6 Contoh Paragraf Argumentasi dan Pengertianya Lengkap

Contoh Paragraf Argumentasi

Kalimat.ID – Contoh Paragraf Argumentasi – apakah anda pernah mengeluarkan pendapat namun tak diterima oleh orang lain. Padahal menurut anda pendapat tersebut sangat bagus dan membangun. Sehingga anda berpikir ulang apa salah pendapat anda.

Kemungkinan besar pendapat anda kurang berbobot dan tidak ada argumentasinya.
Sebab pendapat dengan argumentasi akan lebih diterima masyarakat. Namun masih saja belum tahu jelas apa itu argumentasi. Meskipun contoh paragraf argumentasi sudah diketahui, namun hal ini masih kurang jika tidak mempelajari secara mendalam.

Pengertian Paragraf Argumentasi

Yang dimaksud dengan paragraf argumentasi ialah paragraf yang dibuat sebagai penyanggah pendapat seseorang. Dengan kata lain, bertujuan meyakinkan orang tentang pendapat yang kita keluarkan supaya orang lain sama pendapatnya dengan kita.

Supaya paragraf argumentasi bisa diterima masyarakat, penulis perlu menuliskan sumber rujukannya. Sehingga gunakan sumber yang dapat di pertanggung jawabkan kebenaran tulisannya. Sumber yang bisa anda pilih ialah dari buku, data, website, hasil research, teori ahli, maupun sumber lainnya.

Tujuannya supaya pendapat kita tak dianggap omong kosong saja. Tak hanya menguatkan pendapat yang disampaikan, argumentasi juga bisa menolak pendapat yang tak sependapat dengan kita. Guna menolaknya, anda harus punya argumentasi lebih kuat dibandingkan pandapat orang lain.

Ciri Ciri Argumentasi

– Pada argumentasi harus ditulis sesuai dengan pendapat yang mengandung fakta.
– Isi argumentasi adalah pendapat ataupun keyakinan penulis terkait masalah tertentu.
– Mempunyai sumber untuk rujukannya berbentuk data factual, sebagai fungsi dalam mengokohkan pendapat mereka.
– Argumentasi juga menjelaskan suatu masalah menurut penelitian serta hasil analisis penulis.
– Termasuk paragraf yang berguna dalam meyakinkan pembaca mengenai suatu pendapat.
– Di akhiri dengan kesimpulan terhadap masalah yang dijelaskan.
– Berguna untuk menolak suatu opini yang beda dengan opini kita.
– Umumnya penulis memakai kalimat ajakan
– Bahasa yang digunakan pada paragraf argumentasi juga harus berbahasa rasional serta objektif. Yakni kata-kata yang denotatif dan lugas
– Mempunyai suatu analisis serta sintesis ketika penulis menyampaikan objeknya.
– Mempengaruhi pembaca supaya setuju terhadap pendapat yang di keluarkan penulis
– Diambil dari pengamatan, pengalaman, maupun hasil penelitian.
– Gunaan logika dan penalaran untuk landasan berfikir ketika menyampaikan argumentasi.

Tujuan Pembuatan Argumentasi

– Bertujuan dalam penyampaian pendapat untuk mempengaruhi pendengarnya.
– Guna menyanggah pendapat seseorang yang bertolak belakang terhadap pemikiran kita
– Menjadi sarana pemecahan masalah
– Memecahkan persoalan tanpa perlu suatu hasil yang pasti
– Guna meyakinkan orang lain dengan masalah yang ada menurut pikiran kita

Jenis Argumentasi

Harus di ketahui jika paragraf argumentasi telah terbagi atas 2 jenis. Masing masing paragraf tersebut memiliki perbedaan yang terdapat pada pola penulisannya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan tentang jenis argumentasi berikut ini dan contoh paragraf argumentasi masing masing.

1. Pola Sebab-Akibat

Jenis paragraf yang pertama berpola sebab akibat. Pada paragraf argumentasi ini, penulis perlu menyebutkan sebab terhadap suatu masalah. Nah, berikutnya baru mengungkapkan akibat yang ditimbulkan oleh masalah tersebut. Ini dia contoh paragraf argumentasi berpola sebab akibat. Simak dengan baik.

Contoh Pola Sebab-Akibat

Naiknya harga kebutuhan pokok menjadikan para pedagang merasa bingung. Mereka bingung bagaimana cara mengatur besarnya harga jual kepada konsumen. Karena jika harga jualnya mahal, konsumen pun tak mau membelinya.

Itupun sebaliknya, jika mereka memberikan harga murah, pastinya tak akan bisa untung bahkan akan rugi besar. Karena bingung dan modalnya habis, tak sedikit pedagang memutuskan gulung tikar. Sehingga mereka memilih mencari pekerjaan lainnya.

2. Pola Akibat-Sebab

Jenis paragraf akibat sebab ini kebalikan dari teks sebab akibat. Seperti namanya, pada teks ini akan di ungkap akibat suatu masalah. Kemudian akan di ungkap sebab sebab sebagai pemicu masalah yang terjadi. Contoh paragraf argumentasi berpola akibat sebab seperti dibawah ini.

Contoh Pola-Akibat-Sebab
Ibu kota Jakarta termasuk kota paling sering mengalami musibah banjir. Bahkan setiap kali turun hujan bisa dipastikan banjir akan melanda Jakarta. Meskipun turun hujannya tak begitu deras. Sebagai ibu kota, ini tak seharusnya di alami oleh Jakarta.

Yang lebih parah lagi, ternyata penyebab musibah banjir bukanlah persoalan alam. Melainkan karena sikap warga Jakarta yang acuh dengan sampah yang ada. Karena banyak warga Jakarta membuang sampah sembarangan, terutama di sungai. Inilah penyebab utama musibah banjir yang melanda kota Jakarta.

Contoh Paragraf Argumentasi Secara Lengkap dan Ringkat

Cara membuat contoh paragraf argumentasi bisa anda lihat pada ulasan berikutnya. Untuk membuat contoh paragraf ini, anda harus melihat penjelasan diatas. Cara membuat contoh paragraf argumentasi sangat mudah. Berikut ini beberapa contoh yang bisa dijadikan referensi.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Narkoba

Narkoba merupakan musuh terbesar para pemuda Indonesia karena bisa menghancurkan masa depan bangsa. Selain bisa merusak fisik kita, ternyata narkoba juga bisa merusak moral penggunanya. Sebab narkoba bisa menyebabkan penggunanya merasa kecanduan. Sehingga merasa tergantung dengan barang satu ini.

Bisa dibayangkan jika pecandu narkoba tak punya uang untuk membelinya. Pastinya akan melakukan berbagai cara agar bisa memperoleh uang, untuk dapat membeli narkoba. Termasuk dengan cara criminal sekalipun. Hal ini benar benar terjadi dalam negara Indonesia, tahun 2016 silam criminal yang meningkat dibandingkan tahun 2015. Faktor pemicu kejahatan tersebut salah satunya ialah narkoba.

Sesungguhnya di dunia kesehatan dokter juga memanfaatkan narkoba, sebagai penghilang rasa sakit, sebagai obat bius pasien mereka. Namun dalam jumlah yang normal, bukan seperti para pecandu yang memakai narkoba berlebihan.

Penyebab utamanya ialah kurang perhatian orang tua pada perilaku anak mereka. Tak sedikit orang tua tak tahu pergaulan anak mereka. Orang tua hanya tahu cara mencarikan uang bagi anak mereka. Tanpa ada perhatian yang lebih jauh apa saja kegiatan maupun kebiasaan anak mereka.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Kesehatan

Jantung termasuk organ vital pada tubuh manusia. Banyak orang yang mengalami penyakit jantung dan menyebabkan meninggal. Namun banyak orang juga tak perduli dengan kesehatan jantungnya. Ini dibuktikan oleh perokok aktif yang semakin meningkat di tahun ketahun.

Semua orang pun tahu jika rokok merupakan penyebab sakit jantung yang utama. Sebab setiap batang rokok, punya zat adiktif beribu ribu yang bisa menggangu fungsi kerja jantung. Disamping merokok, tidak aktif bergerak juga bisa memicu terserang penyakit jantung karena lama kelamaan detak jantung yang melambat.

Sebab jantung termasuk organ penting pada tubuh, adalah hal yang perlu dilakukan menjaga kesehatannya. Solusi pertama untuk menjaga kesehatan jantung adalah berhenti merokok dan mulai kebiasaan sehat dengan berolah raga. Jika hal tersebut dilakukan dengan benar, maka kita akan terhindar dari resiko penyakit jantung.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan jika merokok dan kurang beraktifitas gerak bisa memicu terserangnya penyakit jantung. Oleh sebab itu, sebelum hal itu terjadi, mari kita jaga kesehatan jantung. Karena tidak ada guna kekayaan yang tak dilengkapi oleh tubuh yang sehat.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Sepakbola

Real Madrid termasuk tim sepak bola internasional yang ditekuti banyak tim lain. Itu karena, tahun 2016 silam, raksasa Spanyol itu mampu mengumpulkan hingga 4 trofi sekaligus, pada seluruh kompetisi. Kompetisi yang pernah dimenangkan tim Real Madrid ini ialah Liga Champion.

Liga tersebut termasukliga bergengsi dari tim sepak bola Benua Eropa. Sebab tim yang ikut pada kompetisi tersebut cuma 3 besar pemenang kompetisi setiap Negara.

Kesuksesan Real Madrid untuk menjuarai seluruh kompetisi ini ialah permainan tim yang bagus pada setiap pemainnya. Disamping itu, peran Zinedine Zidane dalam mengatur pergerakan masing masing pemain dibalik lapangan.

Dari uraian diatas, bisa disimmpulkan jika kesuksesan tim real madri menjuarai seluruh kompetisi di dukung oleh kekompakan setiap pemainnya serta kepatuhan mereka terhadap strategi pelatihnya.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pendidikan

Indonesia termasuk negara yang tertinggal dalam bidang pendidikan dibandingkan negara lainnya. Bahkan dengan anggota negara Asia Tenggara lain, misalnya Malaysia dan juga Singapura. Buktinya ialah banyak sekali anak bangsa yang tak mampu mengenyam bangku pendidikan sampai ke perguruan tinggi.

Disamping itu, kasus lainnya ialah sulitnya mencari sekolahan di daerah terpencil terutama di wilayah luar jawa. Kalaupun ada, sekolahan tersebut berjarak jauh dari rumah penduduk. Ditambah medan yang sulit untuk menempuh sampai kesekolah.

Banyak saudara kita harus menyebrang sungai jika ingin sampai ke sekolah dengan cepat. Ada yang menyebrang sungai pakai perahu gethek bahkan ada juga yang berenang. Karena sungai pembatas antara rumah dengan sekolah tak di lengkapi oleh jembatan penghubung yang layak.

Disamping kesulitan mencari sekolahan, ternyata tenaga pendidik juga sangat terbatas. Sebab, para tenaga pendidik tersebut Cuma berasal dari relawan yang rela membantu anak anak yang sekolah di wilayah terpencil ini. Wajar saja jika taraf pendidikan di negara Indonesia masih tertinggal jauh dengan Negara-negara lainnya.

Dari uraian diatas bisa disimpulkan jika kemunduran taraf pendidikan di Indonesia diakibatkan oleh kekurangan fasilitas pendukungnya. Selain itu, kesulitan mencari sekolah yang lokasinya berdekan dengan tempat tinggal, terutama bagi wilayah luar jawa. Itu semua adalah masalah serius yang perlu diselesaikan dengan cepat, supaya pendidikan di Indonesia bisa bersaing dengan pendidikan yang ada di negara lain.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Agama

Salah satu agama yang ada di Indonesia adalah agama islam. Sampai saat ini, agama islam telah mendominasi penduduk Negara Indonesia. Karena telah memiliki penganut sampai 80% jumlah penduduk di Indonesia.

Masuknya agama islam pertama kali di bawa oleh pedagang yang berasal dari timur tengah. Sembari melakukan perdagangan, mereka juga menyebarkan agama islam ini. Dikarenakan sikap mereka yang sangat ramah, tak sedikit penduduk yang tertarik belajar agama islam dan akhirnya pun masuk kedalamnya.

Disamping keramahan para pedagang yang membawa agama islam, ternyata agama ini juga sudah terbukti sebagai salah satu agama yang benar. Ini dibuktikan, dengan adanya kitab Al-quran dan juga Sunnahnya. Sebab dari ratusan tahun silam, kedua pedoman islam itu mampu menggambarkan kehidupan dimasa mendatang. Dan itu sebagai bukti jika agama islam merupakan agama yang benar.

Contoh Paragraf Argumentasi Tentang Pendidikan Moral

Kondisi moral remaja saat ini sangat mengenaskan. Mereka tak perduli dengan moral. Mereka telah melakukan hal hal dengan kemauannya sendiri, tak lagi perduli terjadap baik dan buruknya hal itu. Apalagi jika ditegur orang lain, mereka pun akan bersikap marah serta balas menegurnya.

Mereka juga tak lagi perduli dengan perkataan orang tuanya, bahkan juga membantah perkataan mereka. Ditambah lagi, ada anak yang tega menjebolskan orang tuanya Cuma sekedar ingin mengambil sebatang kayu. Kejadian ini benar-benar terjadi dalam negara Indonesia, sebagai akibat kerusakan moral yang ada.

Penyebab munculnya hal itu ialah pergaulan yang salam. Pikiran mereka cuma untuk mencari kesenangan belaka, mereka hanya mengikuti pikirkan mereka. Itu pun termasuk kerusakan yang terjadi di negara Indonesia. Dan perlu dibenahi secepatnya, jika kita mempunyai keinginan guna memajukan bangsa ini.

Itulah beberapa contoh paragraf argumentasi yang bisa dijadikan referensi. Dengan pilihan contoh diatas, pastinya menjadi pelajaran penting bagi kita. Semoga bermanfaat.