Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10

Cara Menonaktifkan Windows Defender

Kalimat.ID – Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10, Sistem keamanan windows seringkali dianggap remeh di karenakan pada saat windows masih berpatokan pada versi 8 ke bawah sering kali terjadi kejebolan keamanan pada perangkat user.

Memang sulit mendapatkan keamanan yang betul-betul aman, nah oleh karena itu Windows dari Microsoft telah melakukan penyegaran terhadap sistem keamanan sistem operasi mereka.

Marak-nya penyadapan dan juga pencurian data komputer secara online dan offline menjadikan kita khawatir dan ragu dalam melakukan aktivitas browsing atau-pun sharing data ke siapa-pun.

Ada sangat banyak aplikasi antivirus yang dapat kalian install pada perangkat kalian, hanya saja untuk masalah integrasi serta keunggulan fitur dapa di simpulkan bahwa cara menonaktifkan Windows Defender bekerja lebih baik daripada software antivirus yang lain-nya.

Mengenal Windows Defender

Pada awalnya windows defender mempunyai nama Microsoft SpyWare aplikasi ini bertugas untuk mengamankan data yang terdapat pada perangkat dengan sistem operasi windows.

Tools bawaan windows yang satu ini awalnya hanyalah sebuah SpyWare namun pada update windows ke versi windows 8 Tools Windows Defender jauh lebih berfokus dalam hal antivirus.

Alhasil Windows Defender menggantikan aplikasi Microsoft Security Essentials (MSE). Fitur dasar dari aplikasi ini adalah kinerja penuh untuk pengawasan pada maleware yang dapat berperan sebagai SpyWare pada saat sebelum windows 8 di ciptakan.

Windows Defender sangat hebatloh, aplikasi sejenis ActiveX dapat dengan sangat mudah untuk di hapus oleh Windows Defender ini.

Support dari Microsoft SpyNet juga sangat membantu user dalam hal melaporkan spyware yang telah ditemukan.

Windows Defender sangat menyerupai MSE dan dengan kombinasi Anti-SpyWare serta support oleh Microsoft SpyNet menyebabkan Tools AntiVirus yang satu ini sangat ampuh dan terekomendasi.

Pada dasarnya dengan ada-nya Tools Windows Defender kalian sebenarnya tidak perlu melakukan penginstalan AntiVirus lain pada perangkat kalian.

Dengan muncul-nya Windows Defender akhirnya Microsoft Security Essential MSE sudah tidak kompatibel dengan windows 8 ke atas.

Software ini juga terintegrasi dengan sangat bagus pada Internet Explore atau yang sekarang di sebut dengan Microsoft Edge, semua berkas yang terproses pada browser ini akan di analisis teratur secara otomatis.

Selain itu setiap software dibagi menjadi tiga kategori, yaitu “Known”, “UnKnown”, atau “Potentially Unwanted” ketiga kategori ini adalah file kategori yang dapat di laporkan ke Microsoft SpyNet sendiri.

Keunggulan Windows Defender

windows defender
Image by: bleepstatic.com

Terdapat beberapa keunggulan windows defender yang sangat luar biasa, bahkan hal ini mungkin dapat mengurungkan niat kalian dalam hal menonaktifkan Windows Defender pada perangkat anda.

Dibawah ini adalah beberapa keunggulan yang penulis maksud, silahkan di simak:

  • Support Penuh dari Microsoft SpyNet
  • Real-Time Protection yang sangat hebat dapat mendeteksi aplikasi berbahaya yang di instal
  • Cloud-Base Protection, ini adalah layanan yang luar biasa lain-nya yang di miliki oleh windows defender. Library virus selalu terupdate jadi dapat di bilang ini adalah versi pro dari MSE
  • Automatic Sample Submission yang berfungsi untuk mengirimkan info serta sampel tentang file yang di curigai sebagai file yang berbahaya, selanjutnya akan di tindak oleh Microsoft SpyNet
  • Sensivitas yang tinggi membuat aplikasi ini dapat mendeteksi dan mencurigai aplikasi berbahaya bahkan pada saat anda belum menginstal-nya atau dalam proses installing

Kekurangan Windows Defender

Ada kelebihan ada pula kekurangan, nah untuk kekurangan yang dimiliki oleh tools yang satu ini memanglah sangat sedikit.

Kekurangan yang di miliki oleh windows defender yaitu kadang-kala ada file yang miss dari scanning virus, penggunaan data internet yang tinggi dan update yang sangat rajin (ini bagus tapi untuk pengguna modem berkuota mungkin 50/50).

Cara Menonaktifkan Windows Defender

Setelah mengetahui sedikit penjelasan tentang tools Windows Defender dan kalian yakin untuk cara menonaktifkan Windows Defender tools hebat satu ini anda dapat mempraktekkan tutorial di bawah ini:

  1. Silahkan sorot system tray pada taskbar desktop kalian sperti gambar di bawah ini, terdapat simbol perisai (Logo Windows Defender) klik dan pilih open

    System Tray Windows 10
    System Tray Windows 10
  2. Windows Defender akan terbuka secara otomatis terlihat seperti gambar di bawah, selanjutnya silahkan anda klik setting

    Halaman Sekuriti Aktif Windows Defender
    Halaman Sekuriti Aktif Windows Defender
  3. Otomatis kalian akan di hantar pada halaman Kontrol Panel, disini kalian bebas memilih untuk menonaktifkan fitur apa saja. Ingin menonaktfikan secara penuh kalian matikan saja Real-Time Protection Windows Defender kalian

    Kontrol Panel Windows Defender
    Kontrol Panel Windows Defender
  4. Setelah selesai tampilan jendela Windows Defender kalian akan berubah menjadi merah seperti pada gambar di bawah

    Windows Defender Non-Aktif
    Windows Defender Non-Aktif
  5. Jika sudah terlihat seperti gambar di atas, itu artinya windows defender kalian telah di non-aktifkan dan Selesai

Aplikasi AntiVirus dan MalWare Alternatif

Jika kalian merasa tidak cukup dengan pengamanan yang disediakan oleh pihak Microsoft Windows Defender ini atau merasa tidak cocok. berikut ini ada beberapa aplikasi antivirus yang dapat anda gunakan sebagai pengganti-nya:

1. AVAST AntiVirus

avast
Image by: windowscentral.com

Avast Antivirus juga mempunyai fitur CloudBase protection, mempunyai library virus yang tidak kalah lengkap dengan Windows Defender.

Avast juga mempunyai Fitur CyberCapture, WiFi Inspector, Smart Scan serta Game Mode yang membuat performa keamanan yang disediakan oleh Avast semakin membaik.

Aplikasi ini juga gratis dan bebas pakai, hanya saja beberapa fitur hanya dapat di gunakan oleh para pengguna yang mempunyai lisensi tertentu.

2. SMADAV Indonesia

smadav
Image by: nesabamedia.com

Nah antivirus yang satu ini berasal dari indonesia dan mempunyai kinerja yang tidak buruk juga, telah di percaya sejak lama dan masih bertahan hingga sekarang.

Antivirus ini sangat efektif untuk menghilangkan maleware shortcut dan juga trojan, Aplikasi ini dapat kalian gunakan secara gratis dan juga mempunyai beberapa fitur khusus untuk pengguna dengan lisensi.

Fitur pemilik lisensi yaitu modifikasi warna tema, flashdrive protection dan juga password software.

3. AVG AntiVirus

avg antivirus
Image by: ta.com

AVG AntiVirus telah menjadi software sekuriti terefektif selanjutnya nih, aplikasi ini dapat mendeteksi maleware secara mendalam pada file sistem operasi kalian.

Aplikasi ini juga mempunyai sistem real-time protection serta pengaman terhadap virus internet, sangat efektif dan menjadi salah satu rekomendasi untuk bidan antivirus dan antimalware software.

4. BIT Defender

bit defender

Aplikasi yang satu ini juga telah cukup mempunyai nama di list Top AntiVirus and Malware, aplikasi ini berasal dari negara rumania.

Aplikasi ini dapat menangkal virus sejenis Trojan, RansomWare dan malware lain-nya dengan efektif. Software ini juga mempunyai fitur anti-phising dan juga anti-fraud website.

5. Avira AntiVirus

avira
Image by: avira.com

Avira AntiVirus sendiri sudah lama berada di indonesia dan sangat di percaya juga, biasanya antivirus yang satu ini di pasang pada warung internet.

tepatnya Software antivirus Avira ini di dirikan pada tahun 1986 loh!.

Avira mempunyai sistem keamanan yang terbilang praktis untuk mengatasi Malware, Virus serta Aktivitas mencurigakan pada perangkat Windows kalian.

Avira juga mempunyai tampilan User-Interface yang bersih serta sederhana, dimana langsung menampilkan menu-menu penting untuk user.

Nah itulah 5 aplikasi alternatif yang dapat kalian gunakan jika kalian merasa tidak cocok untuk menggunakan windows defender tersebut.

kelima aplikasi diatas telah terbukti dari usia serta kepercayaan dari para user sendiri.

Silahkan di pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan anda yah, Most Recommended is AVG AntiVirus.

Urgent!

Windows Defender adalah salah satu Software pengaman yang paling aktif dan luar biasa dalam menangani SpyWare serta Virus.

Software ini menjadi salah satu andalan Microsoft dan menjadi pengganti dari software sebelumnya yaitu MSE Microsoft Security Essentials.

Windows Defender menjadi aplikasi bawaan dan mempunyai kepekaan yang sangat tinggi dalam mendeteksi maleware.

Bahkan pada saat proses download sebuah file secara otomatis fitur cloud-base Windows Defender akan memeriksa file tersebut.

Windows Defender juga mempunyai akses untuk melakukan penghapusan secara langsung pada file yang di curigai, tidak semua file di hapus se-enak windows defender saja.

Terdapat fitur notifikasi virus dan maleware yang real-time pada desktop kalian pada saat terdeksi sebuah kejanggalan.

Inti-nya aplikasi ini sangatlah penting dan luar biasa dalam kinerja, sangat tidak dianjurkan untuk melakukan penonaktif-an software windows defender.

Jika sangat perlu untuk menonaktfikan software yang satu ini ada baik-nya kalian mengaktifkan kembali windows defender kalian.

Nah sejauh ini terasa pembahasan tentang Cara Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10, Terima kasih atas kunjungan anda.

Komentar disini