4 Ciri Ciri Demokrasi Pancasila Dalam Sebuah Negara

Ciri Ciri Demokrasi Pancasila

Kalimat.ID – Ciri Ciri Demokrasi Pancasila – Dibandingkan dengan sistem demokrasi liberal dan sistem demokrasi terpimpin, sistem demokrasi pancasila dianggap lebih cocok untuk kepribadian bangsa Indonesia.

Nah, sebagai salah satu warga negara dan penduduk asli Indonesia, apakah Anda sudah paham mengenai pengertian hingga ciri ciri demokrasi pancasila? Jika belum, maka belum terlambat untuk mengetahuinya.

Sesuai dengan namanya, tentu saja pengertian dari demokrasi pancasila dapat didefinisikan sebagai sistem pemerintahan yang dijalankan dengan landasan nilai-nilai yang terdapat pada ideologi pancasila.

Selain itu, ada juga yang mengartikan bahwa demokrasi merupakan sebuah sistem demokrasi yang asalnya dari filsafah kepribadian hidup bangsa Indonesia itu sendiri. Kemudian, falsafah kepribadian kehidupan bangsa Indonesia dilahirkan dalam bentuk Pancasila yang terdapat pada Pembukaan UUD 1945.

Dari ringkasan penjelasan tersebut, ditemukan beberapa poin penting yang terdapat dalam demokrasi pancasila. Adapun poin-poin penting tersebut, meliputi:

– Sistem demokrasi dijalankan berdasarkan landasan musyawaran dan kekeluargaan, dengan tujuan untuk mencapai mufakat serta kesejahteraan bagi seluruh lapisan / golongan rakyat.
– Setiap sistem organiasi negara harus dilaksanakan berdasarkan persetujuan dari rakyat Indonesia.
– Dalam sistem demokrasi pancasila, kebebasan individu dijamin penuh namun tidak bersifat mutlak, karena harus sesuai dengan tanggung jawab sosialnya masing-masing.
– Dalam dijalankannya sistem demokrasi pancasila ini, sama sekali tidak boleh didominasi oleh kalangan minoritas ataupun mayoritas, karena dalam setiap pelaksanaanya harus dilakukan dengan semangat kekeluargaan demi mewujudkan cita-cita dari bangsa Indonesia.
Sebelum menginjak pada pembahasan ciri ciri demokrasi pancasila, akan lebih baik apabila Anda mengetahui pengertian atau definisi demorasi pancasila menurut para ahli.

Pengertian Sistem Demokrasi Pancasila Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian umum dari sistem demokrasi pancasila, maka agar lebih memahaminya ada baiknya jika Anda juga mengetahui pendapat dari beberapa para ahli.

1. Prof. R.M. Sukamto Notonagoro

Prof. R.M. Sukamto Notonagoro mengungkapkan bahwa yang sebenarnya menjadi pengertian demokrasi pancasila, terdapat pada rangkaian setiap sila yang disebutkan, yakni, “kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksnaan dalam permusyawaratan / perwakilan yang berketuhanan Yang Maha Esa, berkemanusian yang adil dan beradad yang mempersatukan Indonesia dalam keadalian sosia bagi seluruh rakyat Indonesia”. Intinya menurut Beliau, pengertian dari pancasila itu sendiri terhadap dalam setiap isi sila yang terdapat di dalamnya.

2. Drs. C.S.T. Kansil, SH

Drs. C.S.T. Kansil, SH., mengatakan bahwa pengertian dari demokrasi pancasila sudah diungkapkan pada isi sila ke-4 sebagai dasar negara pancasila dan telah tercantum dalam anelia ke empat pembukaan UUD 1945, yang tentunya berbunyi, “kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan”.

3. Menurut GBHN (Garis Besar Haluan Negara)

Menurut pendapat GBHN tahun 1978 – 1983, disebutkan bahwa pengertian dari demokrasi pancasila merupakan tujuan dari sistem pembangunan polutik yang dilaksanakan dengan kemantapan khidupan konsitutusional, hukum yang ditegakkan dan kehidupan berdemokrasi.

4. Prof. Dardji Darmo Diharjo

Prof. Dardji Darmo Diharjo mengutarakan bahwa demokrasi pancasila itu sendiri adalah sebuah paham demokrasi yang sumbernya berasal dari falsafah dan kepribadian kehidupan bangsa Indonesia. Yang mana perwujudannya, sudah tertulis dalam setiap ketentuan yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945.

Itu tadi pengertian demokrasi pancasila menurut para ahli. Lantas seperti apa pengertian demokrasi pancasila versi Anda?

Perlu juga diketahui, selain memiliki ciri-ciri khusus, sistem demokrasi pancasila juga memiliki dua asas penting. Yang mana, kedua asas tersebut harus selalu dikaidahkan dalam setiap penerapan dari sistem demokrasi pancasila.

Asas Dasar Sistem Demokrasi Pancasila

Asas Permusyawarahan

Tujuan dari diberlakukan asas ini adalah, supaya bangsa Indonesia dapat memperhatikan kehendak dan aspirasi dari seluruh rakyat lewat kegiatan musyawarah dengan tujuan untuk mencapai hasil kesepakatan bersama.

Dalam hal ini, tentu saja musyawarah memiliki perantara yang sangat penting guna mempersatukan setiap pendapat, memberikan pengorbanan dan menyatuhkan kasih sayang demi kebahagiaan serta kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

Asas Kerakyatan

Asas ini dipergunakan agar bangsa Indonesia memiliki rasa kesadaran dan kebijakan terhadap rasa cinta hingga kepedulian terhadap rakyat, sehingga dapat mewujudkan cita-cita yang bersatu padu.

Dari pengertian hingga asas dasar dari demokrasi pancasila sudah Anda ketahui, maka kini saatnya untuk mengetahui apa saja yang menjadi ciri ciri demokrasi pancasila.

Ciri Ciri Dari Sistem Pemerintahan Demokrasi Pancasila

1. Sesuai Dengan Konstitusi yang Berlaku

Setiap kegiatan dan penyelengaraan sistem pemerintahan harus dilakukan sesuai dengan ketetapan konsititusi yang berlaku. Yang mana, peran rakyat merupakan kedaulatan yang paling utama.

2. Dilangsungkannya Kegiatan Pemilu

Dulunya pemilihan kepala negara dan anggota legislatif langsung diambil dari keputusan pemerintah. Namun setelah diberlakukannya sistem demokrasi pancasila, rakyat dapat menentukan pilihannya melalui kegiatan Pemilu (Pemilihan Umum). Dalam kegiatan Pemilu, rakyat dapat aktif memilih secara bebas tanpa paksaan dan bersifat rahasia, karena hanya mereka yang mengetahui siapa yang akan dipilih.

3. Menjunjung Tinggi HAM

Berbeda dengan demokrasi terpimpin, yang sama sekali tidak mempedulikan Hak Asasi Manusia yang dimiliki oleh setiap lapisan masyarakat, justru demokrasi pancasila selalu melindungi dan menjunjung tinggi setiap hak dari rakyat Indonesia. Itulah yang menjadi salah satu ciri ciri demokrasi pancasila yang turut membedakan antara demokrasi yang sebelumnya pernah dianut dan diterapkan di Indonesia.

4. Mengedepankan Proses Demokrasi

Dalam setiap penyelsaian masalah, selalu dilakukan proses demokrasi untuk menghasilkan solusi dari hasil keputusan dan kesepakatan bersama. Yang mana dalam pelaksanaanya, ide / gagasan yang paling baik akan diterima. Sebab, hasil keputusan bukan ditentukan dari suara terbanyak saja.

Dengan diberlakukannya sistem pemerintahan demokrasi pancasila ini, masa depan negara Indonesia menjadi terarah dengan baik dan kehidupan bangsa pun menjadi lebih sejahtera.
Dan, seperti yang telah disampaikan sebelumnya, demokrasi pancasila ini memang sangatlah sesuai dengan karakter, budaya serta kepribadian bangsa Indonesia. Sebab, dalam setiap pelaksanaanya selalu diterapkan beberapa prinsip yang meliputi:

– Setiap keputusan harus diambil berdasarkan hasil musyawarah bersama
– Pemerintah harus selalu memastikan adanya perlindungan HAM (Hak Asasi Manusia)
– Terdapat peran dari badan peradilan independen yang bebas dari sangkut paut intervensi pemerintah maupun berbagai bentuk kekuasaan lainnya
– Terdapat partai politik dan organisasi sosial politik yang berperan sebagai media penyalur aspirasi rakyat Indonesia
– Rakyat merupakan bagian utama yang memiliki kedaulatan penuh yang harus dilaksanakan sesuai dengan UUD 1945
– Setiap lapisan atau golongan masyarakat harus beperan aktif dalam pelaksanaan Pemilu
– Terdapat keseimbangan antara hak yang didapat dan kewajiban yang harus dijalankan
– Setiap kebebasan individu yang dimiliki wajib dipertanggung jawabkan secara moral kepada diri sendiri, lingkungan masyarakat, negara dan kepada Tuhan Yang Maha Esa
– Harus menjunjung tinggi apa yang menjadi tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia
– Hukum dan sistem konstitusi memang diselenggarakan langsung oleh pemerintah, namun kekuasaan tertinggi tetap berada di tangan rakyat

Bukan hanya memiliki kekhususan sebagai prinsip dan ciri ciri demokrasi pancasila saja, karena sistem pemerintahan yang satu ini juga memiliki fungsinya tesendiri.

Fungsi Sistem Pemerintahan Demokrasi Pancasila

Demokrasi pancasila memiliki tujuan utama, yakni untuk menjamin setiap hak rakyat Indonesia dalam penyelenggaraan sistem pemerintahan negara. Lantas, seperti apa fungsi dari sistem pemerintahan demokrasi pancasila? Fungsi yang dimilikinya adalah sebagai berikut ini:

– Memastikan bahwa setiap rakyat turut terlibat dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara, seperti: turut serta dalam Pemilihan Umum, turut serta dalam permasalahan pembangunan negara, turut serta menjadi anggotan badan perwakilan dan lain sebagainya.
– Memastikan bahwa NKRI selalu berdiri tegak sesuai dengan sistem konstitusional yang tengah diberlakukan saat ini.
– Memastikan bahwa hukum selalu berdiri tegak sesuai dengan landasan Pancasila dan UU 1945
– Memastikan bahwa selalu adanya hubungan yang seimbang dan serasi antar setiap lembaga negara
– Memastikan bahwa kegiataan penyelenggaraan pemerintahan selalu bisa dilaksanakan dengan rasa pertanggungjawaban.

Bukan hanya ciri ciri demokrasi pancasila saja yang telah Anda ketahui dari sini, karena informasi lengkap seputar demokrasi pancasila telah diulas secara lengkap. Dan, kini saatnya kita harus mendukung diberlakukannya sistem pemerintahan demokrasi pancasila tersebut dengan cara menjadi warga negara yang baik.

Cara Mendukung Sistem Pemerintahan Demokrasi Pancasila

Sebagai warga negara yang baik, sudah sepatutnya kita untuk turut berperan dalam diselengarakannya sistem pemerintahan negara. Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendukung sistem pemerintahan demokrasi pancasila, diantaranya adalah:

– Turut memperhatikan dan mengamati setiap sistem pemerintahan hingga sistem politik yang berlangsung
– Turut menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
– Berperan aktif dalam kegiatan PEMILU (Pemilihan Umum) dan memberikan pilihan terbaik
– Jangan GOLPUT saat pemilu, karena kita harus menyuarakan hak kita untuk memilih
– Selalu mengambil keputusan bersama dengan cara bermusyawarah
– Selalu turut serta untuk menghadiri kegiatan musyawarah, baik itu dalam lingkungan keluarga, lingkungan tempat tinggal maupun lingkungan pekerjaan
– Menuntut hak yang seharusnya didapatkan
– Menjalankan setiap kewajiban yang dimiliki
– Mentaati setiap tata aturan dan segala peraturan yang telah dibuat oleh negara
– Mengajarkan arti musyawarah terhadap para generasi penerus bangsa
– Membantu memperkenalkan dan mengajarkan asas serta prinsip pancasila kepada generasi penerus bangsa
– Bertanggung jawab atas segala sikap, tindakan dan perbuatan yang telah dilakukan kepada diri sendiri, masyarakat, negara dan juga kepada Tuhan
– Turut memberikan dukungan terhadap tujuan dan apa yang menjadi tujuan serta cita-cita bangsa Indonesia

Jika setiap rakyat di Indonesia berhasil menerapkannya, maka tidak akan sulit bagi kita untuk meraih tujuan dan apa yang telah dicita-citakan oleh bangsa Indonesia selama ini. Apabila kita sadar bahwa NKRI itu sangatlah penting, maka kini saatnya untuk melakukan perubahaan.

Awali perubahaan tersebut dengan diterapkan pada diri sendiri terlebih dahulu. Jika kita sudah berani untuk action, maka hal tersebut akan menjadi contoh baik untuk orang lain.
Demokrasi pancasila merupakan sebuah sistem pemerintahan yang saat ini tengah diberlakukan di Indonesia.

Jika dilihat dari ciri ciri demokrasi pancasila dan dibandingkan dengan sistem pemerintahan yang telah dianut sebelumnya, demokrasi pancasila merupakan sistem pemerintahan yang terbaik, karena mampu membawa negara Indonesia menjadi lebih terarah dan memiliki masa depan yang jauh lebih baik.

Komentar disini