18 Contoh Hewan Herbivora Lengkap Beserta Penjelasannya

Kalimat.ID – Contoh Hewan Herbivora – Pada saat kita duduk di kelas SD, pastinya kamu dikenalkan oleh gurumu nama-nama hewan. Setelah naik kelas, kamu semakin dikenalkan lebih dalam tentang jenis-jenis hewan yang ada di Indonesia. Namun, ada banyak jenis hewan dalam pengelompokkannya misalnya Hewan Herbivora.

Herbivora, merupakan hewan yang biasanya makanannya tumbuh-tumbuhan. Banyak sekali hewan yang berjenis Herbivora ini, akan tetapi tidak sedikit yang masih hanya mengenal jenis hewan ini. Artinya, banyak juga yang masih belum mengerti pengelompokkan contoh hewan herbivora ini.

Pada kali ini saya mempunyai kesempatan untuk membahas lengkap mengenai contoh hewan herbivora. Pasalnya, anak-anak jaman sekarang hanya dijelaskan tentang pengertian dan namanya tanpa mengetahui jenis-jenis berbagai hewan dalam pengelompokkannya. Disinilah, tempat untuk kamu lebih mengenal contoh hewan herbivora yang dipaparkan dalam artikel dibawah ini !

18 Contoh Hewan Herbivora Lengkap Beserta Penjelasannya

Apa itu Herbivora ? merupkan salah satu penggolongan hewan yang berdasarkan jenis makanannya. Jadi, pengertian hewan herbivora yaitu pengelompokkan hewan yang makanan utamanya tumbuh-tumbuhan. Jenis hewan herbivora tentu berbeda dengan omnivora, karena jenis hewan ini tidak memakan daging.

Secara umum, bahwa hewan jenis Herbivora ini termasuk dalam kategori hewan yang biasanya berhabitat di padang rumput, hutan dan masih banyak lagi semacam tumbuhan. Kebanyakn hewan-hewan Herbivora ini dijadikan hewan ternak oleh manusi yang alasannya mudah memberi makanannya. Keuntungan lainnya bahwa hewan ini tidak berbahasa sama sekali dan mempunyai manfaat sangat banyak untuk menunjang perekonomian manusia.

Sebelum saya membahas satu persatu mengenai contoh hewan Herbivora, yang perlu kamu ketahui bahwa hewan Herbivora ini mempunyai beberapa ciri. Menurut sumber refrensi yang terpercaya bahwa ciri-ciri yang dimilik hewan Herbivora ini ada 10 point. 10 Ciri-ciri hewan Herbivora yaitu:

  1. Makanan utamanya rumput atau tumbuh-tumbuhan.
  2. Berkembang biak dengan cara vivipar atau beranak.
  3. Termasuk kedalam mamalia atau hewan menyusui.
  4. Kebanyak adalah mangsa bagi hewan karnivora.
  5. Termasuk hewan yang mempunyai tulang belakang.
  6. Mempunyai gigi geraham yang lebar.
  7. Mempunyai banyak manfaat bagi manusia dalam menunjang perekonomian.
  8. Mayoritas hewan Herbivora biasanya hidup di darat.
  9. Mayoritasnya hewan Herbivora berkaki empat.
  10. Termasuk dalam kategori hewan yang berdarah panas.

Itulah diatas 10 ciri-ciri hewan Herbivora yang sudah saya jelaskan. Selanjutnya, saya akan membahs mengenai contoh hewan Herbivora. Karena untuk mengenal lebih jenis hewan ini, kamu harus membacanya sampai selesai. Agar, wawasanmu dalam mengenal jenis-jenis hewan tidak setengah-setengah.

Rusa

contoh hewan herbivora rusa
image by: foxnews.com

Contoh hewan Herbivora yang pertama yaitu Rusa, merupakan hewan yang mempunyai kesamaan dengan sapi dan kambing. Nama lain dari Rusa disebut dengan menjangan. Hewan Herbivora ini mempunyai gigi geraham yang cukup banyak sehingga memungkinkan dalam mencerna makanan seperti rumput. Biasanya hewan ini lebih cenderung hidup di lingkungan yang dekat dengan air.

Hal tersebut dikarenakan setiap saat mereka bila membutuhkan air. Walaupun demikian, Rusa ini mempunyai pertahanan hidup tanpa air yang bisa dibilang lama. Mereka pun mampu berlari dengan sangat kencang sampai memungkinkan dalam menghindari hewan buat seperti jenis Hewan Karnivora.

Unta

contoh hewan herbivora unta
image by: sandiegozoo.org

Contoh Hewan Herbivora yang kedua yaitu Unta, merupakan hewan yang mempunyai pnuk dan hidup di wilayah kering. Pasalnya, biasanya hewan ini habitatnya di gurun yang ada di Asia dan Afrika Utara. Rata-rata, umur harapan hidup dari unta bisa mencapai 30 sampai 50 tahun.

Hewan Herbivora ini mempunyai punuk berfungsi sebagai menyimpan lemak khusus. Dimana pada suatu saat bisa diubah menjadi air dengan cara bantuan dari oksigen hasil respirasi. Hebatnya, Unta mampu bertahan dengan suhu 41 derajat celcius.

Jerapah

contoh hewan herbivora jerapah
image by: thoughtco.com

Contoh hewan Herbivora yang ketiga yaitu Jerapah, merupakan salah satu hewan mamalia berkuku genap. Selain itu, Jerapah juga terkenal dengan spesies tertinggi yang hidup di darat. Tinggi dari hewan Herbivora ini dapat mencapai 4,8 hingga 4,4 meter dengan berat mencapai 1.360kg.

Untuk spesies betina ini mempunyai tinggi dan berat di bawah pejantan. Jerapan ini masih mempunyai hubungan dekat dengan hewan lain seperti sapi dan juga rusa. Akan tetapi, hewan ini berasal dari suku yang berbeda. Pasalnya, habitat utama Jerapah yaitu wilayah chad hingg wilayah afrika selatan.

Zebra

contoh hewan herbivora zebra
image by: wikimedia.org

Contoh hewan yang keempat yaitu Zebra, merupakan hewan yang bertempat tinggal di negara Afrika Selatan, Afrika Barat, dan Afrika Timur. Zebra ini hampir sama dengan kuda, namun hewan Herbivora ini mempunyai warna yang identik dengan belang hitam dan putih. Pasalnya, dengan belang yang ada di tubuh Zebra ini mempunyai fungsi untuk mengelabui para predator Hewan Karnivora.

Sapi

contoh hewan herbivora sapi
image by: mnn.com

Contoh hewan Herbivora yang kelima yaitu Sapi, merupakan hewan ternak yang berasal dari bovidae dan anak suku bovinae. Kemudian menyebar luas di daerah-daerah seluruh dunia sampai ke Indonesia. Sapi ini mempunyai banyak manfaat antara lain daging yang banyak, kulit, susu, dan juga pupuk kandang untuk kotorannya.

Kuda

kuda
image by: netdna-ssl.com

Contoh hewan yang keenam yaitu Kuda, merupakan salah satu hewan dari sepuluh mamalia modern yang berasal dari henus equua. Pasalnya, hewan Herbivora ini juga berperan penting dalam membawa barang-barang dalam pedesaan kampung misalnya. Malahan, Kuda pun menjadi salah satu hewan yang berfungsi dalam perang di jaman Nabi dulu.

Oleh karena itulah, karena manfaatnya Kuda menjadi hewan ternak untuk manusia. Susu kuda juga dapat dijadikan minuman yang menyehatkan.

Belalang

belalang
image by: wikimedia.org

Secara umum salah satu serang ini mempunyai sayap, meskipun terkadang sayapnya sendiri tidak digunakan terbang. Biasanya ukuran betina jauh lebih besar bila dibandingkan dengan jantan. Makanan belalang tergantung dari tempat tinggalnya, misalnya dauh, bunga, dan lain-lain.

Kijang

kijang
image by: foxnews.com

Contoh hewan Herbivora kedelapan yaitu Kijang, merupakan hewan mamalia dari genus muntiacus. Hewan Herbivora Kija ini juga termasuk sama halnya seperti hewan rusa Kijang ini tidak mengenal masa kawin, mereka melakukan hal tersebut kapanpun mereka mau.

Kijang adalah hewan yang dapat kita temui di wilayah Asia Selatan dan Tenggara. Hewan Herbivora ini dikatakan karena makanannya dedaunan dan rumput-rumput. Pada kijang jantang ini kebanyakan mempunyai tanduk yang lebih pendek yang kalau patah bisa kembali tumbuh.

Kambing

kambing
image by: sciencemag.org

Contoh hewan Herbivora yang kesembilan yaitu Kambing, merupakan hewan yang mempunyai ukuran bisa dibilang sedang. Hewan yang mempunyai banyak manfaat bagi manusia ini sama halnya dengan hewan sapi. Akan tetapi, untuk daging kambing ini sangatlah sedikit dan susu pun bisa dimanfaatkan untuk minuman berkhasiat.

Gajah

gajah
image by: mashable.com

Contoh hewan Herbivora yang ke-10 yaitu Gajah, merupakan hewan mamalia yang mempunyai tubuh bisa dibilang begitu besar. Gajah ini juga mempunyai mata sipi dan telingan yang lebar serta hidung berupa belalai. Hewan ini bisa kita lihat di beberapa habitatnya.

Gajah ini mempunyai ukuran badan yang rata-rat besar mencapai 4 meter dan berat 7 ton. Makanan utama dari hewan Herbivora ini rumput dan juga daun-daunan muda di pepohonan. Dibalik itu bahwa gajah liar banyak di buru yang diambil gadingnya.

Kelinci

kelinci
image by: npr.org

Contoh hewan Herbivora selanjutnya yaitu Kelinci, merupakan jenis hewan mamalia yang mempunyai tubuh kecil dari golongan leporidae. Kelinci ini berkembang biak secara vivipar yang biasanya dikenal dengan beranak. Kelinci ini juga sering dijadikan sebagian manusia untuk hewan peliharaan ternak.

Dimana maksud itu untuk dimanfaatkan dagingnyan, namun tidak semua jenis kelinci dapat dimanfaat dagingnya. Dari jenis bulunya bahwa kelinci terdiri dari 2 jenis antar alain berbulu pendek dan berbulu panjang.

Badak

badak
image by: bbci.co.uk

Contoh Hewan Herbivora yaitu Badak, merupakan satwa yang keberadaannya terancam puang. Di Indonesia bada bercula satu ini hanya di ujung provinsi Banten yang tepatnya di taman marga satwa Ujung Kulon. Hewan ini dibilang Herbivora karena pemakan tumbuh-tumbuhan.

Makanan favorit dari Bada ialah dedaunan dan buah-buahan. Walaupun bukan hewan pemburu, bada bisa membahayakn pada saat dia dalam keadaan tertekan. Badak yang bercula dapat memanfaatkan untuk melindungi diri dari serangan-serangan musuh.

Banteng

banteng
image by: bitcoinist.com

Contoh hewan Herbivora berikutnya yaitu Banteng, merupakan hewan yang mempunyai tinggi mencapai 1,6 meter di bagian pundaknya. Sedangkan panjang badan dari Banteng ini mencapai 2,3 meter. Apabila beratnya ini mempunyai ukuran antara 680kg sampai 810kg.

Kanguru

kangguru
image by: wikimedia.org

Contoh hewan Herbivora yang ke-14 yaitu Kanguru, merupakan hewan yang berasal dari Benua Australia. Hewan ini sejenis mamalia yang mempunyai marsupialia pada bagian depan tubuhnya. Tidak hanya itu saja, karena Kanguru ini satu-satunya hewan yang menjadi simbol di negara Australia.

Kanguru juga mempunyai sepasang kaki belakang yang kuat, telapak kakinya yang besar ini digunakan untuk meloncat. Hewan Herbivora ini biasanya meloncat sampai dengan kecepatan 70km/jam.

Kerbau

kerbau
image by: wikimedia.org

Contoh hewan Herbivora yang selanjutnya yaitu Kerbau, merupakan hewan yang juga jenis makanannya tumbuh-tumbuhan. Populasi kerbau liar yang ada di Asia ini mulai menurun dan terancam punah. Apabila utnuk kerbau dewasa ini mempunyai ukuran berat sekitar 300kg sampai 600kg.

Untuk mengetahui ciri-ciri antara kerbau liar dan kerbau peliharaan yaitu pada bentuk perut yang bulat. Biasanya manusia juga memanfaat susu kerbau ini. Pada kulit kerbau juga biasanya dipakai bahan sepatu dan lem.

Anoa

anoa

Sejak tahun 1920 hewan yang satu ini termasuk dalam kategori hewan yang terancam kepunahan. Diperkirakan untuk sekarang hanya terdapat populasi kecil saja. Populasi tersebut 5000ekor yang masih bertahan hidup sampai sekarang.

Biasanya kebanyakan hewan Anoa ini diburu untuk diambil kulitnya, daging, dan juga tanduknya. Tempat tinggal Anoa sendiri berada di hutan tropika dataran, dan juga di daerah rawa-rawa. Apabila untuk membahas makanan, hewan ini memakan buah-buahan dan rumput.

Panda

panda
image by: wikimedia.org

Contoh hewan Herbivora yang ke-17. yaitu Panda, merupakan salah satu hewan yang juga makanannya tumbuh-tumbuhan. Secara taksonomi, padan ialah hewan karnivora, akan tetapi makanannya herbivora. Mayoritasnya bahwa hewan ini memakan tumbuhan dan bambu-bambuan.

Secara teknis bahwa Panda ini termasuk dalam kategori hewan omnivora karena juga memakan telur.

Angsa

angsa
image by: cornell.edu

Secara umum bahwa hewan jantan ini mempunyai berat badan yang lebih berat dan lebih besar bila dibandinkan dengan betina. Untuk ekosistemnya sendiri Angsa ini bisa kita jumpai di iklim sedang karena untuk daerah tropis ini masing jarang ditemui.

Makakan hewan ini antara lain akar-akaran, dedaunan, dan juga batang.

Itulah diatas penjelasakan lengkap dan singkat tentang hewan-hewan Herbivora beserta penjelasannya. Harapan saya, dengan artikel ini bisa menjadi bahan refrensi dalam mengenal lebih dalam jenis-jenis hewan Herbivora. Pantengin terus artikel yang mengulas tentang pendidikan lainnya.