Contoh Laporan Kegiatan Menarik dan Tepat

Kalimat ID – Contoh Laporan Kegiatan – Jika anda bekerja pada sebuah instansi, biasanya melakukan sebuah kegiatan bukanlah hal yang aneh untuk dilakukan.

Setiap kegiatan tentu saja memiliki tujuan tertentu untuk dicapai, namun meskipun begitu, laporan kegiatan acara yang dibuat biasanya tidaklah jauh berbeda. Jadi, jika anda sudah pernah membuat laporan kegiatan acara sekali saja, maka selanjutnya anda tidak akan kesulitan dalam membuatnya. Memang belum semua orang mengerti bagaimana susunan laporan kegiatan paling tepat dan menarik.

Dimana ada berbagai macam hal tertentu yang mungkin perlu banyak pertimbangan dan harus anda lengkapi. Dalam membuat surat laporan kegiatan harus memperhatikan detail kegiatan yang dilakukan. Hal ini akan memudahkan anda dalam menyusun laporan.

Selain itu permasalahan susunan kegiatan harus benar terperinci sesuai dengan acara yang telah dilakukan. Dari pada merasa bingung dan penasaran. Alangkah baiknya menyimak beberapa hal penting ini ketika menyusun laporan kegiatan. Sebetulnya laporan mengenai kegiatan terbagi dalam tiga bab.

Dimana bab pertama biasanya berisikan mengenai pembukaan sementara bab kedua menjelaskan mengenai isi kegiatan. Sedangkan untuk bab yang ketiga tentu saja menjadi penutupnya.

Dalam setiap bab yang ada sebaiknya anda menghadirkan beragam informasi yang terbilang lengkap. Namun sebaiknya juga tidak berlebihan untuk informasi yang diberikan. Saat ini sudah hadir banyak sekali contoh laporan kegiatan yang bisa anda temukan melalui internet. Dimana setiap laporan menjelaskan kegiatan yang berbeda-beda.

Dari segudang contoh laporan yang telah tersedia maka anda bakalan lebih mudah dalam membuat laporan kegiatan. Laporan kegiatan acara tentunya masuk dalam laporan resmi. Dimana anda harus mampu menentukan pilihan bahasa yang terbilang nyaman digunakan.

Biasanya kebanyakan orang mempergunakan bahasa sopan dan baku untuk laporan kegiatan. Siapa sangka ternyata pembuatan laporan mengenai sebuah kegiatan juga mempunyai banyak manfaat.

Mungkin masih banyak di antara anda yang belum mengerti akan kegunaan sebuah laporan kegiatan. Dimana kegunaannya bisa dipergunakan sebagai arsip yang mungkin suatu ketika dipergunakan kembali sebagai program rencana kerja.

Selain itu anda juga bisa memberikan evaluasi acara yang telah berlangsung. Akankah masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki ataukah tidak. Bahkan ada pula kegunaan lainnya yakni menjadi salah satu bukti sebuah kegiatan yang memang sudah pernah dilakukan. Bukti tersebut nantinya akan diberikan kepada pihak yang ada keterkaitannya dengan kegiatan.

Dari sini pastinya anda pun mengerti mengenai pentingnya sebuah laporan kegiatan. Dimana laporan sebuah kegiatan harus menghadirkan format laporan yang benar dan menarik. Mungkin saja anda bisa menyimak susunan laporannya agar memudahkan saat membuatnya. Yakni:

Pendahuluan

Pada bagian yang satu ini tentu saja anda harus mampu menjelaskan untuk apakah menyelenggarakan kegiatan tersebut. Selain itu cantumkan juga mengenai latar belakang kegiatan.

Dimana didalamnya juga menjelaskan mengenai maksud maupun tujuan kegiatan tersebut dilakukan. Dengan begini pembaca akan semakin paham dengan kegiatan yang sudah anda rancang. Setidaknya anda harus bisa menjelaskan secara singkat namun jelas dan bisa dipahami para pembacanya.

Isi laporan

Dalam sebuah laporan tentang kegiatan tentunya perlu menghadirkan bagian isi yang real. Dimana setiap kegiatan yang sudah dilakukan harus dicantumkan. Bahkan untuk permasalahan tempat maupun waktu berlangsungnya acara juga penting anda hadirkan.

Belum lagi peserta kegiatan, panitia yang telah bertugas, pelaksanaan kegiatan sampai dengan permasalahan dana yang nantinya dibutuhkan. Semuanya memang harus anda perinci dengan baik dan tepat agar acara kegiatan yang nantinya dilakukan bisa berjalan dengan lancar. Jadi sudah seharusnya anda mampu menjelaskan secara terperinci beragam kegiatan yang telah dilakukan.

Penutup

Ketika anda sudah selesai pada bagian isi laporan kegiatan tentunya bisa dilanjutkan dengan membuat bagian penutupnya. Biasanya untuk bagian penutup ini anda tidak perlu membuat kalimat terlalu panjang. Tetapi jika memang mempunyai data yang harus dilampirkan maka anda pun bisa melampirkan pada bagian penutupnya ini.

Sebetulnya bukan hal yang sulit membuat sebuah laporan mengenai kegiatan. Dimana sudah tersedia beberapa macam contoh laporan kegiatan yang mampu dijadikan sebagai acuan.

Dari sini anda hanya perlu memahaminya lebih jauh agar pembuatan laporan benar dan tepat. Ciri utama dari sebuah laporan kegiatan sebetulnya terletak pada kedalaman maupun detail informasinya.

Jika isinya terperinci dengan baik maka yang membacanya tentu saja begitu mudah memahaminya. Tentunya anda tidak perlu merasa heran lagi apabila menemukan sebuah laporan yang mana telah tersusun dengan rapi dan baik.

Sekarang ini anda pun bisa mengerti bagaimanakah sebetulnya penyusunan sebuah laporan kegiatan. Dimana susunan paling benar yakni:

Halaman judul atau cover
Halaman pengesahan
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I Pendahuluan

Latar Belakang Permasalahan
Berisikan mengenai pendapat sekaligus alasan dilakukannya kegiatan tersebut. Dimana penjelasan tersebut lengkap juga dengan tempat maupun waktu yag menjadi pilihan.

Tujuan
Mekanisme Pelaksanaan
Berisi tentang
Jadwal Acara
BAB II Deskripsi kegiatan
Berisi tentang (profil acara, visi dan misi , struktur, bentuk program dan kegiatan, dll)
BAB III Pelaksanaan Acara
Jadwal pelaksanaan
Deskripsi mengenai kegiatan yang sudah dilakukan
Kendala maupun solusi
Anggaran dana atau laporan keuangan
BAB IV Penutup
Kesimpulan
Saran dan kritikan
Lampiran-lampiran
Jurnal kegiatan yang telah dilakukan
Bukti terkait kegiatan entah gambar atau tulisan

Tentunya susunan seperti di atas seringkali kita temukan entah dimanapun tempatnya. Hanya saja ada juga yang tidak mempergunakan format laporan per bab dimana penjelasan langsung pada acara maupun anggaran dananya. Tentunya hal semacam ini terbilang mudah hingga menjadikan siapapun tak merasa kebingungan ketika membuat sebuah laporan kegiatan. Hal semacam ini memang terbilang sah-sah saja apalagi susunan laporan kegiatan telah dimodifikasi seindah mungkin sesuai dengan kebutuhan. Apabila laporan tersebut sifatnya individual maka formatnya cukup yang biasa saja.

Mungkin anda sudah merasa penasaran sekali dengan salah satu contoh laporan kegiatan. Dimana kali ini kita akan memberikan salah satu ulasan laporan tentang kegiatan perkemahan yang ada di sekolah.

Contoh laporan kegiatan perkemahan sekolah

Laporan Kegiatan Perkemahan Sabtu-minggu

Dalam Rangka Menyambut Siswa Baru SMA Negeri 1 Malang
Tahun Ajaran 2010/2011

Latar Belakang

Perkemahan Sabtu-Minggu ini pastinya menjadi salah satu kegiatan perkemahan yang mana dilakukan oleh semua anggota pramuka. Baik itu dari tingkatan SD sampai dengan SMA. Persami ini dilakukan dengan beragam tujuan, tetapi salah satu tujuan utama kami yakni memperingati sekaligus meresmikan adanya kenaikan tingkat pada anggota pramuka.

Siswa baru yang kini sudah diterima di SMA Negeri 1 Malang ini secara otomatis sudah masuk dalam anggota pramuka penegak. Gugus depan SMA Negeri 1 Malang memang mempunyai kewajiban menjalankan upacara peresmian dalam kegiatan perkemahan ini. Kegiatan tersebut dilakukan saat awal tahun pembelajaran bahkan mempunyai tujuan yang terbilang khusus.

Tujuan Kegiatan

Melalui kegiatan persami yang dilakukan ini harapannya siswa baru kelas IX yang berada di SMA Negeri 1 Malang ini akan:

• Mengenal lingkungan sekolahnya yang terbilang baru.
• Mempunyai jiwa pemberani, berakhlak mulia, jujur bahkan juga bisa bekerja sama.
• Mempersiapkan calon generasi penerus bangsa berkualitas bahkan sudah siap terjun ditengah masyarakat.

Anggaran Dana

Kegiatan persami ini pastinya dilakukan serta dipanitiai oleh adanya Gerakan Pramuka Gugus Depan SMA Negeri 1 Malang yang didanai dari:
• Sumbangan operasional sekolah yang disebut BOS
• Sumbangan seluruh murid baru kelas IX

Jadwal Kegiatan

Kegiatan Persami penerimaan siswa baru dilaksanakan pada:
Hari: Sabtu-Minggu
Tanggal: 10-11 Juli 2011
Tempat: SMA Negeri 1 Malang
Jumlah peserta: 160 siswa dari 5 kelas.

Hasil Kegiatan

Kegiatan Persami Penerimaan Siswa Baru sudah dilaksanakan dengan baik dan lancar. Dimana kegiatan tersebut dimulai dengan acara pembukaan pada hari Sabtu, 10 Juli 2011 pukul 16.00 WIB dan diakhiri dengan acara apel penutupnya pada hari Minggu, 11 Juli 2011 pukul 11.00 WIB.

Semua peserta persami juga sudah mengikuti semua arahan sekaligus jadwal kegiatan dengan sangat tertib. Hanya saja masih ada beberapa peserta yang memang tidak membawa perlengkapan persami dengan beragam alasannya. Kondisi seperti ini tentunya menjelaskan jika masih ada kendala kedisiplinan yang ada dalam diri siswa itu sendiri.

Kesimpulan

Kegiatan Persami yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Malang ini memang berjalan dengan lancar. Meskipun bisa dikatakan dari segi anggaran maupun kondisinya terbatas sekali. Siswa baru yang menjadi pesertanya seakan memperoleh banyak sekali manfaat terlebih dalam hal kerjasama, kedisiplinan, kekompakan maupun sifat pemberaninya.

Harapannya acara Persami ini mampu menjadi salah satu cara untuk memupuk calon generasi penerus bangsa berkualitas. Baik itu dari hal akademik maupun non akademik.

Demikianlah tadi laporan mengenai kegiatan persami sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban dari panitia. Semoga saja bisa dijadikan sebagai evaluasi atas penyelenggaraan kegiatan persami tahun berikutnya.

Itulah tadi sekilas contoh laporan kegiatan mengenai persami yang ada di sekolahan. Sebetulnya masih banyak sekali contoh lainnya yang mungkin menginspirasi anda. Karena pembuatan sebuah laporan itu amatlah mudah jika anda mengerti susunannya. Apalagi dari segi isi laporan pastinya harus detail mungkin supaya pembaca memahami dan mengerti apa saja isinya. Sedangkan untuk tujuan penyelenggaraan bisa anda jelaskan beragam tujuan yang bisa diperoleh jika mengadakan kegiatan tersebut.

Sebetulnya masih banyak sekali rekomendasi lain mengenai contoh laporan suatu kegiatan. Dimana memang banyak sekali kegiatan yang membutuhkan hasil laporan. Dengan adanya laporan kegiatan maka perbaikan atas acara yang telah berlangsung untuk kedepannya bisa dilakukan dengan baik. Setidaknya anda perlu mengerti seperti apakah susunan dari laporan tersebut. Jika sudah maka semuanya terasa begitu mudah hanya perlu mengikuti acuan yang telah tersedia.

Setidaknya anda hanya perlu memikirkan latar belakang kegiatan atau bahkan isi dari laporan tersebut. Usahakan isinya memang menjelaskan tentang semua kegiatan yang telah berlangsung.

Dari sini pembaca nantinya akan mengerti bahkan memahami apa saja kegiatan yang sudah dilakukan. Dari laporan tersebut nantinya bisa di evaluasi apa sajakah yang perlu dibenahi lagi agar kegiatan semakin menarik.

Tentunya ada banyak contoh laporan kegiatan yang bisa anda jadikan sebagai inspirasi. Di atas hanya salah satu pilihan saja sebagai acuan terbaik pembuatan sebuah laporan tentang kegiatan. Entah itu kegiatan pramuka, kegiatan lingkungan atau bahkan beragam kegiatan yang lain.