9 Contoh Paragraf Argumentatif Beserta Contohnya Lengkap

Kalimat.ID – Contoh paragraf argumentatif – apakah anda sudah mengenal yang namanya argumentatif? Menurut bahasa kata argumentatif artinya adalah alasan. Sementara itu, paragraf argumentatif ialah suatu tulisan yang bertujuan meyakinkan pembaca berdasarkan alasan kuat dan logis guna membuktikan keotentikan pendapat sesuai data atau fakta sebenarnya.

Bisa dikatakan argumentatif di pakai untuk mempengaruhi ataupun merubah pendapat pembaca agar menerima pendapat tersebut. Berdasarkan kamus besar bahasa Indonesia, pengertian argumentatif ialah memiliki atau mengandung alasan sebagai bukti yang tujuannya membuktikan pendapat.

Macam Macam Paragraf Argumentatif

Untuk membuat contoh paragraf argumentatif, anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Berfikirlah secara sehat, logis, dan kritis.
2. Mengumpulkan, fakta yang sesuai pada topik sehingga bisa disusun untuk pembuktian pendapat.
3. Harus menjauhkan dengan yang namanya unsur emosi maupun subjektifitas.
4. Memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar, yang sangat efektif agar tak memunculkan salah tafsir.

Sumber Fakta Pada Paragraf Argumentatif

Penulisan paragraf argumentatif harus memuat fakta atau data yang bisa dipertanggung jawabkan. Beberapa sumber data yang bisa dipertanggungjawabkan seperti:

1. Bahan yang di butuhkan bisa di ambil dari buku, majalah, internet dan media informasi lainnya.
2. Bisa melalui wawancara maupun pengumpulan angket
3. Dari penelitian atau pengamatan secara langsung melalui proses observasi

Cara Menulis Paragraf Argumentatif Dengan Baik

Penulisan contoh paragraf argumentatif ialah yang dikembangkan menggunakan pola sebab akibat. Pada pola ini anda menuliskan sebab sebab lebih dulu baru di tuliskan pernyataan yang menjadi akibatnya.

Meskipun begitu, anda juga bisa menuliskan contoh paragraf argumentatif dengan pola kebalikannya. Yakni menuliskan akibatnya lebih dulu baru menuliskan sebab sebabnya.
Langkah-langkah menulis paragraf argumentatif:

Agar memudahkan dalam menulis paragraf argumentatif, sebaiknya anda ikuti langkah langkahnya dibawah ini.

1. Tentukan dulu topik atau pendapat yang mau dikembangakan menjadi sebuah paragraf
2. Susunlah kerangka paragraf sebaik mungkin
3. Selanjutnya kembangkan kerangka tersebut jadi sebuah paragraf
4. Pakailah konjungsi berupa dengan demikian, oleh karena itu, oleh sebab itu maupun lainnya.

Ciri Ciri Paragraf Argumentatif

Bagi anda yang sudah terbiasa membuat contoh paragraf argumentatif akan sangat mudah membedakan dengan paragraf lain. Namun untuk pemula, harus tahu tentang ciri ciri paragraf argumentatif agar bisa membuat paragraf tersebut dengan baik. Jika anda belum tahu apa saja cirri cirinya, simak ulasannya dibawah ini.

– Pada paragraf argumentatif berisi tentang ulasan ataupun gagasan dan keyakinan pribadi sang penulis dengan permasalahan yang di tulisnya.
– Terdapat fakta dan data faktual guna menguatkan argumen atau pendapat sang penulis untuk bisa meyakinkan pembacanya.
– Pada penjelasannya, sang penulis memakai metode analisa serta menganalogikan sebuah permasalahan.
– Hal atau gagasan yang akan dikemukakan oleh penulis juga harus bersifat logis.
– Pada akhir paragraf, ada kesimpulan yang isinya adalah pendapat secara lebih luas.
– Terdapat pendapat sekaligus alasannya.
– Memuat pernyataan, ide, ataupun pendapat yang telah dikemukakan oleh penulisnya.
– Memuat alasan, data, maupun fakta yang akan mendukung pendapat
– Memuat pembenaran menurut data dan juga fakta yang mengenai apa yang di sampaikan

Contoh Paragraf Argumentatif

Contoh paragraf argumentatif ada banyak sekali. Mulai dari contoh dalam bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya atau contoh lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini:

1. Contoh Paragraf Argumentatif Tentang Pendidikan

MAN 2 Tulungagung dinobatkan menjadi madrasah terbaik di Tulungagung. Banyak murid berprestasi di sekolah tersebut. Itu dibuktikan dengan munculnya juara juara olimpiade yang dimenangkan oleh murid dari sekolah ini. Tak hanya itu saja, ada prestasi lain yang membanggakan dari sekolah ini selain dalam bidang akademik. Yakni bidang olahraga dan juga kesenian.

Tahun kemarin, sekolah ini telah mengirimkan atlet untuk mewakili kota Tulungagung di kejuaraan olahraga se-Jawa Bali. Marcing band sekolah ini juga mewakili Tulungagung dalam kompetisi tingkat nasional di Jakarta.

Keberhasilan itu tak muncul begitu saja. Melainkan karena gigihnya latihan serta kerja keras para dewan guru hingga pihak komite sekolah. Mereka semua selalu berkomitmen dalam menghasilkan anak didik lulusan terbaik dari waktu kewaktu.

2. Contoh Paragraf Argumentatif Tentang Lingkungan

Kemarau panjang tahun ini termasuk musim panas terparah pada sepuluh tahun terakhir ini. Selama 6 bulan hujan tak turun sama sekali sehingga membuat tanah maupun sumber air kekeringan. Berdasarkan BMKG, pada tahun ini telah diprediksi hujan turun bulan depan.

Bila hal tersebut terjadi, bisa dipastikan jika musim panas ini bukanlah hal biasa. Karena terjadi dalam waktu 7 bulan. Sementara berdasarkan data yang telah disampaikan pihak BMKG tahun kemarin, musim panas Cuma terjadi sekitar 5 bulan saja.

Karena itulah, banyak petani mengalami kerugian akibat kekeringan serta tak ada air mengairi sawah mereka dan menyebabkan gagal panen.

3. Contoh Paragraf Argumentatif Tentang Lalu Lintas

Korban kecelakaan jalan raya tahun 2019 meningkat tajam. Tahun tersebut juga lebih parah jika dibandingkan jumlah korban di 5 tahun terakhir. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh aparat kepolisian, pada tahun kemarin banyaknya kasus kecelakaan telah mencapai hingga 4.500 kasus. Banyaknya korban tersebut meningkat pada tahun ini sebesar 5.300 persoalan pada H + 2 hari raya, sehingga dapat di pastikan bakalan bertambah lagi.

Melihat data ke 5.300 kasus itu, persentase kendaraan yang paling banyak mengalami kecelakaan ialah kendaraan bermotor. Bertambahnya angka kecelakaan tersebut diakibatkan oleh bertambahnya pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor.

4. Contoh Paragraf Argumentatif Tentang Sosial Budaya

Tingkah laku remaja saat ini sudah menyimpang dari nilai moral di masyarakat. Ini disebabkan oleh beberapa factor. Yang pertama, tak tersaringnya dengan baik budaya barat di negara kita yang masuk melalui berbagai cara. Kebudayaan tersebut dijadikan sebagai contoh bahkan dijadikan kebiasaan baru di kalangan para remaja saat ini.

Yang disayangkan ialah tingkah laku yang diikuti merupakan perilaku buruk, contohnya pergaulan bebas, konsumsi narkoba bahkan kebudayaan barat lain.

Penyebab lainnya ialah kurangnya pengetahuan agama yang didapat oleh remaja saat ini. Padahal, sangat penting sekali mendalami ilmu agama. Agar bisa mengontrol diri guna menghindari perbuatan yang buruk.

Factor selanjutnya ialah kurangnya perhatian orang tua. Karena disini orang tua memiliki tanggung jawab penuh terhadap tingkah laku maupun pergaulan anak mereka.

Hal ini akan membuat anak merasa tak disayang dan mencari rasa sayang di luar keluarganya. Hal ini juga cenderung mengarah hal negatif serta bersifat semu, contohnya minuman keras, club malam, mengkonsumsi narkoba bahkan melakukan seks bebas.

Akibat semua itu, tingkah laku remaja sekaramg ini tak mencerminkan budaya luhur kita disertai nilai dan juga norma yang sudah ada.

5. Contoh Paragraf Argumentatif Tentang Kesehatan

Harus diketahui, mengkonsumsi es teh manis yang berlebihan bisa mengakibatkan efek samping bagi kesehatan. Sesuai pendapat para ahli, pada teh tersebut mengandung zat bernama zat oksalat dan bisa mengendap pada tubuh serta diserap oleh tubuh.

Bila zat oksalat sampai mengendap pada organ ginjal, maka bisa memicu munculnya penyakit batu ginjal. Disamping itu, gula yang ada dalam es teh manis juga bisa mengakibatkan diabetes bila dikonsumsi secara berlebihan.

Oleh karena itu, sebaiknya dari sekarang kurangi kebiasaan mengkonsumsi teh manis berlebihan, supaya tidak mengganggu kesehatan tubuh anda.

6. Contoh Paragraf Argumentatif Tentang Lingkungan Sekolah

Menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih adalah hal yang sangat penting. Contohnya saja menjaga kebersihan lingkungan kantin sekolah. Di sini banyak makanan yang dijual kepada siswa. Para penjual harus bisa menjamin kebersihan dan kesehatan makanan atau minuman yang dijualnya.

Disamping itu, perlu di perhatikan ialah kebersihan kantin. Bila seluruh faktor tersebut sudah terpenuhi, maka dapat menciptakan lingkungan kantin yang sehat dan bersih. Tapi faktanya masih saja banyak yang kurang menyadari akan kebersihan kantin.

Oleh sebab itu, dimulai dari diri sendiri, jagalah kebersihan lingkungan kantin dengan cara tak membuang sampah sembarangan. Karena kebersihan kantin adalah tanggung jawab kita semua, bukan hanya tanggung jawab penjualnya saja, melainkan juga seluruh siswa yang membeli atau makan di kantin.

7. Contoh Paragraf Argumentatif Membahas Masalah Sampah

Pengelolaan sampah harus bisa dilakukan secara baik. Sebab, bila tak dikelola sebaik baiknya bisa mengakibatkan efek negatif. Sampah merupakan benda padat dan bisa merusak lingkungan, memicu banyak penyakit, menimbulkan bau menyengat, serta efek negative lainnya.

Solusi terbaik ialah mendaur ulang sampah yang ada. Baik sampah anorganik atau sampah organic. Seluruh sampah tersebut dapat di daur ulang serta bernilai jual tinggi. Contohnya saja dijadikan sebagai pupuk berbahan sampah organik, sementara sampah anorganik contohnya sampah plastik maupun kaleng dapat dijual ataupun dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan yang indah.

Oleh sebab itu, dimulai dari sekarang marilah maksimalkan daur ulang sampah. Itu dilakukan guna menghindari efek negatif sampah, terhadap lingkungan dan manusia.

8. Contoh Paragraf Argumentatif Tentang Ekonomi

Sekarang ini pendidikan memang sangat mahal terutama di Indonesia. Walaupun pemerintah sudah membagikan subsidi, namun siswa siswa masih saja mengeluarkan biaya mahal untuk kebutuhan sekolahnya seperti membeli seragam, buku tulis, maupun lainnya.

Besarnya biaya pendidikan bukan hanya di rasakan di jenjang sekolah dasar saja melainkan di semua jenjang pendidikan.

Sebab itulah, membuat kebanyakan siswa lulusan SMA cenderung langsung bekerja dibandingkan meneruskan jenjang perguruan tinggi. Dengan begitu, bisa dibilang jika pendidikan Indonesia tidak merata, & lebih konsentrasi terhadap pihak-pihak yang mampu saja.

Sedangkan untuk masyarakat yang tidak mampu mengenyah pendidikan tinggi, hanya bisa bermimpi saja.

9. Contoh Paragraf Argumentatif Membahas Masalah Kesehatan

Punya kebiasaan merokok dapat membuat seseorang berujung pada kematian. Sudah banyak korban perokok meninggal dunia. Berdasarkan data yang terkumpul dari Kementerian Kesehatan, telah ditemukan korban meninggal setiap 10 menit karena rokok.

Tetapi, efek buruknya tak di rasakan seketika itu juga. Melainkan dalam waktu yang relatif lama sampai bertahun tahun. Menurut pendapat Dr, Aria Nugraha, kepulan asap yang teleh dihisap oleh perokok mampu menggerogoti system pernafasan yakni organ paru-paru, dan tenggorokan.

Sehingga menyebabkan penyakit Bronchitis, adanya gangguan kehamilan untuk wanita hamil maupun menimbulkan efek serangan jantung. Penghirupan asap rokok yang semakin lama akan semakin menyegerakan proses tersebut.

Lalu apa sebab rokok berbahaya? Sebatang rokok yang anda hisap ternyata mengandung zat kimia bahaya bagi tubuh contohnya pemutih lantai, bahkan bahan bakar roket dan juga racun.

Oleh karena itulah berhentilah merokok sejak sekarang sebelum terlambat. Sebab rokok bisa menyebabkan penyakit bahkan yang paling parah bisa merenggut nyawa.

Itulah pembahasan terkait contoh paragraf argumentatif dan penjelasan lengkapnya. Intinya, anda bisa memberikan sanggahan, pembelaan atau pembuktian kepada seseorang melalui paragraf argumentatif ini. Semoga bermanfaat.

Komentar disini
Hosting Unlimited Indonesia