12 Contoh Hewan Omnivora Lengkap Beserta Penjelasannya

Contoh Hewan Omnivora

Kalimat.ID – Contoh Hewan Omnivora – Ketika kita sekolah di SD tentunya sudah mengenal pengelompokkan nama-nama hewan. Salah satunya Hewan yang berjenis Omnivora. Dimana banyak sekali hewan-hewan yang termasuk dalam kategori Omnivora ini akan dibahas sekarang.

Omnivora adalah gabungan dari jenis hewan herbivora dan karnivora. Jadi, bisa dikatakan bahwa hewan ini berjenis hewan yang memakan tumbuhan dan juga daging. Hal tersebut bisa dikatakan iya, karena berasal dari Herbivora dan Karnivora. Banyak sekali hewan yang berjenis Omnivora ini.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas beberapa macam-macam contoh hewan Omnivora. Karena untuk mengenal hewan Omnivora ini tidak hanya mengerti pengertiannya saja. Tanpa mengerti contoh hewan Omnivora ini kita masih di bilang abstrak dalam mengenal hewan berjenis tersebut.

12 Contoh Hewan Omnivora Lengkap dengan Penjelasannya

Sebelum membahas satu persatu contoh hewan omnivora, kamu harus mengerti apa itu Omnivora. Omnivora ini juga disebut dengan Sarwaboga, merupakan golongan hewan yang memakan tumbuh-tumbuhan dan juga daging. Hal tersebut dikarena Omnivora ini campuran dari Herbivora dan Karnivora.

Adapun ciri-ciri yang dimiliki oleh Omnivora ini, saya sudah merangkum ada 6 ciri-cirinya sebagai berikut:

  1. Memakan tumbuh-tumbuhan dan juga daging.
  2. Memiliki pencernaan yang kompleks.
  3. Memiliki gigi yang tajam pada bagian depannya.
  4. Memiliki gigi datar pada bagian belakangnya.
  5. Secara garis besar bukan termasuk hewan mamalia, namun sebagian lainnya juga termasuk mamalia.
  6. Secara garis besar berkembang biak secara bertelur dan beranak.

Setelah mengenal pengertian Omnivora dan ciri-cirinya, selanjutnya kita mengenal contoh hewan Omnivora dibawah ini !

1. Musang

Contoh Hewan Omnivora musang
image by: wikimedia.org

Contoh hewan Omnivora yang pertama yaitu Musang, merupakan hewan yang berkaki empat bisa dibilang mempunyai kesamaan dengan kucing. Namun berbeda, dimana bahwa perbedaan terlihat pada ekor yang lebih panjang dan mulutnya sedikit lebih runcing. Sebenarnya contoh hewan omnivora ini termasuk kategori dalam jenis hama.

Pasalnya, musang merupakan salah satu makhluk hidup yang suka memakan tumbuhan sawah yang ditanam oleh petani. Namun, dijaman modern saat ini banyak yang menjadikan musang seagai hewan peliharaan. Alasannya yang mempunyai bentuk unik dan jarang dimiliki oleh orang-orang.

Contoh hewan Omnivora ini juga termasuk hewan yang memakan berbagai jenis makanan dari jenis tumbuhan ataupun daging. Oleh karena itu, musang ini bisa diklarifikasikan dalam jenis hewan omnivora.

2. Ayam

Contoh Hewan Omnivora ayam
image by: animalcorner.co.uk

Contoh hewan omnivora yang kedua yaitu Ayam, merupakan jenis unggas yang sering kita jumpai. Ayam merupakan salah satu hewan yang umum dipelihara oleh orang-orang. Apalagi di daerah perkampungan ini hampir setiap rumah memeliharan hewan unggas ini.

Selain dilihat dari harga yang relatif murah, ayam ini termasuk hewan yang sangat mudah memeliharanya. Bahkan tidak jarang orang yang memelihara dalam jumlah besar atau ternak. Entah dijaikan ayam petelur ataupun bisa juga menjadi ayam pedaging.

3. Tikus

Contoh Hewan Omnivora tikus
image by: sciencenews.org

Contoh hewan Omnivora selanjutnya yaitu Tikus, merupakan hewan yang paling di benci oleh orang-orang disekitar. Pasalnya, tikus memakan segalanya dan menjadi momok orang-orang yang ada di pedesaan. Mulai dari tumbuhan, misalnya padi dan lalapan.

Selain itu, hewan omnivora ini juga suka memakan serangga dan ikan asin serta daging. Tikus dianggap sebagai hama karena mengganggu tanaman di sawah. Tidak hanya itu saja, pasalnya tikus sering pula merobek-robek baju di almari yang biasanya di daerah pedesaan pernah mengalami. Biasanya tidak pernah di bersihkan yang menjadikan sarang tikus.

4. Gorilla

Contoh Hewan Omnivora gorilla
image by: wwf.org.uk

Contoh hewan Omnivora yang ke-empat yaitu Gorilla, merupakan hewan yang mempunyai tubuh sangat besar, gigi tajam, dan mempunyai kedua tangan yang kekar. Selain itu kemampuan melompat Gorilla ini sangat baik sehingga akan memudahkannya mendapatkan mangsa saat kelaparan. Sebenarnya tidak semuanya jenis Gorilla ini merupakan hewan yang buas.

Namun, disaat hewan ini kelaparan atau mendapatkan gangguan dari binatang lain inilah yang akan cepat menggigit dan juga merobek-robek tubuh lawannya yang kemudian dilahap habis-habisan.

Berdasarkan aspek inilah Gorilla bisa dimasukkan dalam jenis hewan Omnivora. Ya, walaupun disaat tidak sedang kelaparan dan kepepet tidak ada tumbuhan yang ia makan akan memakan apapun yang ada di sekitarnya. Selain itu, Gorilla merupakan hewan yang langka perlu kita lestarikan.

5. Bebek

bebek
image by: deltawaterfowl.org

Contoh hewan Omnivora yang kelima yaitu bebek, merupakan hewan yang termasuk dalam kategori hewan unggas. Bebek biasanya dapat dijumpai di sungai-sungai kecil. Justru ada pula yang sering berkeliaran di rawa bertujuan untuk mencari makan.

Hewan bebek ini termasuk omnivora karena makanannya yang bervariasi. Makanannya seperti tanaman air, rumput, cacing dan masih banyak lagi. Dari makanan tersebut, bahwa bebek ini dijadikan salah satu pilihan sebagai hewan budidaya karena jenis makanannnya yang bisa dibilang sangatlah mudah untuk didapatkan.

Hewan omnivora ini dapat kita manfaatkan telurnya atau bisa juga dagingnya. Apakah kamu ingin mencoba untuk membudidaya Bebek atau hewan unggas jenis omnivora ini? Peternakannya pun bisa dibilang sangat mudah untuk kamu yang ingin memulainya.

6. Monyet

monyet
image by: ocdn.eu

Contoh hewan omnivora yang keenam yaitu Monyet, merupakan salah satu hewan yang sumber makanannya berasal dari hewan dan juga tumbuh-tumbuhan. Makanan monyet antara lain biji-bijian, buah-buahan, dan masih banyak lagi. Monyet ini suatu istilah yang digunakan untuk semua anggota primata yang bukan prosimia.

Sampai sekarang telah dikenal sebanyak 264 jenis monyet yang ada di dunia masih hidup. Hal ini berbeda dengan kera, dimana pada umumnya monyet mempunyai ekor dengan ukuran lebih kecil. Akan tetapi, nyatanya monyet ini mempunyai keahlian cara dalam mendapatkan sebuah makanan.

Pengelompokkan monyet ini bersifat parafiletik. Pasalnya, hal tersebut berbeda dengan monyet dunia baru. Selain itu, sebagian monyet mempunyai istilah yang hampir sama yaitu kera.

7. Ikan Lele

ikan lele
image by: townnews.com

Siapakah yang masih belum mengenal hewan omnivora satu ini, merupakan hewan air yang berasal dari habitat air. Ikan lele dikatakan hewan omnivora dikarenakan memakan berbagai jenis makanan dari tumbuhan dan juga hewan. Contoh makanan dari golongan hewan yang biasa menjadi santapan ikan lele yaitu udang, fitoplankton dan seperti hewan-hewan kecil lainnya.

Sementara dari jenis tumbuhan seperti makanan kecil dan potongan tanaman yang ada di dalam air, akan tetapi ikan lele pun memakan parasit. Apa itu parasit ? Parasit, merupakan hewan kecil yang memakan hewan yang lebih besar. Hal tersebut bertujuan untuk nutrisi mereka dan seringnya membuat sakit hewan inang.

8. Kucing

kucing
image by: nationalgeographic.com

Hewan omnivora yang ke-8 yaitu Kucing, merupakan hewan yang termasuk dalam kategori hewan lucu. Akan tetapi, sebagian orang yang suka dengan kucing ini menilai apabila kucing merupakan hewan karnivor bukan omnivora. Karena selain menyukai makanan daging, kucing juga suka dengan rumpu-rumputan.

Pendapat ini memang benar karena 100% kebutuhan gizi kucing dapat dipenuhi dari makanan hewan. Akan tetapi, kucing juga dapat menjadi hewan omnivora karena memakan jenis hewan dan jenis tumbuhan.

Saya ambil contoh di negara Indonesia kita sendiri ini sangat banyak sekali penyuka kucing dan tidak sedikit pula yang memeliharanya. Kemudian banyak orang memberi makan kucing dicampur dengan nasi agar makanannya banyak yang membuat kucing lebih kenyang. Pasalnya, ada pula sejumlah orang yang menambahnya dengan tempe matang yang diiris kecil-kecil.

Selain itu, berdasarkan faktanya bahwa kucing juga suka dengan rumput serta akar tumbuh-tumbuhan hijau. Biasanya kucing ini lebih suka dengan rumput ringan yang biasa tumbuh subur di lapangan.

9. Burung Flamingo

flamingo
image by: wikimedia.org

Hewan omnivora yang kesembilan yaitu burung flamingo, merupakan hewan yang makanan utamanya udah dan alga biru hijau. Udang dan alga ini berasal atau bersumber dari beta karoten burung Flamingo. Dalam cara mencari makanannya, Flamingo menyaring air agar bisa mendapatkan udang untuk sebagai santapannya.

Paruhnya yang mempunyai bentuk mampu beradaptasi dalam menyaring air dan lumpur agar bisa mendapatkan makanan. Struktur lamellae inilah yang biasanya membantu dalam proses penyaringan burung flamingo. Warna merah muda cerah yang mereka punya ini dikarenakan oleh beta karoten mempunyai kadungan makanan mereka.

Udang dan alga biru hijau ini pada umumnya diperoleh dari burung Flamingo yang sumber beta karoten. Burung Flamingo merupakan jenis burung yang kakinya jenjang serta kehidupan yang biasanya bergerombol. Awal berasal hewan omnivora ini berjenis familia Phoenicopteridae dan juga Phoenicopterus.

10. Burung Jalak

burung jalak
image by: thetimes.co.uk

Hewan Omnivora yang selanjutnya yaitu burung jalak, merupakan hewan yang mempunyai tubuh dengan ukuran sekitar 20-25cm. Burung jalan ini biasanya dengan warna bulu hitam yang sangat lincah. Selain itu, hewan omnivora ini mempunyai kicau yang kuat dan bisa meniru suara burung lainnya.

Burung jalan ini cukup relatif mudah untuk kita jinakkan. Jadi, jangan heran apabila banyak penyuka burung kicau yang memelihara burung jalak ini karena suara kicauannya. Makanan burung jalan diantaranya yaitu seperti voer, kroto, buah pisang, dan masih banyak lagi.

11. Paus

ikan paus
image by: abcnews.com

Contoh hewan Omnivora yang selanjutnya yaitu Paus, merupaka hewan yang termasuk dalam jenis hewan yang hidup dalam samudera. Hewan raksasa laut ini memakan cumi-cumi dan crustacea, selain itu juga mengkonsumsi mysidacea dan krill. Hewan omnivora ini biasanya juga memakan krill dan copepoda meskipun tidak dalam porsi yang banyak.

12. Lumba Lumba

ikan lumba lumba
image by: nationalgeographic.com

Contoh hewan Omnivora yang terakhir yaitu lumba-lumba, merupakan hewan yang berjenis mamalia laut yang sangatlah cerdas. makanan Lumba-lumba antara lain cumi-cumi, ikan-ikan kecil, plankton, dan masih banyak hewan laut lainnya. Oleh karena itu Lumba-lumba termasuk dalam kategori hewan omnivora yang memakan segala jenis.

Lumba-lumba ini mempunyai sistem yang bernama sonar, berfungsi dalam berkomunikasi dan menerima rangsang. Sistem sonar ini biasanya berfungsi untuk menghindari benda-benda yang terdapat di depan lumba-luma.

Sister sonar ini kemudian menginspirasi dalam pembuatan radar kapal selam. Lumba-lumba yang termasuk dalam kategori mamalia karena menyusui. Lumba-lumba hidup di laut dan sungai di seluruh dunia yang merupakan kerabat dari pesut dan juga paus.

Bagaimana, apakah kamu sudah mengenal hewan omnivora ini? Apabila sudah membaca artikel ini sampai selesai, tentunya kamu sudah mengenal contoh hewan omnivora.

Itulah diatas penjelasan lengkap dan singkat mengenai hewan-hewan omnivora beserta penjelasannya. Semoga dalam artikel ini dapat menjadikan referensi kamu dalam mengenal lebih dalam mengenai jenis-jenis hewan. Nantikan artikel lainnya yang menarik hanya di Kalimat.ID!

Komentar disini