Contoh Hewan Porifera
Contoh Hewan Porifera

Kalimat.ID – Contoh Hewan Porifera – Ketika kita duduk di sekolah dasar atau saat TK mungkin kita sudah diperkenalkan oleh guru pengajar tentang hewan. Mulai dari nama dan jenis hewan secara umum kita sudah mengenalnya.

Seiring semakin dewasa seperti yang kita ketahui ternyata jenis hewan ini dikelompokkan dari beberapa bagian, salah satunya contoh hewan porifera ini.Contoh hewan porifera, merupakan hewan yang mempunyai banyak dalam menyerap oksigen dan dipakai untuk regulasi tubuh.

Kharakteristik dari porifera ini yaitu salah satu hewan yang tergolong multiseluler. Dimana pada pori-pori hewna ini sangat banyak sekali. Nah, Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang contoh hewan porifera ini. Pasalnya, tidak sedikit pula yang mengetahui tentang jenis hewan porifera itu sendiri.

Oleh karena itu, untuk menambah wawasanmu dalam mengenal jenis-jenis hewan ini saya akan menyajikan untuk kamu di dalam artikel berikut !

5 Contoh Hewan Porifera Lengkap dengan Penjelasannya

Contoh hewan porifera, merupakan salah satu jenis hewan yang termasuk dalam golongan heterotrof. Pasalnya untuk salah satu hewan yang tidak memiliki dinding sel. Porifera ini mampu menghasilkan sperma.

Sebelum mengenal jenis contoh hewan-hewan dari porifera ini, saya akan memberikan bahwa terdapat ciri-ciri yang dimiliki Porifera secara umum antara lain:

  • Hewan yang bersel banyak atau disebut metazoa yang paling sederhana (primitif)
  • Sebagian besar hidup di laut dangka dengan kedalaman sekitar 3,5 meter
  • Bentuk tubuh porifera menyerupai vas bunga atau piala dan melekat pada dasar perarian
  • Tubuhnya terdiri dua lapisa sel diploblastik dengan lapisan luarnya atau epidermis yang tersusun atas sel-sel yang mempunyai bentuk pipih atau disebut dengan pinakosit.
  • Pada epidermis yang terdapat porus atau lubang kecil yang disebut dengan ostia yang dihubungkan oleh saluran ke rongga tubuh atau spongocoel.
  • Lapisan dalamnya tersusun dari sel-sel yang berleher dan berflagel disebut dengan koanosit, berfungsi sebagai mencernakan makanan
  • Di dalam mesoglea terdapat juga berbagai jenis sel antara lain sel amubosit, sel skleroblas, dan sel akheosit
  • Di antara epidermis dan koanosit mempunyai lapisan tengah yang berupa bahan kental disebut dengan mesenkin atau mesoglea
  • Sel amubosit atau amuboid ini berfungsi sebagai mengambil makanan yang telah di cerna di dalam koanosit. Sel skleroblasnya, ini digunakan untuk membentuk duri atau spikula dan juga spongin. Spikula ini terbuat dari kalsium karbonat atau juga bisa berasal dari silikat.
  • Spongin tersusun dari serabut-serabut spongin yang lunak berongga yang
  • Sel arkheosit ini digunakan untuk sel reproduktif antara lain untuk pembentuk tunas, untuk pembentuk gamet, dan untuk pembentuk bagian-bagian yang rusak serta regenerasi.

Nah, dalam hewan porifera sendiri ini terdiri dari beberapa bagian contoh yaitu sebagai berikut !

1. Demospongiae

Contoh hewan porifera yang pertama yaitu Demospongiae, merupakan salah satu jenis hewan yang mempunyai jumlah cukup banyak. Pasalnya, hampir sekitar 90% dari golongan porifera ini di dominasi oleh Demospongiae. Jenis yang satu ini bisa bereproduksi secara seksual dan juga aseksual.

Ada beberapa kharakteristik hewan Invertebrata ini yang dapat kita jumpai di dalam hewan porifera. Salah satunya yaitu tidak adanya rangka yang menyokong tubuh mereka. Walaupun begitu ada beberapa jenis dari golongan ini yang menggunakan kersik dan serabut spons dalam menopang hidup mereka.

Contoh hewan Demospongiae yaitu:

  • Euspongia offcinalis (spons mandi)

Euspongia offinalis, merupakan salah satu hewan yang tergolong dalam Porifer. Pada pori Porifera ini mempunyai kharakteristik terumbu karang yang khas dari euspongia offinalis yaitu pada sekujur tubuh. Pori-pori ini mempunyai lubang kecil juga pada bagian lubang faro.

Lebuang tersebut membawa atau mengandung zat kapur. Hal inilah yang membuat adanya penyebab utama. Kerajaan Animalia ini menjadi salah satu anggota Porifera ini terdiri atas spons dengan struktur tubuh yang dinilai paling sederhana.

  • Spongilla prespensis

Spongilla prespensis, merupakan salah satu jenis spons yang tergolong dalam Demospongiae. Porifera di dalam kingdom Animalia inilah merupakan bagian dari Filum. Spons jenis ini mempunyai pori yang berperan penting dalam membantu berdifusi. Pengaliran cairan ini mulai dari tekanan yang tinggi ke tekanan yang rendah.

Yang membuat spons bisa bertahan hidup lebih lama yaitu sistem sirkulasi tersebut.

  • Haliclona

Haliclona, merupakan hewan yang mempunyai keanekaragaman ciri yang khas. Dimana pada tubuh hewan ini mempunyai bentuk simtri radial. Spons Haliclona pun mempunyai bentuk tubuh sillinder yang hampir sama dengan Bola.

Untuk bagian tubuh hewan satu ini terlihat bercabang. Terdapat penulangan pada jenis hewan Haliclona ini yang terdapat di dalam tubuhnya. Biasanya spon ini dapat menjumpai di tempat-tempat laut yang gelap.

Mereka mempunyai jumlah yang sangat banyak. Haliclona ini biasanya ditemukan di kedalaman pasifik dengan ketinggian mencapai 1500 sampai 3000 kaki. Batas dari pantai sejauh 3 mil di bawah.

  • Microciona sp

Microciona sp, merupakan hewan yang mempunyai kerangka pada tubuh spon tersusun atas beberapa bentuk spikula. Tidak hanya itu saja, karena pada Microciona sp ada juga yang terdiri dari Spongin. Hipposongia ini diketahui menjadi kelas terbesar yaitu mencakup 90% dari seluruh jenis porifera yang ditemukan.

Pada kelompok porifera ini pun diketahui menjadi hewan yang satu-satunya jenis dari kelompok hewan hidup di air tawar.

  • Corticium

Adapun ciri-ciri yang dimiliki oleh Demospongiae yaitu :

  • Tersusun dari spongin
  • Tubuhnya berwarna merah cerah karena mengandung pigmen yang terdapat pada amoebosit.
  • Tinggi dan diameternya menjadi lebih dari 2 meter
  • Bentuk tubuhnya tidak beraturan dan bercabang
  • Hidup di laut dan di air tawar

2. Hexactinellida

Contoh hewan porifera yang kedua yaitu Hexactinellida, merupakan hewan yang hidup di perairan lebih dalam apabila dibandingkan dengan hewan-hewan porifera lainnya. Walaupun dimasukkan ke dalam filum porifera, tetapi banyak yang menyebutkan bahwa seharusnya Hexactinellida mempunyai filum mereka sendiri. Hal tersebut dikarenakan hewan ini cukup berbeda dengan jenis hewan porifera yang lainnya.

Contoh dari hewan Hexactinellida antara lain :

  • Pheronema sp

Pheronema sp, merupakan hewan yang mempunyai spikula diketahui mempunyai banyak kandungan benang silikat atau zat kersik (SiO2). Pada bagian spikul tersebut ini terdapat bentuk triaxon yang bercabang tersusun dari enam. Bentuk pada hewan ini hampir sama dengan gelas dengan bentuk sillinder seperti corong.

  • Euplectella sp

Euplectella sp, merupakan hewan yang mempunyai kerangka yang tersusun dari serabut sponging. Melindungi tubuh spons dari sinar matahari yang jika masuk ke dalam perairan inilah fungsi dari Pigmen hewan Euplectella sp. bentuk tubuh pada spons tidka beratura.

Tipe kerangka pada Euplectella sp ini terdiri dari spikula zat kersik atau dari spongin. pada tipe saluran air di hewan ini ialah sycon atau leucon.

Adapun ciri-ciri yang dimiliki oleh Hexactinellida yaitu :

  • Spikula berjumlah enam
  • Tubuhnya berwarna mewah pucat dan bentuknya seperti vas
  • Hidup di laut pada kedalaman 200-1000 meter.

3. Calcarea

Contoh hewan porifera yang ketiga yaitu Calcarea, merupakan salah satu jenis yang mempunyai ukuran cukup kecil. Ukuran yang dimiliki oleh jenis hewan satu ini berukuran antara tak kurang dari 10 cm. Selain itu, hewan berjenis Calcarea ini juga sangat sering ditemukan di perairan laut.

Calcarea ini pun termasuk dalam anggota dari filum hewan porifera karena rangka tubuh Calcarea tersusun dari kalsium karbonat. Secara umum Calcarea ini mempunyai tinggi sekitar 3 sampai 4 inci. Dari 15.000 spesies Porifera yang ada, hanya 400 dari mereka yang termasuk dalam anggota Calcarea ini.

Contoh hewan Calcarea yaitu :

  1. Scypha gelatinosa
  2. Grantia
  3. Leucosolenia
  • Adapun ciri-ciri yang dimiliki Calcarea yaitu :
  • Rangka tersusun atau juga disebut dengan kalsium karbonat.
  • Tubuhnya berwarna pucat dengan bentuk vas bunga atau silinder.
  • Tingginya kurang dari 10 cm.
  • Hidup di laut.

4. Homoscleromorpha

Contoh hewan porifera yang keempat yaitu Homoscleromorpha, merupakan jenis hewan yang secara filogenetik terpisah dengan baik dari Demospongiae. Jadi, mereka baru-baru ini telah diakui menjadi spons kelas keempat. Homoscleromorpha lebih erat kaitannya dengan eumetazoans daripada dengan kelompok spons lainnya.

5. Stromatopore

Contoh hewan kelima yaitu Stromatoporen, merupakan spesies yang termasuk dalam kategori jenis Demospongiae. Spesies ini adalah salah satu bagian dari filum Porifera dan subregnum Parazoa. Secara umum spons ini mempunyai tubuh berpori dan permukaannya seperti batu.

Komentar disini