Beranda Pendidikan 15 Contoh Hewan Amfibi dan Ciri Cirinya

15 Contoh Hewan Amfibi dan Ciri Cirinya

Contoh Hewan Amfibi
Contoh Hewan Amfibi

Kalimat.ID – Contoh hewan amfibi – Ketika kita dulu duduk di bangku sekolah dasar tentu sudah diperkenalkan oleh guru mengenai contoh hewan dan jenis-jenisnya. Banyak sekali hewan yang telah dikelompokkan dan terbagi dari beberapa macam. Salah satunya yang akan saya bahas yaitu contoh hewan amfibi.

Contoh hewan amfibi merupakan salah satu contoh hewan yang hidup di dua alam yakni di darat dan juga di air. Hewan yang tergolong amfibi diketahui sebagai hewan yang bisa beradaptasi untuk hidup air dan darat dengan perkembangan metamorfosa yang sempurna. Ada beberapa hewan amfibi yang bisa ditemukan di sekitar kita ataupun di hutan.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai salah satu contoh hewan amfibi dengan lengkap beserta ciri-cirinya. Karena tidak sedikit pula anak-anak yang belum mengerti pengelompokkan hewan amfibi ini. Untuk itu agar menambah wawasan kamu dalam mengenal contoh hewan berdasarkan jenis-jenisnya.

15 Contoh Hewan Amfibi Lengkap dengan Penjelasannya

Tahukah kamu apa itu hewan amfibi ? Hewan amfibi adalah salah satu hewan bertulang belakang vertebrata yang hidup dua alam yakni di air dan darat. Jadi, contoh hewan amfibi yaitu salah satu hewan yang pengelompokkan berdasarkan jenisnya. Sebelum mengenal apa saja contoh hewan amfibi, untuk lebih mengenalnya kamu harus mengetahui ciri-cirinya.

Ada 6 ciri yang dimiliki hewan amfibi ini diantaranya yaitu :

  • Kaki berselaput
  • Amfibi satu-satunya jenis vertebrata yang mengalami metamorfosis sempurna
  • Peredaran daran tertutup
  • Biasanya telur dari hewan amfibi diletakkan di air dan tempat yang lembab
  • Jantung terdiri dari 3 ruang.
  • Amfibi merupakan hewan berdarah dingin.

Itulah diatas penjelasan singkat mengenai hewan amfibi dan ciri-cirinya. Selanjutnya, pada pembahasan dibawah ini akan saya jelaskan mengenai contoh hewan amfibi dibawah ini !

1. Kodok

Contoh hewan amfibi yang pertama yaitu kodok, adalah salah satu hewan yang dengan mudah untuk dijumpai Hewan satu ini banyak kita jumpai di daerah lembab seperti di dekat rawa ataupun sungai. Kodok ini mempunyai kaki berkuku dan berselaput.

Permukaan tubuh kodok beracun dan kasar. Kaki kodok mempunyai permukaan yang lebih panjang dibagian belakang yang sangat berguna untuk melompat. Hewan ini cenderung berwarna gelap dan hidup di atas permukaan tanah.

Ukuran kecebong kodok diketahui lebih besar dibandingkan kata. Sistem ekskrei pada reptip berbeda dengan amfibi.

2. Salamander

Contoh hewan amfibi yang kedua yaitu Salamander, adalah salah satu contoh hewan yang mempunyai lebih dari 500 spesies. Bentuk hewan satu ini hampir sama dengan kadal, akan tetapi lebih besar. Warnanya bermacam, ada orange, hijau tua sampai dengan coklat.

Yang membedakan Salamander dengan kadal hanyal kulitnya yang bintik-bintik. Jadi Salamander itu kulitnya berbintik pula.

Selain itu, Salamander juga mempunyai keunikan dimana hewan ini suka berjalan-jalan di dasar perairan air tawar misalnya danau. Contoh hewan satu ini dulunya banyak dijumpai di danau-danau yang ada di Meksiko, akan tetapi sekarang sudah sangat sulit ditemukan.

3. Sesillia

Contoh hewan amfibi yang ketiga yaitu Sesillia, adalah salah satu hewan yang hampir sama dengan cacing namun bertubuh besar. Hewan ini kerap ditemukan di Asia Tenggara dan Amerika Selatan. Hewan satu ini hanya dijumpai di hutan yang masih baik, tanah yang subuh dan di dekat sungai ataupun di rawa-rawa.

4. Diplocaulus

Contoh hewan amfibi yaitu Diplocaulus, adalah salah satu hewan yang mempunyai keunikan pada bagian kepalanya yang berbentuk segitiga bumerang. Salah satu hewan ini benar-benar aneh sekali dan unik. Bentuk kepalanya yang lebar dan pipih bagai mata bumerang ini berfungsi untuk mempercepat gerak di air, supaya dapat menerjang arus air dengan mudah.

Tahukah kamu bahwa hewan amfibi ini mempunyai 5 spesies yang telah dijumpai antara lain :

  • Magnicornis cope
  • minimus dutuit
  • Salamandroides cope
  • Recurvatus olson
  • Brevirotris

Seperti Axolotl, Diplocaulus pun telah berada di zona merah yaitu terancam kepunahan. Malahan berbagai refrensi telah menyebutkan telah punah beneran. Sebab tidak pernah ditemukan lagi hewan amfibi ini di habitatnya di daerah peraira Amerika Utara.

5. Labyrinthodontia

Contoh hewan amfibi yang kelima yaitu Labyrinthodontia, merupakan salah satu hewan yang sudah punah. Labyrinthodontia ini berasal dari Yunani yang berarti labirin bergigi. Hewan satu ini hidup di akhir era palaezoikum sampai awal mesozoikum.

Sekitar tahun 390 juta sampai 150 tahun yang lalu.

6. Amphiuma

Tahukah kamu hewan amphiuma itu ? Amphiuma merupakan salah satu genus dari air salamander yang berasal dari Amerika Serikat. Satu-satu yang masih ada genus dalam keluarga Amphiumidae. Mereka secara sehari-hari dikenal sebagai amfibi.

Mereka pun dikenal oleh para nelayan sebagai conger eels atau congo snakes, yang secara zoologis salah menyebutkan atau misnomers. Karena hewan amfibi sebenarnya adalah salamander dan bukan ikan ataupun reptil. Amphiuma menunjukkan salah satu pelengkap DNA terbesar di dunia yang hidup sekitar 25 kali lebih banyak daripada manusia.

7. Anthracosauria

Antharacosauria merupakan suatu urutan amfibi seperti reptil yang telah punah dalam arti luas yang berkembang selama periode Karbon dan awal permian, walaupun spesies mana yang dimasukkan tergantung pada definisi takson seseorang. Anthracosauria kadang-kadang digunakan untuk merujuk pada semua tetrapoda yang lebih dekat hubungannya dengan amniotes seperti reptil, mamalia, dan burung, daripada lissamphibi seperti katak dan salamander. Istilah yang setara dengan definisi ini yaitu Reptiliomorpha.

Anthracosauria pun telah digunakan untuk merujuk pada kelompok yang lebih kecil dari tetrapoda akuatik seperti buaya yang juga dikenal sebai embomer.

8. Slamander Pasifik

Spesies hewan ini mempunyai panjang sampai 30cm dan dapat dijumpai bara Amerika Serikat dan barat daya British Columbia. Kecuali untuk ukuran mereka, mereka mirip dengan keluarga salamander mol atau Ambystomatidae dimana mereka awalnya dimasukkan.

Sedangkan kebanyakan salamander diam, salamander raksasa pasifik ini merupakan salah satu dari beberapa salamander yang mempunyai kemampuan vokal keitak terkejut. Salamander ini mungkin merespon dengan tangisan yang terdengar seperti suara anjing menggonggong. Anggota keluarga ini bisa terestrial atau akuatik dewasa.

9. Torrent Salamander

Torrent Salamander merupakan salah satu keluarga Rhycotritonidae dengan hanya satu genus Rhycotriton dari salamander. Awalnya genus Rhyacotriton ditempatkan di keluarga Ambystomatidae, kemudia di keluarga Dicamptodontidae dan pada akhirnya tahun 1992 ia ditempatkan ke dalam keluarga sendiri.

Keita yang sama satu-satunya spesies Rhyacotriton olympicus dipecah menjadi empat spesies karena analisis genetik. Salamander torrent terbatas di AS bagian barat yakni negara bagian California, Oregon, dan Washington.

10. Common Mudpuppy

Contoh hewan amfibi yang kesepuluh yaitu Mudpuppy adalah salah satu jenis amfibi yang diketahui endemik berada di timur laut bagian Amerika Serikat. Hewan banyak dijumpai di wilayah negara Kanada pada tempat lembab. Mereka suka bersembunyi di dalam air dengan kedalaman sampai 90 kaki.

Hewan satu ini pun diketahui bisa hidup sampai 20 thaun dengan bertahan memakan daging seperti telur ikan, serangga, dan masih banyak lagi.

11. Axolotl

Contoh hewan amfibi berikutnya yaitu Axolotl, merupakan salah satu hewan yang sangat unik dibandingkan hewan lainnya. Salah satu hewan ini hanya bisa ditemukan di danau-danau di Meksiko yang salah satunya danau Xochimilco. Penggambaran atas contoh hewan satu ini biasanya berupa binatang aneh yang berkulit pink, abu-abu gelap dan coklat yang dapat berjalan-jalan di dalam air.

Konon bahwa Axolotl sejenis Salamander sering disebut sebagai Salamander Meksiko. Hewan satu ini mempunyai nama spesies Ambystoma mexicanum. Hewan endemik Meksiko ini sudah sangat sulit unutk dijumpai sampai status konservasi IUCN juga ditingkatkan menjadi Critically Endangered yang berarti berada di zona mera kepunahan.

12. Katak Sawah

Contoh hewan selanjutnya adalah katak sawah, merupakan salah satu hewan yang mempunyai ukuran lebih kecil. Katak ini banyak dijumpai di sawah-sawah yang tergenang air. Hewan satu ini mempunyai kaki berselaput yang membuat katak sangat pintar berenang.

Kulit pada tubuh katak ini sangat licin dan berwarna tidak mencolok. Katak banyak memakan serangga kecil di tepi sawah. Kulitnya yang licing akan tetapi beracun seperti pada kodok nomer satu. Katak sawah pun mempunyai panjang kaki belakang lebih panjang apabila dibandingkan dengan kaki depan karena memungkinkan berenang dengan cepat.

Hal tersebut menjadi salah satu gaya dalam olahraga berenang yaitu gaya katak. Katak bernafas dengan insang ketika masa kecebong berbeda dengan sistem pernafasan invertebrata.

13. Purple Frog

Salah satu contoh hewan amfibi selanjutnya yaitu purple frog yang mempunyai arti katak ungu. Hewan satu ini mempunyai nama binominal Nasikabatrachus sahyadrensis. Katak Ungu ini endemik di daerah Sahyadri, India. Bentuk fisiknya tampak sangat berbeda dengan kodok pada umumnya, karena kepalanya sangat kecil dan seolah menyatu dengan punggung.

Salah satu contoh hewan amfibi ini mempunyai kaki yang besar akan tetapi pendek. Kalau berjalan seolah sangat menunduk. Bola matanya kecil dan bibirnya agak sedikit monyong. Warna kulitnya memamng ungu tua yang kadang-kadang jadi mirip sama Kudanil kecil.

14. Olm

Contoh hewan yang keempat belas yaitu Olm, merupakan salah satu hewan yang sangat aneh mempunyai bentuk tubuh seperti sidat. Warna albino bak kulit babi yang pink. Hewan satu ini yang mempunyai nama ilmiah Proteus anguinus ini sudah sangat sulit kita jumpai.

Statusnya rentang hampir mengalami kepunahan. Olm endemik di perairan sungai Karst Soca yang ada di Italia, Kroatia dan Slovenia.

15. Edopoid

Contoh hewan yang terakhir yaitu Edopoid, merupakan salah satu hewan yang menggambarkan seekor hewan yang mempunyai tubuh hampir sama dengan buaya akan tetapi bukan reptil. Perwujudannya besar dan edopoid ini mempunyai gigi yang banyak. Amfibi purba ini digolongkan ke dalam ordo Temnospondyli. Fosilnya ditemukan dan disimpan di museum fur Naturkunde, Berlin.

Nah, itulah diatas yang sudah saya jelaskan mengenai salah satu hewan berjenis amfibi yag hidup di dua alam yaitu air dan darat. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menjadikan refrensi anak-anak dalam mengenal lebih dalam contoh hewan dan jenis-jenisnya. Tunggu artikel selanjutnya yang lebih menarik berguna untuk menambah wawasanmu dalam sebuah pendidikan lainnya.

Komentar disini
error: