Beranda Teknologi Cara Setting APN Telkomsel 3G/4G Tercepat 2019

Cara Setting APN Telkomsel 3G/4G Tercepat 2019

Cara Setting APN Telkomsel 3G/4G Paling Cepat

Kalimat.ID – Cara Setting APN Telkomsel 3G/4G Paling Cepat, Apakah internet kalian terasa sangat lambat atau bahkan tidak bisa di gunakan? itu mungkin di sebabkan karena ketidak sesuaian terhadap APN yang di gunakan pada perangkat anda.

Ada beberapa cara setting APN Telkomsel dengan cepat 2019 dan cara ini bekerja untuk 3G ataupun 4G, Cara ini dapat kalian praktekan pada perangkat smartphone seperti android dan juga iOS.

Tanpa adanya APN maka perangkat kalian tidak akan bisa mendapatkan akses jaringan internet loh! selain itu APN lah yang menjadi penentu untuk kualitas jaringan internet yang kalian terima.

Mengenal APN

APN Sendiri adalah nama gerbang antara jaringan seluler GSM, GPRS, 3G atau 4G dan jaringan komputer lainnya, sering kali Internet publik. Perangkat seluler yang membuat sambungan data harus dikonfigurasi dengan APN untuk ditampilkan ke operator.

Fungsi APN adalah sebagai penghubung antara perangkat dengan operator yang dalam hal ini adalah penyedia layanan internet kalian, Kualitas koneksi internet yang di dapatkan itu di atur oleh request jalur yang tersedia pada settingan APN kalian.

APN Sendiri terdiri dari Network Identifier dan juga Operator Identifier. Network Identifier berperan untuk mendefinisikan jaringan eksternal dimana gateway sedang terhubung, Operator Identifier adalah hal opsional pada APN bertugas untuk mendefiniskan paket operator secara spesifik yang termasuk dalam Operator Identifier yaitu MCC dan MNC.

APN yang ada pada perangkat harus sesuai dengan layanan yang di sediakan oleh operator jadi kalian tidak bisa menggunakan settingan APN operator yang berbeda, Jika kalian melakukan hal tersebut akan besar kemungkinan kalian tidak dapat terkoneksi ke jaringan internet karena request yang dapat di bilang salah alamat.

Melakukan setting APN sering di gunakan untuk memperlancar atau memperbaiki kualitas jaringan internet yang di gunakan, kalian dapat meng-upgrade kualitas internet kalian dengan cara menggunakan gerbang yang lebih berkualitas. Contohnya dari gerbang APN 3G menjadi 4G.

Langkah Setting APN Telkomsel Android

Untuk para pelanggan setia Telkomsel berikut ini ada tutorial dan penjelasan mengenai cara setting apn telkomsel kalian:

1. Buka menu pengaturan ponsel kalian

Pada dasarnya melakukan setting APN pada perangkat android dapat di lakukan pada menu pengaturan yang terdapat pada ponsel android kalian.

2. Pilih menu SIM dan Jaringan Selular

Pada menu ini akan di tampilkan informasi jaringan yang tersedia pada perangkat kalian info SIM, Data Selular, Jenis jaringan tersedia, Pilihan untuk memperbaharui Setting APN, Detail penggunaan data bulanan dan juga Pembatas penggunaan data selular.

3. Buka Menu Perbarui APN dalam Jaringan

Pada saat kalian membuka menu ini akan muncul sebuah popup permintaan izin penggunaan data selular atau wifi kalian, hal ini berguna untuk mencari serta menampung hal yang akan di gunakan selanjutnya.

4. Memilih SIM yang Di Gunakan

Hal ini berlaku untuk perangkat yang mempunyai fitur Dual-SIM Card, kalian akan di mintai jawaban tentang SIM Card mana yang akan di setting APN-nya.

5. Memilih Nama Poin Akses (APN)

Ada baiknya kalian harus mengetahui versi android yang di gunakan oleh perangkat kalian terlebih dahulu. hal itu opsional karena apapun android yang kalian gunakan akan selalu menyediakan fitur pengaturan dan penambahan APN.

Pada umum-nya para pengguna OS Lolipop terdapat simbol (+) pada ujung kanan atas layar, untuk melakukan penambahan Poin Akses. Sedangkan untuk OS Jelly Bean dan juga Kitkat kalian cukup membuka menu pada bagian atas layar dan pilih APN.

6. Mengisi Data APN Baru kalian

Selanjutnya kalian tinggal mengisi data yang di perlukan, ada setidaknya sebanyak 17-18 form yang harus di isikan.

Data yang di perlukan seperti Nama APN, Isi APN, Proxy, VPN, Username, Password, Server, MMSC, Nomor PPP, Proxy MMS, Port MMS, MCC, MNC, Jenis Otentikasi yang digunakan, Jenis dan Protokol APN serta Protokol Roaming APN dan juga Provider yang di gunakan.

7. Saving APN Setting

Nah jika selesai melakukan pengisian data yang di butuhkan tersebut kalian hanya perlu melakukan saving dengan menekan tombol OK pada layar kalian. Jika berhasil APN akan muncul pada list APN yang tersedia, jika tidak muncul kemungkinan data yang di isikan masih terdapat kekurangan atau miss one spot.

Langkah Setting APN Telkomsel IPhone

Cara atau langkah-nya cukup mirip dengan pengguna android kok, silahkan anda simak langkah-langkah setting APN Telkomsel di perangkat IPhone:

  1. Buka layar iPhone kalian. Silahkan menuju ke aplikasi setting perangkat anda
  2. Setelah masuk ke menu setting. Cari dan pilih menu settingan selular pada perangkat anda
  3. Setelah itu pilih menu Cellular Data Option
  4. Selanjutnya tekan Cellular Data Network
  5. Nah terakhir adalah melakukan pengaturan APN Telkomsel dengan data yang telah di sediakan dibawah

Data Setting APN Terbaru

Nah dibawah ini kami sediakan beberapa settingan yang dapat kalian gunakan untuk tutorial cara setting apn telkomsel kali ini.

Data di bawah adalah data yang akan anda masukan dalam proses pengisian formulir APN seperti yang telah di jelaskan diatas.

Data Default APN Telkomsel

Kita mulai dari data default untuk APN Telkomsel, data di bawah adalah data yang otomatis terisi dan di gunakan pada saat anda memakai SIM Card dari Telkomsel.

APN : internet
Bearer : Not Set
Kata Sandi : Not Set
MCC : 510
MMSC : Not Set
MNC : 10
Nama : Telkomsel
Nama Pengguna : Not Set
Port : Not Set
Port MMS : Not Set
Proksi : Not Set
Proksi MMS : Not Set
Protocol APN : IPV4
Protokol jelajah APN : IPv4
Server : Not Set
Tipe APN : default,supl
Tipe operator jaringan virtual seluler : Not Set
Tipe otentikasi : PAP

 

Data APN SabarTBS

Selanjutnya ada data APN alternatif yang bernama SabarTBS yang satu ini mempunyai koneksi internet yang terbilang stabil dan cepat, di rekomendasikan untuk di gunakan dalam cara setting apn telkomsel 4G.

Berikut ini adalah data APN SabarTBS tersebut:

APN : sabartbs5
Bearer : LTE
Kata Sandi : Not Set
MCC : 510
MMSC : Not Set
MNC : 10
Nama : Sabartbs
Nama Pengguna : Not Set
Port : 80
Port MMS : Not Set
Proksi : 203.6.149.156
Proksi MMS : Not Set
Protocol APN : IPV4/IPv6
Protokol jelajah APN : IPV4/IPv6
Server : 8.8.8.8
Tipe APN : default,supl
Tipe operator jaringan virtual seluler : Not Set
Tipe otentikasi : PAP/CAP

 

Data APN Aha

Nah yang satu ini adalah APN yang bisa di bilang paling di minati para pengguna Telkomsel di karenakan koneksi yang di sediakan memang stabil, data di sediakan dibawah silahkan di gunakan pada proses cara setting APN Telkomsel perangkat anda.

Berikut data settingan APN Aha:

APN : aha
Bearer : LTE
Kata Sandi : Not Set
MCC : 510
MMSC : Not Set
MNC : 10
Nama : aha
Nama Pengguna : Not Set
Port : 80
Port MMS : Not Set
Proksi : 10.7.246.194 / 54.72.9.71 (gunakan salah satu saja)
Proksi MMS : Not Set
Protocol APN : IPV4/IPv6
Protokol jelajah APN : IPV4/IPv6
Server : Not Set
Tipe APN : default,supl
Tipe operator jaringan virtual seluler : Not Set
Tipe otentikasi : PAP/CAP

 

Data APN 4G Telkomsel

Terakhir ada data settingan untuk APN 4G operator Telkomsel, cara penerapan-nya sama seperti cara setting APN Telkomsel yang telah di jelaskan tadi diatas.

Nah berikut adalah data settingan APN 4G Telkomsel:

APN : telkomsel Port MMS : Not Set
Bearer : LTE Proksi : Not Set
Kata Sandi : wap123 Proksi MMS : Not Set
MCC : 510 Protocol APN : IPV4/IPv6
MMSC : Not Set Protokol jelajah APN : IPV4/IPv6
MNC : 10 Server : Not Set
Nama : Telkomsel4G Tipe APN : default,supl
Nama Pengguna : Not Set Tipe operator jaringan virtual seluler : Not Set
Port : Not Set Tipe otentikasi : PAP/CAP

 

Nah begitulah Cara Setting APN Telkomsel mudah kan? untuk operator lain seperti Indosat dan XL juga sama cara mengatur APN-nya yang berbeda hanya dari segi data formulir APN-nya saja.

APN dapat di ibaratkan sebagai Formulir KRS, dimana formulir akan di tinjau terlebih dahulu sebelum kalian dapat menjalani atau mengakses hal yang kalian inginkan berdasarkan formulir tersebut.

Nah sampai sini saya rasa kalian telah sukses dalam melakukan setting APN Telkomsel pada perangkat kalian, Sekian dulu untuk postingan Cara Setting APN Telkomsel 3G/4G Paling Cepat kali ini. Terima kasih telah berkunjung.

Komentar disini
error: