Contoh Hewan Mamalia
Contoh Hewan Mamalia

Kalimat.ID – Contoh Hewan Mamalia – Pada saat kita duduk di bangku SD ini tentu saja sudah dikenalkan dengan nama-nama hewan dan jenisnya. Apakah kamu mengetahu apa itu Hewan Mamalia? Hewan menyusui ini dinamakan dengan hewan Mamalia. Banyak sekali contoh hewan Mamalia ini, namun ada pula anak-anak belum mengenal beberapa hewan tersebut.

Mamalia adalah salah satu hewan hewan yang menyusui anaknya, biasanya hewan yang menyusui identik dengan jenis betina karena mempunyai kelenjar susu menghasilkan sumber makanan bagi induknya. Dimana pada tubuh yang ditutupi oleh rambut, bertulang belakang (hewan vertebrata) dan juga berdarah panas. Monotremata adalah salah satu mamalia sebagian besar yang berkembang biak dengan cara melahirkan walaupun ada sebagian yang cara perkembangbiakannya dengan bertelur.

Nah, pada kesempatan kali ini untuk artikel ini saya akan mengulas beberapa contoh hewan mamalia guna menambah wawasan anak-anak kalian yang belum mengetahuinya. Apalagi anak jaman sekarang yang males sekali dengan membaca, bisa merekomendasikan untuk membaca pada website ini. Pasalnya, blog ini sudah dibaca oleh berbagai kalangan dengan visitor yang sangat banyak sekali.

Contoh Hewan Mamalia Lengkap dengan Penjelasannya

Contoh hewan mamalia merupakan beberapa contoh hewan yang menyusui. Pasalnya, salah satu hewan berjenis Mamalia ini mempunyai ciri khusus yang menjadi pembeda jenis hewan lainnya. Ciri-ciri dari hewan mamalia ini diantaranya adalah :

  • Hewan mamalia ini bisa melakukan sesuatu memegang, berenang dan juga berjalan seperti hewan pada umumnya.
  • Memiliki kelenjar susu atau disebut juga glandula mammae.
  • Hewan ini juga termasuk jenis vertebrata atau hewan bertulang belakang
  • Mempunyai rambut yang menutupi tubuhnya.
  • Salah satu khas dari hewan ini yaitu mempunyai kuku dan cakar untuk mencabik-cabik mangsanya.
  • Mempunyai gigi taring dan seri.
  • Alat pernafasan merupakan paru-paru.
  • Pada hewan ini pada umumnya terdiri dari 2 bagian organ diantaranya 2 serambi dan 2 bilik.
  • Pengaturan suhu tubuh termasuk homolterm.
  • Perkembangbiakan hewan satu ini dengan cara bertelur secara internal.
  • Tempat perkembangbiakan embrio mamalia ini di dalam rahim uterus.

Nah, pada contoh hewan mamalia ini terdiri dari 13 ordo yang setiap ordo ini mempunyai beberapa golongan hewan. 13 Ordo tersebut adalah sebagai berikut !

1. Ordo Insektivora

Ordo Insektivora merupakan salah satu hewan yang mempunyai ciri khusus yang jenisnya menyukai makanan serangga, cacing, dan beberapa jenis biji-bijian. Hewan satu ini dilengkapi dengan cakar yang sangat besar dan akan ditutupi.

Ordo Insektivora ini mempunyai ukuran yang lebar pada bagian telapak kaki secara umumnya. Contoh dari hewan ini seperti tikus tanah dan tapir.

2. Ordo Cetacea

Contoh hewan mamalia yang kedua ini berjenis Ordo Cetacea, adalah salah satu hewan mamalia yang hidupnya biasanya di perairan misalnya di laut. Walaupun banyak masyarakat yang menyebutkan bahwa hewan laut tidak menyusui karena tidak mempunyai kelenjar susu, namun faktanya bahwa salah satu hewan ini sama seperti hewan mamalia apabila dilihat berdasarkan cirinya. Ciri-ciri tersebut diantaranya melahirkan anaknya, mempunyai kelenjar susu, dan paru-paru.

Contoh hewan cetacea yaitu Paus biru dan dolpin laut.

3. Ordo demoptera

Ordo demoptera adalah salah satu contoh hewan yang mempunyai parasut, namun bukan sayap ini yang menjadi ciri khas tersendiri. Membran yang terhubung antara keempat kakinya atau dari kulit inilah yang didapatkan oleh parasut tersebut. Salah satu contoh hewan ordo demoptera antara lain monyet terbang, tupai terbang, dan jenis hewan serangga lainnya.

Ciri lain dari ordo demoptera yakni:

  • Makanan mamalia ini daun-daunan dan buah-buahan.
  • Bisa terbang menggunakan 4 kakinya karena dapat membentuk seperti parasut berbulu.

4. Ordo Chiroptera

Ordo chiroptera adalah salah satu contoh hewan mamalia yang pada bagian kaki depan dan belakang terdapat membran interdigital dan juga bisa terbang dengan mempunyai ukuran kaki yang di belakang lebih kecil. Biasanya salah satu hewan ini tergolong hewan nokturnal yang hanya aktif pada malam hari.

Salah satu jenis hewan Ordo Chiroptera ini biasanya berkeliaran pada dini hari dalam mencari makanannya. Contoh hewan ordo chiroptera yaitu Kelelawar.

5. Ordo Marsupialia

Contoh hewan mamalia jenis ordo marsupiala adalah salah satu yangmempunyai kantung pada betina yang disebut juga marsupium ini menjadi ciri khas dibandingkan ordo lainnya. Kantung ini terletak pada bagian depan atau pada bagian ventral. Hewan satu ini biasanya identik dengan mempunyai ciri khas untuk melahirkan anak dalam keadaan yang prematur.

Selanjutnya dalam perkembangan anak ini, untuk selanjutnya di dalam kantung induknya. Contoh hewan mamalia ordo marsupialia ini yaitu kangguru, koala, oppossum dan kuskus.

6. Ordo Carnivora

Ordo Carnivora adalah segolongan hewan mamalia yang biasanya dimakan oleh hewan ini yaitu daging. Salah satu yang menjadi identik ciri khas tersendiri pada Ordo Carnivora ini dengan mempunyai gigi taring yang tajam dan cakar yang runcing. Pasalnya, bahwa kedua gigi taring dan cakar ini digunakan untuk menghabisi mangsanya dengan sekejap. Contoh hewan ordo carnivora yaitu beruang, singa, harimau, anjing, dan masih banyak lagi.

Pada hewan canivora ini mempunyai 3 ciri yang menjadi khas dibandingan hewan lainnya yaitu :

  • Asumsi tidak sepenuhnya benar melakukan pemburuan karena ada juga yang sebagai pebangakai.
  • Mempunyai kelenjar susu pada hewan betina.
  • Mempunyai gigi dan cakar yang fungsinya vertebrata.

7. Ordo Artiodactyla

Ordo artiodactyla merupakan salah satu hewan yang mempunyai jari kaki yang berjumlah genap. Karena hewan satu ini adalah salah satu ciri-ciri dari ordo artiodactyla. Contoh hewan ordo artiodactyla ini yaitu jerapah, kambing, kijang, banteng, sapi, kerbau, unta, dan masih banyak lagi.

8. Ordo Lagomorpha

Ordo lagomorpha adalah salah satu hewan yang mempunyai ciri khas dengan atau lebih mirip dengan pahat atau mempunyai gigi seri sebanyak 4 gigi. Gigi seri ini hampir sama dengan ordo redentia yang akan saya bahas habis ini. Kaki belakang yang lebih panjang apabila dibandingkan dengan kaki depan inilah yang paling menjadi identik pada salah satu jenis hewan ini. Ciri khas lain dari hewan ini yaitu :

  • Mempunyai gigi mlare yang bisa terus tumbuh.
  • Memiliki gigi seri 4 ataupun lebih.
  • Memiliki ekor yang pendek kuat dan juga di gerakan.

Bentuk kaki sedemikian rupa ini mempunyai fungsi yaitu sebagai berlari dan juga melompat. Hewan mamalia yang termasuk dalam ordo lagomorpha yaitu kelinci.

9. Ordo Rodentia

Ordo rodentia merupakan salah satu hewan mamalia yang tidak memiliki taring, sehingga biasanya hewan jenis ini hidup sebagai pengerat. Hewan dalam ordo ini dicirikan dengan gigi seri yang tebal dan besar dan bisa hidup pada segala habitat. Contoh hewan ordo rodentia ini antara lain landak, tupai, tikus, dan masih banyak lagi hewan pengerat lainnya.

10. Ordo Probossoidea

Ordo probosseoidea ini merupakan salah satu hewan yang berbeda dengan jenis ordo lainnya. Pasalnya, agar lebih mengenal salah satu hewan ini bahwa mempunyai 3 ciri antara lain :

  1. Berat bada bisa mencapai 3,5 hingga 5 ton lebih dengan umur yang bisa mencapai 50 tahun an.
  2. Leher yang pendek, kepala besar, telinga lebar, gigi seri atas dua buah dan memanjang.
  3. Bentuk tubuh yang besar memiliki probossoidea dengan dua lubang hidung dan bisa untuk memegang.

Hal tersebut bisa dibuktikan dengan salah satu contoh hewannya yaitu gajah sumatera. Dimana pada hewan gajah sumatera ini secara umum mempunyai badan lebih gemuk dan lebar. Pasalnya, hewan ini untuk dewasa bisa mencapai berat 3,5 hingga 5 ton dan lebih kecil dari gajah afrika seperti mirip spesies gajah asia lainnya.

Gajah sumatera tidur sambil berdiri dan selama tidur telinganya dikipas-kipas dikarenakan mampu mendeteksi air sejauh 5 km.

11. Ordo Perissodactyla

Ordo Perissodactyla merupakan salah satu contoh hewan mamalia yang mempunyai jumlah jari kaki yang ganjil. Salah satu contoh hewan ordo perisodactyla yaitu keledai dan kuda.

Ciri-ciri hewan ordo ini yaitu :

  • Mempunyai lambung yang sederhana.
  • Telapak kaki yang jumlahnya ganjil.
  • Tidak mempunyai tanduk.

12. Ordo Primata

Ordo primata adalah salah satu jenis hewan omnivora. Selain itu ciri utama yang menjadi ciri pokok dari ordo primata ini yaitu pada bentuk jari yang lebih besar dan panjang. jari tersebut berfungsi untuk memudahkan dalam memanjat dan mengambil makanan.

Jenis ordo primata ini juga mempunyai beberapa ciri diantaranya :

  • Memiliki kelenjar susu pada betina.
  • Biasanya setiap melahirkan hanya satu anak.
  • Tangan dengan 5 jari dan kaki jari serta mempunyai kuku untuk memegang.

Contoh hewan mamalia ini diantaranya orang utan, lutung, monyet, dan kera.

13. Monotremata

Tahukah kamu mengenai monotremata ini? Yaitu salah satu mamalia bertelur seperti platypus. Walaupun platypus ini termasuk salah satu hewan bertelur, namun mereka menyusui anaknya.

Platypus merupakan salah satu hewan yang banyak dijumpai di benua Australia. Platypus mempunyai paruh menyerupai bebek. Platypus akan melahirkan anaknya atau disebut dengan vivipar. Bagian kaki pada hewan ini berselaput seperti bebek, sehingga memungkinkan untuk hidup di area berair dan berlumpur.

13. Polidata

Ordo polidata merupakan salah satu contoh hewan mamalia yang mempunyai sisik dan tidak beriggi. Pada umumnya hewan mamalia ini tidak memiliki gigi. Selain itu tubuhnya dilindungi oleh sisik dari zat tanduk.

Pada jenis ordo ini kita bisa mengambil contoh trenggiling yang mempunyai ciri :

  • Hewan trenggiling hidup di hutan daerah dataran rendah.
  • Makanan trenggiling antara lain serangga terutama semut dan rayap yang menjadi makanan favoritnya.
  • Bentuk tubuh hewan ini memanjang dengan lidah yang bisa di julurkan hingga sepertiga panjang tubuhnya.

Nah, itulah diatas yang bisa kamu pelajari mengenai salah satu contoh hewan yang menyusui. Dimana pada artikel diatas sudah saya jelaskan dengan lengkap beserta jenis ordonya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membuat kita semua semakin mengenal jenis-jenis hewan dan contohnya.

Komentar disini