Cara Setting APN Indosat Ooredo 3G/4G Tercepat 2019

Cara Setting APN Indosat

Kalimat.ID –┬áCara Setting APN Indosat, Pernah kah kalian mengalami kasus membeli paket internet 3G atau 4G namun koneksi yang disediakan tidak sesuai dengan ekspektasi kalian terhadap paket internet tersebut? nah itu bisa saja terjadi karena beberapa hal.

Ponsel sebagai alat yang paling populer di gunakan untuk menjelajahi internet juga sama dengan perangkat internet lain-nya. Smartphone juga mempunyai fitur settingan di bidang jaringan yang tidak kalah lengkap mulai dari pengaturan Akses Poin, Proxy dan juga VPN yang merupakan protokol yang sangat penting dalam bidang jaringan.

Hal yang paling sering menjadi peyebab terjadinya kasus tersebut ialah tidak sesuai-nya gerbang operator yang di sediakan dengan settingan jalur yang di terapkan pada ponsel android kita.

Alhasil yang seharusnya mendapatkan layanan 4G malah hanya mendapatkan kualitas 3G atau kadang di bawahnya.

Untuk masalah VPN kita dapat melakukan perubahan agar kita dapat memanfaatkan paket internet yang kita miliki secara penuh, nah untuk cara setting apn indosat dapat kalian simak dibawah.

Mengenal APN

Di kutip dari Wikipedia Nama Titik Akses atau yang di singkat dengan APN adalah nama gerbang antara jaringan seluler GSM, GPRS, 3G atau 4G dan jaringan komputer lainnya, sering kali Internet publik. Perangkat seluler yang membuat sambungan data harus dikonfigurasi dengan APN untuk ditampilkan ke operator.

Fungsi APN adalah sebagai penghubung antara perangkat dengan operator yang dalam hal ini adalah penyedia layanan internet kalian, Kualitas koneksi internet yang di dapatkan itu di atur oleh request jalur yang tersedia pada settingan APN kalian.

APN Sendiri terdiri dari Network Identifier dan juga Operator Identifier. Network Identifier berperan untuk mendefinisikan jaringan eksternal dimana gateway sedang terhubung, Operator Identifier adalah hal opsional pada APN bertugas untuk mendefiniskan paket operator secara spesifik yang termasuk dalam Operator Identifier yaitu MCC dan MNC.

APN yang ada pada perangkat harus sesuai dengan layanan yang di sediakan oleh operator jadi kalian tidak bisa menggunakan settingan APN operator yang berbeda, Jika kalian melakukan hal tersebut akan besar kemungkinan kalian tidak dapat terkoneksi ke jaringan internet karena request yang dapat di bilang salah alamat.

Melakukan setting APN sering di gunakan untuk memperlancar atau memperbaiki kualitas jaringan internet yang di gunakan, kalian dapat meng-upgrade kualitas internet kalian dengan cara menggunakan gerbang yang lebih berkualitas. Contohnya dari gerbang APN 3G menjadi 4G.

Langkah Setting APN Indosat

Untuk para pelanggan setia Indosat berikut ini ada tutorial dan penjelasan mengenai cara setting apn indosat kalian:

1. Buka menu pengaturan ponsel kalian

Pada dasarnya melakukan setting APN pada perangkat android dapat di lakukan pada menu pengaturan yang terdapat pada ponsel android kalian.

2. Pilih menu SIM dan Jaringan Selular

Pada menu ini akan di tampilkan informasi jaringan yang tersedia pada perangkat kalian info SIM, Data Selular, Jenis jaringan tersedia, Pilihan untuk memperbaharui Setting APN, Detail penggunaan data bulanan dan juga Pembatas penggunaan data selular.

3. Buka Menu Perbarui APN dalam Jaringan

Pada saat kalian membuka menu ini akan muncul sebuah popup permintaan izin penggunaan data selular atau wifi kalian, hal ini berguna untuk mencari serta menampung hal yang akan di gunakan selanjutnya.

4. Memilih SIM yang Di Gunakan

Hal ini berlaku untuk perangkat yang mempunyai fitur Dual-SIM Card, kalian akan di mintai jawaban tentang SIM Card mana yang akan di setting APN-nya.

5. Memilih Nama Poin Akses (APN)

Ada baiknya kalian harus mengetahui versi android yang di gunakan oleh perangkat kalian terlebih dahulu. hal itu opsional karena apapun android yang kalian gunakan akan selalu menyediakan fitur pengaturan dan penambahan APN.

Pada umum-nya para pengguna OS Lolipop terdapat simbol (+) pada ujung kanan atas layar, untuk melakukan penambahan Poin Akses. Sedangkan untuk OS Jelly Bean dan juga Kitkat kalian cukup membuka menu pada bagian atas layar dan pilih APN.

6. Mengisi Data APN Baru kalian

Selanjutnya kalian tinggal mengisi data yang di perlukan, ada setidaknya sebanyak 17-18 form yang harus di isikan.

Data yang di perlukan seperti Nama APN, Isi APN, Proxy, VPN, Username, Password, Server, MMSC, Nomor PPP, Proxy MMS, Port MMS, MCC, MNC, Jenis Otentikasi yang digunakan, Jenis dan Protokol APN serta Protokol Roaming APN dan juga Provider yang di gunakan.

7. Saving APN Setting

Nah jika selesai melakukan pengisian data yang di butuhkan tersebut kalian hanya perlu melakukan saving dengan menekan tombol OK pada layar kalian. Jika berhasil APN akan muncul pada list APN yang tersedia, jika tidak muncul kemungkinan data yang di isikan masih terdapat kekurangan atau miss one spot.

Setelah paham tentang Cara Setting APN Indosat dari tutorial di atas selanjutnya di bawah ini di sediakan data-data APN yang dapat kalian gunakan.

Data Setting APN Terbaru

Standart Setting

Untuk pengaturan standar Indosat Stabil dan Cepat, data yang dapat di isikan menggunakan data dibawah:

Name: IndosatMCC: 510
APN: indosatgprsMNC: 01
Proxy: Not SetAuthentication Type: PAP
Port: Not SetAPN Type: default,supl
Username: indosatAPN Protocol: IPv4
password: indosatAPN Roaming Protocol: IPv4
Server: Not SetEnable/Disable APN: APN Enabled
MMSC: Not SetBearer: Unspecified
MMS Proxy: Not SetMVNO Type: None
MMS Port:Not SetMVNO ValueL: Not Set

 

Indosat Super-FAST

Untuk Setting yang Indosat yang Resmi dan Super Cepat settingan-nya seperti di bawah ini:

Name: indosat apn 1MMS Proxy: Not Set
APN: indosatgprsMMS Port:Not Set
Proxy: 10.19.19.19MCC: 510
Port: 8080MNC: 01
Username: indosatAuthentication Type:
password: indosatAPN Type: default,supl
Server: Not SetAPN Protocol: IPv4
MMSC: Not SetAPN Roaming Protocol: IPv4

 

Pengaturan APN 3G dan 4G Indosat

Selain pengaturan resmi diatas masih ada beberapa pengaturan yang dapat kalian gunakan khususnya para pelanggan yang memiliki layanan pada jaringan 3G dan juga 4G LTE.

Untuk mendapatkan kualitas surfing internet yang jauh lebih baik lagi di kalian dapat menggunakan settingan khusus di bawah.

Untuk pengguna indosat ooredo dengan jaringan internet 3G dan 4G LTE kalian dapat mencoba settingan APN di bawah ini:

Name: indosat apn 2
APN: lte
Tidak Memerlukan Setting proxy dan Lain-nya

 

Name: indosat apn 3
APN: internet
Tidak Memerlukan Setting proxy dan Lain-nya

 

Name: indosat apn 4
APN: free
Tidak Memerlukan Setting proxy dan Lain-nya

 

Name: indosat apn 5
APN: indosatooredo.com
Tidak Memerlukan Setting proxy dan Lain-nya

 

Gimana sangatlah mudah bukan untuk melakukan cara setting apn indosat pada operator indosat ini, silahkan kalian praktekan tutorial yang telah di jelaskan di atas serta menggunakan settingan yang telah di sediakan tadi.

Semoga kualitas jaringan perangkat anda mengalami peningkatan, minimal naik beberapa MB/s -lah.

Akhir Kata

Nah dalam hal masalah jaringan ponsel yang lemot itu bisa saja di sebabkan oleh setting APN yang tidak tepat pada perangkat yang kalian gunakan. kalian dapat menggunakan cara setting APN indosat di atas, insyaallah dengan mempraktekan tutor serta menggunakan data yang di sediakan di atas kualitas jaringan kalian akan meningkat.

APN juga dapat di ibaratkan sebagai surat lamaran kerja, dimana surat tersebut akan masuk ke list operator dan akan di tinjau sebelum di berikan ijin untuk menggunakan layanan yang di tawarkan oleh sang penyedia layanan.

Apabila request atau lamaran di anggap aman maka kalian akan mendapatkan akses untuk menggunakan pengaturan APN tersebut, jika tidak silahkan anda coba lagi dan jika masih belum bisa itu tanda-nya settingan APN yang sedang anda coba sudah kadaluarsa atau terdapat kekurangan dalam pengisian data formulir-nya.

Pada saat ingin melakukan perubahan pada pengaturan APN formulir yang di sediakan dapat di artikan pula sebagai review koneksi, dimana user harus mengisikan data dengan benar untuk mendapatkan kepercayaan dari pihak operator jaringan yang di gunakan.

APN Juga di gunakan sebagai penentu jenis layanan misalnya koneksi WAP dan juga MMS.

Begitulah cara setting Access Point Name (APN) pada operator indosat, Nah gimana sudah berhasil dalam melakukan setting APN pada Operator Indosat? kalau iya berarti artikel kali ini telah selesai, Terima kasih atas kunjungan anda.

Komentar disini