45 Contoh Kalimat Majemuk Campuran Dengan Pola SPOK

Contoh Kalimat Majemuk Campuran

Kalimat.ID – Contoh kalimat majemuk campuran – pada pembelajaran bahasa Indonesia kita sering kali menjumpai berbagai kalimat yang mengandung makna. Entah pada percakapan ataupun sebuah paragraph. Kalimat itu dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis, misalnya kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat tunggal, kalimat majemuk dan masih banyak lagi.

Tentunya setiap kalimat punya pengertian dan definisi sendiri. Kemudian setiap kalimat tersebut juga akan di bagi lagi menjadi kedalam beberapavarian lagi. Misalnya saja kalimat majemuk, definisi dari majemuk sendiri artinya adalah banyak. Jadi, definisi kalimat majemuk sederhanya ialah kalimat yang mempunyai banyak pola (bisa dua pola maupun lebih).

Pada kalimat majemuk tersusun atas anak kalimat dan juga induk kalimat. Yang membedakan antara anak kalimat dan induk kalimat adalah konjungsi yang digunakan. Karena kata penghubung kadang juga di sertakan dalam kalimat tunggal dengan kedudukannya sebagai anak kalimat. Sementara untuk induk kalimat ini tanpa mengandung kata penghubung.

Jenis jenis dari kalimat majemuk diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Majemuk rapatan
2. Majemuk setara
3. Majemuk bertingkat
4. Dan kalimat majemuk campuran

Pada kesempatan kali ini kita akan fokus dulu dengan pembahasan dari poin nomor 4 pada jenis kalimat majemuk diatas, yakni kalimat majemuk campuran beserta contoh kalimat majemuk campuran.

Pengertian Kalimat Majemuk Campuran

Seperti namanya, contoh kalimat majemuk campuran tersusun atas gabungan dari majemuk setara dan bertingkat. Sedangkan dalam kalimat majemuk setara merupakan susunan 2 kalimat tunggal berkedudukan sama. Namun kalimat majemuk bertingkat tersusun atas 2 kalimat tunggal yang berkedudukan tidak sama.

Dalam contoh kalimat majemuk campuran ada induk kalimat dan juga anak kalimat. Munculnya anak kalimat di sini karena perluasan dari induk kalimat dan pola kalimat.

Karakteristik kalimat majemuk campuran

Pada umumnya, minimal kalimat majemuk campuran harus terdiri atas 3 kalimat tunggal. Terdapat tiga karakteristik pada kalimat majemuk campuran, antara lain sebagai berikut :

1. Paling tidak memuat 3 klausa atau kalimat tunggal.
2. Ketiganya punya fungsi atau kedudukan yang tidak sama, yaitu sebagai induk kalimat serta anak kalimat. Biasanya salah satu pada anak kalimat fungsinya menjadi keterangan waktu.
3. Terdiri dari dua maupun lebih dari kata penghubung (konjungsi), yang mana kata penghubung tersebut seharusnya kata penghubung yang kadang digunakan maupun ada dalam kalimat majemuk setara dan juga kalimat majemuk bertingkat. Misalnya serta, dan, lalu, kemudian, setelah, agar, sebagainya, supaya, sebab, ketika.

Jenis jenis kalimat majemuk campuran

Kalimat majemuk campuran memiliki dua jenis, antara lain kalimat mejemuk campuran menggunakan satu induk kalimat serta anak kalimat. Ataupun memuat satu anak kalimat serta 2 induk kalimat. Berikut penjelasannya di bawah ini:

1. Pola dalam kalimat majemuk campuran ini 2 induk kalimat ditambah 1 sebagai anak kalimatnya. Contoh kalimat majemuk campuran jenis poin 1 (satu):
– Sandra membatalkan perjalanan pesta pernikahan ke Kediri. (induk kalimat)
– Ibu tidak mengantarkan kue di rumah tetangga. (induk kalimat)
– Nenek Sandra tiba-tiba jatuh dari tangga. (anak kalimat)

Sandra membatalkan perjalanan pesta pernikahan ke Kediri dan ibu terpaksa tidak mengantarkan kue di rumah tetangga ketika nenek Sandra jatuh dari tangga.

2. Kalimat majemuk campuran menggunakan satu induk kalimat dengan dua anak kalimat. Contoh kalimat mejemuk campuran jenis poin 2 (dua):

– Kelas 7-A dibagi menjadi dua regu guna mengisi lomba menyanyi yang diadakan sekolah bina bakti. (induk kalimat)
– Regu I bertugas dengan menampilkan nyanyian khas tradisional. (anak kalimat)
– Regu II bertugas dengan menampilkan nyanyian POP Indonesia. (anak kalimat)

Kelas 7-A dibagi menjadi dua regu guna mengisi lomba menyanyi yang diadakan sekolah bina bakti dengan syarat regu I bertugas dengan menampilkan nyanyian khas tradisional sementara regu II bertugas dengan menampilkan nyanyian POP Indonesia.

Contoh Kalimat Majemuk Campuran

Untuk lebih mudah memahami penjelasan ini, berikut ini akan disertai contoh kalimat majemuk campuran yang lengkap. Nah, pada artikel ini pembaca akan diajak untuk memahami tentang kalimat majemuk setara dengan cara membaca beberapa contoh kalimat majemuk setara yang ada di bawah ini:

1. Walaupun arina merupakan anak terakhir dalam keluarga namun ia tidak pernah diajarkan guna menjadi anak yang manja serta selalu diajarkan guna berusaha dalam mewujudkan segala mimpi dengan hasil kerja keras dan tidak meminta-minta pada orang tua maupun orang lain.

2. Sandi memutuskan untuk berhenti sekolah sebab ayahnya meninggal dunia jadi ia harus menggantikan posisi ayah menjadi tulang punggung dalam keluarga.

3. Sinta dan dewi mempunyai watak dan kepribadian yang hampir mirip sebab mereka sama ada di bintang bulan desember sagitarius meskipun keduanya lahir di rahim yang berbeda serta jarak umur yang tidak sama.

4. Musim hujan terkadang terjadi di rentang bulan September – april dan musim kemarau terkadang terjadi di rentang waktu bulan april – agustus namun biasanya jadwa itu tidak selalu berlaku dengan teratur.

5. Ibu melarang citra membeli jajan sementara waktu serta mengontrol ia ketika makan dimana saja supaya citra segera sembuh dari penyakitnya.

6. Hari libur merupakan saat-saat yang dinantikan oleh anak-anak sebab hari libur merupakan salah satu kesempatan berkumpul dengan keluarga serta mewujudkan keharmonisan antara anak dengan orang tua.

7. Kampus selalu mengadakan acara di gedung seperti seminar dan olimpiade antar jurusan secara berkala yang bertujuan supaya mahasiswa bisa terus berkembang dan meningkatkan kualitas diri mereka yang tak hanya fokus dengan mata kuliah saja namun juga dengan wawasan pengetahuan lainnya.

8. Walaupun sudah diberi peringatan guna tidak meninggalkan pelajaran namun riko tetap saja kerap meninggalkan pelajaran disekolah jadi sebagai konsekuensi dari perbuatannya riko diberikan skorsing dengan waktu seminggu.

9. Seorang petani bekerja di siang hari guna mengurus sawah sedangkan seorang nelayan bekerja di malam hari guna menangkap ikan meskipun berbeda cara tetapi tujuan mereka tetap sama yakni mencari nafkah guna keluarganya.

10. Ridho paling suka kegiatan melukis sejak kecil sehingga ketika ia kuliah di Universitas ayahnya selalu mengarahkan ridho pada jurusan seni dan hasilnya paling membanggakan sebab ia berhasil menjadi seniman hebat dan terkenal saat ini.

11. Rina mempunyai kehidupan yang penuh musibah sejak kecil sebab orang tuanya yang sudah meninggal ketika ia masih berumur 7 tahun dan mempunyai seorang adik yang cacat tidak dapat berjalan sehingga rina tumbuh menjadi wanita dengan kepribadian tegar, dewasa dan mandiri melebihi umurnya.

12. Santi sedang belajar di ruang tamu ketika ayah datang membawa kue dari toko dan santi langsung menyantap kue tersebut.

13. Sebab besok kaka akan pergi di rumah paman, aku membantu menyiapkan baju-bajunya dan menyiapkan beberapa oleh-oleh.

14. Ibu mengajarkan saya berbuat baik dan ayah mengajarkan saya bertanggung jawab supaya saya menjadi orang yang berguna untuk orang lain.

15. Kakak sedang membantu ayah membersihkan halaman dan saya sedang mengerjakan PR saat ibu baru datang dari pasar.

16. Jatimpark III adalah tempat liburan terindah di Indonesia, namun membutuhkan biaya lumayan mahal guna berkunjung disana.

17. Karena hari telah mulai larut, kami ngobrol sebentar lalu langsung pulang.

18. Intan, dina, dan santi bermain boneka di teras rumah walaupun sedang hujan.

19. Adik sedang bermain dan ibu menjahit saat saya datang dari bekerja.

20. Rayanka menyapu halaman dan kakak sedang memasak saat saya berkunjung di rumahnya.

21. Kami pulang di rumah, namun mereka tetap saja bekerja sebab tugasnya belum selesai.

22. Kita datang, namun mereka belum berangkat sebab masih banyak yang perlu di persiapkan.

23. Sebab waktu sudah menjelang petang, kita pun berhenti naik gunung lagi dan segera menyiapkan tenda.

24. Tempe merupakan makanan yang murah meriah harganya, namun masih banyak masyarakat yang tak mampu dalam membeli tempe.

25. Sayur mempunyai gizi paling tinggi, namun banyak yang tak menyukai makan sayur.

26. Pak binto mengumumkan bahwa esok hari akan diadakan rapat harian dan seluruh guru menyiapkan berkas-berkas.

27. Saya pulang saat ayah sedang membersihkan halaman dan adik sedang belajar kelompok di ruang tamu.

28. Mencuci baju telah selesai saat ayah datang dari kantor dan ibu memasak didapur.

29. Ketika pencurian sedang berlangsung, saya sedang tidak dirumah dan orang tua sedang di acara pesta.

30. Karena neneknya sedang mengalami kesulitan, ibu mengambil uang banyak di bank lalu meminjamkan kepada nenek.

31. Saat presiden memberikan pengumuman harga naik BBM, hampir semua warga masyarakat tak setuju hingga ada yang melaksanakan demonstrasi secara besar-
besaran.

32. Ketika proses pernikahan adik berlangsung, saya tidak menghadirinya tetapi orang tua saya menunggu sampai proses pernikahannya selesai.

33. Andi sedang makan ketika rudi datang kerumah dan ayu sedang memasak kue di dapur.

34. Ayah pulang dari kantor ketika ibu sedang menyapu halaman dan saya sedang menggendong adik bayi.

35. Waktu ujian sekolah seudah selesai ketika bel berbunyi dan murid murid pun mengumpulkan jawaban ujian mereka.

36. Ibu guru sedang menulis soal di papan, ketika aku datang terlambat dan ririn sedang menulis soalnya di buku tulis.

37. Karena besok akan ujian, aku pun belajar terus dan mempelajari semua soal yang sudah diberikan oleh buguru tadi pagi.

38. Karena besok kami akan pulang, ibu pun berkemas kemas dan saya membantunya memasukkan baju kedalam koper.

39. Ayah mengajariku tentang arti penting beribadah, dan ibu mengajariku tentang pentingnya berbakti kepada kedua orang tua.

40. Andi, budi dan didi bermain kasti di halaman sekolah meskipun hari sudah siang dan mereka bermain sampai sore hari.

41. Karena hari sudah mulai mendung, kami pun bersiap untuk pulang dan berpamitan kepada pemilik rumah supaya tidak terburu hujan.

42. Bapak guru menjelaskan pelajaran matematika di depan dan kami pun sangat serius mempelajari semua materinya di kelas.

43. Pizza adalah salah satu kuliner mahal, namun konsumen tetap suka membelinya karena rasanya yang unik.

44. Ibu akan berulang tahun besok, dan kami semua yang menyiapkan pestanya dirumah, sementara ibu sedang berada di luar untuk belanja.

45. Kakak sedang menelpon saudaranya, ketika ibu sedang memasak nasi, dan aku sedang membantu ibu.

Pola kalimat majemuk campuran memang lebih panjang. Bagaimana tidak, karena contoh kalimat majemuk campuran sendiri merupakan gabungan antara kalimat majemuk bertingkat dengan kalimat majemuk setara. Semoga artikel mengenai contoh kalimat majemuk campuran dan polanya tersebut dapat bermanfaat bagi semua kalangan!

Komentar disini