pelajaran matematika tak tentu unggul dalam pelajaran biologi. Oleh sebab itu, guru tidak boleh menjudge muridnya bodoh cuma karena dirinya tidak bisa menguasai mata pelajaran terntentu.

Itulah pembahasan lengkap tentang contoh paragraf induktif. Dengan semua contoh diatas, anda bisa membuatnya sendiri dirumah dengan tema yang berbeda pula. Semoga bermanfaat.