7 Cara Mengusir Tikus Paling Ampuh dan Mudah

Cara Mengusir Tikus

Kalimat.ID – Tikus merupakan hewan yang unik dan lucu, namun bagi sebagian orang termasuk saya tikus ini menjadi hewan pengganggu di rumah, maka kali ini saya akan membahas mengenai Cara Mengusir Tikus dengan mudah dari rumah.

Muridae atau tikus merupakan salah satu hewan ber-famili pengerat dari ordo Rodentia, biasa kita kenal dengan nama tikus atau mencit, serta tikus got mudah ditemukan hampir disetiap penjuru dunia, tikus merupakan salah satu organisme penting dalam biologi, selain bagi hama yang mengganggu namun tikus juga penyeimbang ekosistem tanah.

Keunikan dari tikus adalah Tikus tidak ditemukan di benua antartika atau sebuah pulau yang berada di tengah samudera, beberapa spesies hewan tikus seperti tikus rumah dan tikus hitam atau got mudah ditemukan di penjuru dunia ini.

Berikut 6 Cara Mengusir Tikus yang Bisa Anda Coba Dirumah

Tikus merupakan hewan yang sangat sosial, namun ada juga yang soliter, Tikus betina biasanya beranak setiap tahunnya, yang berada di kawasan hangat, perkawinan tikus mungkin akan terjadi sepanjang tahun, tanpa kita Cara Mengusir Tikus sebenarnya dengan sumber daya makanan yang cenderung turun justru akan membuat hewan mungil ini akan menurun populasi nya (Mati).

1. Cara Mengusir Tikus Dengan Cuka

cara mengusir tikus dengan cuka
Image by: firstcrycdn.com

Cuka ya cuka bahan resep pencipta rasa makanan ini bisa Anda jadikan sebuah metode cara mengusir tikus dengan cuka, langkah awal cara mengusir tikus adalah, pertama Anda lakukan adalah dengan mengawasi setiap sudut rumah Anda dimana jalur tikus biasanya lewat, maka sebaiknya ditandai.

Biasanya tikus suka berada di dapur, karena tikus suka dengan sisa bekas makanan jatuh, dan bekas buangan sampah makanan yang berada di dapur atau air sisa yang berada di dapur, langkah pertama Adalah Anda membersihkan dengan sebuah lap yang sudah dicampuri air cuka, maka setelah melakukan ini jangan lupa untuk membilas agar tidak terlalu bau cuka tersebut.

Metode cara mengusir tikus selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menyiramkan cuka sedikit ke kapas yang akan menjadi alat sebagai pembasmi tikus menggunakan cuka dengan bantuan bahan kapas, setelah kapas diberikan cairan cuka, simpanlah kapas yang sudah berisikan cuka ditempat jalur yang sering dilalui tikus.

Jika sudah menerapkan dua metode tadi cara mengusir tikus dengan cuka, sebaiknya Anda juga melakukan kontrol ke kapas yang diberikan cairan cuka tadi, jika sudah kering bisa Anda siram dengan cairan cuka agar menjadi bahan pembasmi tikus, atau bisa Anda ganti dengan bahan kapas baru yang sudah di kasih cuka dan diletakkan kembali ketempat tadi.
Setelah melakukan hal diatas tadi, sebaiknya Anda juga sempatkan waktu melihat apakah jalur yang sudah Anda kasih kapas tadi tidak dilalui oleh tikus kembali apa tidak, jika masih berkeliaran sebaiknya Anda melakukan hal yang sama ditempat baru yang dilalui tikus.

2. Cara Mengusir Tikus Dengan Kopi

cara mengusir tikus dengan kopi
Image by: forbes.com

Kopi selain jadi minuman terfavorit didunia, kopi juga memiliki manfaat lain selain diminum juga bisa untuk mengusir hama tikus baik di sawah, kebun bahkan yang mengganggu dirumah Anda, kenapa kopi mampu cara mengusir tikus? Karena tikus memiliki alat pencium yang tajam, maka kopi inilah yang bisa membuat hidungnya kesakitan.

Caranya cukup mudah cara mengusir tikus dengan kopi, yakni dengan meletakkan serbuk kopi ditempat yang akan Anda lindungi atau Anda jaga seperti tempatnya bahan makanan, Anda bisa menaburkan serbuk kopi didaerah sekitar makanan, maka dengan cara ini bisa membantu mengamankan makanan Anda dari gangguan hama tikus dirumah.

3. Cara Mengusir Tikus Dengan Buah Mengkudu

buah mengkudu

Manfaat buah mengkudu selain bagus untuk kesehatan tubuh manusia, namun juga bisa digunakan untuk cara mengusir tikus dengan mudah Anda lakukan dengan buah yang satu ini, cara melakukannya sendiri terbilang sangat mudah dilakukan.

Pertama Anda siapkan sebuah wadah dan sebuah pisau, setelah alat siap, maka potong buah mengkudu menjadi 3 hingga 4 bagian, atau Anda bisa memotong dengan menyesuaikan ukuran buah mengkudu tersebut. caranya jika sudah terpotong, maka masukkan dalam wadah, lalu Anda bisa taruh ditempat dimana tikus itu biasanya berada, ambil bagian buah mengkudu yang sudah terpotong tadi lalu simpan disana, lalu jika buahnya sudah mengering Anda bisa menggantinya dengan buah baru.

4. Cara Mengusir Tikus Dengan Kulit Telur

cangkang telur
Image by: hijaudaun.net

Cara mengusir tikus selanjutnya Adalah dengan menggunakan sebuah kulit telur, cangkang atau kulit telur biasanya dibuang ketempat sampah karena menyangka tidak akan berguna, maka itu adalah anggapan yang salah terjadi pada diri Anda, sebaiknya jika memiliki cangkang atau kulit telur ini bisa untuk Cara mengusir tikus dengan mudah.

Metode ini dilakukan dengan mudah kok, pertama Anda lakukan adalah dengan menyiapkan cangkang telur dan alat penumbuk atau juga bisa menggunakan sebuah alat bantu yakni Blender, caranya dengan mengeringkan kulit telur dibawah sinar matahari, atau lebih cepat dengan menggunakan sebuah oven.

Jika sudah mengering, tumbuk dengan alat diatas hingga halus, caranya jika sudah menjadi halus dari cangkang telur ini, lalu Anda bisa taruh cangkang kulit telur ini dimana tikus sering lewat, selain cangkang telur ditakuti oleh hewan mungil ini, juga bisa mengusir semut hingga Kecoa juga.

5. Cara Mengusir Tikus Dengan Bawang Putih

bawang putih

Cara mengusir tikus dengan mudah selanjutnya Adalah dengan menggunakan bahan masakan dan makanan seperti bawang putih, untuk mencoba ini Anda perlu menyiapkan bawang putih dan kain kasa. Caranya dibawah ini:

– Potong bawang putih menjadi kecil-kecil
– Taruh potongan bawang putih pada bungkus kain atau kasa
– Lalu simpan potongan bawang yang sudah dibungkus kain kasa ditempat yang dilalui oleh Tikus

6. Cara Mengusir Tikus Dengan Minyak Peppermint

Peppermint
Image by: chewy.com

Cara mengusir tikus dengan mudah juga ampuh serta alami adalah dengan merendam sebuah bola kapas dengan minyak Peppermint dengan menempelkannya di tempat yang akan kita usir tikus sebagai contoh di pintu, garasi, dan tempat lainnya yang biasanya menjadi tempat bersarangnya tikus, hewan mamalia mungil ini tidak suka dengan bau dari minyak pappermint maka dari itu ini bisa menjadi alternatif untuk Cara mengusir tikus dirumah Anda.

Jika sudah mencoba dengan kapas yang direndam oleh minyak Peppermint gagal, maka Anda bisa mencoba sebuah pembasmi tikus organik yang bisa Anda semprotkan dimana yang menjadi jalurnya tikus itu lewat, misalnya di sudut dapur, maka Anda bisa menyemprotkannya kesana.

Selain menggunakan bahan organik yang telah Anda beli di toko, Anda juga bisa menggunakan sebuah perangkap khusus yang bisa menjerat tikus masuk dalam jebakan yang Anda buat, metode Cara mengusir tikus yang membandel Anda bisa simak ulasannya dibawah ini.

7. Cara Mengusir Tikus Didalam Mobil

Pada dasarnya tikus tidak menyukai aroma yang menyengat seperti bawang, minyak hingga buah mengkudu, atau kapur barus, Anda bisa memasang kapur barus atau wewangian dimesin mobil Anda, karena dengan hal ini bisa menggangu indra penciuman dari tikus itu sendiri.

Selain dengan menaruh wewangian dan kapur barus dalam mesin mobil, Anda juga sebaiknya membersihkan bagian kolong spakbor agar tikus tidak bersarang disana, agar lebih efisien, sebaiknya menaruh wewangian dibagian vital dimana banyak tikus bersarang disana, bisa di kolong ruang mesin atau sejenisnya hal ini membuat tikus ogah bersarang disana.

Hal Lain yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengusir Tikus Adalah:

1. Jaga Kebersihan Rumah

Sebagai manusia siapa sih yang tidak mau memiliki rumah yang bersih dan harum, maka semua orang setuju ingin memiliki rumah yang bersih dan nyaman untuk ditinggali, maka dengan memiliki rumah yang nyaman dan bersih Anda turut mengusir tikus dirumah Anda secara tidak langsung.

2. Memelihara Kucing

kucing
Image by: nationalgeographic.com

Memelihara kucing juga ampuh untuk mengusir tikus, namun sebaiknya Anda melihara kucing bukan kucing yang Anda beli ya, sebaiknya kucing kampung atau liar biasanya kucing ini akan lahap untuk memakan tikus, jangan kucing peliharaan, maka kucing jenis ini tidak akan mau memakan tikus, kalaupun mau maka bulunya akan mudah rontok.

3. Menyimpan Tong Sampah Jauh Dari Perkarangan Rumah

Sebaiknya jika memiliki sampah, sebaiknya Anda simpan jauh dari perkarangan rumah, karena tikus suka dengan tong sampah yang berisikan sisa-sisa makanan, maka sebaiknya Anda taruh jauh dari rumah, atau bisa juga Anda membeli tong sampah yang memiliki tutup, hal ini juga bisa meminimalisir datangnya tikus.

Berikut merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan cara mengusir tikus yang membandel dirumah Anda, bisa Anda lakukan dengan pilihan diatas, bisa poin berapa saja Anda gunakan tergantung dengan bahan dan kemampuan Anda mencoba untuk mengusir tikus.

Bisa dengan bahan yang mudah ditemukan, bisa Anda coba dari 7 poin ini menurut Anda maka yang bekerja secara maksimal bisa Anda tuliskan dikolom komentar, hal ini bisa menjadi remake dari konten ini, terimakasih simak diatas ulasannya cara mengusir tikus.

Komentar disini