20 Contoh Hewan Vertebrata Lengkap Beserta Penjelasannya

Kalimat.ID – Contoh hewan vertebrata – Pada saat kita duduk di bangku SD, tentu kita sudah dikenalkan nama-nama hewan. Pasalnya, guru kita dulu hanya mengenalkan nama-nama hewan di seluruh dunia. Jadi, bisa jadi dalam memperkenalkan nama hewan, ketika masih SD masih belum dikenalkan jenis-jenis hewan termasuk salah satu contoh hewan vertebrata ini.

Contoh hewan vertebrata, merupakan salah satu hewan yang berjenis mempunyai tulang belakang. Contoh hewan vertebrata ini juga bisa di bilang sangat mudah kita jumpai. Karena menurut jenisnya ini terdiri dari 5 macam yang akan saya bahas.

Untuk mengenal lebih dalam mengenai salah satu contoh hewan vertebrata ini, pada kesempatan kali ini saya akan menyajikan kepada kamu lengkap dengan ciri-cirinya. Tidak sedikit pula yang masih mengenal contoh-contoh hewan vertebrata. Yuk, mari kita mengenal beberapa contoh hewan vertebrata yang saya sajikan pada artikel ini !

20 Contoh Hewan vertebrata Lengkap dengan Penjelasannya

Contoh hewan vertebrata ini mempunyai 10 ciri-ciri khusus yang dimilki oleh hewan ini.  Karena setiap jenis hewan ini mempunyai ciri-ciri khusus yang menjadi berbeda dengan hewan lainnya. Tanpa adanya ciri-ciri, kita tentu masih abstrak dalam mengenal contoh hewan veterbrata ini.

Berikut ciri-ciri hewan veterbrata :

  1. Hewan ini mempunyai 2 lapisan kulit yaitu lapisan epidermis di luar dan endodermis di bagian dalam.
  2. Untuk sebagian hewan veterbrata ini mempunyai alat reproduksi yang dapat dibedakan atau berpasangan.
  3. Perkembangan otak pada hewan yang tergolong ke dalam vertebrata akan dilidungi oleh tengkorak atau bagian tulang yang mengeras.
  4. Pada hewan vertebrata ini mempunyai suhu tubuh yang cenderung mampu untuk beradaptasi dengan lingkungan.
  5. Untuk bagian sistem pencernaan seperti sistem ekresi pada aves dan sistem pada reptil ini diketahui mempunyai alat pencernaan memanjang yang tersusun mulai dari bagian mulut sampai menuju anus.
  6. Pada perkembangan sistem pernafasan pada hewan vertebrata ini mempunyai alat khusus antara lain paru-paru, insang, dan operculum.
  7. Pada hewan vertebrata ini mempunyai tulang yang berada pada bagian belakang dengan tersusun dan terentang sampai bagian bawah yaitu tulang ekor.
  8. Pada hewan vertebrata ini mempunyai bentuk tubuh dengan simetris bilateral.
  9. Susunan syaraf pada hewan vertebrata ini terdiri atas bagian otak dan sumsum tulang belakang sebagai saraf pusat.
  10. Pada hewan vertebrata ini mempunyai kelenjar diantaranya endoksin.

Itulah diatas mengenai ciri-ciri hewan vertebrata yang menjadi khas pada hewan ini. Namun tidak hanya itu saja, karena ternyata hewan vertebrata ini terbagi menjadi 5 jenis antara lain Ikan (Pisces), Amfibi, Reptil, Burung (Aves), dan Hewan menyusui (Mamalia). Nah, berikut pada pembahasan dibawah ini akan saya jelaskan satu persatu beserta contoh hewan vertebrata!.

Ikan (Pisces)

Ikan adalah salah satu jenis hewan yang biasanya dikonsumsi pada sehari-hari. Hewan ini hidup air baik itu perairan tawar atau perairan asin dimana alat pernafasan utamanya yakni insang yang berguna mengambil oksigen terlarut di dalam air. Ikan mempunyai bentuk yang ramping dengan dilengkapi sirip sehingga memudahkannya bergerak di dalam air.

Contoh hewan vertebrata ikan (Pisces)

Kuda Laut

Kuda laut merupakan hewan yang mempunyai variasi ukuran pada tubuhnya antara 16 cm hingga 35 cm. Kuda laut ini juga termasuk jenis ikan yang hidup di lautan. Kuda laut ini adalah satu-satunya hewan dengan spesies jantan dan bisa hamil.

Hiu

Hiu adalah golongan ikan yang mempunyai kelengkapan tulang rawan dan dengan tubuhnya yang ramping. mereka bernafas menggunakan lima liang insang, ada yang enam bahkan tujuh pada bagian samping atau belakang. Hiu ini mempunyai lapisan kulit dermal denticles yag melindungi dari kerusakan, parasit dan untuk menambah dinamika air.

Tuna

Tuna adalah ikan laut yang termasuk pada bangsa Thunnini. Ikan ini menjadi salah satu hewan perenang handal yang pernah mencapat kecepatan 77km/jam. Daging atau otot pada ikan tuna lebih banyak mengandung myogoblin sehingga warnanya menjadi merah.

Salmon

Ikan salmon adalah sejenis dari pada Salmonidae. Salmon ini mempunyai kehidupan dengan selalu bermigasi atau anadromous untuk berkembang biak. Tempat migrasi antara lain ialah hidup di Samudra Atlantik dna Samudra Pasifik.

Amfibi

Amfibi merupakan hewan yang bisa hidup di dua alat yaitu darat dan juga air, berdarah dingin tidak bisa mengatur suhu badan sendiri dan bernafas dengan paru-paru. Amfibi ini bisa dibilang sama seperti ikan (pisces) yaitu berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur. Namun pembuahannya dapat terjadi secara internal di dalam tubuh induk ataupun eksternal di luar tubuh induk.

Contoh hewan vertebrata Amfibi

Kodok

Kodok atau Toad ini merupakan salah satu jenis hewna yang tidak jauh berbeda dengan katak. Tetapi binatang ini mempunyai kulit yang kasar dan berbintil-bintil. Biasanya didapati pada bangsa kodok hanya mempunyai kaki yang pendek sehingga tidak pandai melompat yang juga disebut dengan bangkong.

Salamander

Salamander adalah nama yang umum pada spesies amfibi. Hewan satu ini mempunyai ciri tubuh seperti layaknya kadal dengan tubuh yang ramping, berhidung pendek, dan mempunyai ekor yang panjang. Sebagian besar salamander memiliki empat jari kaki depan dan lima jari pada kaki belakang.

Mereka pun mempunyai kulit yang lembab sehingga lebih menyukai habitat yang cenderung terdapat air.

Caecilian

Caecilian adalah amfibi yang mempunyai tubuh besar atau dapat disebut juga dengan ular. Diketahui bahwa Caecilian ini sangat langka untuk kita jumpai. Pasalnya, hewan satu ini hidup di hutan-hutang dalam tanag yang gembur dekat sungai dan rawa-rawa. Sehingga hewan ini sangat jarang dijumpai oleh kebanyakan manusia.

Kadal Air

Kadal air atau Newt adalah jenis yang sama daripada kadal biasanya. Namun kada air ini tak akan bisa hidup di darat. Hewan satu ini mempunyai tubuh licin dan berkilau dengan panjang sekitar kurang lebih 3m.

Reptil

Reptil adalah jenis hewan yang bertulang belakang mempunyai kulit kering, bersisik, dan secara umum bernafas menggunakan paru-paru. Jenis hewan ini hanya hewan yang berdarah dingin. Pasalnya, mereka bisa memanfaatkan suhu lingkungan untuk mengatur suhu tubuhnya.

Contoh hewan reptil :

Kadal

Kadal merupakan salah satu jenis hewan yang termasuk dalam reptil yang berkembang biak secara ovovivipar. Kadal termasuk ke dalam makhluk hidup berdarah dingin. Hal tersebut yang menyebabkan reptil tidak mampu mengubah suhu tubuh sesuai dengan kondisi lingkungan.

Sikap pada reptil akan cenderung membuat tubuhnya merasa nyaman. Misalnya saat suhu udara dingin setelah hujan yang akan menghangatkan tubuhnya.

Buaya

Buaya adalah penghuni pada habitat air tawar yang terdiri dari sungai, rawa, danau, dan lahan basah lainnya. Buaya ini juga dapat bisa dikatakan hewan purba yang mempunyai sedikit perubahan pada bentuknya.

Ular

Ular adalah jenis reptil yang tidak memiliki kaki akan tetapi tubuhnya bisa panjang sekali. Hewan reptil ini mempunyai sisik seperti layaknya kadal. Ular ini merupakan reptil yang sukses berkembang di dunia yang bisa hidup di daerah gunung, hutang, gurun, dan masih banyak lagi.

Kura-kura

Kura-kura adalah hewan yang mempunyai rumah atau batok keras dan kaku pada bagian tubuhnya. Batok kura-kura ini terdiri dari bagian atas yang menutupi dan bagian bawah. Pada lapisan luar berupa sisik besar keras dan bagian dalam berupa lempeng-lempeng tulang.

Burung

Burung ini merupakan hewan yang dapat terbang yang mempunyai bulu menutupi tubuhnya dengan sayapnya. Walaupun burung ini biasanya disebut dengan hewan yang dapat terbang, ada sebagian jenis hewan ini juga tergolong dalam burung namun tidak dapat terbang misalnya ayam, bebek, dan masih banyak lagi.

Contoh hewan Burung :

Burung Elang

Burung elang adalah salah satu burung pemangsa yang bisa dibilang ganas. Hewan satu ini hampir berada di seluruh wilayah di Indoensia. Elang ini merujuk pada burung pemangsa yang mempunyai ukuran besar. Sedangkan yang lebih kecil biasanya disebut dengan Elang Alap.

Burung Merpati

Burung merpati adalah jenis burung yang mempunyai badan gempal dan berleher pendek. Makanan yang akan mereka cerna ialah biji benih, buah-buahan, dna tumbuh-tumbuhan. Merpati ini banyak kita jumpai di daerah Indomalaya dan Ekzon Australia.

Burung Beo

Burung beo adalah jenis hewan yang dapat ditemukan di Sri Lanka, India, Himalaya ke timur sampai Filipina, Jawa dan pulau-pulau kecil lainnya. Karena Burung beo ini menjadi hewan terpopuler yang terkenal dengan bisa menirukan suara pada manusia. Sehingga tidak sedikit pula masyarakat pada umumnya memelihara hewan satu ini.

Penguin

Penguin adalah hewan yang berjenis tidak bisa terbang. Secara umum penguin ini hidup di belahan bumi bagian selatan. Namun ada pula yang hidup di daerah tropis yang biasanya menyeberangi garis khatulistiwa untuk mencari makan.

Hewan Menyusui

Hewan menyusui atau kerap disebut dengan mamalia ini, merupakan hewan yang mempunyai kelenjar susu betina yang berfungsi sebagai menghasilkan susu untuk sumber makanan pada anaknya. Hewan menyusui ini secara umum hewan yang berdaarah panas dan bereproduksi secara kawin. Hewan satu ini atau mammalia ini ada yang hidup di darat dan ada pula yang hidup di air.

Contoh hewan menyusui atau mamalian antara lain :

Kelelawar

Kelelawar adalah hewan yang hidup pada dini hari. Karena pada pagi hari sampai siang ini, suara akan sangat berisi sehingga mengganggu pantulan suara yang kelelawar suarakan. Kaki dan tangannya berkembang menjadi sayap yang saling menyambung.

Kangguru

Kangguru adalah hewan yang menyusui mempunyai kantung pada bagian tubuh depannya. Kantung ini biasanya digunakan untuk membawa anaknya. Kangguru biasanya banyak kita jumpai di negara Australia.

Harimau

Harimau adalah salah satu hewan yang berjenis kucing terbesar berdasarkan spesiesnya. Biasanya harimau ini akan memburu mangsa yang agak besar. Akan tetapi harimau akan memburu hewan kecil seperti landak apabila memang tidak ada hewan besar disana.

Platipus

Platipus adalah hewan yang berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur. Namun, hewan ini juga menyusui anaknya. Salah satu contoh hewan vertebrata ini biasanya dikenal dengan duck-billed, karena bentuk paruh yang menyerupai bebek.

Nah, itulah diatas beberapa contoh hewan yang bertulang belakang sebagaimana sudah saya jelaskan lengkap beserta contohnya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menjadikan wawasanmu lebih mengenal lebih dalam tentang jenis-jenis hewan. Nantikan artikel selanjutnya yang akan membahas lebih menarik hanya di Kalimat.ID.