9 Contoh Hewan Invertebrata Lengkap Dengan Ciri cirinya

Contoh Hewan Invertebrata

Kalimat.ID – Contoh hewan invertebrata – Pertama kali sekolah mendasar TK ataupun SD sudah dikenalkan oleh guru-guru tentang nama dan jenis-jenis hewan. Banyak sekali hewan yang berdasarkan jenis dan makanannya. Namun dalam hal ini ada pula yang termasuk dalam golongan hewan invertebrata.

Apakah yang dimaksud dengan Invertebrata?

Invertebrata, merupakan hewan yang tidak mempunyai kolom tulang belakang pada tubuhnya. Pada kolom tulang beakang ini adalah salah satu organ tubuh yang sangat pentig. Diantaranya ialah sumsum tulang belakang yang disimpan dengan aman.

Nah, berdasarkan pengertian diatas bahwa ada beberapa contoh hewan invertebrata. Dimana pada kesempatan kali ini saya akan membahas lengkap dan singkat mengenai Invertebrata itu sendiri. Pasalnya, masih banyak sekali orang masih belum mengerti perbedaannya.

9 Contoh Hewan Invertebrata Lengkap dengan Ciri-Cirinya

Contoh hewan invertebrata, merupakan salah satu jenis hewan yang tidak mempunyai tulang belakang dan perkembangan pada organ sangatlah sederhana. Ada beribu-ribu invertebrata di bumi yang sangat tidak memungkinkan apabila kita menghitung semuanya. Atau justru ada sekitar milayrd invertebrata ini.

Untuk mengenal lebih dalam tentang Invertebrata ini, adapun ciri-ciri dari Invertebrata itu sendiri. Karena dalam mengenali salah satu hewan ini kamu harus mengenal dengan 12 ciri-ciri antara lain yaitu :

  1. Hewan yang tidak mempunyai tulang belaang.
  2. Hewan yang secara umum mempunyai ukuran kecil karena struktur yang belum mengalami perkembangan yang kompleks.
  3. Tubuh pada hewan Invertebrata ini mempunyai sistem pencernaan yang lebih sederhana dibandingkan dengan hewan jenis vertebrata.
  4. Sistem pernafaan hewan ini tidak mempunyai organ khusus untuk bernafas.
  5. Hewan Invertebrata diketahui tidak mempunyai tulang endoskeleton dengan tekstur yang keras.
  6. Hewan Invertebrata secara umum tidak mempunyai kerangka luar yang keras akan tetapi ada yang lunak juga.
  7. Hewan Invertebrata termasuk dalam kategori organisme multiseluler, akan tetapi diketahui belum mempunyai dinding sel.
  8. Secara umum ada hewan yang bergerak secara langsung dan ada pula yang tidak.
  9. Hewan Invertebrata mempunyai cara reporduksi dengan cara seksual.
  10. Hewan Invertebrata ini mampu untuk membuat makanan sendiri.
  11. Hewan Invertebrata mampu bertahan hidup cukup pada kondisi lingkungan yang ekstrim.
  12. Hewan Invertebrata mampu bertahan hidup dengan cara heterotrof.

Nah, setelah mengenal pengertian dan ciri-ciri pada hewan Invertebrata ini saya akan mengulas beberapa golongan hewan yang termasuk Invertebrata di bawah ini !

1. Filum Porifera

Filum Porifera bisa disebut juga dengan hewan berpori, merupakan hewan air yang hidup di laut dengan bentuk tubuh sama dengan tumbuhan. Ada pori-pori yang begitu banyak terdapat pada porifera yang sebgai menyusun menjadi fosil. Tubuh filum porifera ini tampak diapit dengan dua lapisan sel tipis yang dinamakan mesohil.

Pada filum porifera ini sendiri tidak mempunyai 3 sistem antara lain pernafasan yang khusus, pencernaan, dan juga tidak mempunyai sistem kendali. Hal tersebut inilah yang membuat jenis filum porifera yang menjadikan berbeda bila dibandingkan dengan jenis filum-filum pada hewan Invertebrata lainnya. Dimana hewan ini hidup dengan heterotrof.

Adapun contoh hewan invertebrata pada Filum Porifera sebagai berikut :

  • Euspongia.
  • Spons.
  • Spongila atau Spon air tawar.
  • Sycon.
  • Bunga karang

2. Filum Cnidaria

Contoh hewan Invertebrata yang kedua berdasarkan pada golongan Filum Cnidaria, merupakan hewan yang mempunyai sel penyengat bernama knidosit. Sel tersebut berfungsi sebagai menangkap mangsa dan untuk membela diri. Cnidaria ini terbagi menjadi 4 kelompok dan contoh hewannya diantaranya

  1. Anthozoa, merupakan contoh hewan Invertebrata yang mirip dengan bunga secara ketat polip yang menempel di permukaan pada misalnya batu dan kerang.
  2. Scyphozoa, merupakan contoh hewan Invertebrata yang mempunyai bentuk cangkin ini dikenal dengan ubur-ubur sejati. Mereka ialah kelompok dari coelenterata yang cenderung datang ketika berenang di pantai.
  3. Cubozoa, merupakan contoh hewan Invertebrata yang mirip dengan kubus ini juga dikenal hampir sama dengan ubur-ubur sejati. Namun, cubozoa ini mempunyai bentuk tubuh seperti kota yang berbeda dan hanya empat tentakel. Pasalnya, mereka cepat dan lincar karena mempunyai struktur mata yang khusus.
  4. Hydrozoa, merupakan contoh hewan Invertebrata yang melalui kedua fase medusa dan polip ini memakai kombinasi reproduksi generatif dan vegetatif. Hal tersebut karena untuk memastikan sejumlah besar keturunan.

Contoh hewan pada filum Cnidaria diantaranya meandrina,pennatula, physalia, adams, aurelia, gorgonia, anemon laut, jelatang, karang dan masih banyak lagi.

3. Filum Ctenopohora

Contoh hewan Invertebrata yang kedua pada golongan Filum Ctenopohora, merupakan hewan yang mempunyai lubang-lubang kecil berpori hampir di bagian seluruh tubuh. Pori ini bisa menimbulkan racun, dimana mempunyai fungsi sebagai melumpuhkan mangsanya. Walaupun mempunyai bentuk sama halnya ubur-ubur, filum ini tidak mempunyai sel penyengat yang bernama knidosit seperti Cnidaria.

Contoh hewan Invertebrata berdasarkan filum Ctenopohora antara lain Pleurobranchia.

4. Filum Nematoda

Contoh hewan Invertebrata berdasarkan filum Nematoda, merupakan cacing yang mempunyai bentuk gilik. Dimana pada kedua ujung tubuh filum ini mempunyai bentuk yang runcing dan sementara pada bagian tengah bulat. Contoh dari hewan filum Nematoda diantaranya yaitu :

  1. Cacing tambang.
  2. Cacing filaria.
  3. Cacing askaris.
  4. Cacing hati.

5. Filum Moluska

Contoh hewan Invertebrata yang berdasarkan golongan filum moluska, merupakan hewan yang mempunyai tubuh lunak baik dilindungi oleh cangkangnya atau dengan tidak dilindungi oleh cangkangnya. Filum tersebut ini terbagi menjadi 3 kelas diantaranya sebagai berikut :

  • P -> mempunyai 2 buah cangkang misalnya karang, simping dan tiram.
  • Gastropoda -> Siput yang bercangkang maupun tidak.
  • Cepalophoda -> Gurita dan cumi-cumi.

Contoh hewan secara umum Moluska yaitu :

a. Keong sawah

Contoh hewan Invertebrata yang pada umumnya saya ambilkan dari keong sawah. Hewan Invertebrata ini dapat mempunyai tinggi cangkang hingga 40 milimeter sekaligus berdiameter 15 sampai 25 milimeter. Dimana pada hewan ini mempunyai bentuk sama halnya dengan kerucut membulat berwarna hijau keclokatan.

b. Tiram mutiara

Apabila kamu tidak mengerti dengan bahasa saya, mungkin yang kamu kenal di daerah adalah kerang mutiara bukan tiram mutiara. Sebenarnya sama saja, hanya saja tentu di setiap daerah pemahamannya berbeda-beda. Mengapa hewan ini termasuk dalam contoh hewan Invertebrata khususnya di golongan filum Moluska ? Karena Tiram Mutiara mempunyai ciri-ciri antara lain :

  • Mempunyai sepasang cangkang yang berbentuk pipih dengan warna kuning kecoklatan.
  • Pada umumnya kerang mutiara mempunyai ukuran rata-rata 3 sampai 8 inchi yang menurut jenis spesiesnya.
  • Diluar batas nacre mempunyai warna coklat kehitaman.
  • Kedua cangkang tidak mempunyai cangkang yang sama diantaranya cangkang kanan sedikit pipih dan cangkang kiri cenderung cembung.
  • Pada bagian tengah dorsal sepasang cangkah dihubungkan oleh ligmen yang elastis serta adanya gigi engsel.
  • Cangkang pada bagian dalam warnanya putih mengkilat.
  • Kedua cangkang mempunyai oto yang kuat digunakan sebagai membuka dan menutup.

6. Filum Artropoda

Contoh hewan Invertebrata berdasarkan golongan filum Artropoda, merupakan filum yang mempunyai tubuh segmen ini biasanya bersatu menjadi dua atau tiga daerah yang begitu jelas. Anggota tubuh bagian filum Artropoda ini berpasangan dan simetri bilateral. Pada filum ini juga terdiri dari beberapa kelas diantaranya yaitu :

  1. Chelicerata, contohnya laba-bara, kalajengking, dan tungau.
  2. Myriapoda, contohnya lipan.
  3. Krustasea, contohnya lobster, udang, dan kepiting.
  4. Hexapoda, contohnya seranga.

7. Filum Annelida

Contoh hewan Invertebrata yang berdasarkan filum Annelida, merupakan cacing yang mempunyai tubuh terbagi menjadi segmen-segmen. Misalnya, gelang dengan beberapa sistem organ yang baik dengan sistem peredaran darah yang tertutup. Filum Annelida ini terdiri dari 3 kelas sebagai berikut :

  • Polychaeta, mempunyai ciri berambut banyak.
  • Oligochaeta, mempunyai ciri berambut sedikit atau tidak sama sekali.
  • Hirudinea, mempunyai ciri yang menghisap darah.

Sementara untuk contoh hewan invertebrata pada filum annelida yaitu cacing tanah, cacing kipas, cacing pasir, dan lintah.

8. Filum Platyhelminthes

Contoh hewan Invertebrata berdasarkan golongan pada filum Platyhelminthes, merupakan hewan yang mempunyai bentuk cacing dengan tubuh pipih namun tidak bersegmen. Secara umum cacing pipih ini hidup di aliran sungai, laut, dan masih banyak lainnya yang biasanya sebagai parasit tubuh organismen jenis hewan yang lainnya. Ada 3 kelas pada filum Platyhelminthes diantaranya sebagai berikut :

  • Turbellaria, contohnya cacing berambut getar.
  • Trematoda, contohnya cacing isap.
  • Cestoda, contohnya cacing pita.

Selain itu, untuk mengenal lebih dalam filum Platyhelminthes dengan mengenal ciri-cirinya. Dimana saya sudah merangkum ciri-ciri berdasarkan pengertian diatas. Ada 8 ciri-ciri filum Platyhelminthes yang sudah saya rangkum yaitu :

  1. Mempunyai sistem syaraf tangga tali.
  2. Pernafasan pada cacing pipih dilakukan secara difusi oleh seluruh bagian sel tubuh.
  3. Mempunyai tubuh yang simetris bilateral yang berbentuk pipih.
  4. Platyhelminthes, adalah hewna yang mempunyai tubuh simetri bisa dibilang yang paling sederhana dibandingkan jenis filum lainnya.
  5. Tidak mempunyai sistem peredaran darah, eksresi, dan juga respirasi.
  6. Usus cacing pipih bercabang pada bagian seluruh tubuhnya.
  7. Tidak mempunyai rongga tubuh sehingga tergolong juga dalam hewan aselomata.
  8. Sistem pencernaan ini terdiri dari usus, mulut, dan faring saja karena pada cacing pipih tidak mempunyai anus/dubur.

9. Filum Protozoa

Contoh hewan Invertebrata yang selanjutnya yaitu filum protozoa, merupakan salah satu golongan hewan yang mempunyai arti hewan pertama yang berasal dari kata protos. Jenis hewan filum ini sama dengan yang diatas terdiri dari 4 kelas protozoa antara lain yaitu :

  1. Sporozoa atau protozoa berspora.
  2. Rhizopoda atau protozoa berkaki semu.
  3. Cilliata atau protozoa berambut getar.
  4. Flagellata atau protozoa berbulu cambuk.

Secara umum protozoa, merupakan hewan yang termasuk dalam kategori mikroorganisme sehingga hanya bisa diamati dengan memakai mikroskop. Hal tersebut dikarenakan ukuran pada protozoa yang sangatlah kecil. Protoza sendiri ini mempunyai habitat secara umum berada pada dalam air.

Protozoa adalah organisme yang bisa kita bedakan dari jenis algae. Algae, merupakan jenis tumbuhan yang biasanya di titik yang rendah. Untuk mengenal lebih dalam tentang protozoa, dibawah ini saya akan memberikan beberapa ciri pada filum protozoa ini. Ada sekitar 7 ciri pada filum protozoa diantaranya :

  1. Bersel satu atau disebut juga dengan Uniseluler.
  2. Mempunyai membran nukleus atau disebut juga dengan ukariotik.
  3. Mempunyai alat bantu gerak sillia, pseudopodia, atau juga flagela.
  4. Mempunyai kista yang akan membantu dalam bertahan hidup.
  5. Hidup dengan soliter sendiri atau juga dengan berkelompok.
  6. Hidup secara saprofit atau juga dengan parasit.
  7. Tidak bisa membuat makanan sendiri atau disebut dengan Heterotrof.

Itulah diatas ulasan yang lengkap dan singkat mengenai jenis-jenis hewan Invertebrata yang berdasarkan filum-filumnya. Dimana pada artikel ini sudah dibahas dengan sedetail-detailnya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menjadikan refrensi kamu dalam mengenal jauh lebih dalam tentang hewan-hewan Invertebrata.

Semoga bermafaaat dan membuat ilmu pengetahuanmu menjadi bertambah jauh lebih dalam. Nantikan artikel selanjutnya yang membahas tentang pendidikan lainnya hanya di Kalimat.ID!

Komentar disini