15 Contoh Hewan Karnivora dan Penjelasannya

Contoh Hewan Karnivora

Kalimat.ID – Contoh Hewan Karnivora – Pada postingan yang sebelumnya, saya telah mengulas beberapa contoh hewan Omnivora. Tentunya, saat kita masa-masa SD juga dikenalkan dengan jenis hewan yang identik dengan makanan daging. Iya, itulah Hewan Karnivora yang biasanya memakan daging atau sesama hewan sekaligus.

Karnivora adalah salah satu golongan dari jenis hewan pemakan daging. Secara umum, hewan karnivora ini mempunyai kemampuan khusus dalam menaklukkan masangsanya. Saya ambil contoh hewan singa yang mempunyai kemampuan dalam kecepatan berlari agar bisa melumpuhkan dan mencabik-cabik mangsanya.

Nah, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang berbagai macam contoh hewan Karnivora. Mungkin diatas sudah saya jelaskan sedikit mengenai pengertian hewan karnivora. Namun, kita tidak bisa hanya mengerti tanpa melihat contoh hewan karnivora yang sesungguhnya berdasarkan jenis-jenisnya.

15 Contoh Hewan Karnivora Secara Lengkap

Pada pembahasanya kali ini saya akan mengulas dengan lengkap jenis contoh hewan Karnivora satu ini. Akan tetapi, sebelum itu, Apakah kamu mengerti apa itu Karnivora? Karnivora, merupakan golongan hewan yang jenis makanannya daging. Karnivora ini juga bisa dibilang termasuk kategori hewan Omnivora.

Namun, apakah ciri-ciri untuk mengetahui bahwasannya hewan berjenis Karnivora ?

Adapun ciri yang dimiliki oleh hewan karnivora ini. Dimana saya sudah membaca beberapa refrensi yang menyebutkan ada 5 ciri-ciri hewan karnivora. Ciri-ciri hewan karnivora yaitu :

  1. Memiliki gigi yang sangat tajam
  2. Memiliki kuku yang tajam, berfungsi mencengkeram mangsa.
  3. Mempunyai kemampuan bergerak dan berpindah tempat dengan cepat.
  4. Termasuk hewan pemangsa yang sangat buas dan berbahaya.
  5. Memiliki pengawasan dan pengelihatan yang tajam.

Nah, gimana tentu sudah mengenal tentang hewan karnivora dan juga ciri-cirinya kah ? Sekarang, saya akan memberikan contoh hewan karnivora lengkap dengan penjelasannya dibawah ini!

1. Harimau

contoh hewan karnivora harimau
image by: independent.co.uk

Contoh hewan karnivora yang pertama yaitu Harimau, merupakan hewan yang bisa dikatakan jenis kucing terbesar di dunia. Selain itu, Harimau juga mempunyai kecepatan berlari hingga 60km/jam dengan jarak pendek yang menjadi kemampuannya diantara hewan lainnya. Hewan karnivora ini menaklukkan lawannya dengan mengejar dan mencekik leher lawan sampai kehilangan darah.

Apabila pembuluh darah hewan yang telah dimangsanya ini telah putus, maka hewan itu bisa mati dengan sekejap. Pasalnya, Harimau memiliki cakar yang sangat kuat dan tajam sekali. Karena setiap kali carakan saja, hal tersebut sudah mampu mematahkan dan merobek tulang mangsanya.

Tidak hanya itu saja, karena hewan karnivora ini termasuk hewan yang sangat cerdik. Hal tersebut bisa kita lihat pada saat sedang berhadapan dengan buaya. Kemampuan berenangnya juga mampu menaklukkan buaya, akan tetapi tidak menggigit leher buaya melainkan mencakar mata buaya. Sehingga hal tersebut membuat buaya buta dan mengguling-gulingkan badan.

Nah, ketika itu harimau mulai mencakar dan mencabik-cabik perut buaya. Dimana perut buaya adalah bagian yang terlunak dari tubuh buaya. Kelebihan lain dari hewan karnivora ini mempunyai air liur penawar luka, sehingga sangat praktis apabila hewan ini mengalami luka.

2. Singa

contoh hewan karnivora singa
image by: wikimedia.org

Contoh hewan karnivora yang kedua yaitu Singa, merupakan salah satu hewan spesies mamalia yang termasuk dalam keluarga felidae. Felidae, maksudnya yaitu hewan jenis kucing besar yang hampir sama dengan Harimau. Hewan karnivora ini hidup dan berkembang biak dengan cara berkelompok dalam satu populasi.

Pasalnya, pada hewan Singa betina ini lebih cenderung dalam berburu dan mencari mangsa untuk keluarganya. Sementara untuk spesies Singa jantan lebih cenderung tenang yang biasanya mengharapkan dari Singa betina hasil dari berburunya. Ada kelemahan yang dimilik oleh hewan karnivora ini yaitu tidak dapat memanjat seperti hewan jenis kucing besar lainnya.

3. Anjing

contoh hewan karnivora anjing
image by: nedlands.wa.gov.au

Contoh hewan karnivora yang ketiga yaitu Anjing, merupakan salah satu hewan yang berjenis mamalia. Pasalnya, hewan karnivora ini telah mengalami perubahan sejak 15ribu tahun silam. Anjing mengalami penyebaran dan perkembangan dengan sangat bagus sekali dalam berkembang biaknya. Anjing adalah hewan yang termasuk dalam kategori mamalia pemakan daging sama halnya dengan kucing.

Walaupun, termasuk dalam kategori hewan pemakan daging, namun tidak sedikit manusia yang menjadikannya hewan sebagai hewan peliharaan. Karena, berdasarkan beberapa orang menyebutkan bahwa hewan karnivora ini memiliki bulu dan rambut yang indah. Tidak hanya itu, pasalnya Anjing ini pun termasuk dalam kategori hewan yang pintar dan lihai  apabila dilatih dengan baik.

4. Serigala

srigala
image by: wikimedia.org

Contoh hewan karnivora yang keempat yaitu Serigala, merupakan hewan yang termasuk dalam kategori keluarga hewan mamali pemakan daging. Serigala adalah salah satu jenis hewan yang mempunyai tubuh lebih cenderung kecil. Secara umum, serigala ini mempunyai bentuk dan ukuran tubuh sama halnya dengan Anjing.

Namun, tentu saja ada perbedaan antara kedua hewan karnivora ini pada sifatnya. Untuk anjing mempunyai sifat lebih jinak, selain itu sangat gampang sekali dalam pemeliharaannya jika terus dilatih. Sementara untuk serigala ini mempunyai insting berburu dan menyerang yangs terkenal ganas dan mustahil dijadikan peliharaan.

5. Buaya

contoh hewan karnivora buaya
image by: wikimedia.org

Contoh hewan karnivora yang kelima yaitu Buaya, merupakan salah satu hewan yang juga makanannya daging. Berdasarkan cara bergeraknya ini merupakan hewan yang termasuk dalam kategori reptil. Reptil artinya hewan melata.

Buaya, merupakan salah satu hewan yang bisa dikatakan sangat buas. Contoh hewan karnivora ini mempunyai gigi yang sangat tajam sekali berfungsi dalam mencabik dan menerkam mangsanya.  Biasanya hewan ini bertempat tinggal di rawa-rawa dan danau yang mempunyai panjang bisa mencapat 7-9meter.

6. Kucing

kucing
image by: medium.com

Contoh hewan karnivora yang keenam yaitu Kucing, merupakan salah satu hewan yang termasuk dalam kategori hewan pemakan daging. Namun, jangan sampai menganggap hewan ini sama halnya dengan hewan karnivora lainnya. Mungkin benar bahwa kucing pemakan daging, namun tidak semua spesies kucing memakan daging.

Pasalnya, ada pula kucing yang mempunyai sifat vegetarian atau memakan tumbuh-tumbuhan atau bisa disebut dengan hewan pemakan rumput (Herbivora). Hewan karnivora ini mempunyai bulu halus nan lembut, oleh sebab itulah banyak sekali yang memelihara hewan satu ini. Hewan ini juga mempunyai kemampuan yang lumayan pintar apabila kita sering melatihnya.

7. Beruang Madu

beruang madu
image by: picdn.net

Contoh hewan karnivora yang selanjutnya yaitu Beruang Madu, merupakan hewan yang termasuk dalam kelompok hewan ursidae. Pasalnya, bahwa hewan ini adalah salah satu hewan terkecil dari delapan jenis beruang. Hewan Karnivora ini berasal dari asli Bengkulu dan menjadi simbol daerah serta menjadi maskot Kota Balikpapan.

Beruang Madu dewasa ini mempunyai panjang sekitar 1,4m dengan tinggi 70cm dan mempunyai berat sekitar 50-65. Beruang Madu mempunyai bulu yang warnanya hitam, berbulu pendek, dan berkilauan. Biasanya Beruang Madu tinggal dan berkembang biak di hutan primer ataupun sekunder.

10. Cheetah

cheetah
image by: nationalgeographic.com

Contoh hewan karnivora yang kesepuluh yaitu Cheetah, merupakan salah satu hewan yang juga pemakan daging. Kebanyakan hewan karnivora ini hidup di daerah Timur Tengah serta di benua Afrika. Cheetah termasuk dalam kategori hewan yang paling cepat di seluruh dunia yang mencapai 110km/jam.

Hewan karnivora ini memburu mangsa dengan mengejar dan melumpuhkan dengan cakarnya yang sangat tajam. Cheetah ini memiliki kulit yang terdapat bintik-bintik sama halnya dengan macan tutul. Biasanya, hewan seperti ini memanfaatkan warna tubuh dalam menyamar pada saat berburu.

Hewan karnivora ini memiliki ekor yang bisa dibilang cukup panjang. Ekor ini berfungsi sebagai kemudi pada saat sedang berlari mengejar mangsa. Hewan karnivora ini memangsa hewan-hewan yang lebih besar dari ukuran tubuhnya di alam liar misalnya kerbau, kuda, zebra, dan masih banyak lagi.

11. Elang

elang
image by: economist.com

Contoh Hewan karnivora yang ke-11 yaitu ELang, merupakan salah satu hewan yang pemakan daging ini berkembang dan hidup di Indonesia. Burung Elang ini adalah spesies burung pemangsa yang berasal dari dari genus Aquila suku accipitridae. Selain itu, hewan ini tujuan termasuk dalam kategori hewna yang berdarah panas dan hewan ovipar atau bertelur.

Elang adalah salah satu hewna pemangsa yang makanan utamanya adalah hewan mamalia berukuran kecil. Makanan tersebut antara lain ikan, tupai, tikus, kadal dan juga memakan seperti hewan serangga. Ada yang beberapa hewan Elang ini hidup di darat, akan tetapi ada juga yang hidup di daerah perairan.

12. Ular Kobra

ular cobra
image by: fnghub.com

Hewan karnivora yang ke-12 yaitu Ular Kobra, merupakan hewan reptil yang ganar berdarah dingin ini banyak kita temui di daerah beriklim tropis. Ular kobra ini mempunyai racun yang dapat mematikan menunjang dlam mendapatkan makananya. Makanan utama dari hewan ini berupa beragam jenis burung dan hewan pengerat.

13. Ikan Hiu

ikan hiu
image by: hakaimagazine.com

Contoh hewan karnivora yang ke-13 yaitu Ikan hiu, merupakan hewan laut yang dapat dibilang sebagai jenis ikan yang sempurna. Pasalnya, ikan hiu mempunyai tulang yang lengkap dan tubuh ramping. Ikan hiu ini mempunyai banyak gigi yang runcing dan lancip ini mampu mencabi-cabik mangsanya.

Hewan karnivora ini bernafas dengan menggunakan 5 liang insang bahkan kadang-kadang dengan enam hingga 7 insang. Hal ini berdasarkan jenis spesies ikan hui itu sendiri. Hewan Karnivora ini mempunyai tubuh yang dilapisi dengan kulit demal denticles berfungsi sebagai pelindung tubuhnya dari kerusakan.

14. Komodo

komodo

Contoh hewan yang selanjutnya yaitu Komodo, yaitu termasuk salah satu hewan langka di Indonesia yang kategori kadal terbesar di dunia. Negara Indoneisa, hewan ini bisa kita jumpai di pulau komodo. Komodo ini mempunyai kulit yang sangat keras dan tebal sekali.

Pasalnya, hewan karnivora ini mempunyai ukuran badan yang mencapai 3 meter dan kekuatan hewan pemakan daging ini pada ekor serta rahangnya.

15. Macan Tutul

macan tutul
image by: safaribookings.com

Contoh hewan karnivora yang terakhir yaitu Macan tutul, merupakan salah satu dari empat hewan yang termasuk dalam kategori kucing terbesar. Secara umum, macan tutul ini mempunyai ukuran yang besar sama halnya Harimau dan juga Singa. Macan tutul ini mempunyai bulu dengan warna kuning dan bintik-bintik berwarna hitam pada bagian tubuh.

Hewan karnivora ini adalah salah satu fauna yang berasal dari daerah Jawa Barat yang menjadi salah satu hewan terancam punah. Daerah penyebaran macan tutul ini ada di duna benua antara lain Asia dan Afrika. Biasanya hewan ini hidup dan berkembang biak di segala habitatnya misalnya gurun, hutan tropis, pegunungan dan masih banyak lagi.

Itulah diatas bahasan lengkap dan singkat mengenai hewan-hewan karnivora dengan penjelasannya. Harapan saya dengan adanya artikel ini bisa menjadikan refrensi kamu dalam mengenal lebih dalam tentang hewan karnivora. Tunggu artikel selanjutnya yang lebih menarik lagi hanya di Kalimat.ID !