20 Contoh Kalimat Simpleks Beserta SPOK dan Strukturnya

Contoh Kalimat Simpleks

Kalimat.ID – Contoh kalimat simpleks – didalam kehidupan, manusia tidak terlepas dengan yang namanya interaksi sosial kepada sesama manusia. Dalam interaksi itu selalu terdapat percakapan yang kamu lakukan bersama lawan bicara kamu. Kamu harus dapat menyusun beberapa kalimat yang baik saat kamu berbicara kepada orang lain. Selain itu juga, saat kamu berada di bangku sekolah tentu diajari pula mengenai pembuatan kalimat.

Dari seluruh macam kalimat yang harus kamu pelajari, sekarang ini akan di bahas mengenai dua kalimat saja. Kalimat simpleks serta kalimat kompleks. Pembahasan mengenai dua kalimat ini terkadang diberikan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.

Berikut ini pembahasan lengkap seputar kalimat simpleks dan juga kalimat kompleks. Di mulai dari pengertian kalimat simpleks dan juga kompleks, macam – macam kalimat kompleks, contoh kalimat simpleks, dll.

Pengertian Kalimat Simpleks

Jika kamu seorang pelajar atau apalagi orang yang telah ada di lingkungan masyarakat, pasti kamu sudah kerap mendengarkan kata kalimat simpleks. Pembahasan pertama ini adalah tentang pengertian kalimat simpleks. Kalimat simpleks ialah kalimat yang pada umumnya menggunakan kata simple yang berarti hanya terdiri atas satu kalimat simple yang meliputi satu peristiwa saja.

Kalimat simple juga termasuk tipe kalimat yang cuma mempunyai satu subjek serta satu predikat saja, maupun sebuah kalimat yang cuma terdiri atas satu klausa saja. Sebab cuma terdiri atas satu klausa kalimat tersebut hanya menyampaikan satu informasi saja.

Kalimat simpleks dapat pula dikenal sebagai kalimat tunggal, berikut adalah contoh kalimat simpleks sederhana yang mudah untuk kamu pahami beserta penjelasannya.

1. Ibu itu dokter gigi
Pada kalimat ini terdiri atas subjek dan predikat pula. Dimana ‘ibu’ adalah subjek dan ‘dokter gigi’ adalah predikatnya.

2. Para seniman membuat lukisan
Pada kalimat tersebut kata ‘para seniman’ berlaku menjadi subjek, lalu kata ‘membuat’ berlaku menjadi predikat dan kata ‘lukisan’ berlaku menjadi objek.

3. Kewibawaan pak jatmiko sudah diakui oleh masyarakatnya
Pada kalimat tersebut mengandung subjek, predikat dan kata pelengkap pula.

4. Ani berangkat sore
Pada kalimat ini terdiri atas subjek ‘ani’ lalu predikat ‘berangkat’ serta keterangan waktu ‘sore’.

Pengertian Kalimat Kompleks

Sementara untuk kalimat kompleks ialah kalimat yang mempunyai makna lebih dari satu peristiwa. Untuk kalimat kompleks ini dibedakan pula menjadi dua kalimat lagi. Dan masing – masing mempunyai pembahasan tersendiri. Dalam setiap kalimat kompleks ini mempunyai contoh dan juga struktur yang berbedari satu dan lainnya.

Kalimat kompleks sebenarnya adalah gabungan dari sejumlah kalimat simples atau sejumlah klausa yang berpisah dengan kata penghubung maupun dengan tanda koma. Gabungan dari kalimat kalimat simpleks ini terkadang lebih memakai konjungsi maupun penghubung eksternal.

Dimana konjungsi eksternal ini adalah sebuah kata yang sudah biasa dipakai guna menggabungkan satu kalimat dengan lain kalimat. Berikut ini adalah ciri – ciri dari kalimat kompleks pada umumnya sesuai dengan fungsi dan susunan kalimatnya pula :

1. Kalimat kompleks harus mempunyai minimal dua kejadian maupun klausa atau proses, bahkan dapat pula lebih dari dua kalimat di dalam satu kalimatnya.
2. Termasuk gabungan atas kalimat simpleks maupun dari klausa.
3. Untuk menggabungkannya perlu memakai kata gabung yang telah ditentukan maupun dipisahkan menggunakan tanda koma.
4. Harus mempunyai dua buah subjek serta dua buah predikat di dalam satu kalimat serta di dalam susunan kalimat pelengkapnya.
5. Pada contoh kalimat kompleks dibedakan menjadi dua tipe yakni kalimat kompleks dengan gabungan parataktik dan juga kalimat kompleks dengan gabungan hipotaktik.

Macam Macam Kalimat Kompleks

Apabila kalimat kompleks ialah kalimat tungga yang cuma mempunyai satu bentuk kerja di dalam satu kalimat. Maka, kalimat kompleks ialah kalimat yang memiliki dua bentuk kata kerja maupun dua rangkaian kejadian dalam satu kalimat. Kalimat kompleks sendiri dibedakan menjadi dua jenis yakni kalimat kompleks parataktik dan juga kalimat kompleks hipotaktik. Berikut penjelasannya:

1. Kalimat kompleks parataktik termasuk jenis kalimat kompleks memuat 2 struktur namun bermakna sama (setara).
Contoh kata sambung maupun konjugasi yang biasa dipakai dalam kalimat tersebut yaitu kata ‘dan, tetapi & atau’.
Kata penghubung ialah salah satu ciri khas dari kalimat kompleks parataktik.

2. Berikutnya adalah kalimat kompleks hipotaktik. Pada jenis kalimat kompleks ini merupakan kalimat berstruktur atau berkedudukan bertingkat. Oleh sabab itu nama lain pada kalimat kompleks hipotaktik ialah kalimat majemuk bertingkat.

Kalimat hipotaktik mempunyai pula kalimat penghubung atau konjugasi tetapi berbeda dengan kalimat parataktik. Kalimat penghubungnya yaitu kata ‘agar, supaya, seperti, apabila, andaikan, jika, seandainya, ibarat, daripada, laksana, oleh sebab itu, faktanya, sehingga & dengan’. Kalimat yang memakai kata penghubung itu artinya merupakan kalimat majemuk bertingkat.

Cara Membedakan Dari Kalimat Simpleks dan Kalimat Kompleks

Walaupun sudah kerap mendengarkan kalimat itu, tetapi masih ada pula yang tidak mengetahui perbedaan pada kedua kalimat tersebut. Yang sebetulnya perbedaan itu terlihat paling jelas sekali dalam susunan kalimatnya. Perbedaan dari kedua kalimat tersebut dapat kamu lihat dengan beragam cara, diiantaranya:

1. Cara pertama ialah melewati pengertian dari kedua kalimat tersebut.
2. Kemudian cara kedua dapat kamu lihat melewati susunan katanya.

Yakni dalam kalimat kompleks ada dua verb maupun kata kerja pada satu kalimat dan menceritakan pula dua peristiwa dalam satu kalimat yang utuh. Sedangkan pada kalimat simpleks cuma mempunyai satu bentuk kata kerja pada satu struktur kalimatnya.

Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks Dengan Benar

Kalimat tersebut adalah kalimat yang dalam menyusunnya cuma mempunyai satu makna serta mengikuti pola normal dalam penulisan kalimat. Yang mempunyai unsur lengkap yakkni subjek (S), predikat maupun kata kerja (P), Objek (O) serta keterangan (K).

Kalimat ini ialah bentuk kalimat yang hanya terkandung satu kata kerja maupun satu predikat saja, makna yang terkandung pada kalimat ini ialah makna sederhana.
Berikut Contoh Kalimat Simpleks:

1. Ibu membeli sayuran di pasar
2. Santi mencuci piring di dapur
3. Kakak menyapu halaman rumah
4. Dina menangis di dalam kamar
5. Agus akan berlibur ke Singapur
6. Ibu membelikan dio mainan baru
7. Saya bermain boneka di rumah
8. Kakak tertawa di dalam kamar
9. Gito menendang bola di lapangan
10. Deden belajar silat di padepokan
11. Bunga menyapu halaman rumah
12. Ibu memasak nasi di atas kompor
13. Dian belajar membaca di kamar
14. Ririn duduk di kursi depan kelas
15. Ibu guru mengajar di depan kelas
16. Bapak guru berlatih senam di lapangan
17. Semua murid belajar dengan tenang
18. Seluruh siswa mengerjakan ulangan dengan baik
19. Para guru mengadakan rapat di aula
20. Para pegawai sudah di PHK tadi pagi

Contoh Kalimat Kompleks Parataktik

Kalimat kompleks parataktik maupun dikenal sebagai kalimat majemuk setara. Yang paling uatama apabila dalam membuat kalimat tersebut ialah harus terdapat kata penghubung maupun biasa dikenal sebagai konjugasi. Kata penghubung yang kadang dipakai ialah : lalu, dan, bahkan, kemudian, sebelum, setelah, ketika.

Contoh kalimat kompleks parataktik:
1. Dinda bingung memilih jurusan biologi atau bahasa Indonesia
2. Ibu guru mengambil sampah di dalam kelas ketika murid murid belajar
3. Arin membeli sepatu dan tas di Matahari mall
4. Kakak makan es cream di depan rumah siang tadi lalu ibu ikut memakannya
5. Cinta membuat kerajinan tangan menggunakan bahan bekas yang tidak terpakai sebelum memperoleh tugas dari sekolah
6. Justin menonton film horror di laptop bersama kakaknya malam ini ketika ibu sedang memasak di dapur
7. Anggun anak orang miskin tetapi dia rajin bersedekah kepada orang lain
8. Lala menggunakan tas baru di hari pertama masuk sekolah lalu temannya menumpahkan air di tasnya.
9. Kakak bingung dalam memilih sebagai seniman atau dokter
10. Deni belajar matematika dan seni rupa di kampus
11. Siska bingung mau memasak ikan asin atau memasak tempe.
12. Ibu membuat baju dan celana dengan mesin jahit jadulnya
13. Nina naik ojek dan taksi ketika berangkat ke jakarta

Contoh Kalimat Kompleks Hipotaktik

Kalimat kompleks hipotaktik ialah kalimat majemuk bertingkat yang mempunyai dua struktur kalimat menggunakan kedudukan makna yang bertingkat. Yang menjadi cirinya ialah memakai kata konjugasi maupun penghubung. Berikut adalah beberapa contoh kalimat majemuk bertingkat/ kalimat kompleks hipotaktik:

1. Cinta sedang membawa buku di perpustakaan yang sudah di pinjam
2. Kakak memancing ikan di danau bersama pamannya dengan membawa bekal jajan banyak.
3. Rafi membersihkan sampah di depan rumahnya jika disuruh dari ibunya
4. Janah menggunakan sepatu baru di hari pertama masuk sekolah agar terlihat rapi
5. Setiap hari gosok gigi supaya gigi terbebas oleh kuman dan penyakit
6. Minumlah dan makanlah yang banyak agar tetap sehat dan kuat
7. Tanaman bunga akan tumbuh subur jika kita rajin menyiraminya
8. Ketika menjelang subuh, ayam jantan selalu berkokok untuk menyambut matahari muncul
9. Cinta menyeberang jalan sangat hati hati agar tidak tertabrak oleh kendaraan yang lewat
10. Bagus sedang makan saat jam pelajaran berlangsung, oleh karena itu ia diberi hukuman

Sesudah tahu contoh kalimat simpleks dan kompleks, akan dijelaskan lebih lanjut tentang kalimat simpleks. Struktur kalimat tersebut sangat sederhana serta tidak memerlukan kata penghubung. Kalimat ini juga termasuk kalimat tunggal. Berikut ini adalah pembahasan tentang pola maupun struktur kalimat simpleks.

Kalimat jenis simpleks tersebut dapat dikatakan cukup sederhana dan juga sering diaplikasikan dalam aktivitas sehari-hari. Berikut contoh kalimat simpleks menggunakan pola kata beberapa benda:

– Ayahnya seorang jurnalis
– Ibunya mantan sekretaris desa
– Pamannya nelayan
– Sepupunya pramugari
– Aku seorang pilot
– Saudaranya pelayan
– Ibunya penjahit
– Neneknya mantan pramugari
– Adiknya pejabat
– Ria pemilik kantor ini
– Deni pemilik kedai ini

Selanjutnya kalimat simpleks menggunakan pola kedua ini membahas tentang kata benda yang mengubah fungsinya menjadi kata kerja. Terkadang kalimat tersebut dipakai guna menejelaskan keadaan seseorang saat sedang mengerjakan suatu pekerjaan. Berikut adalah contoh kalimat simpleks menggunakan pola kata beberapa benda/ kata kerja:

1. Intan sedang bermain
2. Kakak sedang bernyanyi
3. Ayah sedang berenang
4. Ibu sedang berjalan
5. Rani sedang menangis

Demikianlah beberapa contoh kalimat simpleks dan juga kalimat kompleks yang bisa kalian jadikan referensi untuk belajar. Dan masih banyak lagi contoh-contoh yang mungkin kerap kalian pakai atau ucapkan di dalam kehidupan yang nyata setiap harinya. Belajar kalimat ini bukanlah hal yang sulit. Tetap semangat belajar dan semoga bermanfaat!

Komentar disini