5 Contoh Cerita Jenaka Lengkap dengan Pengertian dan Ciri-Cirinya

Contoh Cerita Jenaka

Kalimat.ID – Contoh Cerita Jenaka – Apakah kamu suka dengan cerita-cerita lucu ? Atau pernah membuat seperti cerita jenaka di masa sekolah? Siapa yang masih belum tahu tentang cerita jenaka ini, dimana sebuah karya tulis yang disajikan sebagai leluconan saja.

Selain itu, terdapat 3 fungsi yang saya ketahui yaitu memberikan hiburan, mengkritik anggota masyarkat, dan memberikan pendidikan. Pasalnya, dalam cerita jenaka tidak hanya sekedar leluconan saja namun juga mendidik. Oleh karena itu, hampir pada saat duduk di bangku sekolah tentu sudah pernah disuruh membuat cerita-cerita lucu. Nah, seperti apa sih contoh cerita jenaka ini ?

Pengertian Cerita Jenaka

Cerita Jenaka adalah bagian cerita rakyat yang memiliki unsur jenaka atau berarti lucu dimana dapat membuat seseorang tertawa. Bahan cerita yang di dasarkan pada kehidupan masyarakat sehari-hari. Alur ceritanya berpusat pada kelakuan pelaku,

Contoh cerita jenaka berkembang dalam masyarakat Indonesia seperti Pak Banjir Jawa, Lebai Malang Sumatera dan paling populer yaitu Si Kebayan Sunda. Selain itu, dalam sebuah karya tulis apapun itu pasti memiliki ciri-ciri termasuk cerita jenaka ini.

Ciri-Ciri Cerita Jenaka

Berdasarkan yang saya ketahui ketika sekolah ada beberapa ciri yang cukup identik pada cerita jenaka. Berikut penjelasannya !

1. Semua cerita dalam unsur membentuk karakter atau perilaku yang jenaka atau lucu. Mulai dari judul cerita, cover (ini kalau ada), alur cerita, nama tokoh, dan sifat yang dimiliki tokoh.

2. Sumber lucu yang paling utama biasanya berasal dari perilaku atau tindakan tokoh dan sifat si pelaku utama.

3. Ada 3 kategori watak yang seringkali saya temui antara lain :

  • Watak pintar
  • Watak pintar dan bodoh
  • Watak bodoh dan sial

4. Latar dari keadaan nyata maupun kehidupan alamiah manusia sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

5. Selain sebagai hiburan, biasanya cerita jenaka pun berfungsi sebagai kritikan sosial.

Contoh Cerita Jenaka

Tidak akan terasa lengkap jika ada pengertian tanpa adanya contoh cerita jenaka ini. Agar lebih memahami mulai dari karakteristik maupun ciri-ciri jenaka itu sendiri.

Buat kamu yang lagi ada tugas membuat cerita jenaka, berikut contoh cerita jenaka dibawah ini !

Cerita Jenaka “Pak Lebai Malang”

Suatu saat di sebuah kampung Sumatera Barat hiduplah seorang lelaki tua bernama Pak Lebai. Di waktu tersebut, Pak Lebai mendapat dua buah undangan di daerah yang berbeda. Pak Lebai menjadi bingung.

Kalau beliau pergi ke hulu sungai beliau akan mendpat hadiah dua ekor kepala kerbau. Sementara kalau beliau pergi ke hilir sungai beliau hanya mendapat satu ekor kepala kerbau.

Pak Lebai segera berganti pakaian dan mengayuh sampannya ke hulu sungai. Akan tetapi lagi-lagi beliau bingung, lalu beliah mengayuh sampannya ke hilir sungai. Dan lagi-lagi Pak Lebai bingung dan mengayuh sampannya ke hulu sungai.

Ketika tiba di hulu sungai, Pak Lebai bertanya kepada para undangan bagaimana hidangannya. Mereka menjawab jika kerbau yang dipotong terlalu kurus. Tanpa pikir panjang, Pak Lebai langsung memutar sampannya ke kampung hilir.

Akan tetapi ternyata pesta yang diadakan telah usai. Karena tidak mau kehilangan kesempatan, Pak Lebaik kembali mengayuh sampannya ke hulu sungai tadi. Sayangnya, dan sialnya ternyata pestanya pun telah selesai.

Akhirnya Pak Lebai pulang tidak membawa apa-apa..

Pada saat tiba di rumah, Pak Lebay berfikir untuk pergi memancing dan membawa anjingnya. Beliau pun tak lupa membawa bekal makan siangnya. Sesampainya di sungai, Pak Lebai segera melempar kail, tidak lama kemudian ternyata umpannya di makan seekor ikan.

Lagi-lagi patut disayangkan bapak yang malang ini, mata kailnya tersangkut oleh batu. Pak Lebai kemudian segera terjun ke sungai dan mengambil ikan yang memakan umpannya. Pada saat sudah terjun pada bagian dasar sungai, ternyata ikan itu sudah terlepas.

Pak Lebai akhirnya kembali tanpa membawa ikan. Menjelang senja, Pak Lebai mulai merasa lapar, akan tetapi lagi dan lagi beliau mendapat sial karena bekal yang dibawanya ternyata sudah dimakan oleh anjingnya.

Cerita Jenaka “3 Laki-Laki Seorang Kuli Bangunan”

Di sebuah pembuaan gedung, ada 3 seorang laki-laki berprofesi kuli bangunan yang hendak berbicara tentang bekal makanan. Sebut saja namanya Adi, Rizal, sama Bakri.

Adi : Ahh siall! Kenapa gue selalu sarapan nasi goreng lagi, nasi goreng lagi. Kalo bekal makanan gue kaya gini, gue bakal loncat dari gedung, sambil jingkrak-jingkrak gangnam style. ( Dengan jiwa keselnya).

Tak kalah kesal dengan si Rizal..

Rizal : aarrrggghhh vangke ! Bekal makana gue oncom lagi, oncom lagi. Kalo bekal gue kaya gini lagi, gue bakalan loncat dari gedung sambil goyang sempak.

Bakri pun sangat kesal juga dengan bekalnya..

Bakri : Wuasssemm ! Bekal makanan gue nasi uduk lagi, nasi uduk lagi. Kalo bekal gue kaya gini lagi, gue bakal loncat bareng ama lo berdua coegh!

Dan akhirnya mereka pun loncat berjamaah. Mayat mereka pun di makam kan dan saling berdekatan.

Istri dari Adi, Rizal dan Bakri pun berbincang-bincang.

Istri Adi : Duh, coba gue tahu kalo laki gue gak suka bekal nasi goreng gue, pasti dah gue ganti tuh bekalnya.

Istri Rizal : Iya gue juga sama nyesel. Coba gue tahu kalo laki gue gak suka bekal makanan oncom, pasti dah gue ganti tuh.

Istri Bakri : ah jadi heran gue..

Istri Adi dan Rizal : Kenapa emang ?!

Istrik Bakri menjawab : Laki gue kan buat bekalnya sendiri, ngapain coba ngikut-ngikut bunuh diri sama laki lo. Dasar begok tuh orang.

Dan ekspresi istri adi dan istri rizal : 😑☹

Cerita Jenaka “Ganti Posisi”

Suatu hari ada sepasang suami istri hendak berbincang-bincang lucu. Inilah ceritanya.

Si istri berkata kepada suaminya bahwa anak-anak mereka akan dijemput neneknya menginap di rumah nenek. Si suami pun akhrinya menyetujuinya.

Si istri menginginkan ganti posisi karena anak-anaknya tidak ada di rumah. Kemudia si istri bercerita ia ingin tidur di sofa dan menonton sepak bola, sementara suaminya di minta menggantikan posisi untuk mengerjakan pekerjaan rumah.

Menurut cerita diatas si suami mengira bahwa istrinya akan romantis denganya, akan tetapi kenyatannya malah sebaliknya.  Ternyata istrinya malah meminta untuk bergantian tugas.

Cerita Jenaka “Dijamin Ketemu Tuhan”

Dua orang astronot dari Indonesia dan Malaysia sepakat untuk terbang ke bulan bersama-sama. Sesampainya di antariksa si Indonesia berkata :

Indonesia : Katanya Tuhan ada di atas, nah bukankah sekarang kita sudah berada di atas langit yang paling atas tapi saya tidak melihat tanda-tanda tuhan itu ada. Mana yang benar ?

Dengan raut wajah yang kesal, si Malaysia pun menjawabnya, “Kamu benar-benar ingin melihat Tuhan?”. (Si Indonesia hanya mengangguk sebagai isyarat setuju).

Malaysia : Buka baju astronot kamu dan buka pintu pesawat antariksa ini, saya jamin pasti kamu segera bertemu dengan tuhan!